alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/559736d1162ec2272a8b4567/waiting-lounge-hisense-pureshot--make-some-fun
[Waiting Lounge] Hisense Pureshot/+, Make Some Fun
[Waiting Lounge] Hisense Pureshot/+, Make Some Fun
Quote:Original Posted By seichirou.rinz
 [Waiting Lounge] Hisense Pureshot/+, Make Some Fun

Quote:Original Posted By seichirou.rinz
nitip banner baru

 [Waiting Lounge] Hisense Pureshot/+, Make Some Fun


Pureshot [Waiting Lounge] Hisense Pureshot/+, Make Some Fun


Pureshot+ [Waiting Lounge] Hisense Pureshot/+, Make Some Fun

Setelah 3 tahun kerja sama dengan Smartfren, akhirnya Hisense memulai open marketnya di Indonesia, dengan menjual HH android dengan brand mereka sendiri. Kedua produk pertama akan diberi nama Pureshot dan Pureshot+. Berikut bocoran spesifikasinya. (yang bertanda asterik (*), berarti belum pasti)
Spoiler for Spesifikasi 99% benar:


Official Website Product Link
HS-L671 - Pureshot
HS-L695 - Pureshot+

Benchmark (gfxbench)
HS-L671 - Pureshot
HS-L695 - Pureshot+

Spesifikasi dari ArenaLTE
Spesifikasi Pureshot dari ArenaLTE
Spesifikasi Pureshot+ dari ArenaLTE

Review
Review Pureshot, dari ArenaLTE (titipan)

Daftar Service Center Hisense
Spoiler for Service Center Hisense:
FAQ (Wajib dibaca !!!)
General
Q01. HH apa yang akan dibahas di sini?
Ans : Hisense Pureshot aka HS-L671 dan Pureshot+ aka HS-L695. Silahkan lihat di epostel, dengan pencarian Hisense.

Q02. Kapan akan launching?
Ans : Sudah launching tanggal 19 Agustus 2015 kemarin, bersamaan dengan Smartfren launching LTE Advanced nya di 22 kota besar di Indonesia. Namun first batch baru akan ada setelah tanggal 9 September. Berdasarkan status di epostel sekarang, yang terbentur di kurang tkdn dan hasil uji lte serta emc, maka paling cepat pun memang baru bisa ready stock di bulan September.

Q03. Berapa harganya?
Ans : Berdasarkan harga dari ArenaLTE (yang diasumsikan langsung dari Hisense itu sendiri), Pureshot dijual Rp 2,7 Juta dan Pureshot+ Rp 3,2 Juta.

Q04. Kira2 pureshot/+ termasuk kelas mana tahun ini?
Ans : Per Agustus 2015 ini, termasuk HH mid-high. Dengan patokan, max r sebagai mid-low, C2/3 series sebagai low-end.

Q05. Panggilannya apa nih?
Ans : Waduh, susah gan. Ane uda mikirin beberapa nama, tapi masih bentrok dengan sebelah. Entah kenapa Initial brand dan nama produk sangat pas dengan merk sebelah. Contohnya HPS, PS, pure, neng pyur, neng shot, senpu, sensepyur, senshot, hipyur, hishot….. Aduh, kayaknya belum ada yang pas deh. Kalau ada ide, tolong bantu mikirin. Ane sendiri dan beberapa agan dimari mungkin lebih suka dengan nama pyursot

Q06. Apa sih bedanya Pureshot dan Pureshot+?
Ans : Bedanya Cuma 4 hal : Nama (dan kode produk), Ukuran layar : 5 vs 5,5 Inch, Batere : 2200 vs 2500 mAh dan harga : 2,7 vs 3,2 juta. Selebihnya semuanya sama persis. Karena perbedaannya sangat minim dan hanya di fisik, kemungkinan besar ROM nya bakalan sama persis, cuma beda di build number ja.

Q07. Layarnya kira2 berapa inch?
Ans : Pureshot 5 inch dengan resolusi HD 720x1280. Sementara Pureshot+ 5,5 inch dengan resolusi sama HD 720x1280. Screen-to-body ratio sudah di atas 70% dengan tetap mempertahankan hardware capacitive button. Proteksi layar sudah memakai gorilla glass 3.

Q08. Ane ex user max v juga seperti agan TS. GPS nya agak gimana gitu, susah ngelock. Gimana dengan pureshot ini?
Ans : Oh, beda jauh gan. GPS di SoC mediatek memang terkenal agak kurang, apalagi di seri2 awal MT6589 - MT6592. Belakang mereka sudah improve sih, karena uda pake modul GPS yang berbeda. Tapi kalau soal GPS dan wireless, qualcomm tetap rajanya. Di Max C2 sendiri, yang pake MSM8610 dengan iZat Gen 7A saja, konsisten ngelock outdoor dalam 5 detik. Apalagi snap 415 dengan iZat Gen 8C Lite, tidak perlu diragukan lagi.
Tentunya perhatikan juga, bahwa GPS cenderung lebih gampang lock kalau dipakai di outdoor, yang pasti merupakan tujuan utamanya. Kalau agan tes di indoor, hasilnya bisa bervariasi, karena gedung/ruangan tertentu bisa menghalangi sinyal GPS. Begitu juga dengan kaca film merek tertentu bisa menyerap sinyal GPS ini, sehingga membuat susah ngelock di mobil/bus. Kadang software/firmware tertentu juga bisa salah config, sehingga mengacaukan pengaturan koordinatnya. Apapun masalah GPS di atas bisa diatasin, karena secara Hardware, GPS nya uda top markotop.

Q09. Apakah speakernya bagus?
Ans : Speakernya stereo, Dolby Digital Plus, dua2nya berada di bawah HH, mengapit port microusb. Mau yang mana juga pun, ane tetap lebih prefer dengar musik lewat Bluetooth headset ataupun speaker eksternal seperti Boomphones pocket speaker. Mau seperti apapun speaker di HH, tetap masih kalah bass nya, karena ukuran sub woofer nya tetap terbatas. Tapi setidaknya karena pake Dolby, suaranya pasti lebih garing dibanding HH lainnya.

Q10. Baterenya berapa? Awet gak?
Ans : Pureshot 2200 mAh, sementara pureshot+ 2500 mAh. Keduanya removeable, sehingga kalau HH hang, bisa main cabut batere. Karena removeable, makanya kapasitasnya jadi lebih kecil dibanding HH pesaing yang non-removeable. Selain itu, body yang slim (cuma 8,3 mm) juga berpengaruh ke kapasitas max batere. Berhubung Pureshot/+ pake CPU ARMv8 A53, baterenya bakalan lebih awet lagi dibanding CPU A7. Tapi karena procie qualcomm biasanya diset CPU governornya ke Interactive, maka bisa jadi masih lebih boros dari procie mediatek MT6752 (saingan head2head) yang biasanya pakai hotplug. Setelah root, maka kita juga bisa set CPU governor ke hotplug supaya lebih hemat dan adem. Tentunya perfoma akan turun dibanding interactive

Q11. Kenapa baterenya Cuma 2200/2500 mAh? Kok ga minimal 2500/3000 mAh?
Ans : Dilema besar bagi kebanyakan vendor, mo buat tipis tapi batere kecil, atau buat tebal supaya batere gede dibilang ga stylish. Memang uda kurang lebih range batere yang masuk akal tu buat layar segitu, karena baterenya juga removable. Ane sih ok2 aja dengan batere. Lagian nanti pas pemakaian tetap ane cas seperti max v ane sekarang; ketemu charger dan memungkinkan, ane pasti cas aja. Yang ane pengen lihat sih quick charge dan wireless charging supportnya.

Q12. HH ini support external microsd gak? Card slotnya terpisah atau hybrid dengan SIM 2?
Ans : Ada slot microsd, terpisah dari slot SIM. Total ada 3 slot di HH, 2 slot Standard SIM dan 1 slot microsd. Support micro SDXC up to 128 Gb, dengan file system exFAT. Microsd SD controller nya sudah SD 3.0 UHS-I, artinya support write speed minimum 10 MB/s. Sangat cocok sekali pakai microsd s*nd*sk ultra ke atas ataupun syamsul EVO ke atas.

Q13. Apa sih yang jadi unik selling pointnya pureshot ini?
Ans : Seperti namanya, pastinya keunggulannya ada di sisi Kamera. Kabarnya menggunakan sensor Sony Exmor IMX 214, seperti yang dipakai OPO, find 7 / N1, siomay MI4, Nubia Z7 series dan sebagainya. Tapi sampai hari ini belum diketahui modul sensor cameranya. Bagi ane sendiri, unik selling pointnya ada di modemnya yang support CDMA dan LTE nya semar. Jadi sangat cocok banget buat yang mo upgrade dari andromax.

Q14. Ada contoh hasil fotonya gak?
Ans : Ada di forum hisense, sudah dishare dimari. Itu untuk yang Pureshot+ aka HS-L695, dan sudah kena resize. Kalau penasaran, bisa save gambarnya, dan cek info exifnya via irfanview di PC windows. Untuk perbandingan detail, silahkan lihat di post berikutnya.

