alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/556bab1031e2e6f94a8b4570/otak-kadal

Otak Kadal

Pagi semuanya. Ane newbie nih baru pertama bikin thread. Maafin yeh kalo berantakan.
Sumber tulisan ini ane ambli dari bukunya Wahyu Aditya-Kreatif Sampai Mati. Cekidot gan.


Pernah tidak, ketika kamu merasa sedang menemukan ide yang kamu anggap brilian, ide itu justru hanya hinggap sebatas angan-angan ? Kamu merasa tidak berani untuk melaksanakan ide brilian itu menjadi kenyataan. Kamu merasa katakutan dan menjadi tidak percaya diri ketika kamu mau merealisasikan ide tersebut.

Awalnya kamu merasa semangatmu membara, tetapi ketika akan dieksekusi, pelan-pelan kamu merasa tidak bersemangat. Seperti ada sesuatu yang membisikimu dengan kalimat-kalimat yang membuat pesimis, ragu, dan mengancam rasa amanmu.

"Jangan lakukan itu, nanti kamu bisa merugi."

"Jangan bertindak, pasti kamu gagal."

"Awas, jika kamu berbuat seperti itu, orang akan menertawakanmu."

Kata-kata semacam itulah yan dibisikkan jika kamu berniat melakukan sesuatu yang keluar dari zona nyamanmu. Sang pembisik itu bernama Si Otak Kadal.

Menurut Seth Godin, pengarang buku Linchpin, otak kadal itu bukan sekedar konsep, tapi memang nyata di otak kita masing-masing. Dalam ilmu biologi, dia disebut Amygdala. Bagian otak ini bertugas untuk merespon rasa takut, marah, dan nilai-nilai negatif.

Otak kadal selalu berusaha mengajak kita untuk bertahan hidup. Jika ada yang mengganggu, misal nyamuk, kita akan hancurkan dia sampai mati. Namun, jika ada lawan yang lebih mengerikan, misal harimau, otak kita akan lebih memilih untuk menyuruh kita lari terbirit-birit. Dia berusaha untuk menguasai hidup kita dan memastikan bahwa kita tidak melakukan hal yang riskan atau sesuatu yang baru.

Dalam keadaan emergency, Si Otak Kadal berperan menjadi panglimanya. Dia dapat secara cepat menginstruksikan kita untuk melawan atau kabur dari masalah. Dialah alasan kenap kita selalu takut untuk berbuat hal baru. Sukanya yang aman-aman saja. Status quo adalah idolanya. Dia adalah hakim yang selalu memutuskan untuk menolak konsep segar.

Sadar tidak, ketika kita sedang berpikir, kita merasa ada yang sedang berdiskusi di dalam otak kita ? Nah, rekan diskusi kita yang paling dominan itu adalah si otak kadal. Ketika muncul ide baru, si kadal langsung merespon dengan bertanya, Yakin lo ? Sudah jangan cari masalah, diam saja ! Si kadal semaksimal mungkin menimbun ide baru itu agar tidak teralisasi dengan mempertahankan argumen lamanya.

Sebenarnya bagian otak yang senang menerima pemikiran kreatif adalah neocortex. Sayangnya neocortex bagaikan anak baru yang lemah dan pemalu. Kalah garang dengan si kadal yang lebih senior. Neocortex tidak berdaya melihat pertahanan solid si kadal dalam menghadapi ide-ide segar itu.

Untuk mewujudkan ide kreatif kita, tidak ada cara lain selain melawan pertahana si kadal. Tapi ingat, kita tidak bisa mematikan si kadal, karena dia kebal akan selalu ada sampai kita meninggal. Kita hanya bisa membuat dia siuman. Pada akhirnya ide yang kita buat bisa terealisasi ketika si kadal sedang pingsan.

