alexa-tracking

Apakah anda seorang entrepreneur?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5580f977c2cb17cc668b456a/apakah-anda-seorang-entrepreneur
Apakah anda seorang entrepreneur?
Dewasa ini banyak sekali orang yang ingin menjadi seorang entrepreneur. Hanya saja sayangnya, kebanyakan orang hanya sekedar berangan-angan saja.

Walaupun memang ada yang sudah mencoba sampai tahap berpikir atau bahkan menuliskan rencana bisnis, tetapi hanya sedikit yang mencapai tahap implementasi. Saya menyebut orang seperti ini sebagai "angan-anganan".

Sebetulnya ada beberapa hal yang membedakan seseorang yang berjiwa entrepreneur dengan seorang "angan-anganan":
1. Mencintai dunis bisnis
Anda seringkali mendengar bahwa seorang entrepreneur haruslah mencintai dunia bisnis, karena bila tidak, dia tidak akan pernah sukses berbisnis. Dilihat dari banyak segi, hal ini memang betul.

Coba bayangkan, seseorang yang sangat menyukai game online, misalnya Knight Online atau Counter Strike, bukankah bagi dia soal menang atau kalah hanya sekedar kenikmatan tambahan?

Dia juga tidak pernah memikirkan berapa banyak waktu yang diperlukan untuk bisa maju ke level selanjutnya. Bagi dia, bermain game itu sendiri sudah teramat sangat menyenangkan.

Atau juga coba bayangkan seseorang yang sangat mencintai dunia bercocok tanam. Dia butuh lahan? Pasti! Bagaimana caranya? Punya uang langsung beli. Tidak punya uang, ya menabung dulu. Yang pasti berusaha untuk punya lahan.

Setelah punya lahan, dia dengan sabar dan tekun menanam satu demi satu bunga atau sayur-sayuran atau pohon buhan-buahan yang dia sukai. Dimana kenikmatannya? Proses! Proses bercocok tanah inilah yang dia nikmati. Kalau ternyata tanaman yang dia tanam gagal? Ya menanam lagi.

Begitu juga dengan seorang entreprenur. Kalau dia tidak mencintai dunia bisnis, sudah pasti berhenti ditengah jalan. Atau lebih parahnya lagi, kalah sebelum berperang.

Kalau kita berbisnis, pasti kita akan menemui banyak sekali kendala. Juga sudah pasti kita tidak akan langsung menghasilkan keuntungan dengan cepat apalagi mudah.

Nah, kalau seorang entrepreneur tidak menikmati proses berbisnis, kira-kira sukses atau gagal? Ya pasti gagal.

2. Implementasi
Banyak dari kita mempunyai banyak sekali ide bisnis. Terkadang kita menjumpai satu peluang. Terkadang pula kita menjumpai ada satu permasalahan yang ternyata bisa kita pecahkan yang akhirnya menjadi satu peluang/ide bisnis.

Namun, peluang atau ide bisnis hanya akan tetap menjadi ide bisnis selama tidak dijadikan kenyataan. Karena itulah saya menyebut bahwa implementasi adalah raja sedangkan ide bisnis hanyalah sampah selama dia tetap menjadi sebuah ide.

Bilamana memang kita mempunyai hasrat berbisnis yang kuat, seperti seorang pecinta game online atau seseorang yang mencintai kegiatan bercocok tanam diatas, maka implementasi bukanlah sebuah masalah, karena setiap ada ide pasti ada hasrat membara untuk menjadikannya kenyataan.

3. Fokus
Dalam kehidupan selalu ada beberapa opsi yang bisa diambil. Semisal, kita ingin menjalankan bisnis A dan B, jadi kalau A gagal masih ada B. Sebetulnya ini sah-sah saja. Bahkan sebuah perencanaan yang bagus.

Namun bilamana kita melakukan dua kegiatan tersebut bersamaan hanya karena sekedar takut gagal, maka kemungkinan besar keduanya akan gagal semua.

Kenapa bisa begitu? Hal ini tidak lebih karena tidak adanya fokus yang cukup kepada kedua hal tersebut. Kecuali tentu saja kita bisa fokus kepada kedua hal tersebut dengan sama baiknya. Tapi apa memang kita bisa melakukan hal itu? Kalau bisa bagus dan silahkan lanjutkan, kalau tidak, maka fokus kepada satu hal adalah pilihan terbaik.

Lain halnya kalau kita memang melakukan kedua hal itu karena memang kita mempunyai hasrat berbisnis yang kuat. Ini tidak akan pernah menjadi sebuah masalah. Seorang pecinta game yang juga mencintai bercocok tanam tidak akan pernah bermasalah dalam hal fokus untuk menjalani keduanya. Kenapa? Karena memang ia sangat berhasrat untuk melakukan keduanya.

Soal kegagalan, sudah pasti selalu ada kemungkinan gagal kalau kita melakukan sesuatu hal, termasuk menjalankan bisnis.

Contohnya, kalau kita belajar matematika, katakanlah geometri, setelah kita mempelajari satu bab, terus diberi 10 soal untuk diselesaikan, apakah mungkin kita bisa langsung mengerjakannya semua dengan benar?

Bisa iya, bisa juga tidak. Kalau iya, bagus, bisa langsung melanjutkan ke bab kedua. Kalau ternyata tidak? Ulangi lagi sampai berhasil.

Jadi kalau berbisnis, hindarilah berbagai ragam opsi kalau cuma sekedar takut gagal. Kemungkinan tersebut sudah pasti ada. Kalau gagal, hadapi saja. Pasti lambat laun juga akan berhasil.

4. Rela berkorban
Sekarang kalau anda suka bercocok tanam, anda perlu lahan? Pasti perlu uang dong untuk membeli lahan itu? Beli lahan berarti sudah mengorbankan sejumlah uang.

Nah apakah bercocok tanam perlu wakt? Sudah pasti. Anda menggunakan waktu anda untuk bercocok tanam dan bukan untuk bersantai tiduran. Dalam hal ini, anda sudah rela berkorban.

Kalau anda seorang yang mencintai bercocok tanam, apakah anda akan menyebut semua itu dengan istilah berkorban? Sudah pasti tidak. Kenapa? Ya karena anda memang berhasrat untuk bercocok tanam.

Begitu juga dengan berbisnis. Sudah pasti perlu modal. Sudah pasti akan menghadapi kemungkinan gagal dan kerugian. Sudah pasti harus rela menghabiskan waktu seharian untuk aktifitas bisnis.

Kalau anda memang tidak ada hasrat berbisnis, semua itu akan tampak sebagai pengorbanan. Kalau anda berhasrat bisnis, tidak akan ada yang anda pandang sebagai sebuah bentuk kerugian.

Jadi sekarang, apakah anda mempunyai hasrat untuk terjun ke dunia bisnis? Iya? Bagus sekali. Silahkan maju!
bukan.
Selamat bapak Footnoted, anda adalah orang yang membalas postingan pertama saya di Kaskus. Saya akan mengenang anda untuk seumur hidup saya di Kaskus emoticon-Big Grin
ada banyak hal penting lain yg bisa kamu inget selain saya.
emoticon-cystg
Seperti bermain game... kalah menang hal biasa.

Kalah = Rugi

Menang = Untung
emoticon-Sundul Gan (S)
setuju sama poin2 lu gan
mlm lagi, tobat gan sebentar lagi kiamat
Maaf gan, saya ini jualan sprei dan homeset, jadi ga ada mlm-nya.