Q15. Spek di atas apakah sudah pasti?
Ans : 99% sudah benar, karena sudah launch dan uda dipajang di ArenaLTE (di mana info tersebut juga mereka dapat dari Hisense).

CPU & GPU
Q16. Tipe prosessornya apa?
Ans : SoC nya ternyata Snapdragon 415, bukan snap 615 yang selama ini kita pikirkan. Belum ada penjelasan mendetil mengenai SoC ini selain produk link di website qualcomm. Nampaknya pureshot/+ adalah HH pertama yang memakai Snap 415, setidaknya pertama di Indonesia.

Q17. Apa sih perbedaan snap 415 dengan snap 615?
Ans : Akan ane jabarkan perbedaan signifikan saja. Snap 615 adalah octacore qualcomm pertama dengan mode dual cluster, memakai modem LTE Gobi, support BT 4.0, GPS IZat Gen 8C, display support up to WQXGA (2560x1600) dan RAM speed 800 Mhz. Snap 415 adalah octacore revisi 1 tahun setelah snap 615 dengan mode full octacore (tanpa dual cluster), sehingga revisi CPU bisa lebih tinggi. Memakai modem LTE X5 (upgrade dari Gobi), support BT 4.1 LE, GPS IZat Gen 8C Lite, display support up to HD (1280x720) dan RAM speed 667 Mhz. Secara keseluruhan perfoma snap 415 hanya 5/6 nya snap 615. Tapi untuk modem LTE dan BT nya lebih bagus, dan kemungkinan CPU nya lebih OK dan hemat daya. Karena snap 415 adalah octacore yang keluar 1 tahun setelah snap 615, diharapkan revisi cortex A53 yang mungkin lebih tinggi.

Q18. Gimana hasil benchmarknya?
Ans : Sudah ada di atas, sekitar 5/6 dari snap 615, karena RAM speednya yang juga hanya 5/6 nya. Meskipun sama2 memakai GPU adreno 405, tapi seperti kita ketahui bahwa di rata2 procie qualcomm, GPU nya shared memory dengan RAM nya, sehingga speednya juga berpengaruh pada perfomance total. Antutu akan berkisar 25 ribuan.

Q19. Tapi Agustus 2013, qualcomm kan bilang octacore ga ada gunanya?
Ans : Betul, 1/2 tahun kemudian, mereka menjilat ludah sendiri dengan announce Snap 615 ini, dan Senior VP yang ngawur tu akhirnya dimutasi ke department lain gara2 asal ngomong. Karena sampai saat ini sudah terbukti bahwa android mampu running 8 core sekaligus dan manajemen percore bisa efisien dan hemat daya. Secara perhitungan rumus, lebih baik 8 core jalan di 1 Ghz daripada 1 core jalan di 8 Ghz. Karena dengan 8 core, panas bisa terdistribusi, semua core bisa bekerja pararel. Yang paling penting, bisa lebih hemat daya karena semakin tinggi frekuensi, daya yang diperlukan meningkat eksponesial (karena ada kuadrat di perhitungan daya).

Q20. Ane pernah liat perbandingan head2head antara Qualcomm MSM8939 vs Mediatek MT6752. Ternyata qualcomm masih kalah!
Ans : Betul, qualcomm memang kalah. Meskipun lihat gflops GPU qualcomm menang (59,4 vs 47,6), tapi secara CPU, qualcomm masih belum sesempurna Mediatek dalam perihal manajemen multicore. Lihat cluster core nya saja, Mediatek sudah menang, karena 8 core nya bekerja di 1,7 Ghz, sementara qualcomm punya 4 core 1,7 Ghz dan 4 core 1 Ghz (semuanya bisa running bersamaan). Revisi CPU A53 di mediatek sudah r0p2, sementara di qualcomm masih r0p1. Fabrikasi mediatek menggunakan HKMG yang jauh lebih unggul dibanding SiON di qualcomm. (yang terhebat sekarang di pegang Samsul, FinFET). GPU nya mali terkenal dengan support video codec yang lebih banyak dibanding adreno. Chipset mediatek juga terkenal dengan ademnya dibanding qualcomm. Yang jelas, kalau bicara soal perfoma gaming, MSM8939 dibantai habis2an oleh MT6752. Kalau gaming adalah pertimbangan utama, dan agan tidak masalah tidak pake Semar, silahkan cari HH MT6752 lainnya.

Q21. Lha, sedangkan snap 615 aja uda dibantai, kok masih mau pake snap 415 yang Cuma 5/6 nya?
Ans : Tiap chipset kan punya kelemahan dan keunggulan masing2. Snap 415 ini support CDMA secara native, yang pastinya menjadi pertimbangan utama ane. Mediatek juga punya chipset yang support CDMA, tapi merupakan chipset tambahan hasil kerja sama dengan VIA; masih kalah tentunya dibanding qualcomm yang one solution. Qualcomm sudah terkenal unggul di bidang wireless, network reception, GPS dan wifi; contohnya wifi support sampai ac, di mana mediatek mentok di n. LTE nya memakai RF360 yang support semua band di dunia, ada yang bisa unlock dan config ulang sehingga support frekuensi yang diinginkan. Khusus di Snap 415 sudah memakai chipset LTE X5, peningkatan dari Gobi. Emmc nya support up to 4.5 dibanding mediatek cuma di 4.41. Secara gaming, qualcomm tetap masih bisa gaming HD, cuma mediatek lebih unggul saja. Bagi ane yang sekarang lebih mementingkan perfoma network dibanding gaming, maka ane pasti memilih qualcomm.

Q22. Bagaimana perfoma pureshot ini dibanding max r (ataupun andromax lainnya)?
Ans : Pastinya sudah menang telak. Gflopsnya saja sudah beda 2 kali lebih (59,4 vs 24,3); tentunya harganya juga beda jauh. Sejauh ini, semua andromax masih kalah perfomanya dengan pureshot ini. Jadi bagi pengguna andromax sebelumnya, pureshot bisa jadi pilihan utama sebagai upgrade path berikutnya.

Q23. Snap 415 kan downgrade dari snap 615, apakah support quick charging?
Ans : Sayang sekali, snap 415 tidak support quick charging. Charger yang disediakan adalah standard 1 A, sehingga untuk charge sampai full tetap butuh waktu sekitar 2,5 jam

Jaringan
Q24. Jaringannya pake apa?
Ans : Dual SIM standby CDMA2000 1X 800 MHz - GSM tri/quad band, 3G di CDMA EVDO rev A 800 Mhz dan 3G GSM / HSPDA / HSPDA+, LTE semua operator di Indonesia. Dengan jaringan LTE, FDD B2,B3,B5,B8,B26 dan TDD B40

Q25. Ga ngerti dengan jaringan yang disupport HH ini. Maksudnya gimana sih?
"Ans : Di SIM 1, chipset radio diconfig untuk berjalan di CDMA 1X, Evdo rev A dan LTE. Artinya secara tidak langsung, sudah terlock hanya bisa pake Smartfren untuk telepon/sms di jaringan CDMA. LTE nya cocok dengan 4G nya Semar. Jadi SIM 1 sangat direkomendasi untuk dipasangkan dengan kartu 4G nya Semar. Kabarnya 4G nya tidak dilock hanya untuk Semar, tapi masih bisa pake 4G dari GSM lain, dengan catatan tidak bisa fallback ke 2G/3G untuk telepon dan sms, karena SIM 1 tidak support GSM.
Sementara SIM 2, chipset radio diconfig untuk berjalan di GSM, 3G dan LTE. Sehingga agan juga tetap bisa internetan via 3G/HSPDA lewat GSM nya, bahkan support LTE nya. SIM 2 support untuk telpon/sms GSM, tapi tidak bisa dipasang kartu semar."

Q26. Ga ngerti juga gan. Unlocked ini maksudnya bisa dual GSM?
Ans : Bukan gan, SIM 1 tetap CDMA, tapi LTE nya bisa LTE selain semar. Jadi agan mentok di LTE - GSM, bukan GSM - GSM.

Q27. Mank Semar uda support LTE?
Ans : Sudah gan, launchingnya LTE Advance, bersamaan dengan launching pureshot/+ di Jakarta. Kecepatan juga cukup dahsyat, tapi masih bervariasi. Silahkan cek di trit all about smartfren

Q28. Apakah LTE nya support telpon dan sms?
Ans : Kalau pakai kartu semar, sementara ini belum bisa. Tapi Semar sudah ada rencana akan implementasi Voice over LTE (VoLTE) akhir tahun ini dan diharapkan awal 2016 sudah bisa dipake. Sementara untuk operator sebelah sudah dalam tahap pengujian VoLTE. Ada yang juga sudah support SMS over SGs (kirim via LTE, kemudian direlay oleh ulang oleh SMS centre ISP)

Q29. Kalau sudah snap 415, bukankah uda otomatis support EvDo Rev B? Kenapa kok pureshot/+ ini Cuma support Rev A?
Ans : Betul gan, snap 415 uda pake X5 multimode. Support wirelessnya uda lengkap banget, dari GSM, 3G ampe LTE, dari CDMA 1X, rev a ampe rev b. Cuma mungkin diminta semar lock ke rev a, supaya mo promosiin LTE nya. Kan waktunya uda tinggal bentar aja. Lagian kalau backbone nya kuat, LTE 1 bar pun masih ngalahin rev b full bar lo. Hanya saja kalau misalnya dirasa LTE nya kurang stabil dan kita mo switch ke rev b ja, tu yang jadi masalah. Tapi tenang, kalau uda hands-on, bisa kita unlock juga tu.

