alexa-tracking

Yang Suka berOrganisasi Masuk [Galau Kuliah]

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5595cb059a0951d1398b456d/yang-suka-berorganisasi-masuk-galau-kuliah
Yang Suka berOrganisasi Masuk [Galau Kuliah]
Pagi gan.
Langsung aja ane mau curhat sedikit tentang kegalauan ane kehidupan kuliah dan Organisasi. Oh iya. Ane berharap yg beri masukkan adalah org yg suka berorganisasi yah.

Jadi gini gan, ane mengikuti slh satu organisasi di kampus ane. Organisasi yg berhubungan dengan jurusan ane. Ane punya kemampuan editing. Surat, proposal, dll. Di organisasi ini nggklak ada punya kmampuan tsbt. Selama setahun yang membuat surat, dll. Adalah ane. ane masih fine2 aja.

Seiring berjalannya waktu, ane mulai menghilang. Ga mengikuti rapat, kegiatan organisasi tsbt. Krnapa? Karena ane udah merasa ga nyaman. Ane juga mau fokus kuliah. Ga mau berhubungan dengan skill ane itu. Karena ga ada hubungannya sama kuliah. Waktu ane disibukkan utk itu.

Permasalahannya, setelah regenerasi organisasi / berubah kepengurusan. Ane malah di amanatkan jadi ketua. Sebut saja ketua divisi A. Padahal sebelumnya ane udah menghilang gan. Gak ikut kegiatan organisasi, dgn harapan ane bisa fokus kuliah. Apa daya, surat Keputusan sudah keluar. Ane harus menjalankan amanat ini 1 tahun kedepan. Mungkin agan bisa bilang. "Lah, kenapa nggak bilang aja. Kalau nte udah ga mau aktif?". Masalahnya adalah yg ada di organisasi tsbt adalah tmn2 seangkatan ane. Bisa dibilang ane tiap hari ketemu, ane main sama mereka. Ane takut kalau ane nolak, mereka cuekin ane gan. Dan akhirnya ane kehilangan tmn. Tapi, sebelumnya juga ane udah bilang, ane ga bisa aktip. Tapi gimana lagi. Di organisasi itu ga ada yg bisa buat editing surat, proposal, dll. Selain ane.

Setelah itu ane memutuskan. Utk menerima kalau ane jadi ketua divisi A. Nah seiring waktu berjalan, ane ngerasa kalau kesibukan ane adalah hampir 80% utk orgnisasi bkn kuliah. Padahal ane mau fokus kuliah gan. Dlm waktu berjalan juga, ane setengah hati ikut organisasi ini. Bisa dibilang ga ada "gairah" lagi. Karena lagi-lagi bisa dibilang ane ngerasa "dimanfaatkan" hanya utk pembuatan surat, dll. Anggota divisi yg ane pegang bisa dibilang "terbengkalai".

Menurut agan gimana sikap ane selanjutnya?? Ane minta kritik dan saran sedetail2nya yak gan. Makasih. emoticon-I Love Kaskus
Sepi...
harusnya ikut organisasi sama kegiatan tugas kuliah harus balance gan kalau ga balance mendingan mulai di kurangi ikut kegiatan organisasinya utamakan kuliah dulu aja gan .
yaudah keluar aja kuliah deh yg bener emoticon-Traveller
masalah prioritas aja nih gan
Belajar bagi waktu dan tukar 80% kegiatan anda adalah kuliah baru sisanya organisasi.

Jadiin organisasi itu sebagai sampingan klo lagi benar2 ada waktu luang.. Utamain kuliah karena bayar kuliah itu mahal
lah ngakak ane emoticon-Ngakak
bukan kah salah satu tujuan mahasiswa kuliah sambil organisasi itu memang nantang tingkat stres ya ? biar nanti mampu bekerja underpressure karena semakin banyak load yang ditanggung. biar bisa bagi tugas dan waktu.
kalau begitu kenapa dulu organisasi gan emoticon-Cape d...

thread ini sama aja kayak nanya kenapa mesti makan kalo laper
Kalo masih keblinger manage waktu memang susah, gan. Ente mesti tau dulu (serta tegas) mana yang harus ente jadikan prioritas. Coba evaluasi lagi, sebenarnya tujuan ente jadi mahasiswa itu apa? Jelas untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya. Tapi gak mungkin cukup dengan hardskill aja, kan? Pun juga nggak cukup dengan softskill aja. Harus balance. Kedua hal itu saling mendukung satu sama lain.

Menurut ane masalah ente cuma satu: belum berani berkata tidak atau menolak. Alasannya klasik, karena takut temen-temen ente tersinggung atau menjauhi ente.

Sebenernya itu cuma pikiran negatif ente aja, karena tersinggung atau nggak-nya temen ente tergantung dari bagaimana cara ente menjelaskan alasan dibalik kata 'tidak' itu. Make sense atau nggak. Terkesan dicari-cari atau nggak. Kalo ente punya alasan yang kuat (seperti jam bentrok dengan urusan yang berhubungan dengan perkuliahan, keluarga, dll), seharusnya ente berani nolak. Karena selain temen yang ha ha hi hi doang pasti bakal ngerti 'n maklumi ente. Mereka juga tau mana prioritas, lah.

