alexa-tracking

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Shared Hosting

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/557e4f8e148b4690478b4567/keuntungan-dan-kerugian-menggunakan-shared-hosting
Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Shared Hosting
Shared-Hosting sejauh ini adalah jenis yang paling populer dari hosting yang digunakan oleh pengguna jasa hosting. Meskipun sudah begitu banyak digunakan, orang sering tidak mengerti apa yang mereka sebut dengan Shared Web-Hosting itu? Semua hanya mengatakan kalau Shared Web-Hosting ini "terbatas, mudah, dan terjangkau" .

Sebelum membuat keputusan, kami sangat menyarankan Anda untuk membaca ini sehingga Anda tahu apa itu sebenarnya Shared-Hosting.

Apa Keuntungan & Kerugian menggunakan Shared-Hosting untuk website Anda.



Apa itu Shared-Hosting?

Shared hosting adalah ketika beberapa situs web berbagi tempat hosting di sebuah server besar. Dengan menampung beberapa account situs pada server yang sama, perusahaan web hosting dapat menyediakan layanan hosting dengan tariff yang lebih terjangkau. Shared-Hosting adalah pilihan yang sangat ekonomis dan menjadi favorit saat Anda baru memulai hosting website Anda pada sebuah perusahaan jasa hosting.



Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Shared Hosting


Sesuai dengan ilustrasi di atas, perumpamaan Shared-Hosting adalah sebuah kereta Commuter Line yang penuh dengan penumpang (untuk tarifnya jelas lebih murah) , dan sebuah Dedicated Server adalah jet-pribadi yang mahal, namun menawarkan keamanan dan kenyamanan lebih dalam hosting. emoticon-Big Grin

Keuntungan Shared-Hosting

Quote:- Biaya sewa hosting yang jauh lebih murah dibandingkan dengan Dedicated Server karena biaya pemeliharaan server dibagi oleh banyak website.

- Persaingan teknologi dalam Shared-Hosting yang menyebabkan perusahaan hosting saling berkompetisi dengan memberikan layanan control admin yang user-friendly. Kebanyakan shared WordPress web hosting menggunakan panel admin seperti Plesk Pararrel Control Panel. cPanel, dan Fantastico.
Sebagian besar perusahaan populer mempekerjakan profesional yang sangat terampil. Hal ini memungkinkan Anda untuk dapat berkonsentrasi pada bisnis Anda dan tidak khawatir tentang pemeliharaan dan uptime. Dalam hal ini, Anda sebaiknya memilih perusahaan hosting yang memiliki uptime nyaris 100% dan jaminan support yang bisa Anda andalkan selama 24 jam.

- Sebagian besar perusahaan besar menawarkan beberapa layanan, sehingga situs Anda berjalan dengan sangat baik, dan Anda dapat meng-upgrade tanpa kerumitan. Pilihlah partner yang bisa Anda percaya untuk hosting website Anda bahkan sampai bertahun-tahun lamanya.


Kerugian Shared- Hosting


Quote:- Dibandingkan dengan dedicated server, Anda akan melihat kecepatan server yang lebih pelan, namun untuk beberapa perusahaan hosting, waktu load di Shared-Hosting akan di sesuaikan supaya tetap memenuhi ekspektasi pelanggan.

- Ketika perusahaan serakah, overselling bisa menjadi masalah besar. Hal ini dapat menyebabkan downtime situs menjadi hal yang sangat sering terjadi dan akan mengganggu kinerja website Anda. Sekali lagi ini adalah salah satu poin penting dalam pertimbangan Anda memilih web-hosting. Anda jangan pernah tertipu dengan mindset “kliennya sudah banyak sekali, pasti performanya bagus” . Coba lihat lagi apakah server-nya mendukung klien yang sudah begitu banyak, atau justru membuat website kliennya down karena server juga over-load? emoticon-Malu (S)


Sangat informatif sekali untuk yang masih awam.

Tapi mungkin sedikit tambahan saja untuk informasi. Bahwa dedicated server itu mungkin lebih tepatnya seperti mesin jet kosonganemoticon-Cendol (S)
Kenapa saya bilang begitu, karena akan jadi seperti jet ekslusif atau jet rongsokan, akan sangat tergantung dari yang menggunakannya.

Jika anda menggunakan Dedicated server dengan opsi full managed, tentu bisa dikatakan benar2 seperti menggunakan pesawat jumbo-jet/antonov pribadi yang sangat besar dan kuat.

Tapi konsekuensinya bisa sangat mahal sekali, biaya full managed di luar sana bisa lebih mahal dari biaya sewa server itu sendiri, bahkan bisa beberapa kali lebih besar tergantung providernya.emoticon-Hammer (S)
mungkin ada alternatif dari model shared hosting yang bisa diumpamakan jet pribadi, atau jika terlalu muluk bisa di bilang helikopter pribadi saja, yaitu Paket premium/corporate.

Banyak hoster yang sudah mengadopsi model paket seperti ini, meski tak banyak. Biasanya premium / corporate package memiliki batasan resource yang jauh lebih tinggi karena memang dalam satu server tidak memiliki banyak akun corporate.
Keuntungannya jelas resource lebih tinggi, tetap mudah seperti shared hosting, dan yang pasti backup rutin.jika anda menggunakan layanan VPS/server unmanaged, maka anda tidak akan dapat backup. bahkan full managed pun blm tntu dikasih layanan backup.emoticon-Blue Guy Cendol (S)

Biasanya paket premium akan lebih diutamakan dibandingkan customer biasa karena memang seharusnya begitu emoticon-Ngakak (S)
Kalau mau nyicip kaya apa resource paket premium, bisa PM ane emoticon-Blue Guy Peace emoticon-Cendol (S) emoticon-Blue Guy Cendol (S)
Quote:Original Posted By maukamu


bilang aja promosi.
Mau disebut angkot, mau disebut pesawat jet atau becak kalau pintar milih pasti selamat deh.
Yang lu maksud supirnya kan, tong

Tapi ts tidak membahas soal sopir yang lu maksud tapi membahas fasilitas dan resources.




saya nggak membahas tentang dedicated server, hanya saja membandingkan ttg fitur nya, apa yang akan di dapet kalo misal pakai shared hosting.
dan untuk masalah biaya juga cukup jelas perbedaannya sih..

kan nggak semua orang butuh naik jet/helikopter/pesawat, kalo cuma depok-jakarta, naik KRL juga uda oke kok, kan tujuannya emg cuma simple gituu emoticon-Big Grin
hehehe

ya kan ?

Quote:Original Posted By maukamu


betul, gan
semua tergantung kebutuhan dan budget


nah sepakat lagi gan
emoticon-Shakehand2
emoticon-I Love Kaskus (S)