Q30. Ini yakin nih slot GSM unlock bisa 3G, dan LTE bisa pake operator lain? Jangan2 usb debug juga dilock seperti andromax lainnya.
Ans : Dari pengakuan yang uda Hands-on sih gitu. Karena ini HH open market nya Hisense, tapi dibundling ke Semar. Jadi hisense boleh jual ke publik (GSM lain), unlocked. USB debug juga ga dilock (tenang, kalau dilock, tar kita bantu jebolin emoticon-Big Grin). Tapi paket penjualan tetap bundling kartu 4G Semar gitu. Bagaimanapun juga, detailnya baru bisa terungkap setelah launching dan review yang uda beli. Ane sih sarankan agan hanya pertimbangkan ambil HH ini kalau mo internetan lewat Semar, karena setidaknya itu info yang lebih pasti.

Q31. Bukannya CDMA uda akan ditutup? Gimana dengan nasib nya HH ini nantinya?
Ans : Betul, CDMA akan ditiadakan per tanggal 16 Desember 2016. Untuk tanggal pastinya tentunya bakalan molor lagi seperti nasib pleki. Nantinya semua BTS CDMA semar akan diganti menjadi BTS LTE. Jadi selama HH support CDMA dan LTE, maka tidak akan terpengaruh sama sekali, termasuk Pureshot ini. Jadi setelah CDMA berpulang ke sisinya, HH tetap bisa dapat jaringan LTE. Justru malah pureshot sangat cocok sekali dipakai dalam masa transisi 1,5 tahun ini. Dan karena unlocked, seandainya agan mo selingkuh ke LTE lain pun ga masalah. Sementara untuk nasib HH cdma lain, sudah pernah ane jelaskan di trit sebelah.

Q32. HH ini kan CDMA, apa masih bisa pake kartu Ehsia gak ya? Soalnya nomor Ehsia ane sudah terdaftar di banyak tempat/account, repot gantinya.
Ans : Kurang tau apakah dilock atau tidak, soalnya dari bocoran sih katanya sih "mank ada CDMA lain selain semar" . Kalau liat frekuensinya sih pasti cocok, karena ehsia uda numpang semar, bayar "upeti" tiap bulannya. Saran ane sih tetap bagusan agan ganti nomor aja, repot di awal sih perlu update nomor telepon ulang ke semua account. Tar bikin call forwarding untuk masa transisi tu, sambilan HH ehsia juga jangan langsung dioff. Soalnya cepat lambat, 1,5 tahun juga pasti berlalu, CDMA akhirnya dikebumikan dan diganti jadi full LTE.

Berlanjut ke post berikutnya ....
OS dan Update
Q33. Ini OS nya Lollipop kah? 32 bit atau 64 bit? Kan CPU nya uda 64 bit, dan Lollipop juga support 64 bit.
Ans : Lollipop 5.0.2, tapi kurang tau apakah 64 bit. Implementasi 64 bit memang belum begitu sempurna. Ane OK2 aja baik 32 bit maupun 64 bit, sejauh app tetap masih kompatible

Q34. Ane lihat UI/launcher nya kemungkinan pakai UI Hisense. Apa keunggulannya dibanding UI lain?
Ans : Overlaynya adalah Vision UI 2.0, yang meletakkan semua app di home screen tanpa drawer, tidak jauh berbeda dengan UI di HH lain. Ane sendiri nantinya mo dikasih UI apapun, tetap ane install nova launcher. Sudah terbiasa dengan tampilan nova, simple, smooth dan banyak fitur. Ane sendiri prefer UI yang lebih AOSP-ish, sehingga lebih mudah dicustom via xposed ataupun gravitybox. Kalau mau custom UI lain, biarkan tu jadi bagian dari peracik custom ROM.

Q35. Apakah dapat update ke android M?
Ans : Untuk update ke android M, jangan bermimpi terlalu panjang. HH flagship ja belum tentu dapat, apalagi Cuma HH spek mid-high doank. Kalau agan mo update OS yang lebih terjamin, silahkan lirik HH lain yang harganya bisa dua kali lipat pureshot ini.

Q36. Lah, kan android tu kan harus up to date terus. Kalau gak, nanti ketinggalan jaman.
Ans : HH flagship ja belum tentu dapat OS terbaru, mimpi lah. Terus emanknya kalau uda keluar OS terbaru, yakin tetap mo diupgrade, dengan segala jenis resiko bug dan ketidakpastian. Belum lagi nanti semua app yang sekarang agan pake pasti akan incompatible, yang pasti butuh 1/2 tahun buat para developer untuk koreksinya (dari berbagai dev). Masa habis upgrade mesti tunggu setengah tahun baru bisa pake app favorit kita? Mending ane stick di OS bawaan aja. Belum lagi nanti cara rootnya sudah beda, dan harus nunggu sampai ketemu caranya lagi. Sudah ada banyak kasus di mana user android update ke OS baru, tapi malah merasa pengen balik ke OS bawaan saja. Biasanya karena bug dan beberapa limitasi lain yang mungkin diperketat oleh Google di versi android terbaru. Intinya, Jangan pernah berharap software development nya, kalau uda beli HH yang price 2 perfomance

Q37. Ane ga masalah dengan bug nya, yang penting dapat yang terbaru. Ane beli HH ini, hisense harus tanggung jawab update HH ane.
Ans : Kalau agan ngotot selalu mau yang terbaru, silahkan beli HH flagship yang uda bagus reputasinya soal update OS ini. Biaya R&D mereka sangat mahal, makanya HH dengan spek setara pureshot ini bisa dijual ampe 2 kali harganya. Ga heran update OS nya cepat, karena memang uda dibudgetin. Ane sendiri lebih milih ga usah boros2 biaya terlalu banyak buat update OS, mending dihemat ja, biar harga jualnya murah ke user (Hisense, listen to this). Biarkan kami yang otak/i HH kami, biarkan komunitas yang bantu oprek/porting. Buat apa update OS, kalau ujung2nya agan juga pake Custom ROM (yang pasti bukan based on OS baru) yang dibuat di forum kaskus atau xda? Terlalu banyak update juga ribet nantinya karena agan perlu root dan custom app nya ulang, yang berarti nambah kerjaan. Mending setelah 2 tahun kemudian, saatnya agan ganti HH lagi, baru beli HH terbaru yang pake OS terbaru yang sudah stabil saat itu. Otomatis hardware baru juga lebih mendukung OS baru, daripada hardware lama dipaksain OS baru.

Q38. Jadi agan tidak mau ada update apapun?
Ans : Bukan berarti ane tidak mau dapat update sama sekali. Ane welcome2 saja. Berdasarkan pengalaman di max C2, Hisense waktu digandeng Semar, termasuk memperhatikan status update ini. (SF andro sebenarnya ada direncanakan update ke ICS, tapi spek tidak mendukung). Buktinya OS bawaan Max C2 cuma JB 4.3, tetap dapat update OTA ke KK 4.4. Dan itupun ane pilih tidak update, karena setelah baca review yang upgrade, susah ngeroot dan perlu downgrade beberapa partisi system ke JB 4.3 dulu untuk rootnya. Jadinya ampe sekarang Max C2 ane masih stay di JB 4.3, padahal ada pilihan naik ke Kk 4.4. Jadi untuk Ke depannya, ada kemungkinan pureshot bisa dapat update ke Lollipop 5.1 (belum pasti). Sementara untuk Android M, ane sih bakal lebih pesismis. Tapi bisa saja Hisense sengaja update untuk membuat kata2 ane salah emoticon-Big Grin Intinya sih, jangan berpatokan pada kemungkinan update OS saat agan akan memilih HH ini.

Sumber info
Q39. Apakah semua info di atas sudah pasti?
Ans : 99% sudah pasti, karena sudah full launched, tinggal menunggu ready stock barangnya saja di tanggal 9 September 2015

Q40. Agan dapat infonya darimana sih?
Ans : Banyak gan, Awalnya dari trit waiting lounge G3 dan I4, arenalte, kemudian hisense juga promo di twitter, facebook, website resmi, forum hisense. Agan bisa jalan2 ke semua link di sana untuk konfirmasi. Kalau misalnya spek atau info di sini ada yang salah, tolong bantu dikoreksi. Ane akan sebisa mungkin meluruskannya.

Q41. Jadi tujuannya agan buat trit ini apa?
Ans : Sebagai referensi buat yang mo upgrade dari andromax yang sudah sangat mengecewakan selama 2 tahun terakhir, di mana speknya itu2 saja. Ane sendiri sudah desperate mencari HH lain yang support jaringan Semar, dengan spek yang lebih tinggi dibanding max v ane sekarang. Jadi begitu ada kandidat yang cocok, ane pasti akan cari info nya terus, dan share dimari sebagai ajang diskusi.

