alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Memberi Sedekah pada Pengemis Di Jalanan... Baguskah ??
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55666e3798e31b75688b4586/memberi-sedekah-pada-pengemis-di-jalanan-baguskah

Memberi Sedekah pada Pengemis Di Jalanan... Baguskah ??

Bagi sobat sekalian yang hidup atau tinggal di kota-kota besar, menemukan banyak pengemis di jalanan tentu sudah manjadi pemandangan yang biasa. Dan mungkin juga sobat sekalian sudah sering menjadi donatur bagi para pengemis-pengemis tersebut. Tapi apakah memberikan sejumlah uang receh kepada para pengemis tersebut bisa dikatakan sebagai sedekah ??

Menurut saya, sedekah itu diberikan kepada orang yang benar-benar membutuhkan karena suatu alasan tertentu sehingga mereka tidak bisa memenuhi kebutuhan mereka sendiri. Orang yang seperti itulah yang berhak menerima sedekah (Menurut saya pribadi lho ya)
Sedangkan para pengemis yang tiap hari berkeliaran di pinggiran jalan nyaris di setiap sudut kota, apakah mereka adalah orang yang pantas menerima bantuan atau sedekah dari sobat sekalian ?? Sedangkan sobatt sekalian sama sekali tidak mengetahui bagaimana asal-usul mereka,darimana keberadaan mereka,bagaimana kondisi keuangan mereka. Bukan tidak mungkin mereka itu malah sebenarnya memiliki perekonomian yang jauh lebih bagus daripada sobat sekalian. Mungkin sobat masih tinggal di kos-kosan untuk mencarinafkah, tapi sebenarnya mereka malah setelah selesai mengemis, pulang dan tidur dirumah pribadi mereka yang bisa dikatakan mewah.

Mengapa seperti itu ??
Karena pekerjaan mengemis jauh lebih menguntungkan daripada bekerja sebagai seorang kuli maupun orang kantoran. Mereka hanya dengan bermodalkan pakaian yang lusuh, dan sedikit memasang muka melas dipinggiran jalan, untuk menarik perhatian dan rasa iba dari setiap orang yang melintas didepan mereka.
Bahkan, sampai ada yang tega menggunakan anak kecil (bayi) sebagai sarana tambahan untuk menarik rasa kasihan dari sobat sekalian seperti yang dibahas di Forum Bersosial.
Disitu dijelaskan bagaimana mereka mengeksploitasi anak-anak yang masih bayi demi mendapatkan penghasilan yang besar dari kegiatan mengemis.

Apakah membantu orang-orang yang seperti itu berarti kita memberikan sedekah kepada mereka ?? atau malah kita semakin menjerumuskan mereka dalam sifat malas mereka untuk mencari pekerjaan yang lebih baik ?? Mereka tega untuk melakukan hal tersebut karena menurut mereka, mengemis adalah cara termudah menghasilkan uang. Sehingga mereka tidak perlu bersusah payah bekerja untuk mendapatkan uang bagi kebutuhan hidup mereka.

Menurut saya pribadi, kita bisa tetap memberikan sedekah kita. Tapi bukan kepada orang-orang seperti yang dimaksudkan diatas. Kita bisa melihat orang-orang disekitar tempat kita tinggal. Mungkin tetangga kita, atau siapapun disekitar kita yang benar-benar membutuhkan sedekah kita tersebut. Apa salah nya jika kita membantu memberikan sedekah kepada mereka disekitar kita yang lebih membutuhkan??

Misalnya, ada tetangga kita yang jelas-jelas kita tau bahwa mereka tergolong tidak mampu, Dan mungkin saat tertentu mereka ada yang mengalami sakit sehingga tidak bisa bekerja. Bantulah mereka, sekecil apapun bantuan anda tentu akan menjadi sedekah yang sangat berharga bagi mereka.
Kalaupun sobat ingin memberikan sesuatu kepada pengemis, berikanlah makanan, atau mungkin sesuatu yang berguna bagi mereka asalkan jangan berupa uang.

