alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sebentar Lagi Mau Puasa, Tapi Tahukah Agan "Kode" Makanan Non Halal ini?
3.75 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/556bd7a6dc06bdc62b8b4567/sebentar-lagi-mau-puasa-tapi-tahukah-agan-quotkodequot-makanan-non-halal-ini

Sebentar Lagi Mau Puasa, Tapi Tahukah Agan "Kode" Makanan Non Halal ini?

B1, B2, RW, SENGSU, Sate Jamu

Sebentar Lagi Mau Puasa, Tapi Tahukah Agan "Kode" Makanan Non Halal ini?

B1 dan B2, dan RW merupakan istilah umum untuk menggambarkan daging anjing dan daging babi. Entah mengapa, para penjual dan pembeli daging haram tersebut enggan menyebutkan secara eksplisit sebagai anjing dan babi. Penyebutan kode tersebut sebenarnya sudah menggambarkan sumber daging yang digunakan. Tetapi mungkin ada juga konsumen muslim yang tidak tahu arti kode tersebut.

Di beberapa daerah di Indonesia, daging anjing disantap sebagai sumber protein baik secara terang-terangan maupun diam-diam. Di Manado dan Minahasa, daging anjing dikenal dengan istilah RW (dibaca: erwe), singkatan dari rintek wuuk (bahasa Manado: "bulu halus"), suatu eufemisme untuk anjing.

Masakan Batak mengenal masakan daging anjing yang diberi kode B1, dari kata biang (bahasa Batak: "anjing"), meskipun bukan makanan terpopuler dalam kuliner Tapanuli. Di beberapa kota di Jawa seperti Solo dan Yogyakarta, sate daging anjing disamarkan dengan sebutan "sate jamu"

sedangkan sebutan tongseng daging anjing adalah sengsu, singkatan dari tongseng asu (bahasa Jawa: "tongseng anjing").




Quote:


Jadi Saran ane buat agan2 yang muslim, lebih baik makan jangan ditempat yang agan belum ketahui halal atau gak...

sumber 1
sumber 2
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
Petromax gan...
wah makasih gan ane malah baru tahu tuh kode2nya emoticon-Matabelo
mending tanya aja kalo ane, halal apa gaknya
Makanan apaan ntuh gan emoticon-Hammer (S)
ditempat ane RW itu Rica-rica Waung. Rica daging anjing emoticon-Big Grin. kok di manado sngktannya bs sama ya emoticon-Amazed
Diubah oleh mereneheze
i ci i ci
Quote:


iyo breemoticon-Embarrassment
kalau ane paling tahu ya sate asu di solo
sekarang ada gambar kiriknya di depan tenda
wah musti ati-ati ni gw. nice info gan. emoticon-Smilie
lapo itu singkatan bukan gan? emoticon-Big Grin
Pecel lele dah ketahuan makanan halal emoticon-Big Grin
ane baru tau gan, nice infoemoticon-I Love Indonesia (S)
RW , sengsu, sate jamu. ane baru denger gan.. nice inpoh
Mungkin pedagangny gak mau tulis dia jual daging babi dan anjing karna mereka sendiri geliemoticon-Ngakak
Tongseng Asuemoticon-Matabelo
berani nanya gan. pas beli tanya aja pakai daging apa. tapi kayaknya udah sedikit punya "perasaan" curiga sih kalau makan ditempat yang ga jualan makanan halal. emoticon-Blue Guy Peace
nice info gan haha
kalo ane sih udah tau gan... soalnya temen doyan banget makanan yg model begini emoticon-Hammer (S)
Sebagian kodenya ane udah tau gan.
tp klu tuh makanan gak pake kode, bakal keliatan sama aja klu udh dimasak emoticon-Takut (S)
beberapa ada yang tau sih gan, emoticon-Malu (S)
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di