Q42. Jadi agan sebagai max v user, apakah speknya sudah cocok untuk upgrade ke pureshot/+?
Ans : Ane sendiri mengidamkan HH dengan SoC MSM8939. dengan support jaringan CDMA - GSM, serta optional LTE nya semar. Melihat kembali spek di atas, sudah kurang lebih 95% cocok dengan HH idaman ane. Meskipun ternyata SoC nya bukan snap 615, melainkan Snap 415. Tapi balik lagi ke agan. Saran ane sih, hanya ambil HH ini kalau agan cenderung akan pake inetnya Semar. Karena bagaimanapun juga, ini HH bukan dual GSM, tapi CDMA-GSM.

Q43. Kalau speknya uda 95% cocok dan berasumsi bahwa harga di ArenaLTE adalah dari Hisense, apakah Pureshot/Pureshot+ worth dengan harga segitu?
Ans : Overprice gan, Hisense kepedean nentuin harga. Di range harga seperti ini, banyak saingan yang dengan gampangnya merebut hati calon konsumen. Harga sangat sensitif dan bisa menentukan keputusan membeli. Terutama pureshot dan pureshot+ yang beti, ternyata bisa beda harga sampai 500 ribu. Terlebih lagi setelah ane sadar, bahwa ternyata procienya bukan snap 615, tapi snap 415; yang secara spek masih lebih rendah sedikit (meskipun revisi chipset mungkin naik). Tentunya kita berharap bisa lebih murah lagi, karena MSRP snap 415 pasti di bawah snap 615 yang dijual di range 2,5 jutaan. Kalau cuma mengandalkan kamera saja, sampai hari ini belum ada disebutkan kameranya memakai modul sensor yang mana. Dan yang paling kecewa, ternyata rilisnya 9 September. Kalau Hisense tidak koreksi harganya seperti yang dilakukan di maxer, bakalan banyak calon user yang akan pindah ke lain hati

Q44. Oh, jadi apa yang akan agan lakukan kalau ternyata harga sudah fix ga turun lagi?
Ans : Sekarang ane masuk wait and see mode saja, lihat apakah Hisense akan revisi harga. Jangan gara2 di forum sebelah banyak yang muji, lantas berarti banyak yang akan beli. Jangan karena bisa masuk TT, langsung berasumsi juga banyak peminat. Semua user smartfren juga uda smart, uda bisa bandingin spek vs harga. Mudah2an Hisense tidak membuat kesalahan yang sama dengan produk sebelah. Di mana awalnya dijual 3 juta, kemudian karena kurang laku, akhirnya harga diturunkan menjadi 2,3 juta; tanpa mempertimbangkan perasaan user yang sudah beli dari pertama kali di harga 3 juta. Kalau seandainya memang harga tetap seperti itu, mungkin ane akan lirik HH lain saja yang sudah support LTE semar, sambil menunggu implementasi VoLTE di awal 2016. Ane juga uda beli Mifi M2Y, jadi solusi LTE nya sudah ada. Tinggal nanti cari HH lainnya yang worth. Untuk sementara, kemungkinan beras merah catatan dua akan masuk dalam list. Dan kalau memang begitu, maka trit ini akan ane request close dan semuanya pindah bareng ke trit baru; sama seperti kejadian di maxer sebelumnya (trit G3 dan I4 / Max R)

Q45. Jadi sebenarnya berapa sih harga yang cocok untuk Pureshot dan Pureshot+?
Ans : MSRP snap 415 seharusnya masih di bawah snap 615, jadi harga harusnya masih di bawah snap 615 yang setara. Kalau snap 615 di luar sana cuma 2,5 - 2,6 juta (bahkan serendah 2,3 juta untuk satu brand tertentu); berarti harusnya harganya masih di bawah tu. Yang jelas tidak mungkin di atas 2,5 juta. Mungkin 2,3 - 2,4 juta akan lebih cocok kalau target saingan adalah snap 615. Sementara Pureshot+ hanya 200 ribu lebih mahal dari Pureshot. Tapi kalau mau bersaing dengan MT6752 yang MSRPnya bisa di bawah 2 Juta, bakalan agak berat. Nanti entah bisa profit gak, uda keburu bikin banyak acara dan kontes. Yang jelas kalau bertahan di 2,7 dan 3,2 juta, bakalan berkurang drastis calon pembelinya. HH ini terasa overprice bukan karena hanya karena speknya (cuma snap 415), tapi lebih karena ada banyak saingan di luar sana yang bisa jual lebih murah dengan perfoma yang lebih ajib. Hisense perlu perhatikan kompetitor juga kalau mau survive di Indonesia, apalagi baru pertama kali jual sebagai free market, tanpa bantuan dari Semar.

About Hisense
Q46. Hisense itu perusahaan dari mana sih?
Ans : Silahkan lihat ke website mereka atau wikipedia. Hisense adalah perusahaan elektronik dari China, yang memiliki berbagai anak perusahaan di bidang elektronik, termasuk Hp. Nama Hisense sudah dikenal di dunia android, sejak Semar mengandeng mereka di seri2 andromax awal, bahkan sampai yang terbaru ini sekalipun, seperti di Max R. Sekedar informasi tambahan, website resmi Hisense di Indonesia cuma ada di www.hisense.id. Kalau agan salah ketik dengan menambahkan .co sebelum .id, agan bakalan kena jebakan batman.

Q47. Jadi HH nya awet gak?
Ans : Sejauh yang ane pake, ada SF andro dan Max C2. Dua2nya masih hidup sampai sekarang, dan masih berfungsi normal, hanya saja ane pensiunkan jadi IP Camera dadakan saja. Dari video yang mereka publish untuk promosi pureshot, mereka juga menunjukkan gimana QC mereka. Video bisa dicek di youtube, www.youtube.com/watch?v=BzBCXy3_TdE. Seperti kebanyakan perusahaan lainnya, yang pastinya juga ada QC. Jadi ini sih biasa2 saja, karena gimanapun juga HH tetap bisa rusak ataupun cacat pabrik.

Q48. Ini HH ada bakalan ada banyak masalah gak?
Ans : Pasti banyak banget masalahnya. Mank ada HH mana sih yang ga ada masalah sama sekali? Ada sih, HH yang ga pernah laku dijual pasti ga ada masalah sama sekali, karena ga ada yang pake. emoticon-Hammer (S) Setiap HH pasti punya problem unik tersendiri. Sejauh problemnya tidak sampai fatal, tetap bisa kita cari solusinya ataupun alternatifnya. Karena ada problem, makanya kita buat trit untuk nampungin dan mencoba mencari solusinya bersama-sama. Kalau problemnya di hardware, baru klaim garansi.

Q49. Service center hisense di Indonesia ada di mana aja?
Ans : Silahkan lihat ke website mereka, atau lihat list di atas. Untuk sementara ini, masih berkisar di pulau jawa. Untuk di luar pulau jawa, ada di Medan (sumut), Palembang (Sumsel) dan Makassar (Sulsel). Ane sendiri sebenarnya berharap HH ini tetap dibundling ke andromax saja. Jadi kalau klaim garansi, bisa ke galeri Semar, yang mana agan tau sendiri pasti jumlahnya lebih banyak daripada service center Hisense. Setau ane, beberapa galeri semar sebenarnya juga merangkap service center beberapa vendor lain, seperti ZTE, hisense, haier dkk. Bisa jadi di kota agan ada galeri yang seperti itu, coba ditanyakan ke CS nya.

Q50. Tahun lalu, bukannya Semar bilang mo buka pabrik andromax sendiri? Jadi di mana tuh?
Ans : Ga jadi gan. Smartfren Batalkan Niat Bangun Pabrik Andromax. Kemungkinan besar mereka lagi fokus bangun jaringan LTE, dan butuh dana sekitar 400-500 juta dollar. Tentunya mereka tidak bisa fokus lagi merambah bisnis yang sebenarnya bukan main income mereka. Bisa jadi juga Hisense dan Haier juga melobi petinggi Semar supaya membiarkan mereka yang buka pabrik saja. Karena berbagai pertimbangan, Semar mungkin merasa lebih masuk akal untuk membiarkan vendor yang buka saja.

Q51. Jadi kenapa pureshot/+ ini ga digandeng semar jadi andromax saja? Kenapa mesti lepas ke free market?
Ans : Karena Semar bakalan lebih fokus ke main business mereka, ngembangin LTE nya. Andromax kayaknya ga bakalan muncul sebagai HH premium lagi. Semar uda serah terima tanggung jawab soal HH mid-high ke atas setelah hisense/haier punya pabrik di sini. Ga ada harapan lagi deh mo andromax mid-high. Pureshot/+ ini kan mid-high, jadi semar ga mo ambil resiko bermain di kelas yang mereka belum yakin sanggup gapai.

