alexa-tracking

Iklan Malware Toko Online yang Lagi Trend

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/556ece56642eb6247e8b4568/iklan-malware-toko-online-yang-lagi-trend
Iklan Malware Toko Online yang Lagi Trend
Halo agan-agan saya pengen ngebahas tentang malware toko online yang lagi terkenal banget di forum tercinta ini.. kira-kira kenapa sih banyak orang yang kena malware ? apa karena orang2 sering install atau download sesuatu tanpa dibaca dulu langsung next2 aja ?

nih gan thread yang jadi inspirasi ane..

Spoiler for Sampe Jadi Hot Thread loh...:


bahkan masih banyak banget loh korban2 lainnya..

Spoiler for List Thread Kaskuser yang Jadi Korban:


Mungkin para sesepuh bisa jelasin dikit teknik "iklan" yang mereka pakai dan tips dan trik agar tidak kena "iklan" ini ?

Mohon Infonya dari para sesepuh W3.

Thanks

Sory kalau salah room ya emoticon-Big Grin

Nih gan cara buat hilangin malware iklan entu gan:

Quote:


ane second liner de...
waduuuuuhhh...

ini sama banget kaya kejadian yg ane alamin
kalo menurut ane sih karena orang2 jarang yang baca kalo download atau install sesuatu.. makanya gan hati2 kalau download2 nnti kena malware..
harus lebihbwaspada lagi malware dimana mana
Quote:


ekstensinya ga ada approval gitu gan ? biasakan disusupin di software ga jelas gan.. dan biasanya karena kita next2 aja jadinya masuk deh ekstensi malwarenya..
Quote:


wah buset dah makin ngaco aja ya malwarenya.. di inject dari mana ya kalo gitu.. harus nunggu para sesepuh nih buat kasih penjelasan lebih lanjut.. emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
Klo jaman sekarang mah pelaku pelaku "periklanan online" pada banyak banget yang curang gan. Para pengiklan online sebenernya udah dikasih space buat ngiklan di internet gan sesuai dengan web yang ngasih ruang iklannya. Tapi sekarang mereka "menjual" semacam Maleware kepada para pengiklan dan
Siapa yang diserang? Tentu saja kita yang bodoh dan masih buta tentang yang namanya internet.

Bagaimana Maleware itu menyerang user? Maleware itu menyerang user dengan cara menyamar sebagai file atau aplikasi yang kita cari dan saat kita download file tersebut file tersebut akan menyebar ke komputer kita selanjutnya lewat maleware tersebut para pengiklan mempunyai space iklan lebih banyak untuk dan menjualnya ke perusahaan dengan cara yang merugikan user.

Bagaimana cara menghilangkan Maleware tersebut?
Untuk menghilangkan maleware tersebut masih belum ditemukan cara yang tepat dan efisien gan saya pernah keserang maleware dan melakukan instal ulang pada os komputer saya dan saat saya instal ulang OS komputer saya maleware tersebut hilang (saya masih belum tahu gimana ngejelasinnya mungkin karena maleware menyerang ke sistem jadi saat sistem di instal ulang program maleware tersebut hilang) Sekarang para developer AntiVirus yang ada sedang melakukan pengembangan dan riset untuk membunuh maleware tanpa harus menginstal ulang OS Komputer. Tapi itu masih sulit untuk dilakukan para developer AntiVirus yang ada hanya bisa mengingatkan user sebelum mendownload file jika file yang didownload itu maleware gan , tetapi AntiVirus hanya dapat mengingatkan segala keputusan ada di tangan user untuk tetap melanjutkan mendownload file maleware tersebut atau tidak? CMIIW gan

JIKA BELUM MASUK KE SISTEM OPRASI KOMPUTER MALEWARE DAPAT DICEGAH, TETAPI JIKA SUDAH MASUK KE DALAM SISTEM OPERASI KOMPUTER MALEWARE MENJADI SULIT UNTUK DIMUSNAHKAN.
Iya sih gan.

Kebanyakan kayak gituan biasa terjadi kalau kita sering install aplikasi tanpa baca baik2, langsung di next.

Paling sering terinstall secara misterius pasti ask toolbar.
emoticon-Ngakak
emoticon-Ngakak
Quote:


mantap gan penjelasannya.

Benar banget gan padahal setiap website besar pasti sudah menyiadakan tempat untuk beriklan loh. kaya contohnya kaskus saja banyak loh tempat iklan yang disediakan.

Spoiler for contoh iklan di kaskus:


dan tentu saja yang dirugikan website2 yang dibuka oleh user karena selain iklan mereka tidak laku juga website mereka jadi ketutupan, apalagi kalau user tidak tahu kalau iklan tersebut bukan dari website tersebut tapi dari malware yang ada di PC.

