alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
[size="4"]Pengangguran Meningkat sebab Ekonomi Melambat[/size]
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/556828c1d44f9f605a8b4568/sizequot4quotpengangguran-meningkat-sebab-ekonomi-melambat-size

Pengangguran Meningkat sebab Ekonomi Melambat

Situasi dan Kondisi Negeri ini mau tak mau perlu disikapi lebih dalam lagi
Bukan untuk Menunjukkan Sakitnya dimana tapi lebih pada kepedulian kita bersama sebagai sesama anak Bangsa
Beberapa waktu yang lalu BPS Badan Peneliti Sosial merilis hasil temuannya dimana angka Penganggurn Meningkat
Ekonomi Indonesia yang Sakit karena Inflasi yang Jatuh pada titik yang mengkuatirkan
Sebagai pengangguran Ane merasakan beratnya hidup ditengah situasi yang sulit ini dan berharap ini segera berakhir
Ekonomi kita pada Triwulan pertama tahun 2015 hanya tumbuh 4,71% angka ini melambat dibanding periode sebelumnya pada tahun 2014
Yakni sebesar 5,14 % Ane sebagai Rakyat jelata sebenarnya nggga' ngerti dengan data dan angka² yang ditemukan lembaga milik negara tersebut
Yang Ane tàu cuman berapa angka yang bisa ane kantongin setelah sebulan bekerja
Kembali pada temuan BPS diketahui Indeks Tendensi Bisnis (ITB) bukan Sekolah bikin robot ntu ya gan :ngakàk
Hingga Triwulan pertama 2015 tercatat mencapai 96,30 saja
Itu artinya menurun dari angka yg didapat dari Triwulan 2014 dimana ITB pada angka 104,07
Nah..mulai masuk Point bahasan nih gan..
Tingkat Pengangguran Terbuka februari 2015 tercatat 5,81 atau naik jika dibandingin
Dengan posisi yang sama pada februari 2014 yang hanya 5,70 % saja.

Ini sekelumit rilis dari BPS yang ane bawa kesini sebagai bahan
Curahan hati disini gan!
Ane yang nganggur sejak tiga bulan lalu merasakan
Keadaan ini bikin galau merana,Ane lihatnya Pemerintah acuh pada soal lapangan kerja buat rakyatnya
Padahal dulu saat Kampanye janji² manis itu gampang keluarnya
Ane gak mau nulisin daftar masalah yg terjadi saat ini karena
Agan² sekalian pasti dah tau banyak
Ane cuma mau soal pengangguran ini diperhati'in
Karena dampaknya begitu mencekam Kalo yg udah berumah tangga bisa ketok palu perceraian gan!
Bayangin kalo apa² sekarang mahal sedang kerja udah ngga'
Sakitnya bukan hanya didada tapi juga dikepala bikin dan perut
Gara² nganggur rumah tangga bisa berantakan duh gan!
Menurut agan dan Aganwati gimana sebaiknya masalah ini biar dapat perhatian dari Pemerintah
Karena bahaya pengangguran itu bisa kemana²
Yang bikin gemes kog PNS malah dimanjain ya?
Mulai dari kenaikan gaji yang tinggi sampai kemudahan untuk membeli perumahan
Seperti dalam "Program Sejuta Rumah Rakyat"
Bukankah mestinya itu diperuntukkan bagi orang² yg kayak ane gini yg udah gak bekerja
.


JAKARTA - Naiknya tingkat pengangguran pada Februari 2015 menjadi salah satu indikator buruknya perekonomian Indonesia. Hal ini juga ditunjukkan dari melambatnya pertumbuhan ekonomi kuartal I-2015.

"Terjadi kenaikan pengangguran ini indikasi yang berbahaya bagi rakyat," kata pengamat ekonomi dari Mecode Studies, Augustinus Mangasa Sipahutar kepada Okezone di Jakarta, Kamis (7/5/2015).

BERITA REKOMENDASI

Pemerintah Siapkan Skema Perluasan Lapangan Kerja

Pengangguran Bertambah karena Lapangan Kerja Fluktuatif

Pemerintah Terlalu Remehkan Tingginya Pengangguran

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) telah merilis data kenaikan pengangguran sebesar 300 ribu jiwa pada Februari 2015 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Tercatat, jumlah pengangguran sebesar 7,45 juta orang.

Kenaikan pengangguran ini diakibatkan dari melambatnya pertumbuhan ekonomi kuartal I-2015 yang tumbuh hanya sebesar 4,71 persen. Jauh dari target pemerintah sebesar 5,7 persen pada tahun ini.

Mangasa menuturkan, tidak mudah mencapai pertumbuhan ekonomi sebesar itu. Sebab, dilihat dari kuartal pertama tahun ini sangat jauh dari harapan.

"Perbedaan satu persen ini luar biasa sekali. Harus menggelontorkan beberapa triliun," kata dia.

Untuk itu, pemerintah diminta segera berbenah dalam mewujudkan target pertumbuhan ekonomi. Salah satunya untuk tidak menyalahkan kondisi ekonomi global saat ini yang memang hampir mengalami pelemahan pada setiap negara.

"Kalau kita lihat nilai tukar kita yang hampir Rp13.000 itu kan indikasi bahwa uang kita tidak dilirik sama asing. Bursa juga kenapa merosot tajam dalam seminggu itu kan keanehan," jelas Mangasa.