Q52. Kenapa kok HH di Indonesia jarang banget yang support CDMA-GSM seperti pureshot/+ ini?
Ans : Sebenarnya sih rata2 SoC Qualcomm kalau mau diconfig dual CDMA juga bisa. Karena SoC qualcomm uda pake gobi multimode, tinggal tergantung OEM/Vendor yang mo config ulang jadi apa. Di seri terakhir, snap 410/615/805 ke atas, tu hardwarenya uda full support, tinggal otak/i dari kernel/software. Kemarin di trit sebelah agan tirta ada post bahwa dia bisa unlock MSM8939 yang GSM-GSM jadi CDMA-GSM, pake kernel dari HH CDMA-GSM di luar sana, supaya bisa pake semar. Ane cek di xda sih memang belum ketemu, mungkin disimpan ilmunya. Jadi sebenarnya semua MSM8939 yang masuk sini, aslinya juga bisa diconfig support CDMA. Tapi mana ada vendor yang mau support teknologi yang bentar lagi akan kadaluarsa, Pangsa pasar bakalan berkurang drastis, omset bakalan ga sehebat GSM-GSM / LTE.

Q53. Kenapa sih Hisense harus ampe punya pabrik di Indonesia?
Ans : Karena memang uda peraturan pemerintah, terutama dari menkominfo. Impor barang elektronik sudah menjadi beban defisit terbesar kedua di Anggaran. Dengan membuat peraturan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) minimal 40% bagi vendor HH besar di awal 2017, maka minimal kita bisa menekan defisit ini, sekaligus membuat mata uang kita tidak melemah terus (kalaupun tidak sanggup mengguatkan). Beberapa vendor besar sudah sempat negosiasi, perencanaan dan pengajuan. Sejauh yang ane tahu, dari 12 vendor yang katanya "akan" bangun pabrik; hanya 2 yang terealisasi sampai sekarang, yaitu Hisense dan Haier. Sekedar meluruskan juga, Hisense sebenarnya tidak membangun pabrik dari nol. Tapi menunjuk PT. Sat Nusapersada yang berada di Batam sebagai perusahaan Perakit.

Q54. Emank apa keunggulannya kalau Hisense punya pabrik di sini?
Ans : Otomatis biaya bisa ditekan, menciptakan lowongan kerja di Indonesia, sparepart jadi lebih gampang dicari, tidak perlu harus impor dari China sono; serta yang paling penting, bisa mematuhi peraturan pemerintah. Agan sendiri lebih pilih mana, brand lokal yang dirakit di pabrik luar sana, sehingga sparepart juga harus diimpor dari luar; atau brand lokal yang juga punya pabrik di sini, sehingga lebih aman stock sparepartnya? Memang tetap tidak bisa menang dari brand papan atas yang sudah terbukti after sales servicesnya. Tapi dengan punya pabrik di sini, menunjukkan komitmen mereka untuk menyediakan after sales service yang lebih baik; setidaknya lebih baik dari brand lokal lainnya.

Q55. Agan bilang Haier juga ada buka pabrik di sini. Apakah mereka juga ada keluarin HH mid-high juga?
Ans : Ada, Haier I70, yang kemungkinan juga head2head dengan pureshot. Tapi berhubung yang punya hisense lebih duluan masuk epostel, ane pastinya ngincar yang uda lebih pasti aja deh. (Sorry Haier, anda agak terlambat). Lagian pureshot sudah ada penampakan dan kepastian spek nya, sehingga lebih layak untuk ditunggu dibanding yang belum pasti. Dan ingat, trit ini buat diskusi pureshot/+; so fokus ke topik ja.

Misc
Q56. Ada hubungan apa agan TS dengan Hisense ataupun Smartfren?
Ans : Sebelum agan menuduh ane yang enggak2, silahkan cek dulu semua post ane di kaskus. Ane Cuma user android dengan ISP smartfren yang kecewa dengan andromax terakhir selama dua tahun ini, karena speknya yang beti gitu2 saja, seperti yang ane keluhkan terutama di waiting lounge max G3/I4. Speed inet nya semar sih ok, tapi HH uda ga layak. Makanya ane terus mencari HH lain yang support CDMA/LTE semar, tapi speknya lebih bagus. Bahkan ane sempat mencari cara untuk unlock HH GSM lain ke CDMA emoticon-Hammer (S). Agan tau sendiri, CDMA di Indonesia tidak begitu berkembang, sehingga vendor yang mau keluarin HH CDMA-GSM sangatlah sedikit atau hampir boleh dibilang tidak ada. Jadi begitu ane melihat ada HH CDMA-GSM dengan spek yang lebih bagus, dan brand nya sudah pernah pake sebelumnya, otomatis ane akan sangat tertarik. Ane ga akan posting ataupun ngikutin trit yang ane anggap tidak menarik buat ane.
Sementara untuk hubungan dengan Smartfren, sudah ane klarifikasi di trit yang sama. Contoh paling nyata adalah ane barusan jebol password USB debug untuk Max R, yang merupakan andromax nya Semar dan brand Hisense. Silahkan simpulkan sendiri. Dan bahkan di trit ini sendiri, setelah pureshot/+ launching dan ternyata harga lebih mahal (dan spek turun), ane juga ikut mengeluh overprice. Bedakan dengan ID di forum sebelah yang bisa terlihat dari cara postnya yang tidak wajar.

Q57. Kok FAQ nya panjang banget sih? Padahal ini masih waiting lounge, belum official emoticon-Frown
Ans : Ane sebenarnya mo buat pendek saja. Tapi kebiasaan pas nyusun kitab di trit max v, jadi terbawa ke sini emoticon-Hammer (S) Karena sudah diketik, sayang deh kalau ga dipost. Akhirnya jadi sepanjang ini deh emoticon-Big Grin

Q58. Gan Des nanti bakalan jadi TS nya official lounge HH ini ya? Bakalan ada kitab lagi kah?
Ans : Kalau direstui gan emoticon-Malu (S) Dan kalau memang ane jadi ambil. Kan bisa aja setelah tiba harinya, Haier malah percepat launching I70 nya dan ternyata speknya lebih bagus. emoticon-Big Grin Bisa aja Hisense tetap tidak revisi harganya dan akhirnya ane minang HH LTE lainnya (seperti beras merah).

Q59. Apakah nanti FAQ ini akan diupdate terus?
Ans : Ane usahain gan, tergantung cendolnya juga emoticon-Cendol (S). Heheheh, kemungkinan sih enggak lagi, kan uda cukup panjang emoticon-Big Grin. Cuma edit2 dikit aja, karena kan sudah launching dan tinggal nunggu ada yang uda punya, uda siap2 buka official lounge. Dan ane juga belum tentu termasuk salah satu penghuninya (kan belum pasti).

Kumpulan berita launching dan respon di trit

Quote:Original Posted By aQuy

youtube-thumbnail

Quote:Original Posted By teke29
paling penasaran sama haerga (tetep) emoticon-Ngakak (S)

btw sudah mo launching hari ini tapi belum ada banner satu pun dari toko2 online emoticon-Bingung (S)

kalo di mkg dibela2in bolos kerja deh, kalo kokas macet di kasablangkanya emoticon-Cape d... (S)

ada review dari arenalte http://arenalte.com/review/smartphon...ense-pureshot/
meski reviewnya terkesan "titpan" tapi lumayan buat bayangan yg sudah HO

Quote:Original Posted By aQuy
dari ArenaLTE jg, ada angka 2.699.000 & 3.199.000, worth kah?

Pureshot L671
Pureshot L695

otw, mantengin youtube x aja ada live streamingnya...

Quote:Original Posted By Desmanto

Wkwkwk, asli overprice emoticon-Ngakak (S). Pyursot dikasih range harga 2,5 - 2,7, malah dipilih 2,7 emoticon-Hammer (S) Overprice dikit lah, dibanding essik. Tapi yang pyursot plus asli overprice banget. Masa beda cuma layar 5 ke 5,5 inch dan batere 2200 ke 2500 mAh, bedanya ampe 500 ribu emoticon-Hammer (S) Pupus deh harapan ane mo pake yang 5,5 inch emoticon-Frown Kirain yang 5,5 inch 2,7 juta.

Tambahan info dari speknya terbaca lagi kalau wifi uda ac, berarti uda pasti dual band. Bluetooth nya juga uda 4.1 LE (Low Energy). Microsd up to 128 Gb, berarti uda pasti support exFAT (SDXC). Video support H265 player, mudah2an soft decoder VP9 juga lancar. Ada Radionya (hehehe, masih ada yang pake gak?). Ada HDMI nya, ga tau apa salah tulis atau maksudnya via wireless display (atau benaran mini HDMI). Kalau memang benar adanya, berarti OTG kemungkinan da support (tapi tidak tertera). Minusnya ternyata ga ada gyro emoticon-Frown Maxer ja punya, masa pureshot gak emoticon-Frown

Paling celakanya di PHP-in, rupanya hari ini cuma announce. Rilisnya tanggal 9 September. emoticon-Berduka (S) Nampaknya preorder Agustus, benar2 31 Agustus emoticon-Hammer (S) Bisa jadi memang karena epostel belum kelar. Padahal pikirnya begitu announce uda bisa langsung order. Jadinya memberi harapan bagi beras merah untuk parkir di hati.emoticon-Malu (S)

Quote:Original Posted By Desmanto

Banyak yang kecewa nih dengan pricingnya. Rame2 komplain di sebelah yuk emoticon-Big Grin Ni nambah kekecewaan lagi, ternyata memang selama ini bukan snap 615, tapi snap 415 yang tertera di arena LTE. Tu chipset baru qualcomm februari 2015 ini. Secara generik memang hampir sama dengan snap 615, tapi adreno 405 nya support display res lebih rendah, cuma up to 720p. Makanya ga ada Full HD untuk pureshot/+. Juga ga support quick charge, tapi uda pake chipset LTE lebih baru, X5, bukan Gobi lagi.