Coba ente bikin agenda harian 'n perencanaan waktu. Catet kegiatan sehari-hari ente 'n kegiatan yang akan dilakukan, supaya nanti segala sesuatunya bisa disesuaikan dengan jam kuliah. Kurangi juga kebiasaan menunda-nunda pekerjaan.

Masalah jadi ketua, menurut ane jangan terlalu impulsif untuk keluar. Perasaan dimanfaatkan itu muncul karena ente menganggap bahwa tanggung jawab yang mereka kasih itu beban. Padahal kalo mau berpikir positif, tanggung jawab itu bisa jadi prestise juga. Artinya kemampuan ente cukup diperhatikan 'n berpengaruh di organisasi.

Punya anggota, kan? Coba maksimalkan mereka. Ane yakin yang punya kemampuan atau setidaknya potensi untuk bisa bikin surat, proposal, dll itu bukan cuma ente. Ente-nya aja yang nggak tau, atau mungkin nggak berusaha cari tau. Tugas ente ya mengarahkan mereka, mengajarkan mereka. Sharing ilmu. Kontribusi harus tetep ada, tapi jangan terlalu full juga. Kembali lagi ke awal, inget prioritas.

Itu aja dari ane. emoticon-Big Grin
tulah knapa ska gbung dlm community tw free own dbndingkn ikut organisasi emoticon-thumbsup
organisasi itu bukan skill individual gan,
justru di dalam organisasi bagaimana caranya kita menaikkan skill kita dan membuat orang lain memiliki skill yang sama dengan kita seperti sharing ilmu ketemen2.
jadi sewaktu ente pergi ke tempatlain, nah temen ente yg skillnya sama menggantikan ente ini disebut organisasi learning.

solusinya ??? yg ane bilang tadi turunin ilmu ente. ke anggota2 ente.
misalnya si A jago edit, si B jago revisi, si C menyusun kata.
nah ente sebagai ketua cuman liat hasil kerjanya mereka aja.
mengawasi, mengarahkan, berbagi pengalaman.
Anda cari anak yang sekiranya gampang diajari bikin surat dll, ajari dia. Lalu delegasikan tugas anda pada dia.
kalo stengah hati lepasin aja bray
jangan sampe merasa terpaksa, jangan nyiksa diri sendiri
di kampus ane ada temen yg kejadiannya kayak ente gan, 80% waktunya buat organisasi dan hasilnya apa? matakuliah yg smstr 4 hrsnya udh lulus, tapi sampe semester 7 masih ngulang juga ckckck gak habis pikir ane emoticon-Ngakak (S)
dari ane,
1. bagi jam harian mingguan lu. kapan waktu belajar, kapan waktu organisasi

2. nah ini saat nya lu belajar jadi ketua.
ketua berarti ada yg dipimpinkan?
nah pilih 1 atau 2 org dari divisi lu.
tiinggal tugasin mereka kerjaan yg biasa lu kerjain.
misal nulis surat. nah suruh si A nulis surat, dan deadline 1/2 hari sebelum surat itu dibutuhkan,
sisa 1/2 hari, lu buat cek dan revisi tuh surat.
sekalian, lu mempersiapkan generasi selanjutnya.
ntar masa lu benar2 keluar organisasi lu kacau gara2 ga ada generasi penerus lu.
yaa anggap aja kita bikin kagebunshinnya lu emoticon-Ngakak (S)
sampe ga ada waktu buat mainan baik gan? emoticon-Sorry
btw ane juga ikut 3 oraganisasi di kampus gan, intern ama ekstern ikut semua emoticon-Big Grin

kadang bentrok tapi kuliah tetep prioritas gan ,
kalo yang surat setiap ada regenerasi anggota, inisiatip ente aja bantu adek" bikin surat emoticon-Big Grin

ketua devisi ane sekarang juga kalo ada rancangan anggaran ato apapun anak" suruh kumpul, diajarin buat.
susah si tapi selalu ada anak yang kiyeng biasanya gan. emoticon-Hammer (S)

srawungan gitu lah gan. emoticon-Traveller
Saya nyimak aja deh emoticon-Mewek
anak buah lu pada kemana?
Yaudah kuliah aja kali gan
ribet amat bray
lu kumpulin tuh semua anggota or ketua2 whatever, lu bilang demi perbaikan operasional organisasi, lu mau mengadakan perombakan struktur di divisi lu ( kl gak dikasih, lu ancem lu bakal mundur, soalnya lu merasa idealisme lu buat memperbaiki organisasi gak dpt tempat/ pdhl sih emang lg cari excuse doang buat mundur wkwkwk)

kl diijinin, nah lu rekrut deh anggota2 buat divisi lu, abis itu lu delegasi in semua tugas2 lu yg ngabisin waktu itu ke org2 lain/ anggota divisi lu
and abis itu lu cuma tinggal terima report and tanda tangan aja
×