alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Cara menghitung harga BBM versi UU Vs Pemerintah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5566790212e257e7788b456c/cara-menghitung-harga-bbm-versi-uu-vs-pemerintah

Cara menghitung harga BBM versi UU Vs Pemerintah

Quote:


Quote:


Quote:



Quote:




Quote:

Diubah oleh: bayuarea
Urutan Terlama
Reserved
Waduh ribet bener gan. Yang penting ane maunya harga murah aja. emoticon-Hammer (S)
nyimak gann
panjang bener gan emoticon-Belo ane coba baca yang teliti dulu
pusing ane liatnya emoticon-Hammer2
pake bahan bakar dari stark industries aja
selisihnya lumayan juga yaa
solusinya gimana gan?
Quote:


gan, klo perhitungan harga BBM ngikut rumus diatas kan berarti dalam 1 barrel minyak mentah diolah seluruhnya menjadi 159 liter premium kan ya?

  • nah klo semua minyak mentah jadi premium, porsi pertamax, solar, avtur, minyak tanah, aspal, pelumas dan segala macam hasil olahan minyak bumi nggak ada dong...

  • klo pengolahannya dipisah antara minyak bumi 1, minyak bumi 2, dst... berarti harga semua produk hasil olahan minyak bumi punya harga dasar yang sama dong ya?

logikanya kok nggak masuk ya gan?
Intinya, mau jualan ko ke rakyatnya emoticon-Hammer2
wah baru tahu ane, coba dah nanti gw coba itung2 juga
Quote:


Betul gan..
Ane buat permisalan satu barel itu diolah seluruhnya jadi premium..
Quote:


kayaknya nggak mungkin deh proses pengolahan minyak bisa disetting 1 barrel minyak mentah seluruhnya dijadikan 1 barrel premium juga...

Quote:


ane cuma berusaha menjabarkan apa yang permen sampaikan, justru Sebenernya ane ngerasa perhitungan itu salah banget, karena :
- Harga dasar tidak bisa dipukul rata, karena hasil olahan beragam dan berbeda kualitas.

- Betul yang agan bilang, dalam 1 barel minyak mentah gak semua jadi bensin (premium,pertamax, pertamax plus, pertamina racing), Dalam faktanya rata - rata hanya 74 liter yang dapat diolah menjadi bensin sisanya jadi diesel, minyak tanah, petrokimiadll.CMIIW

- jika kita memasukan unsur perbandingan hasil olahan kedalam perhitungan untuk menentukan harga perliter, perhitungan bakalan lebih detil dan kemungkinan benar bisa lebih besar. Cuma ane gak punya sumbernya. sumber yang bisa menjelaskan hasil pengolahan 1 barel minyak mentah menjadi bensin berdasarkan varian dan perbandingan volumenya.

- Kalo misal buat perhitungan dengan hanya berfokus di pengolahan 74 liter itu saja juga tidak bisa, karena produk lainpun punya harga jual.

- Bahkan ada kemungkinan satu harga varian bisa tertutupi dengan harga varian lain sehingga bisa lebih murah.

Ane minta bantuan dari agan semua untuk membongkar hitung - hitungannya, agar semua lebih jelas.. emoticon-Smilie
rumus dan hasil akhir dg pemerintah kok dibandingin harganya beda ya, jd bingung
ngikut ja lah gak ngerti ane, sarjana perminyakan ngurusin gini juga gak ya?
Ninggalin jejak gan.
Lalu bgmna dg pertalite brpa RON? Dan skr biaya pengolahan sekitar 60% ?


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di