Anti Virus kalau tidak full version mah kaya ga ada gunanya gan (menurut saya loh).. Pengalaman pakai A*G Free, Sm*d*v Free, Av*ra Free. Semuanya dengan mudah ditembus malware.. emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S)

yang lumayan bisa detect dan banyak kracknya itu Es*t NOD31 gan.. tapiiiii SEMUA FILE YANG KENA MALWARE DI HAPUS.. wah cukup sakit hati juga gan karena beberapa file penting ikutan ke delete juga.. emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S)

ya, mungkin cara yang paling tepat dengan BACA yang benar sebelum install software atau apapun itu...
Quote:


iya tuh gan ask toolbar sama ba*du PC faster yang sering banget nyantol.. emoticon-Ngakak:
Quote:



Sebenernya AntiVirus mau yang gratisan atau full versi itu hampir sama gan bedanya hanya mungkin di AV full versi mempunyai fitur yang lebih membuat nyaman user gan. Tetapi klo AV gratisan hanya ada fungsi utama sebagai AV yaitu melindungi user. Mungkin karena perlindungan AV gratisan yang terus terusan munculin popup notifikasi kepada user membuat user menjadi kurang nyaman. Dan juga kita harus cermat memilih AV gan gak boleh sembarangan pilih AV yang udah punya nama besar jangan AV yang masih kacangan bisa saja kita pengen download AV eh yang kita download malah maleware.
Kita juga gak boleh hanya bergantung pada AV gan karena AV itu hanya ibarat tameng jika kita tidak bisa menggunakan tameng tersebut mau seberapa bagus tameng tersebut pasti akan ketembus sama maleware gan.


(Oh iya gan ane mohon maaf kita lagi ngebahas maleware komputer eh ane malah ngereply lewat wap gan)
Quote:


setujuh sama pendapat agan ini.. sebagus2nya "tameng" kita kalau yang pake ga bener ya sama aja bohong.. ada2 aja ya gan programmer nakal jaman sekarang, apa aja dijadiin duit walaupun itu bersifat illegal.

gan, temen ane baru kasih tau ternyata malware ini semacam 3rd party loh, agan tau webcake malware ga ? denger2 sih itu 3rd party advertising yang buat gan dan sistem bayarnya PPC juga.. ckckck parah ya
Bisa jadi emoticon-Sundul
Quote:

Mungkin klo mau ngejelasinnya ane ngopas artikel dari TanpaVirus.web.id aje yah gan "WebCake bukanlah aplikasi yang berguna , yang dapat menunjukkan kepada Anda penawaran terbaik dan kupon diskon ketika Anda memasukkan beberapa situs web komersial . WebCake adalah program yang mungkin tidak diinginkan , adware , yang bisa masuk ke dalam sistem tanpa izin dan kemudian mulai mengganggu Anda ketika Anda memulai setiap sesi browsing Anda. Pada dasarnya , program ini menyebabkan lebih ketidaknyamanan daripada manfaat karena menunjukkan tanda yang terus menerus di semua browser internet , termasuk Internet Explorer , Mozilla Firefox dan Google Chrome . Selain itu, dengan mudah dapat mengubah halaman awal , mesin pencari default dan pengaturan lainnya tanpa sepengetahuan Anda . Meskipun tidak memiliki kode berbahaya seperti malware atau anti – spyware , kami tidak menyarankan membiarkan WebCake pada komputer Anda.

BAGAIMANA SAYA BISA MENDAPATKAN WEBCAKE PADA PC SAYA ?

Seperti yang telah kami katakan , WebCake dapat memasuki sistem komputer tidak hanya setelah Anda men-download secara manual dari website resmi . WebCake juga bisa terdapat pada PC target tanpa izin Anda. Biasanya, Anda dapat mencegah hal ini dengan mengawasi setiap jendela instalasi perangkat lunak yang ingin Anda instal . Selain itu, Anda harus menghilangkan centang semua entri asing . Begitu masuk kedalam , WebCake menyisipkan kode ke dalam masing-masing browser Internet Anda dan mulai mengganggu korbannya dengan iklan pop – up konstan. Perhatikan bahwa program tersebut dibuat bukan untuk menunjukkan penawaran terbaik untuk Anda . Mereka juga dapat digunakan untuk melacak kebiasaan browsing Anda dan mengumpulkan informasi tentang pengguna . Jika Anda bosan dengan iklan pop – up yang konstan dan pemberitahuan komersial dari WebCake , Anda harus menghapus aplikasi ini tanpa penundaan .

CARA MENGHAPUS WEBCAKE ?

Ketika mencoba untuk menghapus WebCake , Anda harus menghapus terlebih dahulu melalui Add / Remove daftar Program pada awalnya . Untuk itu , gunakan langkah-langkah berikut :

Klik Start – > Control Panel – > Programs ( atau Add / Remove Programs ) – > Uninstall a Program.

Di sini, cari WebCake dan pilih ‘ Uninstall / Change’ .

Klik OK untuk menyimpan perubahan .

