alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55971b91507410e71a8b456b/ask-cara-ngadepin-penolakan-antar-keluarga
Ask cara ngadepin penolakan antar keluarga.
Permisi abang, mbak, mas, teteh penghuni h2h.
Curhat dadakan subuh - subuh gan.
Jadi gini.

Hubungan ane sama pacar (calon bini, amin) lagi masuk episode genting gan.
Setelah hampir satu setengah tahun hubungan kita jalani dengan suka duka dan gegap gempita akhirnya ane ngalamin apa yang namanya penolakan dari keluarga si gadis.
Penolakan dari keluarga dia ini (ibu si cewe yang paling gencer) katanya didasari oleh beberapa hal.
Yang pertama, katanya karena ane beda suku, cewek beserta keluarga merupakan masyarakat betawi tulen sedangkan ane adalah putra minang, walaupun gede di Jakarta, ibu bapak ane orang padang asli dan merupakan orang perantau.
Ibu cewek ane bilang kalo bisa dia jangan jadi sama masyarakat pendatang (ane) dan diminta cari calon orang betawi juga.

Alasan kedua adalah karena ane anak putra satu satunya gan, hal ini dikarenakan ibu cewe ane bilang kalau anak semata wayang itu manja orangnya, which is actually true, ane emang manja gan ke nyokap, tapi ane berani bilang kalo ane adalah orang yang mandiri, ane pernah tinggal sendiri diluar negri waktu ngejar pendidikan. Dan diasana ane bisa buktiin bahwa ane mampu hidup sendiri jauh dari rumah dan keluarga.

Nah faktor ketiga.
Ini sebenernya pendapat ane aja si, jadii... ceritanya kakaknya cewek ane (cewek juga) baru baru ini dilamar sama seorang cowok gan, yang bisa dibilang cowok hampir sempurna, si cowok ini mapan dan punya perusahaan sendiri, dia pemuda idaman masyarakat sekitarnya dan sempet mau dicalonin jadi lurah disana, disamping itu dia orang betawi juga yang bikin si ibunya cewek ane pasti setuju.
Kalah telak lah sama ane yang masi meniti masa muda ini.
Alhasil di tiap acara kumpul keluarga, cewek ane selalu jadi bahan perbandingan sama kakaknya, dimana calon si kakak dan calon cewek ane jadi bahan omongan.
Cewek ane selalu bela ane disitu (terharu) tapi apa daya dia ya pasti kalah suara.

Yang ane agak kecewa sama keputusan mamah cewek ane adalah kenapa si tante nolak ane disaat ane udah jalan ama dia cukup lama.
Ane sendiri ngerasa kayak ditusuk dari belakang gan, secara tiap ane bertamu kesana ane ngerasa diterima, dan ternyata ngga.

Ane sendiri juga udah jatuh hati sejatuh jatuhnya gan sama gadis satu ini, ane selalu jaga dia, selalu berusaha ada buat dia.
Ane gapernah ngajak cewek ane ke pergaulan negatif dan semacamnya.
Jadi mungkin ini ekspresi kekecewaan dan tidak terimanya ane atas keputusan si tante.
Kita sendiri sekarang lagi masa hiatus gan, atau lagi backstreet dulu dari keluarga si cewek, cewek ane juga akhirnya suka ngungsi kerumah ane trus curhat ma nyokap ane.

Menurur agan sista sekalian, sikap apa yang harus ane tunjukkan, dan gimana cara ngadepin masalah kayak gini.
Terimakasih atas perhatian nya ya udah baca tulisan ane ngalor ngidul.

Assalamualaikum wr. wb.


Ini sih bukan masalah baru. Jadi tinggal lihat sekokoh apa komitmen kalian berdua buat mempertahankan hubungan? Kalau memang sekuat baja, ya inilah tungku perapian buat pengujian. Kalau kalian berdua tetep bertahan, ya pasti bisa juga meluluhkan hati ibu si cewe.

Sebisa mungkin cewe ente cerita ke mamanya semua kelebihan ente. Plus pastikan si cewe jadi lebih baik selama sama ente. Kalau dari bukti yang terlihat, pasti lama-lama mama si cewe juga luluh.

Jadi ini intinya kuat-kuatan mental aja. Begitu ga kuat mental ya udah pasti gagal aja.
Quote:Original Posted By sliferstrike
Permisi abang, mbak, mas, teteh penghuni h2h.
Curhat dadakan subuh - subuh gan.
Jadi gini.