Mengapa jangan berupa uang ??
Karena begini, kadang kita menemukan pengemis yang berkata, 'Kasihani kami pak, sehari belum makan' kalau kita memberikan uang, belum tentu uang tersebut dibelikan makanan (karena sebenarnya mereka sudah makan) berikanlah makanan, sehingga mereka bisa makan. Toh kalaupun mereka sudah makan, tentu saja makanan tersebut akan mereka berikan ke teman mereka yang lain yang benar-benar belum makan. hehehhee

Kalau kita kasihkan uang, uang tersebut bisa mereka gunakan untuk hal lain yang tentu saja kita tidak mengetahuinya. bukan tidak mungkin uang dari sobat sekalian tersebut ternyata digunakan untuk membayar cicilan mobil baru mereka...(bisa jadi kan??)



Sumber



Spoiler for Baca Juga Tread ane Lainnya:


Gimana Pendapat Agan-agan sekalian ???
Diubah oleh: vergio2
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 2
gw udah gak pernah ngasih duit lagi ke pengemis

Baru nyadar kalo teernyata KEDUAX.. bukan PERTAMAX.. hehehhe
Diubah oleh vergio2
mantapkan aja niatnya emg buat sedekah gak usah mikir macam2. kalopun memang disalah gunakan ya itu urusan mereka dgn sang pencipta emoticon-Big Grin
ane sih mendingan ngasih langsung ke mesjid atau badan sosial emoticon-Big Grin
lu tau ga bray pendapatan pengemis 1 hari bisa buat makan enak yg mahal 3x sehari
kita yg kerja ngos2an aja jarang2 bisa makan enak emoticon-Ngakak (S)
benar benar ngga bagus, nanti kalo kita kasih, dia malah ketagihan terus gan untuk ngemis, ane pun ngga pernah ngasih ke pengemis pinggir jalan gitu gan. mending ngasih ya ke panti sekalian gan
Bagus asal tepat sasaran.
menurut ane sih tergantung niatan kita gan, sebenernya kan tujuan dari sedekah atau berdana adalah untuk mengembangkan cinta kasih kita kepada orang lain, mengikis keserakahan dan kemelekatan kita terhadap uang, benda atau apapun, dan juga untuk mengikis kebencian kita (ga mungkin kan kita sedekah secara tulus sama orang yang kita benci), makanya kalo tujuannya itu ane kira sah2 aja.

kecuali untuk tujuan yang buruk, misalnya melecehkan, merendahkan, dll, nah itu yang ane ga sarankan
emoticon-2 Jempol
Quote:


Totally agree! berpikir positif aja. emoticon-Smilie
tergantung,
Kadang-kadang menurut ane ini bikin dilema banyak orang juga sih ya..... emoticon-Bingung (S)
ane juga udah ngga ngasih duit ke pengemis

ane pernah ke vietnam taun lalu, backpacking aja, waktu mendarat di bandaranya, masuk ke hotel, dan ke tempat wisata, ada brosur dari pemda setempat untuk tidak memberi kepada pengemis anak anak/anak muda karena hanya akan membuat mereka malas, kecuali pengemis renta, boleh
Quote:


Ke dua gan... ente udh kaga pertamax lagi gan...
---------------
dari pada ngasih ke pengemis di jalan, kalo ane sih lebih milih ngasihin langsung aja ke rumah panti asuhan atau ke badan amal yg jelas aja deh gan...
Quote:


Yupss.. bener banget gan.. mending ngasih langsung ke yang bener2 membutuhkan..
Quote:


Emang bener urusan mereka sama pencipta gan... tapi sekaligus kita mengajarkan kepada merekabuat bermalas-malasan...
Boleh juga sih gan, nice info gan emoticon-Ngakak
Quote:


Thanks Gan..
Ane kasih kepada yg betul2 membutuhkan gan, ga asal pengemis.
lihat2 orangnya juga sih gan kalo ane, pantas ga emoticon-Embarrassment
kalau mau nyumbang langsung ke tempatnya gan emoticon-I Love Indonesia (S)
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di