Selain itu, jika Anda belum menginstal program ini secara sadar , Anda sangat dianjurkan untuk memindai sistem dengan diperbarui SpyHunter , STOPzilla atau Malwarebytes Anti Malware untuk memastikan bahwa PC Anda bebas dari virus .

Inilah saatnya untuk memperbaiki setiap browser Anda :

Internet Explorer :
Buka Internet Explorer , ‘ Tools’ – > ” Manage Add – ons ‘ – > ‘ Toolbars dan Ekstensi ‘ . Di sini, cari WebCake dan klik ‘ uninstall ‘ . Sekarang buka IE sekali lagi dan klik Tools – > Internet Option – > tab General . Masukkan Google atau alamat lain untuk membuatnya halaman awal default.

Mozilla Firefox :
Buka Mozilla Firefox , ‘ Tools’ – > ‘ Pengaya ‘ – > ‘ Ekstensi ‘ . Cari WebCake dan klik ‘ Uninstall ‘ . Sekarang buka Mozilla Firefox sekali lagi , klik Tools – > Options – > General – > Startup dan pilih ‘ Tampilkan halaman kosong ‘ ketika Firefox Mulai atau mengatur situs web tertentu , seperti Google atau mirip .

Google Chrome :
Buka Google Chrome , klik pada icon kunci , masuk ke setting dan pilih ‘Manage search engine ‘ . Ubah mesin pencari google atau lainnya dan menghapus WebCake dari daftar . Lalu Pergi ke bagian ” Pada awal ” dan pastikan Anda mendapatkan halaman kosong saat membuat tab baru."
Nah dari hasil copasan itu kita bisa simpulkan bahwa maleware bisa masuk ke komputer kita walaupun kita tidak mendownload file tersebut, kok bisa sih gan?
Contoh kasusnya begini gan pernahkah agan sedang surfing di internet (misalnya untuk mencari tugas kuliah) tiba tiba saat agan mengklik link yang ada di hasil pencarian agan langsung ke direct ke link yang "aneh" nah kita musti curiga kalo itu maleware gan. Karena web web tersebut bisa saja memasukan maleware ke dalam komputer kita tanpa kita ketahui.

Klo untuk masalah ada atau tidaknya pihak ketiga dalam webcake ads itu pasti ada gan. Biar lebih mudah ngejelasinnya kita anggap pembuat maleware tersebut bandar narkoba sedangkan AV sebagai polisi dan user sebagai pecandu.
Berarti gak mungkin dong bandar narkoba secara langsung "menjual" langsung kepada pecandu? Bisa bisa sang bandar tersebut ditangkep sama polisi gan. Nah sekarang pasti bandar membutuhkan pihak ketiga sebagai kurir. Disini pembuat maleware dan AV beradu teknologi dan pembuat maleware masih menang gan.

Fungsi pihak ketiga itu adalah untuk melindungi pembuat maleware sekaligus untuk menjual maleware kepada pebisnis online gan.
Nah kira kira kayak gitu lah gan penjelasannya klo ada salah kata mohon diperbaiki yah gan CMIIW
Thanks
Quote:


hmmm.. paham ane sekarang kenapa browser ane terkadang masih kena maleware padahal uda hati2 banget download atau install sesuatu.. ternyataaa emoticon-Cape d... (S)

cara hapus malware sepertinya kurang lebih sama ya gan.. dan yang uda pernah ane coba keampuhannya malwarebytes tuh, efektif dan tentunya FREE.. emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

nemu juga nih cara hapus malware kurang lebih artikelnya sama kaya yg agan post tapi ini bhs inggrisnya.. hehehe

Spoiler for cara hapus malware:


eh iya baru aja kemaren ane install extension honey buat cari voucher promo domain ternyata ada malwarenya juga loh gan.. parah bener dah entah dari developernya yang pasang atau gimana...
Quote:


Quote:


wah sori nih agan2 baru sempet online lagi.. baru aja bikin thread macam ini eh chrome kena malware beneran..

@agan irturhamun
persis seperti yang di artikel itu gan.. kebetulan uda beberapa minggu ini saya ga pernah download atau install apapun loh, tiba-tiba semua ekstensi di chrome hilang dan kalau klik apapun langsung ke direct ke La*ada.. zzz

@agan jekasim
udah ane cobain tuh gan yang di artikel itu.. kalau mau simple langsung aja install malwarebytes TAPI jangan download di 3rd party gan macam 4sh*red, zippys*ared, dll. langsung aja ke website resminya. buat mencegah salah download (niat download anti malware malah ke downloada malware lagi) emoticon-Ngakak
Halo agan-agan yuk di share yang pernah bikin atau ngatasin malware semacam ini...
Korbannya ternyata banyak juga ya.. ane cek di forum tetangga juga banyak yg kena masalah yang sama..
Quote:


iya gan.. memang banyak korbannya.. padahal yang ngebahas cara hapus malware ini uda banyak tapi masih aja pada kena ya..