alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Seperti Indonesia, 6 Negara Ini Disanksi FIFA karena Intervensi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/556a83cb9e7404b86f8b4569/seperti-indonesia-6-negara-ini-disanksi-fifa-karena-intervensi

Seperti Indonesia, 6 Negara Ini Disanksi FIFA karena Intervensi

Seperti Indonesia, 6 Negara Ini Disanksi FIFA karena Intervensi

Liputan6.com, Jakarta - Sepak bola Indonesia akhirnya harus menerima keputusan pahit setelah disanksi oleh FIFA pada Sabtu 30 Mei 2015. Keputusan itu tentu saja merugikan sepak bola Indonesia, karena Timnas dan klub-klub tanah air tak bisa mengikuti turnamen atau kompetisi internasional di bawah FIFA atau AFC.

Sudah dijelaskan bahwa keputusan FIFA memberi sanksi kepada Indonesia tak lain karena intervensi pihak ketiga dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga. Padahal, dalam Statuta FIFA pasa 13 dan 17 sudah dijelaskan, pemerintah dilarang mencampuri kegiatan sepak bola di negaranya sendiri.

Awal mula konflik ini dimulai dari PSSI yang tidak menuruti instruksi Kemenpora melalui Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) yang merestui kompetisi Liga Super Indonesia (ISL) --sekarang QNB League-- diikuti 16 tim. BOPI menilai dua klub, yakni Arema Cronus dan Persebaya Surabaya bermasalah dengan administratif dan dualisme.
PSSI sendiri tetap menjalankan kompetisi dengan menurutsertakan Arema dan Persebaya. Hal itu membuat Kemenpora semakin geram dan memutuskan untuk membekukan PSSI pada 18 April silam. Surat bernomor 0137 tahun 2015 dan ditandatangani Menteri Imam Nahrawi menjelaskan tentang sanksi administratif kepada PSSI. Selain itu, apapun keputusan dan kegiatan PSSI dianggap tidak sah.

Tindakan Menpora itu kemudian membuat FIFA mulai mempertimbangkan sepak bola Indonesia untuk diganjar hukuman.


Namun, ternyata bukan Indonesia saja negara yang pernah merasakan pahitnya diganjar sanksi oleh FIFA akibat intervensi pemerintahnya.

Ada beberapa negara yang pernah dihukum FIFA karena campur tangan pemerintah. Negara apa saja yang pernah disanksi FIFA? Simak ulasannya di halaman berikut:


Yunani
Hukuman: 4 hari


Penyebab: Pada 3 Juli 2006, Federasi Sepak Bola Yunani (EPO) melanggar Statuta FIFA dengan mencampurkan politik ke dunia sepak bola. Mereka pun dihukum FIFA tidak boleh mengikuti turnamen internasional. Namun, empat hari setelah dihukum FIFA, EPO kembali menaati Statuta FIFA.




Kuwait
Hukuman: 1 bulan


Penyebab: Pada 30 Oktober 2007, pemerintah Kuwait mengintervensi pemilihan ketua umum dan pengurus Federasi Sepak Bola Kuwait (KFA). FIFA pun melarang Kuwait tampil di ajang internasional selama satu bulan.




Nigeria
Hukuman: 2 minggu


Penyebab: Nigeria dihukum FIFA selama dua minggu setelah melanggar Statuta FIFA sebanyak dua kali. Yang pertama terjadi pada 4 Oktober 2010, Federasi Sepak Bola Nigeria (NFF) disanksi FIFA karena adanya campur tangan pemerintah. NFF pun dihukum selama empat hari.

Kejadian kedua terjadi pada 9 Juli 2014. Pemerintah Nigeria ikut campur ketika menunjuk Ketua Umum NFF. Karena hal itu, NFF disanksi selama sepuluh hari.





Peru
Hukuman: 1 bulan


Penyebab: Federasi Sepak Bola Peru (FPF) mendapat sanksi FIFA selama satu bulan pada 25 November 2008. Ketika itu, pemerintah Peru tidak menyetujui pengangkatan Ketua Umum FPF, Manuel Braga.





Brunei Darussalam
Hukuman: 2 tahun


Penyebab: September 2009, pemerintah Brunei Darussalam membekukan BAFA (Federasi Sepak Bola Brunei) dan menggantinya dengan FADB pada Desember 2008. Karena hal itu, Brunei disanksi FIFA selama dua tahun. Asosiasi pimpinan Sepp Blatter baru mencabut sanksi pada Mei 2011 setelah merestui federasi sepak bola Brunei yang baru NFABD.




