alexa-tracking

Kegagalan usaha rata-rata 17 - 18 kali, Berapakali agan pernah gagal dalam bisnis?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55695406e05227740b8b456c/kegagalan-usaha-rata-rata-17---18-kali-berapakali-agan-pernah-gagal-dalam-bisnis
Kegagalan usaha rata-rata 17 - 18 kali, Berapakali agan pernah gagal dalam bisnis?
Ane pernah download audiobook tentang self motivation ( sori ane lupa siapa nama motivatornya, ane lg berusaha nyari lagi tu audiobook soalnya hilang ) emoticon-Cape d...

Di dalam audiobook tersebut, di negeri barat sana pernah dibuat statitik rata-rata pengusaha yang sudah sukses itu mengalami kegagalan sebanyak 17-18 kali dalam berbisnis sebelum mereka benar-benar menemukan bidang yang sekarang ini mereka berhasil atau sukses.

Karena dalam proses kegagalan yang rata-rata 17 - 18 kali itu mereka banyak menemui banyak pelajaran. Mereka mendapatkan sesuatu yang sangat berharga yang tidak bisa diungkapkan, karena cuma mereka sendiri bisa merasakannya.

Kalau memang statistik ini dijadikan sebuah patokan, tentunya bagi sebagaian orang yang belum pernah dengar memang bikin “ngedrop” gan, jangankan sampai 17 kali, ane aja gagal 3 kali usaha kecil-kecilan aja sakitnya tuh disini … ada ane 1 kegagalan yang pulihnya cukup lama. Sampai terpaksa ane mesti kerja lagi untuk survive. Maklum "pelurunya" lagi habis malah harus nyicil hutang lagi. emoticon-Malu (S) Ane move on nya lama banget. Masih trauma untuk mencoba lagi di bidang baru, ibaratnya masi “malu-malu” gan untuk sementara ini.


Jadi pertanyaanya gini :

- Agan setuju gak kalo rata-rata kegagalan segitu?
- Berapa kali agan pernah gagal? dan apa tipsnya buat ane dan agan2 lain biar bisa "bangkit dari kubur"? emoticon-Hammer2

Ditunggu sharingnya. Thanks
Ane udah gagal kurang lebih 6x deh gan, berarti 10x lagi ya gan.. emoticon-Mewek

1. ane usaha kerajinan tangan manik2
2. usaha warung es, modal lumayan waktu itu gan,
3. lanjut usaha cetak foto pake modal yang kesisa, masih sepi juga emoticon-Mewek
4. Dengan sisa modal yang tinggal ratusan ribu (th 2009) ane akhirnya jualan kue keliling, nitip2 d toko2, d kampus, nebel2in muka gan.
5. D sambi jualan, Ane juga nyoba bikin desain2 sablonan buat kaos, Ane coba sablonin k tukang sablon, cari yang termurah, hasilnya malah ga sesuai yang ane mau. Ancur gan. Akhirnya kaosnya ga jadi d jual ol, Ane bagi2in aja.

Ane kehabisan modal, Ane ke jakarta gan. Kerja. Waktu itu yang penting ane kerja dulu buat menyambung hidup gan. Ane kerja jadi pramuniaga (th. 2010 ane dapet gaji 500.000) cma cukup buat ngontrak n makan aja gan.

6. Akhirnya ane mutusin buat coba jual beli hape, beli d jatinegara yg murah2, d jual d kaskus, Alhamdulillah bisa ngidupin ane ampe bbrapa bulan. Ampe ane kelilit utang, akhirnya ane kerja lagi. Ampe awal tahun kmrn baru ane bebas utang. Alhamdulillah.

7. Ane masih belum nyerah buat nyoba lagi. Tapi masih nabung buat modal dulu gan. Rencana usahanya juga belum ada ide nih gan..


Sekian curhatan ane..
Mohon doanya supaya bisa jadi pengusaha mandiri lagi..
Quote:Original Posted By kidungsenja
Ane udah gagal kurang lebih 6x deh gan, berarti 10x lagi ya gan.. emoticon-Mewek

1. ane usaha kerajinan tangan manik2
2. usaha warung es, modal lumayan waktu itu gan,
3. lanjut usaha cetak foto pake modal yang kesisa, masih sepi juga emoticon-Mewek
4. Dengan sisa modal yang tinggal ratusan ribu (th 2009) ane akhirnya jualan kue keliling, nitip2 d toko2, d kampus, nebel2in muka gan.
5. D sambi jualan, Ane juga nyoba bikin desain2 sablonan buat kaos, Ane coba sablonin k tukang sablon, cari yang termurah, hasilnya malah ga sesuai yang ane mau. Ancur gan. Akhirnya kaosnya ga jadi d jual ol, Ane bagi2in aja.

Ane kehabisan modal, Ane ke jakarta gan. Kerja. Waktu itu yang penting ane kerja dulu buat menyambung hidup gan. Ane kerja jadi pramuniaga (th. 2010 ane dapet gaji 500.000) cma cukup buat ngontrak n makan aja gan.

6. Akhirnya ane mutusin buat coba jual beli hape, beli d jatinegara yg murah2, d jual d kaskus, Alhamdulillah bisa ngidupin ane ampe bbrapa bulan. Ampe ane kelilit utang, akhirnya ane kerja lagi. Ampe awal tahun kmrn baru ane bebas utang. Alhamdulillah.

7. Ane masih belum nyerah buat nyoba lagi. Tapi masih nabung buat modal dulu gan. Rencana usahanya juga belum ada ide nih gan..


Sekian curhatan ane..
Mohon doanya supaya bisa jadi pengusaha mandiri lagi..