Yang bisa diharapkan yaitu dari segi CPU, yaitu true octacore @1,4 Ghz, bukan seperti snap 615 yang dual cluster. Secara frekuensi total hampir sama, karena
Snap 615 = (4 x 1,7) + (4 x 1,0) = 6,8 + 4 = 10,8
Snap 415 = 8 x 1,4 = 11,2

Tapi snap 415 otomatis lebih muda daripada snap 615 yang uda announce tahun lalu. Diharapkan revisi chipset nya uda minimal r0p2, mengimbangin MT6752. Kalau disuruh pilih, ane tetap lebih milih snap 415, karena octacore nya full speed dengan frekuensi yang lebih rendah (meskipun total sama). Jadi pasti lebih hemat dibanding yang model dual cluster. Belum lagi karena snap 415 bukanlah octacore pertama. Pastinya kinerja multicore nya sudah direvisi dibanding snap 615. Tapi dengan mengorbankan sisi GPU emoticon-Frown Sebab seri 4xx adalah untuk Mid class, bukan mid high.

Quote:Original Posted By teke29

komplen di sebelah ntar malah dibanned secara yg punya forum brandnya sendiri, klo komplen di kaskus kan speak of freedomnya dijamin emoticon-Big Grin

masih ga habis pikir nih ama hisense, gara2 kuis di tweeternya jadi trending topic tingkat kepedeannya jadi over emoticon-Hammer (S)

setelah penasaran ama harganya skrg penasaran sama salesnya, bukannya nyumpahin, tapi klo ngandelin pemakai semar doang rasanya ga bakal serame penjualan merk sebelah.

Merk lain pada turunin harga yg ini malah dinaikin harganya emoticon-Cape d... (S)

Quote:Original Posted By aQuy

bisa jadi skenarionya sama kya wkt nyebarin brosur Max R angka 1.799
lihat respon pasar dan harga hh sebelah
pas launching angka 1.599

BTW, seinget ane sch ga seperti ini status kemarin lusa
yg bulat merah sebelumnya ngga ada
cm ane lupa" inget
CMIIW
 [Waiting Lounge] Hisense Pureshot/+, Make Some Fun

Quote:Original Posted By Desmanto

Wah iya juga. Dejavu gitu. Padahal waktu di teaser brosur uda nampak. Tapi pas benar2 launching revisi lagi. Berarti ada harapan minimal tinggal 2,5 juta atau bahkan 2,4 nih emoticon-Big Grin. kalau bisa sih diskon 700 ribu seperti sebelah, tinggal 2 juta emoticon-Ngakak (S)

Quote:Original Posted By Desmanto

Ane sih ga masalah kalau bandingin dengan HH lain, biar ada comparison. Ini juga masih waiting lounge belum official. Tapi jangan kelewatan OOT nya, momod kan ada mantau juga kalau arah tritnya uda melenceng gitu. Kalau memang ada HH yang lebih bagus, paling kan nanti tutup trit ini aja, ikut pindah ke trit baru emoticon-Big Grin Seperti kisah waiting lounge max G3 dan I4 (aka Max R) sebelumnya, ditutup dan pindah kemari. BTW, mimin sebelah kabarnya juga ada mantau trit ini lo emoticon-Big Grin

Kabar gembira di tengah kekecewaan, ternyata memang ada Gyro sensor nya. Berarti ArenaLTE lupa cantumin kali kemarin, sekarang uda ada tuh, Spek Pureshot. Malah FM radio yang tiba2 jadi silang emoticon-Hammer (S) (ga masalah sih). Cuma USB OTG yang masih misteri lagi.

Quote:Original Posted By teke29
Lama2 pureshot ini jadi inget waiting loungenya andromax 4G kemarin yg dibikin om desmanto juga, ujung2nya jadi anti klimak gini, ekspektasi tidak sesuai hasilnya, anti klimak emoticon-Hammer (S) yg kemarin di spek, yg ini di harga

gimana om desmanto, kita perlu lirik merk lain lagi ga emoticon-Big Grin

#nasibpenggunasemarygsusahmaugantihape

Quote:Original Posted By Desmanto

Wkwkwk. Pindah2 trit terus, kapan upgrade nya? emoticon-Hammer (S) Pyursot sebenarnya uda 90% masuk kriteria yang pernah ane buat di di trit sebelumnya. Cuma pas ketemu ternyata snap 415 bukan snap 615, dan harganya gak bersaing; jadinya lemas, gagal org*s** emoticon-Big Grin. MSRP snap 415 seharusnya masih di bawah snap 615, jadi harga harusnya masih di bawah snap 615 yang setara. Kalau snap 615 di luar sana cuma 2,5 - 2,6 juta (bahkan serendah 2,3 juta untuk satu brand tertentu); berarti harusnya harganya masih di bawah tu. Yang jelas tidak mungkin di atas 2,5 juta. Mungkin 2,3 - 2,4 juta akan lebih cocok kalau target saingan adalah snap 615. Tapi kalau mau bersaing dengan MT6752 yang MSRPnya bisa di bawah 2 Juta, bakalan agak berat. Nanti entah bisa profit gak. Uda keburu bikin banyak acara dan kontes.

Lihat di wikipedia, snap 415 dan 425.
Ane tadi pas OTW ke tempat kerja, tiba2 terpikir kenapa benchmarknya bisa 1/6 lebih rendah. Tu karena clock memory nya juga 1/6 lebih rendah. Snap 615 RAM nya LPDDR3 single 800 Mhz. Snap 415 RAM nya LPDD3 single 667 MHz atau juga 5/6 nya. Pantesan meskipun sama2 pake adreno 405 dengan clock sama, perfomancenya kena sunat. Seperti di SoC qualcomm lama, yang mana GPU juga ikut shared memori dan speed dari RAM.

Coba aja kalau pake snap 425, kan uda beda cerita. Snap 425 RAM nya LPDDR3 single 933 Mhz, 1/6 lebih tinggi lagi dari snap 615. Jadi perfomanya malah di atas nya, karena CPU nya juga uda octacore @1,7 GHz. KOk ga sekalian ini aja kan? Baru dijual seharga snap 615 mungkin masih OK. Atau mungkin Pureshot snap 415, tapi Pureshot+ snap 425. Baru bisa justify harganya yang meskipun masih tetap overprice.

Apa mau dikata, HH nya uda masuk sini, gak mungkin kan launching lagi Pureshot++ lagi (kayak spa plus plus aja emoticon-Ngakak (S)). Jadi cuma bisa bermain di harga saja. Kejamnya persaingan HH sekarang. Beda harga dikit bakalan pindah sebelah emoticon-Ngakak (S)

Hahaha, tu I56D2G kayaknya max erdua, paling juga masih snap 410 tapi pake RAM 2 GB doank. HH yang dipesan semar mana mungkin ada mid-high. Kalau ane sih ga masalah speed LTE nya. Cat 4 kalau uda bisa stabil uda OK banget, ga perlu ampe nembus2 100 Mbps. Lebih penting di kinerja SoC nya dibanding rata2 HH di pasaran vs harganya itu sendiri.

Quote:Original Posted By xenofan368
Sama gan,ane udah nunggu ini buat gantiin max Z ane,begitu tau tidak sesuai harapan semua,masa bukan 615,terus layarnya nggak full hd lagi,dan harganya juga udah pasti mahal,seperti biasa smartfren selalu overprice harganya kayak max z juga,jadinya nggak semangat nunggunya,hadeh bener bener bikin down aja

Quote:Original Posted By rolasrolas

Sama Gan, saya tadinya juga berpikir buat gantiin Max Z, jadi Max Z nanti buat mainan anak aja. Tp kayaknya masih nunggu review dl nich Pureshot Plus nya. emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By Desmanto

Aryamada kalau ditrace ke forum sebelah, login terakhir 8 agustus. Kayaknya ga ada harapan deh buat PM. Kalau di FB kan ga tau yang mana. Untuk sensor kamera bisa cek di androidauthority, terbagus masih tetap dipegang sonice, disusul samsul dan Omni. Sonice sanggup buat sensor yang bagus, tapi software imaging mereka asli parah. Sama2 pake IMX, foto di HH lain malah lebih bagus dibanding HH mereka sendiri. emoticon-Hammer (S)

Tapi ingat, ini sensor cuma sebagian aja. Masih ada kualitas lensa, focal length dan seterusnya. Untuk focal length dan aperture kita uda tau, 3,69 mm dan f/2.0, jadi absolute aperture di 1,845 mm. Memang betul bahwa aperture masih lebih bagus dibanding HH rata2. Tapi karena penempatan posisi HH nya adalah mid-high, ya harus dibandingkan dengan kelas yang sama donk. Dan aperturenya masih kalah dibanding bleit essik maupun miforai (ada di pejwan). Jadi ga keliatan banget daya jualnya di sisi camera. Padahal kan yang ditonjolkan tu camera nya. Ini juga uda ane pertanyakan dari kemarin. Melihat sensor 13 MP yang ada, jatuhnya cuma ada di sonice, samsul dan omni. Kalau Hiniks kayaknya kagak mungkin deh, terlalu murah emoticon-Big Grin Biasanya sih kalau uda pake sensor sonice atau samsul, pasti pada koar2 tu. Liat aja brand sebelah yang pake tu pasti ditonjolkan sensornya. Karena di pyursot ga disebut2 jenis sensor, makanya ane prediksi lebih mungkin OV13850.

