alexa-tracking

Sara Kauss Sukses dengan Bisnis Botol Minuman Ramah Lingkungan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5599f48e12e257ac318b4570/sara-kauss-sukses-dengan-bisnis-botol-minuman-ramah-lingkungan
Sara Kauss Sukses dengan Bisnis Botol Minuman Ramah Lingkungan
Sara Kauss Sukses dengan Bisnis Botol Minuman Ramah Lingkungan

Botol plastik untuk air minum menjadi masalah besar bagi banyak konsumen tetapi tidak bagi Sara Kauss.

Saat yang mengilhaminya terjadi saat reuni sekolah bisnis di tahun 2009.

"Seorang profesor melakukan presentasi mengenai krisis air dunia dan dampak sampah plastik pada bumi," ujar Kauss. "Saya tahu kemudian bahwa botol impian saya harus diwujudkan."

Sebelum itu, Kauss akan membawa botol air dari logam lainnya namun tak begitu suka dengan tampilannya.

Tahun 2010, Kauss meluncurkan startupnya S'well, sebuah jajaran produk berbahan baja tahan karat yang didesain untuk menjaga kesejukan minuman di dalamnya selama 24 jam dan kehangatan selama 12 jam.

Sejak itu, perusahaan yang berpusat di New York itu berhasil menjual 4 juta botol. Bisnis itu menuai keuntungan dan mengalami kenaikann pemasukan sebesar 400 persen antara tahun 2013 dan 2014, sampai menyentuh angka 10 juta dollar tahun lalu.

"Kami berharap pemasukan akan terus tumbuh secara eksponensial lagi tahun ini," ungkapnya.

Kauss tidak pernah berharap menjadi entrepreneur. Sebelumnya, perempuan itu memang kuliah di sekolah bisnis dan bekerja sebagai CPA dengan Ernst & Young dan lembaga investasi real estate besar yang mengelola proyek-proyek internasional.

Yang tidak berubah adalah botol minuman produknya. Benda itu tetap nyaman dan diperlukan, namun belum dapat dijadikan bagian dari gaya hidup.

"Produk ini memang ideal untuk pusat kebugaran atau dimasukkan dalam tas punggung saat berkemah namun bukan untuk para eksekutif yang sedang bekerja," ujarnya.

Di tahun 2009 setelah reuni ia terilhami oleh sebuah presentasi yang ia saksikan, dan memutuskan mengerjakan desain botol minum impiannya.

"Saya membuta business plan dengan cepat tapi lebih lama dari perkiraan saya dalam menemukan pembuat dan memperbaiki desainnya," tutur Kauss yang berinvestasi sebesar 30 ribu dollar dari tabungan pribadi demi bisnis botol minuman itu.

Saat sudah sempurna, ia luncurkan S'well di akhir 2010. Tak cuma membantu mengurangi konsumsi botol plastik yang Kauss perkirakan mencapai 50 miliar botol per tahun yang mesti dibuang di tempat pembuangan akhir), botolnya juga bebas bahan kimia berbahaya seperti BPA.

"Oprah Magazine memasukkan botol S'well dalam O list mengenai produk populer di musim panas," ujarnya. "Kami butuh itu untuk menegaskan kredibilitas kami."

Sekarang, botol S'well diproduksi dalam 19 warna dan 3 ukuran, dengan harga antara 25-45 dollar saja. Botol ini dijual di banyak toko di seluruh penjuru AS termasuk Nordstrom (JWN), Starbucks (SBUX) and J.Crew. (sarakauss.com/ ap)

Sumber