Akan tetapi, bersiap-siaplah. Si kadal memiliki ilmu sakti yang bisa meluluhlantakkan ide kita. Si kadal mempunyai kesaktian untuk memengaruhi kita menunda-nunda pekerjaan, sangat terobsesi tentang hal yang detail, suka mengkritik berlebihan, menciptakan kecemasan, dan pandai untuk mencari-cari alasan. Ide akan perlaha-lahan lenyap jika kesaktian tersebut menyerang kita terus-menerus.

Tetapi, kita juga tidak bisa begitu saja menyerah. Ada senjata yang bisa kita siapkan untuk menghadapi kesaktiannya.

Senjata yang wajib dimiliki dan ditempa adalah :

1. Mengizinkan ide yang dianggap buruk oleh si kadal untuk masuk. Anggap bahwa tidak apa-apa jika mendapatkan ide buruk, itu adalah hal yang wajar.
2. Sebisa mungkin tidak ada Plan B dalam sebuah ide, jangan beri si kadal untuk memilih.
3. Latih diri untuk memiliki pola pikir yang berlawanan dari si kadal.
4. Rangkul kegagalan sebagai pengalaman dalam belajar.
5. Jangan membuat berbagai macam alasan.

Insya Allah, dengan senjata-senjata tersebut, kita bisa membuat si kadal tidak sadarkan diri. Selamat berjuan kawan !

Tulisan di atas bersumber dari buku "Kreatif Sampai Mati" Butir 12 (hal. 198)
Penulis : Wahyu Aditya

Sekian dlu thread pertama ane. Mudah-mudahn bermanfaat dan ga repost. Mhn maaf klo banyak kurangnya. #mariberbagi #kreatifsampaimati
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
info yang bagus,
sebuah ide akan bermanfaat jika di realisasikan



^ PejWan dulu, bacanya kapan2 emoticon-Cool
jadi otak kadal itu musuh apa teman gan emoticon-Bingung (S)
trit mtvsi #nice bray emoticon-thumbsup
nice inpoh gan, tengkyu emoticon-Big Grin
trit perdana elo ye bray...

gua lagi baek ni bray..

mau bata pa cendol bray..

yo bay...
orang tua pembisiknya siapa tuh bre
kok ngasih namanya Si Otak Kadal
emoticon-Berduka (S)
Isinya bagus sih gan, cuman kurang ilustrasi nya doang, rata2 males baca gan emoticon-Ngakak (S)
widih padahal thread mirip status sosmed,tapi infonya bagus emoticon-Big Grin
iya sih gue rasain banget
gue macetnya saat "aku mulai dari mana ya?"
satu kalimat itu, menghancurkan harapan gue akan ide-ide brilian gue
bukannya tidak gue mulai, gue benci mulai dari tahap yang paling lama, gue mau nanya tahap yang cepat mendongrak ide-ide gue terwujud tanpa buang-buang waktu
bukankah "time is money" emoticon-Big Grin

makasih infonya gan
Diubah oleh nothinstrue
ada reptiil kah emoticon-Berduka (S)
isi thread dah oke, tinggal dipercantik aja nih biar tambah enak ngebacanya
mejeng dulu ganemoticon-army , kapan" ane baca
Quote:


sumpab thred elo keren banget. apalagi buat ane yg lagi berusaha nata hidup dan mendekati tuhan.. berusaha jalan lurus dan membuat keadaan jadi lebih baik. makasi gan threadnya. semoga otak ane kaga masuk spesies kadal lagi emoticon-Recommended Seller emoticon-Rate 5 Star
Keren dah nih trit..
Cocok buat nyadarin orang2 nggk jelas.. emoticon-Cool
nice thread gan.
bener2 menginspirasi emoticon-I Love Kaskus
thanks gan mudah-mudahan bermanfaat emoticon-Smilie
musuh gan. itu makanya dikasih senjata buat ngelawannya emoticon-Ngakak (S)
"Katakutan" emoticon-Takut
wah ane punya saingan kerja yg model begini nih.gan emoticon-Matabelo
iya juga ya. semoga jauh jauh deh tuh kadal
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di