vulvychintAvatar border
TS
vulvychint
FR Cikapali Test Ride with a LCGC
Pembukaan:

Baca berita dulu yesss emoticon-Stick Out Tongue

Quote:


Quote:


Well, sudah lama masyarakat Pulau Jawa merindukan jalan yang membelah Pulau Jawa, dari Anyer sampai ke Panarukan emoticon-Peaceitu mah jalan Pos yang sekarang jadi Pantura yak, Jalan Daendles emoticon-Ngakak (S)

skip skip, maksudnya, jalan tol emoticon-Big Grin

Pada tanggal 13 Juni 2014, our Indonesian president Mr. Joko Widodo meresmikan jalan tol Cikopo - Palimanan, entah namanya sekarang Cipali ato Cikapali, sing penting mah maneh nyaho urang geh nyaho dah emoticon-Ngakak (S) Jalan tol ini menghubungkan Jalan Tol Jakarta - Cikampek dengan Jalan Tol Palimanan - Kanci, jarak tempuh yang ente lalui sekitar 116 km, kalo ditotal sampe ke Pejagan, ini merupakan jalan tol terpuanjaaang se muka bumi Indonesian emoticon-I Love Indonesia (S)

Hari Sabtu tanggal 27 Juni 2015, saya coba mudik ke Subang cuma berdua doang sama adek saya, ceritanya sekalian nyobain tol baru. Hehehe.
Jarak tempuh dari rumah di Cengkareng sampe exit Palimanan, sekitar 207 km.
saya ke Palimanan dulu baru muter balik ke Subang emoticon-Big Grin
waktu tempuh CGK - Palimanan 2 jam 40 menit, nyetir nyantai saja include foto foto dan include ke WC emoticon-Peace
waktu tempuh Palimanan - Subang Kota 40 menit, geber terus non-stop.
waktu tempuh Subang Kota - CGK 2 jam, semi-eco-driving

Buat agan agan yg mau liwat Cikapali pas mudik nanti, cuma bisa saranin beberapa hal dibawah ini, apalagi yg mudik bersama keluarga, pastinya kudu lebih ada persiapan.

1. Persiapan fisik kuduharusmesti prima. Karena jalanan cuma lurus2 doang, pasti bikin ngantuk dan pingin cepet nyampe, lebih2 kalo ente2 sekalian jalan siang, karena gersang, alamat cepet dehidrasi. Atur emosi juga ketika berkendara, tadi saya konstan di 120 kpj aja masi banyak sekali yang nyalip, bahkan ketika mubil saya nyenggol limiter di 140 kpj pun masi ada aja yg ngedim, rata2 apansasiniya dan inopaportuner letter B, D, dan E yang nyetirnya kenceng2 bener..

2. Mubil juga harus prima, karena rest area masi jarang sekali ada, kalopun ada, fasos fasum sama pom binsin belom beroperasi. Pom terakhir yang bisa dikunjungi di RA KM 57 Jakarta - Cikampek, harapan owe sih next week uda pada beroperasi seenggaknya buat ke Toilet...

3. Kalok mao jalan malem, lampu2 kudu sehat, krn belom ada lampu PJU yang memadai. menurut FR beberapa kawan di forum sebelah pun demikian, harus extra hati-hati di malam hari.

4. Bawa doa pastinya sesuai kepercayaan masing masing emoticon-Big Grin

So far, kontur jalanan masi banyakan beton drpd aspal, jadi buat yang ban mubil nyah uda mulai tipis yaa boleh siyap2 ganti ban dulu hehehe. Kaki kaki mubil pun sebisa mungkin dipastikan sehat. Yg telah diaspal pun di beberapa lokasi masi bergelombang jalanan nyah. Kudu lebi hati2..

Buat tol, saya dari Cengkareng, kena:
2rb Meruya
8500 Tomang
13500 Cikopo
96000 Palimanan

untuk review mobilnya, kebetulan kemarin saya mencoba mudik pakek LCGC, saya pakek Honda Brio 1200cc emoticon-Big Grin

Saya yakin sekali banyak Kaskus ers yang lagi nunggu LCGC dateng ke rumahnya a.k.a inden buat lebaran, ato maybe nebeng sodaranya pakek LCGC atau emang uda punya LCGC atau berminat meminang LCGC buat dipakek mudik lebaran / turing ke luar kota.. naahh, sekarang saya review about si iyoo dibawa ke luar kota..

