alexa-tracking

5 Tekanan Sosial yang biasa dihadapi Entrepreneur dan Cara Menghadapinya

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/557e7fffd89b09be178b4567/5-tekanan-sosial-yang-biasa-dihadapi-entrepreneur-dan-cara-menghadapinya
5 Tekanan Sosial yang biasa dihadapi Entrepreneur dan Cara Menghadapinya
5 Tekanan Sosial yang biasa dihadapi Entrepreneur dan Cara Menghadapinya


Teman2 Entrepreneurs,

Adalah hal yang normal bagi kita-kita yang memilih jalan yang berbeda untuk mendapatkan tekanan sosial, terutama di Indonesia. Dan yang lebih parah terkadang tekanan sosial itu bisa membuat kita down dan justru support dari orang terdekatlah yang benar-benar kita butuhkan di dalam menjalankan bisnis.
But we cant control people, we only can control ourselves. Oleh karena itu, gua mau coba sharing apa-apa aja sih tekanan yang biasa didapat oleh entrepreneur, dan bagaimana cara mengatasinya.

1. Kenapa startup sih? Kerja aja
Kemungkinan orang yang bertanya begini kurang memiliki paham dunia startup. Jadi kemungkinan mereka belom begitu paham kalau di dalam dunia startup ada yang namanya investor, ada incubator, accelerator. Oleh karena itu ada baiknya selain kalian validasikan ide kalian, kalian bisa support argumen kalian dengan keberadaan badan-badan usaha yang siap membantu startup.

2. Susah lah bro.. Skrg ini org udah engga begini dan begitu lagi..
Di sini lo bsa pamerin research market lu and bukti-bukti dari startup yang udah sukses. Bahkan kalo lu udah punya prototype bisa kasih tau resultnya sejauh ini dan strategy lu ke depan. Tekankan juga kalo lu udah coba masuk dan melihat keadaan pasar utk produk kalian seperti apa.

3. Kalo gagal lu telat loh masuk kerjanya.. Kita2 uda jadi manager
Di sini, show ur plan B. Kayak gimana lu bisa pivot, start other businesses, ato kl misalnya lu deket sm bos-bos big firm melalui proses startup lu, lu bsa loncat jabatan juga loh. Krn entrepreneur juga merupakan pengalaman kerja.

4. Hmm. Knapa gak pake strategi ini dan itu aja sih? knp pake strategi yang skrg? ato kenapa gak sekalian bikin itu aja sih?
Dengan kata lain ngasih saran atau masukan yang sedikit atau mungkin banyak berlawanan dengan strategi kalian.
Nah kalo ini lu bisa ajakin debat research market. Lu bsa dapat perspektif dari orang kerja juga, atau dapat research market dari pengalaman mereka sendiri.
Tapi penting untuk diingat, kalo kalian udah membuat keputusan berdasarkan research yg kuat pribadi, jangan biarkan 1 opini membuat kalian berganti arah. Anggap saja point of view lain. Krn ada banyak jalan menuju Roma

5. Gua sih ttp gak yakin ide lu jalan
Nah kalo udah di step ini udah sampe ke tahap kepercayaan dan keyakinan. Jadi udah gak bisa adu argumentasi berbasis logika dan data lagi. Jd yang bisa kita lakukan adalah akhiri debat dan saling support saja.

Intinya adalah bagaimana kalian bisa membuat filter agar tidak mudah down dan terpengaruh serta tau kapan moment yang tepat untuk mengakhiri debat.

Mungkin ada tekanan sosial lain yang dihadapi teman-teman?

Bagi yang mau sharing tentang entrepreneurship, investment, bisnis, karir dan professional, kita juga buka diskusi semacam ini di rumah kami di www.marketplays.id.

Spoiler for About Us:


Quote:


×