Overprice nya tu yang bikin jadi ga worth. Dulu pas beli max v dan max z, ga terasa overprice nya karena HH kompetitor juga hampir ga ada yang setara. Tapi kalau sekarang mah semuanya uda perang harga habis2an. Selisih harganya membuat ke kompetitor jadi keliatan lebih murah. Makanya mempertimbangkan untuk pegang dua HH ja sementara waktu sampai VoLTE implementasi sempurna.

Sebenarnya sih HH nya juga ga jelek amet, fiturnya uda lumayan komplit. Cuma harganya gak bersaing dan timingnya terlalu lama, memberikan kesempatan untuk brand lain untuk godain dengan model baru mereka yang dijual dengan harga lebih murah. Apalagi setelah diketahui ternyata SoC nya malah masih lebih rendah dibanding kompetitor lain, otomatis kita berharap harganya bisa lebih murah lagi.

All About Camera Pureshot/+

Contoh Hasil foto
Quote:Original Posted By seichirou.rinz

nih gan, kliatannya kena resize ama forum haier
 [Waiting Lounge] Hisense Pureshot/+, Make Some Fun
lepi ane lagi sekolah, jadi cuman pake hp. kl ada lepi mungkin full resnya ane tunjukkin

Dari foto pureshot+ di atas, diketahui bahwa Pureshot+ adalah HS-L695, focal length : 3,69 mm, aperture f/2.0. Foto di atas sudah kena resize tinggal 3 MP, jadi foto asli bisa lebih bagus sebenarnya. Dari data ini, ane kumpulkan bersamaan dengan beberapa data dari HH lain, dan jadilah tabel perbandingan di bawah.

Code:
No | Brand    | Model         | Focal   | Aper  | Abs dia  | Reso  |
____________________________________________________________________
01 | Hisense | Max C2 | 2,93 mm | f/2,6 | 1,127 mm | 3 MP |
02 | Samsul | grendua | 2,93 mm | f/2,4 | 1,221 mm | 8 MP |
03 | Hisense | Max i3 | 3,37 mm | f/2,6 | 1,277 mm | 5 MP |
04 | Samsul | Catatan 2 | 3,70 mm | f/2,6 | 1,423 mm | 8 MP |
05 | 3v3rc055 | yetu | 3,50 mm | f/2,4 | 1,458 mm | 13 MP |
06 | Leni | a6k | 2,96 mm | f/2,0 | 1,480 mm | 8 MP |
07 | Kitos | Octa | 3,50 mm | f/2,2 | 1,591 mm | 13 MP |
08 | Zongshin | miss v | 3,50 mm | f/2,2 | 1,591 mm | 8 MP |
09 | Siomay | Catatan | 3,50 mm | f/2,2 | 1,591 mm | 13 MP |
10 | Kitos | Hexa | 3,50 mm | f/2,2 | 1,591 mm | 8 MP |
11 | Hisense | Max Z | 3,50 mm | f/2,2 | 1,591 mm | 8 MP |
12 | Leni | a7k | 3,50 mm | f/2,2 | 1,591 mm | 8 MP |
13 | 1nf1n1x | Catatan Panas | 3,50 mm | f/2,2 | 1,591 mm | 8 MP |
14 | Alka | 1 sentuhan | 3,50 mm | f/2,2 | 1,591 mm | 13 MP |
15 | Siomay | Beras merah 1 | 3,85 mm | f/2,2 | 1,791 mm | 8 MP |
16 | Hisense | Pureshot | 3,69 mm | f/2,0 | 1,845 mm | 13 MP |
17 | Hisense | Pureshot+ | 3,69 mm | f/2,0 | 1,845 mm | 13 MP |
18 | Hisense | Max R | 3,72 mm | f/2,0 | 1,860 mm | 8 MP |
19 | 45u5 | Jendua | 3,78 mm | f/2,0 | 1,890 mm | 13 MP |
20 | Zongshin | Pedang esenam | 3,78 mm | f/2,0 | 1,890 mm | 13 MP |
21 | OPO IKI | 1+1 | 3,79 mm | f/2,0 | 1,895 mm | 13 MP |
22 | Samsul | Esempat | 4,20 mm | f/2,2 | 1,909 mm | 13 MP |
23 | Samsul | Catatan 3 | 4,20 mm | f/2,2 | 1,909 mm | 13 MP |
24 | OPPO IKI | ensatu | 4,60 mm | f/2,2 | 2,091 mm | 13 MP |
25 | Siomay | Miforai | 4,22 mm | f/2,0 | 2,110 mm | 13 MP |
26 | Samsul | Eslima | 4,80 mm | f/2,2 | 2,182 mm | 16 MP |
27 | Samsul | Catatan 4 | 4,80 mm | f/2,2 | 2,182 mm | 16 MP |
28 | Samsul | Esenam | 4,30 mm | f/1,9 | 2,263 mm | 16 MP |
29 | Nokiyem | Lo2o | 7,20 mm | f/2,2 | 3,273 mm | 41 MP |
30 | Nokiyem | BOB | 8,02 mm | f/2,4 | 3,342 mm | 41 MP |
____________________________________________________________________

  1. Tabel ini membandingkan nilai focal length, Aperture, Absolute aperture diameter dari berbagai HH
  2. Tabel diurutkan berdasarkan nilai Absolute Aperture diameter, dari yang terendah sampai tertinggi.
  3. Ane sengaja memasukkan beberapa HH Hisense lainnya, beberapa flagship kelas atas, HH mid-high price-to-perfomance dan HH mid-high saingan pureshot; supaya bisa dibandingkan secara lebih objektif
  4. Untuk nama brand selain Hisense, akan disensor/diplesetin seperlunya. Seharusnya agan2 di sini masih ngerti HH apa.
  5. Karena tabel ini ane yang buat, pastinya sangat subjektif banget, karena ane pasti memilih HH yang ane bisa cek secara fisik, ane tertarik untuk ngeceknya, ataupun official lounge nya lumayan rame di kaskus
  6. Bagi yang HH nya tidak dimasukkan di sini, mohon maaf sebelumnya karena tidak akan ane update datanya. Tabel ini tujuannya sebagai perbandingan kasar untuk pureshot/+, yang merupakan hasil riset 2 hari yang sangat singkat, berdasarkan sumber daya yang tersedia dan semampu ane. Silahkan dinilai sendiri dan mohon dikoreksi jika ada yang salah.


Tentang Camera
Q01. Hisense pamerin di website bahwa cameranya punya aperture yang gede : f/2.0, sehingga lebih bagus perfomanya di low light. Aperture tu makanan apa?
Ans : Silahkan googling atau ke wikipedia untuk detailnya. Singkatnya, Aperture ibarat iris/pupil mata manusia, yang bertugas mengendalikan jumlah cahaya yang masuk ke sensor camera. Semakin besar aperture, maka semakin besar cahaya yang bisa masuk. Di dunia smartphone yang cenderung memiliki sensor size yang sangat kecil dan aperture yang kecil (karena terbatas ukuran fisik), nilai aperture sangat berpengaruh terhadap kualitas gambar dan tingkat noise yang dihasilkan pada kondisi low-light. Semakin besar aperturenya, semakin banyak cahaya yang masuk ke sensor camera, semakin sedikit noise yang dihasilkan, kualitas gambar pun semakin bagus. (pernyataan ini cenderung hanya berlaku di dunia smartphone, bukan di dunia DLSR). ISO (sensitivitas cahaya) bisa diturunkan tanpa membuat keseluruhan gambar menjadi terlalu gelap. Makanya HH yang punya diamater absolute aperture yang besar, cenderung menghasilkan kualitas gambar yang lebih bagus.

Q02. Jadi gimana hitung nilai aperture ini?
Ans : Aperture dihitung dalam stop, yang biasanya dinyatakan dalam format f/number, di mana f adalah focal length (jarak lensa ke sensor camera) dan number adalah pembaginya. Karena dinyatakan dalam pembagi, f/1.0 artinya diameter aperture sama dengan focal length (sangat besar), f/4.0 berarti diameter aperture 1/4 dari focal length (lebih kecil). Nilai aperture dikatakan semakin besar jika semakin mendekati f/1,0. f/2.0 berarti diameter 1/2 dari focal length, di mana di Pureshot/+ nilainya adalah 3,69 mm. Berarti diameter aperture absolute nya adalah 1,845 mm. Diameter absolut inilah yang menyatakan seberapa banyak cahaya yang mampu masuk ke sensor camera.