Sekedar informasi, selama awal tahun 2015, nilai tukar Rupiah memang mengalami pelemahan mencapai level Rp13.000. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) juga anjlok dalam sepekan terakhir. (fsl)

(rhs)
Diubah oleh bung.frans
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
Ini bukan Soal Like or Dislike Pemerintah saat ini
Tapi mari bicara keadaan yg Sebenarnya

Cuman pengen naroh di sini emoticon-Ngacir
Mana dulu panasbung sama panastak? emoticon-Ngacir

[size="4"]Pengangguran Meningkat sebab Ekonomi Melambat[/size]
Diubah oleh .ventisca.
Ayo gan jadi wirausaha. Usaha kecil-kecilan yang penting halal. emoticon-Smilie
Quote:


emoticon-Bingung waduh gan!nambah sakitnya di ubun² klo gitu
Diubah oleh bung.frans

Perlu modal kan gan?

Quote:


Mau sih gan,tapi ane dibegal modalnya gan
emoticon-Takut (S) ngeri juga ya kalo nganggur
hrus surviving gan
kembangkan kreatifitas jangan cuma ngandelin gaji bulanan emoticon-Malu (S)
Quote:


Wah..jangan nyampe agan ngalamin deh
Mumet gan rasa cinta bisa pudar terus bubar emoticon-Ngakak (S)
Quote:


Lagi upayain gitu gan
Tapi keadaan sekarang ini sulit buat diajak kompromi
Quote:


Alhamdulillah ane udah jd pegawai tetap gan..mudah2an gak ada PHK2an emoticon-Berduka (S)
Quote:


harus semangat gan kyk ava ente tuh semangat emoticon-I Love Indonesia
Lapangan kerja makin sulit
Karna perusahaan² lagi ngirit
Kepedulian pd sesama makin dikit
Mana hutang ama setan kridit
Coba?gimana gak rumit


Janji pemerintah membuka lapangan kerja tak terbukti
Quote:


Agan musti bersyukur
Selamatlah agan dari bencana ekonomi ini
Udah nikah muda ama banyakin anak aje...biar besok 25th lagi makin rame dah tu pengangguran...
ane coba kasi komentar yg menurut ane ga ada apa apanya ini ilmunya. menurut ane pribadi aja ni gan. mojon maap kalo ada salah. tapi sekali lagi ini pendapat pribadi. melambatnya ekonomi kita selain faktor eksternal juga di sebabkan faktor internal gan. kalo masalah eksternal okelah kita semua sepakat negara manapun pasti ga bisa ngendaliin faktor eksternal. nah nyang jadi masalah kan internal kite gan.
salah satu sebabnya adalah efisiensi belanja pemerintah. secara pemerintah sekarang secara mendadak melakukan efisiensi, baik itu perjalanan dinas dipangkas, rapat dihotel tdk diperbolehkan. honorarium pns dipangkas sedemikian rupa. sehingga suatu keniscayaan ekonomi akan melambat. industri hotel ngos ngosan. ditambah lagi inflasi yg disebabkan harga bbm yang naik. wuiihhh. berat bro. datangnya bertubi tubi, disaat ekonomi melambat. inflasi naik itu seperti jatuh ketimpa buah duren gan. nah karena itu. menyebabkan para imvestor menarik investasinya. dikarenakan ekonomi indonesia yg fluktuatif. karena ekonomi seharusnya stabil bukan fluktuatif seperti sekarang. dikarenakan kebijakan2 yg serba mendadak. ekonomi harus bergerak pelan gan. bukan ujug2 kebijakan ini kebijakan itu. ini yg bikin ekonomi carut marut. investor pada takut ada kebijakan baru. trus belum lagi ntar kalo pemerintaj rencana bikin program sejuta rumah. disaat ekonomi lesu. rumahnya udah jadi. kredit di bank keluar. tapi pada macet kreditnya gara2 ekonomi lesu. jadinya bubble property. kaya kejadian krismon tahun 1998.
Quote:


emoticon-Shakehand2 agan bisa aja
Quote:


emoticon-Ngakak populasinya bkl meledak dahsyat bila terjadi gitu ya gan
Quote:


Pendapat agan boleh juga
Tapi ane juga minta maap balik gan
Justru menurut ane hal itu terbalik gan
Krn bidang industri manufaktur dan pertanian
Yg lebih menyerap tenaga kerja
Coba agan bayangin(gak usah tinggi²)
Dalam 5 tahun terakhir, sektor yang paling banyak menyerap tenaga kerja adalah industri manufaktur yang menyumbang tenaga kerja sebanyak 15,4 juta orang dan sektor pertanian mencapai 39,5 juta orang.
PNS sekarang justru jd beban APBN lo gan.
Quote:


sori lg ni gan kalo ane salah. kalo menurut ane, pendapat ente kalo PNS menjadi beban apbn mungkin bener kalo dilihat dari segi efisiensi. tapi kalo dilihat dari segi pertumbuhan ekonomi itu malah salah gan. semakin banyak pns berarti belanja negara semakin banyak. yang artinya ekonomi semakin menggeliat. logikanya misal ada 1000 pns. yang seharusnya ada 1000 orang yang beli hasil industri manufaktur di indonesia. nah kalo dilakukam efisiensi pns dikurangi jd 500 aja. berarti yg beli hasil manufaktur berkurang setengahnya. alhasil industri manufaktur harus phk 50 persen pegawainya. itu gambaran kasar aja gan.
nah maksud ane kalo segala kebijakan yg berpengaruh sama perkembangan ekonomi harus pelan2. ga bisa serba mendadak. karena yg ane bilang sebelumnya, ekonomi butuh situasi yg stabil. bukan fluktuatif. ane cuma bisa berharap semoga menjadi lebih baik cmiiwemoticon-Baby Boy
Diubah oleh cyprinidae
Serem juga lihat orang di PHK sebanyak itu emoticon-Takut (S)
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di