Hubungan ane sama pacar (calon bini, amin) lagi masuk episode genting gan.
Setelah hampir satu setengah tahun hubungan kita jalani dengan suka duka dan gegap gempita akhirnya ane ngalamin apa yang namanya penolakan dari keluarga si gadis.
Penolakan dari keluarga dia ini (ibu si cewe yang paling gencer) katanya didasari oleh beberapa hal.
Yang pertama, katanya karena ane beda suku, cewek beserta keluarga merupakan masyarakat betawi tulen sedangkan ane adalah putra minang, walaupun gede di Jakarta, ibu bapak ane orang padang asli dan merupakan orang perantau.
Ibu cewek ane bilang kalo bisa dia jangan jadi sama masyarakat pendatang (ane) dan diminta cari calon orang betawi juga.

Alasan kedua adalah karena ane anak putra satu satunya gan, hal ini dikarenakan ibu cewe ane bilang kalau anak semata wayang itu manja orangnya, which is actually true, ane emang manja gan ke nyokap, tapi ane berani bilang kalo ane adalah orang yang mandiri, ane pernah tinggal sendiri diluar negri waktu ngejar pendidikan. Dan diasana ane bisa buktiin bahwa ane mampu hidup sendiri jauh dari rumah dan keluarga.

Nah faktor ketiga.
Ini sebenernya pendapat ane aja si, jadii... ceritanya kakaknya cewek ane (cewek juga) baru baru ini dilamar sama seorang cowok gan, yang bisa dibilang cowok hampir sempurna, si cowok ini mapan dan punya perusahaan sendiri, dia pemuda idaman masyarakat sekitarnya dan sempet mau dicalonin jadi lurah disana, disamping itu dia orang betawi juga yang bikin si ibunya cewek ane pasti setuju.
Kalah telak lah sama ane yang masi meniti masa muda ini.
Alhasil di tiap acara kumpul keluarga, cewek ane selalu jadi bahan perbandingan sama kakaknya, dimana calon si kakak dan calon cewek ane jadi bahan omongan.
Cewek ane selalu bela ane disitu (terharu) tapi apa daya dia ya pasti kalah suara.

Yang ane agak kecewa sama keputusan mamah cewek ane adalah kenapa si tante nolak ane disaat ane udah jalan ama dia cukup lama.
Ane sendiri ngerasa kayak ditusuk dari belakang gan, secara tiap ane bertamu kesana ane ngerasa diterima, dan ternyata ngga.

Ane sendiri juga udah jatuh hati sejatuh jatuhnya gan sama gadis satu ini, ane selalu jaga dia, selalu berusaha ada buat dia.
Ane gapernah ngajak cewek ane ke pergaulan negatif dan semacamnya.
Jadi mungkin ini ekspresi kekecewaan dan tidak terimanya ane atas keputusan si tante.
Kita sendiri sekarang lagi masa hiatus gan, atau lagi backstreet dulu dari keluarga si cewek, cewek ane juga akhirnya suka ngungsi kerumah ane trus curhat ma nyokap ane.

Menurur agan sista sekalian, sikap apa yang harus ane tunjukkan, dan gimana cara ngadepin masalah kayak gini.
Terimakasih atas perhatian nya ya udah baca tulisan ane ngalor ngidul.

Assalamualaikum wr. wb.


intinya harus ngebuktiin ke ibunya cewe lu orang bkn asli betawi juga bae kan ga semua org betawi jg bae emoticon-No Sara Please:

ambil hatinya calon mertua lu itu bray smgt emoticon-Traveller
Quote:Original Posted By archaengela
Ini sih bukan masalah baru. Jadi tinggal lihat sekokoh apa komitmen kalian berdua buat mempertahankan hubungan? Kalau memang sekuat baja, ya inilah tungku perapian buat pengujian. Kalau kalian berdua tetep bertahan, ya pasti bisa juga meluluhkan hati ibu si cewe.

Sebisa mungkin cewe ente cerita ke mamanya semua kelebihan ente. Plus pastikan si cewe jadi lebih baik selama sama ente. Kalau dari bukti yang terlihat, pasti lama-lama mama si cewe juga luluh.

Jadi ini intinya kuat-kuatan mental aja. Begitu ga kuat mental ya udah pasti gagal aja.


Saran yang sangat brilliant.
Ane sangat setuju..
Inilah tungku perapian buat pengujian.