Q03. Ga ngerti gan, 1,845 mm tu seperti apa? Perbandingannya dengan camera di HH lain gimana?
Ans : Ukuran absolute diameter ini selisih sedikit bisa berpengaruh sangat banyak. Max v ane di 1,591 mm, not3 kakak ane di 1,909 mm. Ane pake app Snap camera, sama2 full brightness, arahkan ke kamar ane yang kurang cahaya, cuma ada lampu dari jendela. Max v ane sama sekali hitam, not3 masih bisa detek cahaya dari jendelanya. Kakak ane langsung komentar : "Ada harga ada barang." Jadi 1,845 mm setidaknya akan sangat mendekati perfoma not3 itu sendiri

Q04. Karena aperture dihitung berdasarkan focal length, berarti focal length makin tinggi makin bagus donk?
Ans : Focal length adalah jarak dari lensa ke sensor camera. Karena di atas ane menyebutkan bahwa absolute aperture diameter tergantung pada focal length, maka sangat gampang mengarah pada kesimpulan bahwa semakin tinggi semakin bagus. Belum tentu gan, karena semakin tinggi focal length, maka semakin sempit jarak pandang (angle of view), semakin jauh camera melihat. Artinya kalau agan berdiri pada jarak yang sama untuk foto group, dengan sensor size yang sama; camera dengan focal length yang tinggi akan sangat susah mengcover semua orang, karena sudut pandang yang terbatas.

Q0. Makin bingung gan. Intinya gimana sih yang lebih bagus?
Ans : Focal length harus dicocokkan dengan sensor size dari camera, untuk mendapatkan angle view yang sama. DLSR full frame 35mm biasanya memiliki standar focal length 35 mm (di DLSR, focal length bisa diganti2). Sementara di smartphone yang ukuran sensor cuma di kisaran 1/4 inch (kira2 10 kali lebih kecil), maka diperlukan focal length yang juga 10 kali lebih kecil untuk mencapai angle view yang sama, yaitu 3,5 mm. Itulah sebabnya focal length di camera smartphone cenderung sangat pendek, berkisar 3,5 - 4,2 mm, yang akhirnya juga mempengaruhi nilai absolute aperture diameter. Berhubung di dunia smartphone, biasanya focal length yang tinggi biasanya diimbangin oleh ukuran sensor size yang lebih besar; maka sekali lagi khusus smartphone : Semakin tinggi focal length semakin bagus (lagi2 hanya berlaku di dunia smartphone), karena biasanya juga menandakan ukuran sensor yang lebih besar, sehingga bisa menangkap lebih banyak detail.

Q0. Kenapa sensor size di camera smartphone ga digedein aja? setara DLSR full frame gitu. Sekalian juga focal length dipanjangin, aperture dibesarin juga.
Ans : Sampai hari ini belum ketemu teknologinya untuk menyulap sensor camera full frame supaya bisa masuk ke body HH yang tebalnya cuma di bawah 10 mm !!! Rata2 DLSR sensor full frame di luar sana, sudah setebal 5 cm (dimensi terkecil lo). Di dunia smartphone, sensor size terbesar masih dipegang nokiyem BOB, 1/1,2", focal length 8,02 mm, aperture f/2,40 dengan absolute 3,342 mm. Tapi bayangin, hanya tebal dari focal length nya sendiri sudah 8 mm, mengakibatkan ukuran HH nya sendiri menjadi setebal 18 mm. Karena keterbatasan fisik inilah, yang menyebabkan rata2 HH tidak sanggup menyaingi kamera DLSR dalam segi kualitas foto.

Q0. Berarti intinya yang menentukan hasil kamera smartphone tu yang paling penting diperhatikan adalah nilai aperture dan focal lengthnya saja?
Ans : Tidak gan, masih ada sensor size, brand sensor, ukuran persensor, teknologi yang digunakan, kualitas lensa dan masih banyak lainnya. Aperture dan focal length hanya bisa dijadikan acuan kasar, dengan menganggap semua variabel lainnya sama. Maksudnya kalau agan tau ada dua kamera yang kurang lebih memakai teknologi yang sama, maka pilihlah yang aperturenya tinggi (semakin mendekati f/1,0) dan focal length yang tinggi (di atas 4 mm).

Q0. Agan punya bukti ga atas kesimpulan di atas?
Ans : Ada, liat aja tabel di atas. Sudah ane sortir berdasarkan nilai absolute aperture diameter. Dan dari general knowledge kita semua, ane yakin rata2 setuju dari atas ke bawah, focal length semakin tinggi, nilai aperture semakin tinggi (mendekati f/1,0), absolute diameter semakin tinggi, dan kualitas camera juga semakin bagus. Pureshot/+ berada di atas rata2 HH mid-low dan mid-high price-to-perfomance lainnya; sedikit di bawah HH mid high flagship dan jauh di bawah HH High-end flagship. TInggal kita lihat apakah nanti akan memakai sensor Sony IMX214 atau Omnivision OV13850 (atau bahkan brand lainnya).
di spek tidak tertulis 3G GSM / HSPDA / HSPDA+
tapi bagian FAQ :
Q18. Jaringannya pake apa?
Ans
: Dual SIM standby CDMA2000 1X 800 MHz - GSM tri/quad band, 3G di CDMA EVDO rev A 800 Mhz dan 3G GSM / HSPDA / HSPDA+, LTE semua operator di Indonesia.

jadi yg akurat mana nih emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By f1respeed
di spek tidak tertulis 3G GSM / HSPDA / HSPDA+
tapi bagian FAQ :
Q18. Jaringannya pake apa?
Ans
: Dual SIM standby CDMA2000 1X 800 MHz - GSM tri/quad band, 3G di CDMA EVDO rev A 800 Mhz dan 3G GSM / HSPDA / HSPDA+, LTE semua operator di Indonesia.

jadi yg akurat mana nih emoticon-Bingung (S)

Maaf gan, kayaknya terhapus atau ane pindahin ke FAQ, jadi ilang di spek. Uda ane perbaiki. Yang benar
3G bands CDMA EvDo Rev A 800 Mhz (SIM 1) & 3G GSM / HSPDA / HSPDA+ (SIM 2)

Tapi tetap sebelum launching, ane cuma bisa mengutip kata2 dari milis doank. Jadi bisa aja spek di atas salah.
Nice thread.
Setelah baca thread ini, ane jadi tertarik utk meminang. (nunggu bulan agustus, yakk?)

Salute utk agan Desmanto
ini speknya uda sip, tinggal baterenya removeable atau ga?
wah hp cdma ya, btw klo 2,5 juta keatas uda ngga hot
Spoiler for Spesifikasi (belum benar semua):

umurnya cuman sampe 16 des 2016 emoticon-Cape d... (S)
moga2 ga mahal2 amat...termasuk user fren sampe smartfren nih
Quote:Original Posted By karyaterus
Nice thread.
Setelah baca thread ini, ane jadi tertarik utk meminang. (nunggu bulan agustus, yakk?)

Salute utk agan Desmanto

Awas keracunan emoticon-Big Grin Belum pasti sih, soalnya kan Hisense belum pernah jualan sendiri. Selama ini nebeng semar.
Quote:Original Posted By sumwand
ini speknya uda sip, tinggal baterenya removeable atau ga?

Mungkin bisa coba bantu tanya di forum hisense nya. Ane sih juga prefer removable. Kalau hang dan tekan power 10 detik ga mempan, minimal bisa cabut batere.
Quote:Original Posted By cepi_esp
Spoiler for Spesifikasi (belum benar semua):

umurnya cuman sampe 16 des 2016 emoticon-Cape d... (S)

Pasti molor gan, dan lagian kan uda ane kasih tau di FAQ, kalau CDMA nya tar diganti LTE.
smarrprett
kenangan lama
could ba taripnya bersaing bakal balik ane
Ijin mantau,minat bngt buat upgarde ke nie hh.
Wah keren ni hengpon emoticon-Matabelo
Jd intinya support 4G LTE smart (Sim 1 ) & LTE GSM( SIM 2 ) nya emoticon-Malu (S)
Keren nih HH, 4Gnya unlock dan support all LTE band di indonesia. Sayang batterenya rada kecil, jadi sandungan buat yang pengen pake.
Titip jejak dari trit sebelah. Jadi beli gk ya emoticon-Hammer (S)
1 lagi, kl pake snap 615, bukannya ada kemungkinan kl udah EVDO rev.B? emoticon-Bingung (S)

Quote:Original Posted By seichirou.rinz
Titip jejak dari trit sebelah. Jadi beli gk ya emoticon-Hammer (S)
1 lagi, kl pake snap 615, bukannya ada kemungkinan kl udah EVDO rev.B? emoticon-Bingung (S)

Betul gan, snap 615 uda pake Gobi 7 multimode. Support wirelessnya uda lengkap banget. Cuma mungkin diminta semar lock ke rev a, supaya mo promosiin LTE nya. Kan waktunya uda tinggal bentar aja. Lagian kalau backbone nya kuat, LTE 1 bar pun masih ngalahin rev b full bar lo.

Cuma ya kalau misalnya dirasa LTE nya kurang stabil dan kita mo switch ke rev b ja, tu yang jadi masalah. Tapi tenang, kalau uda hands-on, bisa kita unlock juga tu.
Ikut mantengin. Tertarik ane