Ethiopia
Hukuman: 10 bulan


Penyebab: Pemerintah Ethiopia melengserkan Ketua Umum EFF (Federasi Sepak Bola Ethiopia) pada Januari 2008. Masalah tersebut membuat FIFA menghukum Ethiopia selama 10 bulan. Pada November 2008, hukuman tersebut dicabut FIFA karena Ethiopia telah menunjuk Ketua Umum EFF tanpa campur tangan pemerintah.


SOURCE

Kita ini hanya ingin ikut event internasional, atau ingin prestasi? Kalau hanya ingin event internasional tapi selalu kalah. Saya tanya, lalu kebanggaan kita ada di mana? emoticon-siul emoticon-siul

silahkan di komeng sesuka hati nya vroh emoticon-Blue Guy Peace
keluarkan dan tumpah kan segala unek² yang ada di benak kalian..emoticon-Cool

hhmmmmemoticon-Cool
Diubah oleh nuwantor513
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
reserved buat komen pro dan kontra di marih emoticon-siul
Diubah oleh nuwantor513
Negara kegelapan bray
Quote:


wew,pertama kali dalam sejarah..trit ane di komenin sama pemilik kerajaan kegelapan.emoticon-Matabelo

mantap betul emoticon-Recommended Seller
entah sampai kpan indonesia bkal diban fifa paralon
Quote:

sanksi nya di kasih lama juga gpp vroh emoticon-siul

sampai ada kejelasan bahwa di tubuh pssi bener² di isi oleh orang yang bener² paham tentang bola..
bukan orang yang mengendalikan skor,bukan orang yang memikir uang semata..(mafia bola)

gua pengen lihat permainan bola yang cantik dimarih,bukan permainan sepak bola gajah..

emoticon-Angkat Beer
Bikin tarkam aja dah lebih seru tuh
Dah lama ngga nonton liga indonesia, semoga sanksi fifa menjadi momen pemerintah menata ulang sepakbola yang sudah bobrok ini.
baru tahu ternyata ndak hanya indonesia yang dikenakan hukuman..

kok ndak diBP aja om?
Diubah oleh arindus
Quote:


gua setubuh ama koment nya vroh emoticon-Angkat Beer
ikut nyimak gan
Quote:


ehhh ada om arind emoticon-Embarrassment
iya om,dahulu sebelom indonesia di sanksi ama pipa..banyak kok negara² lain nya yang kenak sanksi gegara pemerintahan nya ikut campur tangan di tubuh persatuan sepakbolanya masing².emoticon-Embarrassment


oia om,denger² UEFA mau kluar dri keanggotaan nya FIFA ya..
gegara blatter kembali terpilih jadi presiden FIFA.
Quote:


silahkan vroh emoticon-Angkat Beer
padhal menpora membekukan pssi karna ad unsur politik nya.
gue gx ngedukung pssi dan juga mengutuk tindakan menpora
masih dukung menpora?
paling baru kenal sepak bola indonesia
Quote:


nice koment vroh emoticon-Angkat Beer
Kalau ane,ane dukung dah, biar deh kita kasih kesempatan pemerintah buat membenahi sepakbola indonesia dulu, tapi jangan cuma benahi sepakbola saja, beri perhatian juga dengan bulu tangkis cabang olahraga yang selalu jadi andalan kita biar bisa lebih maju lagi
Kadang2 gue bingung sama masalah fifa dan pssi ini. Memangnya pssi itu ibaratnya seperti kedutaan besar ya? Jadi sampe negara pun ga boleh ikut campur masalah pssi. Padahal pssi kan pake lahan di negara kita. Pemain juga orang indonesia. Uang pake uang negara kita. Trus negara kita ga boleh ikut campur? Ada yang bisa kasih penjelasan ga? emoticon-Bingung
Quote:


nice koment vroh emoticon-Angkat Beer

sebener nya,tugas menpora adalah memperhatikan cabang olahraga.
tapi karena kasus bola (pssi) ini dinilai lebih besar..makanya menpora memberikan perhatian khusus deh..
apalagi,cuman ni cabor aja yang kaga menunjuk kan prestasi yang memuaskan.
Quote:

wah kalau untuk yang ini,udah berat bahasa nya vroh..

gua nyimak aja deh,semoga ada yang bisa menjelaskan di marih..emoticon-linux2
gembok ya emoticon-Request

lanjut di walik ..emoticon-Ngacir
Quote:

bray
trit lo yg kemaren yg bahas sasrabirawa diapus momod lagi bray
gw sekarang dah cape maen kaskus bray
pengen pensi aja dah gw bray
trit lo kan menarik dan genius bray
masa sih diapus emoticon-Cape d...
yo bay
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di