Owe yakin sebelomnya banyak kaskuser mudik keluar kota pakek minivan, mpv, ato bahkan jeep, itu ga jadi masalah karena Ground Clearance tinggi, sehingga aman dari gasruk. LCGC semuanya city-car based, short-wheelbase dan low ground clearance. hati2 gasruk kalo liwat jalan rusak, ada baiknya melatih kesabaran dan mencoba driving lebih pelan. Hehehe.

Kedua, LCGC dibekali body yang ringaann dan ukuran yang kecil, ada baiknya untuk tidak memacu kendaraan terlalu cepat (yes I know that your Toyota Agya or Suzuki Karimun can reach 140 kpj easily as my Brio does), karena di satu sisi mubilnya kurang memadai (jangan dibandingin ama mobil tuwir bangkotan buatan Eropa macam Peugeot 505 atau BMW 318i E30 :v) dan di sisi lainnya ente akan cepet lelah karena konsentrasi pikiran ke jalanan akan lebih berat (efek psikologis) dan tubuh akan lebih menahan setir (efek psikis) yg ga ada untungnya malah membahayakan keselamatan emoticon-Big Grin hendaknya juga sedikit bersabar jika berhadapan dengan truk atau bus, atau mubil2 besar seperti Mitsubishi PaJero Sport dan Toyota Fortuner. karena body LCGC umumnya sangat ringan, kalopun kaki kakinya antep, ban nya kurang dapat menahan angin dari samping. kalok ente kesusu, maybe akan merasakan setir antep, body ga goyang, tapi ban serasa ga menapak karena hempasan angin dari tubuh mereka yang lebih besar emoticon-Big Grin

Ketiga, perawatan mubil. Kalo emang uda waktunya servis berkala, monggo mobilnya diboyong ke bengkel resmi untuk pengecekan rutin hehehe emoticon-Big Grin jika uda yakin ama kondisi mubilnya, cek tekanan angin! Jangan lupa, krn hal ini kecil tapi krusial. Sama cek ketinggian oli, minyak rem, aer aki, aer radiator. Untuk oli jika emang kurang dan ga ada cadangan, biar murah bisa pake oli motor matic yang JASO MB, itu bisa la buat nambah2in doang mah emoticon-Ngakak (S) sama binsin kl bisa isi pertamax ya pertamax aja okelah haha. Toh tiap isi 10L cuma beda 20rb, tapi fuel consumption nya beda lumayan jauh dan tenaga buat nyalipnya lebih uenaaakk. emoticon-Big Grin

Keempat, muatan. LCGC bukan untuk bawa 8 orang, daya muatnya 5 orang hehehe, kalopun terpaksa diisi penuh, kasi tekanan angin +2 atau +3 dari tekanan standard yg tertera di rangka pintu pengemudi, uda cukuplah emoticon-Big Grin

Kelima, tenaga mesin. Buat yang biasa bawa MPV diatas 1300cc atau sebangsanya, pasti akan agak kagok bawa LCGC karena mesinnya yang kecil. Kalok mau nyalip yaa kudu mempersiapkan diri dulu dgn ancang2 dan siap2 raungin mesin ke RPM yang lebih tinggi hahaha. *jikalau diperlukan saja*

untuk pengendalian LCGC di Cikopo-Palimanan sendiri, hendaknya cukup berhati hati karena agan2 pasti tertarik untuk bejek gas lebih dalam, di satu sisi karena jalanan yang masih relatif sepi dan banyak lurusan nya, sedangkan tenaga mobilnya sendiri pun cukup memadai, saya yakin semua LCGC bisa melebihi 130 kpj (kecuali Brio yang dilimit di 140 kpj), sehingga kontrol diri sangat diperlukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, seperti ngantuk, telat ngerem, mobil melayang ketika mendahului / didahului kendaraan yang lebih besar, dan berbagai human error lainnya.

That's all, selamat menunaikan ibadah puasa dan semoga tulisan nyubi jebluk ini bisa jadi persiapan hehehe.

Safe ride, selamat mudik! emoticon-Big Grin


regards



vulvychint


Special Thanks to:
Komunitas MOTUBA
https://m.facebook.com/groups/100556436766949?refid=18&__tn__=C
0
2.5K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan