alexa-tracking

All About Pendirian dan Pemilihan Badan Usaha (Perorangan/Firma/CV/Koperasi/PT)

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/557fde9760e24bf67c8b456a/all-about-pendirian-dan-pemilihan-badan-usaha-perorangan-firma-cv-koperasi-pt
All About Pendirian dan Pemilihan Badan Usaha (Perorangan/Firma/CV/Koperasi/PT)
Quote:


Siang agan-agan entrepreneur maupun calon entrrepreneur. Ane akan share pengalaman dan pengetahuan ane tentang pendirian badan usaha perspektif hukum dan ekonomi , agar dapat menentukan pemilihan entitas bisnis apa yang cocok sesuai dengan bisnis atau rencana bisnis yang dijalankan

Penjelasan lebih mudah akan ane bagi menjadi

Introduction
Chapter 1 - Pengertian Badan Usaha
Chapter 2 - Jenis Badan Usaha
Chapter 3 - Perusahaan Perseorangan
Chapter 4 - Firma
Chapter 5 - CV
Chapter 6 - Koperasi
Chapter 7 - Perseroan Terbatas (PT)
Chapter 8 - Case Study


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Apabila agan ada pertanyaan, ane coba bantu jawab

Kalo mau fast response, wa ane aja di 0858 611 096 09

Apabila berguna, ane minta cendolnya gan emoticon-Toast atau rate bintang lima emoticon-Rate 5 Star

Ane juga baru merintis usaha sendiri bareng partner ane, mari kita sharing-sharing sesama entreprenur muda Indonesia (demi kehidupan yang lebih baik

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia

UPDATE
Post 3
image-url-apps
Kebetulan gan, ane lagi dalam proses buat PT untuk klinik gigi ane. Tapi sekarang biro jasa nya masih cari info untuk bikin SIUP untuk jasa kesehatan beda katanya sama perdagangan umum.

Kalau SIUP untuk jasa kesehatan emang beda yah sama SIUP perdagangan umum? Aturannya gimana ya gan?

Mohon pencerahannya gan
Informasi di trit yang berguna

Tentang Prosedur Pendirian PT?
Tentang Prosedur Pendirian CV?
Tentang Pendirian Firma?
Tentang Pendirian Yayasan?
Perjanjian Pemegang Saham Untuk Menghindari "Ribut-Ribut" Antar Partner Bisnis
Syarat Sah-nya Perjanjian




Quote:


Beda gan, setau ane untuk SIUP Perdagangan hanya untuk perdagangan pada umumnya, contoh pernah saya memohonkan adalah untuk bisnis jual beli mobil, cukup SIUP biasa

Jasa kesehatan memiliki perijinan khusus, karena banyak faktor (isu kehehatan yg sensitif) misal limbah alat kesehatan apakah mengganggu tetangga, bangunan dan prasarana yang nyaman, harus di survey, kelengkapan peralatan medis, harus memenuhi standar kesehatan dan layak

Ijin2nya lebih komplet dan detail, misal pada bangunan harus permanen, tidak mengganggu lingkungan sekitar, memiliki ijin lingkungan, harus ada ruang tunggu dan ruang konsultasi, kamar mandi (agan pernah gak ke klinik yang tidak ada kamar mandi hehehe), lalu pada detail prasarana harus ada sanitasi, pasti juga harus ada tabung pemadam kebakaran, apabila sewa bangunan klinik, maka harus melampirkan perjanjian sewa bangunan minimal 5 tahun. Gak tau kalo sekarang seperti apa saja kelengkapan persyaratan

Apabila agan sudah punya Ijin Klinik, tidak perlu memiliki SIUP, karena Ijin Klinik adalah "ijin usaha" agan

Btw agan untuk Klinik Utama atau Klinik Utama? Di daerah mana? soalnya tiap-tiap daerah memiliki peraturan, "kebijakan" dan persyaratan yang berbeda-beda

Apabila bermanfaat, minta cendol emoticon-Toast atau rate bintang 5 emoticon-Rate 5 Star ya gan
KASKUS Ads
image-url-apps
Makasih gan pencerahannya. Bintang 5 udah ane kirim.

Kalau izin praktek ane udah punya pake izin praktek perorangan (SIP), ane rencananya mau bikin badan usaha terus nanti ngajuin izin klinik utama atas nama badan usaha tersebut.

Nah pertanyaannya untuk badan usaha atau PT tersebut SIUP dan TDP yg kaya gimana yg perlu diurus ya gan?
Quote:


SIP cuma salah satu kelengkapan aja gan. Sebelumnya agan harus membuat badan usaha lalu mengurus ijin usaha klinik

Agan mau mendirikan klinik kan? Klinik ada 2, klinik utama dan klinik pratama. Klinik utama lebih besar sedangkan klinik pratama lebih kecil

Ini gan, salah satu contoh dokumen kelengkapan dalam pendirian klinik. Setiap daerah bisa berbeda persyaratannya

A. PERSYARATAN UMUM

1. Surat Permohonan;
2. Fotokopi IMB;
3. Fotokopi IG/HO
4. Fotokopi Akte Notaris Pendirian Institusi berbadan usaha.(untuk Klinik Utama);
5. Surat Pernyataan Kesanggupan membina 2 (dua) posyandu dan 1 (satu) sekolah UKS (SD/MI) yang diketahui oleh Kepala Puskesmas setempat;
6. Surat Kontrak bagi yang menyewa bangunan (minimal 5 Tahun);
7. Daftar saranan alat-alat kedokteran dan sarana obat-obatan yang digunakan;
8. Profil Klinik yang akan didirikan meliputi Struktur Organisasi Kepengurusan,Tenaga Ketenagaan, Sarana Prasarana dan Peralatan serta Pelayanan yang diberikan;
9. Denah ruangan dan denah lingkungan yang menggambarkan lokasi Klinik terhadap sarana kesehatan terdekat.
10. Penanggungjawab dan Pelaksana Harian Klinik melengkapi:
- Fotokopi KTP yang masih berlaku
- Surat pernyataan kesanggupan sebagai penanggungjawab institusi atau pelaksana harian.
- Surat pernyataan tidak keberatan dari atasan langsung tempat bekerja
- Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari POLRI bagi pegawai swasta (pelaksana harian).
- Fotokopi SIP Dokter, SIK Bidan/Perawat/Tenaga Kesehatan lain yang masih berlaku.
11. Fotokopi rekomendasi Dokumen Lingkungan (UKL/UPL,SPPL);
12. Surat kerjasama pengelolaan limbah medis dengan institusi yang telah mendapat izin dari Menteri Lingkungan Hidup (kecuali Izin Balai Konsultasi Gizi).

B. PERSYARATAN KHUSUS

KLINIK UTAMA
1. Dokter Penanggung jawab dokter spesialis/dokter gigi spesialis;
2. Tenaga Keperawatan/Tenaga kesehatan;
3. Apoteker dan Tenaga Teknis Kefarmasian;
4. Ahli Gizi (bagi yang menyelenggarakan rawat inap);
5. Tenaga Administrasi/tenaga lain;
6. Ada ruang untuk Rawat Inap minimal 5 tempat tidur (bagi yang menyelenggarakan rawat inap)

KLINIK PRATAMA
1. Dokter Penanggung jawab dokter umum/dokter gigi;
2. Tenaga Teknis Kefarmasian
3. Tenaga Administrasi/tenaga lain

Kira-kira sih seperti itu, soalnya masih mengacu kepada Permenkes yang sama

emoticon-Toast emoticon-Toast
Gan, mau tanya dong. kakak ane ada usaha roti bakar di halaman parkir apotek di daerah pancroan. bayar sewa ke pemilik apoteknya. daftar merk udah, tapi belum ada SIUP. nah sekarang pengen ngembangin/buka cabang di daerah depok. apakah enaknya buka cabangnya dulu baru ngurusin SIUP atau ngurusin SIUP dulu ? dan di setiap cabang harus ada SIUP atau cuma perlu 1 untuk pusatnya aja ? apa usaha itu udah bisa dibilang perusahaan perseorangan ? menurut agan kira2 badan usaha yang cocok untuk usaha kuliner yang di jalanin sama keluarga badan usaha yang mana ? makasih gan emoticon-Embarrassment
sebenernya banyak pertanyaan ane, tapi cukup sekian dulu deh emoticon-Malu
image-url-apps
Quote:


Iya gan perorangan. Pasti daftar merek dilakukan oleh pribadi

SIUP baeu bisa didaftarkan apabila sudah ada badan usaha (cv, firma pt)

Swharusnya utk membuka cabang harus ada
1. Akta notaris pembukaan cabang
2. Surat domisili cabang
3. Npwp cabang (bayar pajak tersendiri)
4. Siup dan tdp sendiri

Tapi bisa juga cukup ketetangan domisili tentang cabang saja. Nanti bilang aja npwp, siup dan tdp mengikuti kantor pusat

Untuk usaha keluarga ane saranin membentuk PT aja

Case study:
Didirikan sebuah bisnis dalam bentuk oleh 4 orang saudara kandung A B C D, masing2 memiliki 25% saham.
1. Apabila yg bekerja mengurus adalah A dan B. Maka utk menghidari dispute antar pendiri, A dan B diberikan gaji tiap bulan sebagai kompensasi pengurusan
2. Total keuntungan bersih setelah dipotong biaya dan gaji, akan dibagi 4 sesuai persentaese
3. Daftar merek sebaiknya dilakukan atas nama PT. Jadi mudah hitung2annya. Kalo di agan kan didaftar atas pribadi, padahal kan ini usaha keluarga. Seharusnya di daftar atas nama keluarga hehehehe
4. Saham bisa di wariskan ke anak anak


Gan.. maaf klo ngga nyambung.. kebetulan ane lagi cari perusahaan yang udah bangkrut atau mau di take over... rencana mau gerak di jasa pelayanan manpower, syukur² klo ada perusahaan yang udah ada portofolio di bidang oil & gas... mohon info nya yah.. boleh PM klo ada yang mau kasih info.. thanks emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
image-url-apps
Quote:


Ane ada sih gan stok pt kosong tapi bukan di industri oil and gas. Muahal gan ijin di oil and gas dan keknya pemain oil and gas kaga ada yg collapse

Lagian emang agan mau take over perusahaan yg collapse. Kalo take over maka agan ambil semua kewajiban si pt collapse

Isu dalam take over:
1. Jaminan bahwa semua pajak sudah clear
2. Jaminan bahwa pt collapse tidak punya hutang dengan pihak ketiga
3. Jaminan bahwa pt collapse tidak pernah di hukum di semua tingkat pengadilan
4. Jaminan tidak ada masalah ketenagakerjaan
5. Apabila di take over, bagaimana nasib current employee, isu pesangon
6. Apakah pengurusan sebelumnya tidak ada masalah hukum
7. Apakah riwayat pengalihan saham dari penditian sd current shareholders tidak ada masalah hukum
8. Dll masih banyak

So, mending bikin baru aja. Keabsahan agan pertahankan sendiri

Apa itu Perjanjian Pemegang Saham

Perjanjian Pemegang Saham adalah perjanjian yang dibuat oleh para partner bisnis, sebelum mendirikan bisnis. Isinya mengatur hak dan kewajiban para partner bisnis dalam menjalankan bisnis

Sering Terjadi Dispute Antar Partner Bisnis

Tidak dapat dipungkiri, ini adalah ketakutan terbesar bagi pelaku usaha. Saya sendiri pernah mengalami "ribut-ribut" dengan partner bisnis. Gejala yang dialami
1. Lemah
2. Letih
3. Lesu
4. Sakit hati

Istilahnya sudah tidak ada kecocokan visi dan misi

Kenapa harus ada Perjanjian Pemegang Saham

Biar kewajiban masing-masing dilakukan tertulis. Ya, tertulis merupakan kunci utamanya, tidak hanya semata-mata omongan ketika sedang semangat-semangatnya mendirikan usaha


Ada yang punya pengalaman "ribut-ribut" dengan partner bisnis??
Gan, mau tanya nih gan kalo buat PT budgetnya berapaan ya gan ? lokasi kantor/workshop ada di dalam perkampungan yang di isi rumah rumah, saya lihat juga ada di gang sebelah yang buat kantor serta gudang untuk usahanya, mohon pencerahannya gan

Oiya apa agan bisa bantu saya untuk mengurus izin dan lainnya gan,
Terimakasih banyak gan
Quote:


Bisa gan. Cek PM

-------------------------

Pendirian PT dengan domisili di perkampungan yang isinya rumah, untuk di Jakarta pada dasarnya tidak boleh. Dasar hukumnya ane gak tau (harus cari PerGub ngubek-ngubek Balaikota dulu) tetapi secara filosofis perumahan adalah untuk tempat tinggal, sedangkan usaha harus ditempat yang layak untuk usaha

Apakah boleh punya usaha di perumahan?
Boleh gak, gak boleh sih gan, kalo usaha kecil kadang-kadang boleh, kalo besar kadang disegel (tidak sesuai peruntukan). Lihat lokasi juga, misal wilayah Kebayoran Baru yang tidak boleh rumah dijadikan tempat usaha, walaupun rumahnya itu secara "komersil" cocok jadi tempat usaha - contoh jalan Sisingamaraja

Yang tidak boleh adalah punya PT, dengan alamat di perumahan
nice thread ningalin jejak emoticon-Blue Guy Peace
gan ane mau tanya dong boleh gak nih, kan kalo yang berbadan hukum itu PT
nah kalo CV, FIRMA, Perusahaan Perseorangan kan bentuknya bukan badan hukum ya

Pertanyaan ane :
1) Nah itu tuh kalo yang bukan badan hukum bisa dijadikan badan hukum atau tidak ya?
2) Kalo kelebihan memakai legalitas/hukum pasti sudah terjamin. Kalo kelemahannya apa ya?

Itu dulu deh yang ane pengen tanyain, ane pengen tau lebih lanjut soalnya gan
makasih ya emoticon-Shakehand2
image-url-apps
apasih gan untungnya bkin CV gt dbanding perkumpulan biasa,,ane ad klompok kaya software house gt gan
image-url-apps
Quote:


Ikutan nimbrung

Bisa gan, tapi secara prinsip kaya membubarkan badan usaha bukan badan hukumnya (cv, firma, po), lalu set up badan usaha yang badan hukum (pt). Ribet dikit karena harus clearing financial related matters trus bikin akta pembubaran cv. Kalo ga mau ribet, langsung set up pt baru aja, cv nya tinggalin emoticon-Big Grin

Pertanyaan kedua ane belum nangkep maksudnya. emoticon-Stick Out Tongueeace

image-url-apps
Quote:


Cv kan jelas buat tujuan bisnis gan. Sementara kalo perkumpulan lebih ke sosial, kalo pun ada profit yang dihasilkan, ga boleh dibagi2 ke anggota perkumpulannya, cuma buat perkumpulannya aja. Kalo di cv, kalo ada profit ya bisa dibagi diantara para sekutu berdasar kesepakatan bersama.
Quote:


berarti dibubarkan ya, harus jadi PT semuanya gitu?
CV, FIRMA, dan perusahaan perseorangan jadi dibubarkan ganti PT?

maksud pertanyaan kedua, kalo PT kan berbadan hukum tuh jadi ada hukum dan terjamin (terpercaya gitu)
nah itu kelebihannya, kalo kelemahannya dari memiliki legalitas dan hukum yang sah itu apa?

apa ada kelemahannya?
image-url-apps
Quote:


Yup, cv/firma/po nya dibubarin jadi ga ada lagi badan usahanya, trus kekayaan dan orang2/pendiri2 cv yang masih mau stay, bikin pt baru bareng2 lagi. Nangkep kah?

Kelemahannya, pt ga seluwes cv/firma/po dalam pengambilan keputusan perusahaan. Soalnya kalo di pt, keputusan terkait perusahaan harus lewat rups, misal keputusan nambah modal perusahaan, ganti direksi, ganti komisaris, dll.

Quote:


hmm iya bener juga...nangkep sekarang emoticon-Big Grin
nanti kalo ane mau tanya lagi boleh ya, blum kepikiran mau nanya apa lagi
nambah wawasan ane...makasih emoticon-thumbsup
×