alexa-tracking

Jatim Ibu Kota Sepak Bola Indonesia

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/556acb6e54c07a14568b456a/jatim-ibu-kota-sepak-bola-indonesia
Jatim Ibu Kota Sepak Bola Indonesia
REPUBLIKDIGITAL.com – Era perserikatan, sekitar tahun 70 an, Persebaya adalah klub satu-satunya kebanggaan warga Jatim. Dari Barat hingga Timur, dari Utara hingga Selatan dan dari desa hingga kota, semua mengenal Persebaya.

Kecintaan warga Jatim sama Persebaya sangat tinggi. Jika Bajul Ijo main, jalanan sepi. Mereka antusias nonton dan berusaha keras untuk mendukung klub kebanggaan mesti hanya lewat televisi.

Remember, tahun 70 an yang punya televisi itu berapa orang? So imagine perjuangan dan serunya suasana nonbar saat itu.

Era kemudian berganti, namanya galatama. Tahun 80 an muncul Arema di bumi Malang. Cinta warga Jatim mulai terbelah meski cuma sedikit. Mayoritas warga masih support and love full sama Persebaya. Bajul Ijo tetap di hati.

Seiring berjalannya waktu, Singo kecil di Malang tumbuh jadi besar. Singo Edan namanya. Kehadiran Singo Edan perlahan mulai mengikis dominasi Bajul Ijo di tanah sepak bola Indonesia, Jatim.

Era pun berganti lagi. Tahun 90 an, masuk era modern, namanya Liga Indonesia. Singo Edan mengaum semakin keras dari Malang. Aumannya ternyata mampu menggetarkan tanah sepak bola. Jatim pun terbelah dua. Pecinta Bajul Ijo dan Singo Edan.

Seiring dengan itu, value rivalitas dua klub sepropinsi ini juga semakin tinggi. Sampai kini kisah duel klasik mereka, derbi Jatim tak kalah seru dengan el clasico.

Era Liga Indonesia rupanya mampu memunculkan banyak klub di Jatim. Bibit-bibit unggul klub tumbuh subur dari tanah sepakbola ini. Di kemudian hari, klub-klub ini sangat disegani lawan di gelanggang laga.

Hadirnya banyak klub unggul membuat peta persepakbolaan Jatim berubah. Di Kediri muncul Persik. Kehadiran Macan Putih menggemparkan bumi Arema, tempat di mana singa-singa bola dilahirkan. ‘Aremania’ pecah jadi dua.

Sejarah Singosari-Kediri sepertinya berulang pada Arema-Persik. Pemain Arema bedhol desa ke Persik. Kejayaan Arema pun pindah ke Persik. Kegarangan Singo Edan di lapangan hijau hilang. Arema degradasi. Singo Edan terluka.

Persik sangat fenomenal. Tampil perdana di kasta tertinggi sepak bola, tahun 2003, ia langsung juara. Bahkan hingga dua kali Persik berhasil mengoleksi gelar juara, 2003 dan 2006.

Tidak hanya itu, munculnya Macan Putih juga membuat wilayah Jatim bagian Selatan terbelah. Sehingga, tanah sepak bola terbagi menjadi tiga wilayah besar: wilayah Persebaya, Arema dan Persik.

Oya, sebelumnya, di awal era Ligina, muncul Petrokimia Putra di Gresik. Petrokimia sangat kokoh sekokoh Semen Gresik. Meski sangat dipandang, kehadiran Petro tak sampai membuat Jatim terbelah.

Jika di Jatim Selatan muncul fenomena Persik maka di Utara muncul fenomena Persela. Hadirnya Laskar Joko Tingkir mengguncang dominasi Persebaya di Jatim Utara. ‘Bonek’ pun terbelah.

Persebaya, Arema, Persik dan Persela adalah arus besar. Hingga beberapa tahun mereka mendominasi lapangan hijau di tanah sepak bola, Jatim.

Selain mereka, di Sidoarjo ada Deltras, jauh sebelumnya ada Mitra Surabaya, lalu ada Persema (Malang), ada Persekabpas (Pasuruan), Persedikab (Kediri), Persibo (Bojonegoro) dan Persepam (Madura). Semua klub ini pernah meramaikan lapangan hijau di pagelaran kasta tertinggi sepak bola Indonesia. ‪

Sejak ditanamkan tonggak bernama Liga Indonesia pada tahun 1994 sampai sekarang, ada 12 klub yang menjadi juara. Dari 12 klub itu, 4 klub berasal dari Jatim. Klub tersebut adalah Persebaya (2), Petrokimia (1), Persik (2), Arema (1).

Prestasi ini belum mampu ditandingi oleh daerah manapun di bumi Indonesia.

Oleh karena itu, mengingat menimbang dan seterusnya maka tanah sepak bola, Jatim amat sangat layak untuk dinobatkan menjadi ibu kota sepak bola Indonesia. Piye?

sumber
diera galatama , sebelum Arema lahir dah ada niac mitra bro,
niac mitra sangat populer di seantero jatim, punya pemain2 berkualitas seperti wayan diana , samsul arifin david lee dan fandhi ahmad dari singapore dll
betul bro..saking banyaknya mungkin tidak semua klub Jatim dimasukkan di tulisan itu, mungkin penulisnya lupa.. emoticon-Ngakak (S)
tapi poinnya klub-klub Jatim memang buanyak dan emoticon-2 Jempol
KASKUS Ads
Quote:


iya bro
di era 80an kompetisi ada 2 bro, galatama dan divisi utama

dari jatim ada Perkesa78 sidoarjo , niac mitra ,dan ada satu lagi dari surabaya , ane lupa namanya sedang di divisi utama ada Persebaya dan Persegres Gresik

sedang Arema masuk galatama di tahun 1987
image-url-apps
emang banyak banget klub dari jatim emoticon-Ngakak (S)
image-url-apps
bakul ijo tuh siapa si bre?