Tiap hubungan pasti ada ujian. Mampu apa tidak kalian berdua dalam ujian ini?
kalo ceritanya kaya gitu inget aja gan, jodoh mah siapa yg tau ntah itu cewe agan atau cewe lain. yg penting agan buktiin diri agan jadi yg terbaik, kalo pun masih ditolak ya lebih baik ente mundur. membina rumah tangga itu untuk mendapat kebaikan dunia dan akhirat juga untuk mem bangun silaturahmi antar keluarga sedangkan kalo agan terus lanjut sama cewe agan bukannya malah membangun silaturahmi yg ada ngerusak antara cewe agan sama orang tuanya. yg penting ente buktiin dulu ke keluarga cewe ente kalo emang masih ga diterima ya ikhlaskan aja let it flow
urusan hati camer kek gitu ribet gun,..

pertanyaannya, apa cewe lu itu sering ngebelain elu gitu saat sama nyokapnya?
apa mungkin alasan "pendatang vs lokal" itu emang benar? atau si nyokap hanya mencari-cari alasan agar kalian gk direstui??


tapi kalo bener hanya bermasalah terkait stigma "pendatang vs lokal", lebih baek ente percaya ame penguasa hati aje gun.. emoticon-Kiss (S)
perkuat ibadah dan doa saran ane gun.. ha ha #klasik emoticon-Big Grin
Bukan mau sara, dr yg udah2 gk tau kenapa, banyak temen2 gw bahkan istri gw dlu deket sama org minang tanggepannya jelek, ibfo : istri ane org betawi..

Saran sih, semangT bro.. Betawi sama minang setau gw adat beda jauh tapi agama sama2 kuat
perkuat ibadah dan doa gan :-)
sama coba tanya calon gan cara ambil hati camer gan,,biasanya sih klo uda bisa ambil hati restu pun mengalir juga gan,, bismillah juga :-)
Quote:Original Posted By 11sphere92


Saran yang sangat brilliant.
Ane sangat setuju..
Inilah tungku perapian buat pengujian.

Tiap hubungan pasti ada ujian. Mampu apa tidak kalian berdua dalam ujian ini?


Tumben lu setuju bwahahahhaa.
Quote:Original Posted By archaengela


Tumben lu setuju bwahahahhaa.


Hachiko takut disate emoticon-Mewek
lu pindah suku aja jadi suku betawi.
Jaman sekarang udah taon 2015, harusnya punya alasan lebih kuat daripada "saya orang sini kamu pendatang" lah ...

Gw punya temen, ortunya dulu kimpoi lari. Ortu dr pihak laki2 sih biasa aja, tapi mereka orang gak punya sedangkan ortu nyokapnya itu orang kaya, jelas aja ditolak...
Sampe suatu hari temen gw ini pas maish kecil sakit, sampe udah mo mati, ga bisa ngobatin saking ga ada duit.. baru akhirnya opung dari nyokapnya itu sadar, nasi udah jadi bubur... baru mulai dibantu n disetujui...

Kalo emang udah nekat mau merid, mo setuju ga setuju mah orang pasti merid. Orang idup idup gue ini.. Kecuali alesan nya kuat ga cuma rasis doang. Coba ngomong berdua aja sama nyokap cewe ente, bilang dari hati.. Ga dekat maka ga sayang kan..
1.5 tahun itu baru sebentar banget gan.. gw pacaran sama cowo gw 6 taon aja masih gak begitu dekat sama mamaknya..
Apalagi ini kasusnya agan cowo, ibunya cewe, lebih susah ngobrol.. ane kan cewe + cewe jadi masih bisa rumpi

ajak rumpi aja, gak susah koq emoticon-Smilie
Nih makanya gan, dirubah mindsetnya, klo suka cewe pertamakali selidiki keluarganya, terus deketi keluarganya. Kalo sdh dapet restu baru deketi anaknya, ya wajar banget kalo orang tua pengen anaknya dapet calon pendamping yang baik menurut versi orangtua itu sendiri. Bayangin aja gan lo kalo jadi orangtua mungkin akan melakukan hal yang sama.


Satu2nya cara ya deketi orangtua nya, nggak usah takut. Hidup lo nggak bakal nyaman, hati lo nggak tenang kalo lo nikah ranpa restu orangtua. Sekian. Semoga agan mendapat jalan keluar terbaik.