Wah luar biasa perjuangan agan, tetep semangat ya emoticon-I Love Indonesia

DOUBLE AMIIIN GAAAN!!!!! ane doain sampai yang ketujuh aja bisa sukses, gak perlu sampai ke 17 gan,
ane sendiri aja masih ragu tuh statistik relevan apa nggak. Menurut keyakinan ane, semakin cepet belajar dari pengalaman semakin cepet deh sampai keberhasilan. Karena pengalaman ane dulu pas dapet kegagalan kesulitan menganalisa penyebab apa sih bisa gagal udah keburu galau duluan alias boro-boro mikir. Ya kalo gak cepet belajarnya, ya mesti diulang-ulang lagi gan, mungkin statistik itu maksudnya untuk rata-rata orang baru bisa memahami. Dan mungkin aja mentalnya dipersiapkan terlebih dahulu sebelum dikasih usaha yang akan ditakdirkan utk agan.
Ane punya temen, dia baru lulus SMA terus 1 kelas sama ane di kampus daerah Bandung.

Ane bersyukur banget bisa masuk ke kampus ini dan 1 kelas sama mereka, karena hampir semua dari temen2 sekalas ane itu punya impian untuk menjadi pengusaha (jadi jarang yang udah lulus pengen kerja kantoran).

Nah temen ane yang baru lulus SMA barusan, bergaul sama ane kurang lebih 2 semester. Jadi kalo dihitung 1 tahun lah bergaul dengan dia. Kami bisa dibilang cukup intens berinteraksi, karena kami punya tempat tongkrongan di 1 rumah yang dimana rumah tsb adalah milik temen ane yang lain tapi tetep temen 1 kelas.

Di rumah itu ane ngobrol banyak, sharing banyak, belajar banyak dari temen2 ane 1 kelas tersebut. Tapi yang sering ngisi rumah itu cuma beberapa orang aja, termasuk ane dan temen ane yang baru lulus SMA barusan (sebut saja Budi).

Nah si Budi ini kalo cerita sama ane sering ngomongin soal kegagalan-kegagalan usaha yang pernah dia alami selama hidup. Memang dia baru lulus SMA tapi dia cerita kalo dia cukup banyak ngalamin yang namanya KEGAGALAN dalam berusaha.

Berjalannya waktu, ane agak rancu dengan pengalaman kegagalan nya itu. Kenapa ? Terkadang kalo dia lagi hang out sama temen2, kegagalan-kegagalan dalam berusaha nya itu malah terkesan menjadi sebuah kesombongan yang diceritakan sama banyak orang, termasuk ane. Dan anehnya, dia ngerasa kalo dia semakin banyak gagal dia semakin dekat dengan kesuksesan. Padahal nyatanya, tiap dia mulai suatu usaha terkesan asal2an dan ngga ada perencanaannya.

Nah, apa yang mau ane bagi disini.

Disini ane mau bilang, kegagalan yang agan TS bilang 17-18x itu ngga bisa jadi acuan kita untuk SUKSES. Mau 1000x gagal pun tapi kalo ngga belajar dari kegagalan tsb ya repot jadi nya.

Sama halnya kayak temen ane si Budi ini. Kalo ane ngobrol sama dia, dia selalu membuat keputusan2 yang menurut ane malah buat dia makin terpuruk dalam berusaha. Contohnya beli Gadget, Accesories Kantor, dsb.
Padahal dia udah punya 1 gadget yang mumpuni tapi pengen beli lagi karena dia bilang untuk usaha dia yang lain, jadi pengen beda gadget biar 1 gadget 1 usaha emoticon-Hammer (S) .
Trus beli accesories kantor padahal doi masih belum punya kantor (biar terkesan profesional).

Ahhh, pokoknya bingung gan arah tujuannya.

Nah kesimpulannya apa ??
Kalo kita gagal 1x tapi bisa belajar banyak dari kegagalan tersebut, menruut ane itu lebih efektif dibandingkan harus gagal 17x tapi ngga belajar sama sekali.

"Orang bijak adalah orang yang belajar dari pengelaman orang lain".

CMIIW

Disclaimer :
Ane ceritakan ini bukan maksud menceritakan aib si Budi, tapi hanya sebagai bahan pembelajaran kita semua disini. Karena sampai saat ini , kalo ane bisa bantu dia selalu ane bantu. Jadi tidak ada unsur dendam, benci, dengki, dan lain sebagainya. Pure hanya sebagai pembelajaran saja.
Quote:Original Posted By drag14

Nah, apa yang mau ane bagi disini.

Disini ane mau bilang, kegagalan yang agan TS bilang 17-18x itu ngga bisa jadi acuan kita untuk SUKSES. Mau 1000x gagal pun tapi kalo ngga belajar dari kegagalan tsb ya repot jadi nya.

Nah kesimpulannya apa ??
Kalo kita gagal 1x tapi bisa belajar banyak dari kegagalan tersebut, menruut ane itu lebih efektif dibandingkan harus gagal 17x tapi ngga belajar sama sekali.

"Orang bijak adalah orang yang belajar dari pengelaman orang lain".

CMIIW

Disclaimer :
Ane ceritakan ini bukan maksud menceritakan aib si Budi, tapi hanya sebagai bahan pembelajaran kita semua disini. Karena sampai saat ini , kalo ane bisa bantu dia selalu ane bantu. Jadi tidak ada unsur dendam, benci, dengki, dan lain sebagainya. Pure hanya sebagai pembelajaran saja.


terima kasih gan pendapat dan cerita pengalaman temannya .... emoticon-2 Jempol