alexa-tracking

Replikasi Database MySQL

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5594c1efd675d4e36c8b4574/replikasi-database-mysql
Smile 
Replikasi Database MySQL
Halo masta2 sekalian, mau tanya nih seputar replikasi database MySQL.

Detailnya gini, ane ada web dengan database yang online dan tersimpan di Azure nah kebetulan lokasi tempat web tersebut digunakan kadang koneksi internetnya tidak stabil jadi suka putus. Jadi rencananya database yang digunakan tetap yang di Azure sebagai database utama, tapi jika koneksinya terputus akan digunakan database yang offline (database lokal bawaan xampp).

Kalau dicari di mbah google kan ada yang bilang bisa pake replikasi master ke master. Nah ada yang bisa bantu jelasin kah? Soalnya jujur bingung pas bacanya dan kondisinya jg beda sebab yang saya ini satunya lokal satunya cloud. Atau ada saran dengan cara lain kah?

Thx emoticon-Blue Guy Peace emoticon-Blue Guy Peace emoticon-Blue Guy Peace
ijin nyimak, nunggu para master ngasih petuah ...

alternatif solusi kalau mentok gak nemu solusi.
mungkin agan buat script atau aplikasi yang setiap detik atau beberapa detik menarik data baru di database online agan, lalu menginsert data baru tersebut ke database local agan, setelah selesai insert lalu memberi flag di database online, pada data yang berhasil diinsertkan. sekaligus narik kembali data yang baru lagi.... begitu berulang-ulang. jadi begitu koneksi putus, langsung switch ke database lokal.

setelah koneksi online kembali, switch ke database online... namun terlebih dahulu dengan mengupdate database online tersebut dengan data baru pada database offline tadi,.. mungkin butuh beberapa menit kalau databarunya banyak.

dan mungkin juga agak merepotkan dan semi manual,
kelemahannya, jika database diakses terus menerus seperti di perbankan atau seperti forum kaskus misalnya yang tiap menit atau detik ada data baru, kemungkinan ada data yang terlewatkan atau duplikat, jadi harus tetep diawasi.dan perlu waktu (maintenis) untuk sinkronisasi terlebih dahulu sebelum switch database.
Quote:


waduh gan kok kayaknya agak kurang cocok kalau tiap beberapa detik harus cek sama update hehe
Kalau bisa sih updatenya terjadi tiap kali ada insert atau update ke database. Dan kalau memang kondisinya salah satu sedang down ya nanti ketika servernya hidup baru akan disinkronkan hehe
https://www.packtpub.com/books/conte...h-availability

liat yang active passive master atau Multi-master (active / active)

fitur yang agan cari di dunia IT Infrastruktur namanya HA (High Availablity)

klo di mysql setau ane yang support HA itu yg enterprise edition... kalau mau alternatifnya coba MariaDB .. sama persis kaya mysql cuma fiturnya kebuka semua
Quote:

itu alternatif terakhir gan, kalo sudah mentok gak dapet solusi emoticon-Malu (S)
kalau agan dah dapet solusi, saya nunggu sharingnya gan emoticon-Betty (S)
repot mungkin iya saat bikin script/aplikasinya.... tapi yang bertugas narik,update, kan scriptnya/aplikasinya yang selalu merefresh untuk menarik data baru, jadi bisa dibilang otomatis juga... karena yang bertugas bukan manusia emoticon-Malu (S)

menurut saya, ini yang paling memungkinkan gan, karena setahu saya, database di komputer kita kan gak bisa diakses secara direct dari luar gan, karena masalah IPnya,jadi kalau koneksi langsung mysql ke mysql sangat susah... kecuali kalau disetting khusus ,atau mungkin pakai VPN,... CMIIW
mengenai replikasi database mysql, sebenarnya agak sulit diterapkan kalau lingkup hosting. kecuali agan punya dedicated server sebanyak 2 server ditempat yang sama. replikasi mengharuskan kedua server mysql hidup secara terus menerus, karena setiap terjadi penulisan data pada master (mysql server di set ke master) maka secara otomatis akan di tuliskan ke slave (mysql server diset ke slave)

solusi sederhana adalah membuat cron job dan menjalankan script mysqldump pada waktu tertentu. atau bisa dilakukan melalui menu control panel hosting. cara ini cocok banget apabila agan sering update posting/produk melalui komputer offline kemudian diupdate secara keseluruhan langsung tanpa harus entri satu2. memang masih manual, setidaknya bentuk pencegahannya adalah kita masih mempunyai full backup dari mulai aplikasi web + datanya di komputer kita yang offline.
Quote:


kalau seupama database yang lama dimigrasi ke MariaDB apakah akan banyak perubahan untuk setting dan query atau bisa tetap menggunakan settingan yang lama ya gan?


Quote:


iy gan hehe. Itu juga yang lagi dicoba denger2 kan bisa pake dns. nah ini ntah sudah connect atau nda tapi statusnya berhenti di connecting terus. Masih dicoba cari solusi hehe

Quote:


Masalahnya yang akan menjalankan softwarenya kan bukan org IT gan, dan kayaknya nda mungkin jg kalau tiap2 waktu kita yg jalanin secara manual. hehe
setting dan query sama ama mysql gan..cuma karena mariaDBmasih tergolong baru di dunia IT Indonesia jd belom bnyk pakai..

eh tp coba dulu ini gan...

https://www.digitalocean.com/communi...er-replication

nah klo udah disetup multi master di script web agan tinggal di tambahin fungsi aja klo $mysqcon1 mati ke $mysqlconn2

semoga membantu
Quote:


kalau ngikutin saran ane yang kedua... awalnya sih memang harus mengerti sedikit. tapi jika sudah ngerti juga nggak harus orang IT juga nggak apa2. intinya bahwa database + app web ente ada backupnya kan ? ane juga dulu begitu cara backup nya....

beberapa aplikasi web biasanya menyediakan menu untuk membackup keseluruhan datanya (ingat... tanpa backup app web nya lo), cara kedua yaitu backup yang disediakan provider hosting bisa aksesnya dari control panel cpanel atau software lainnya.

dan cara ketiga yaitu bagi yang langganan vps hosting, sudah barang tentu lebih leluasa lagi melakukan proses backupnya.
Quote:


OK gan uda dicoba untuk replikasi dengan MySQLnya uda work hehe
Cuma masih harus coba menyesuaikan nanti ke prakteknya pake Azure emoticon-Blue Guy Peace

Quote:


iya gan hehe untuk yang provider ini pake azure. jujur rada bingung makenya jadi yang d utak atik malah MySQLnya emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S)