alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Entrepreneur Corner /
[HOT NEWS] 9 Langkah Bangun Bisnis Clothing Line [bisnis clothing? WAJIB masuk]
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55646a75c2cb172b068b456c/hot-news-9-langkah-bangun-bisnis-clothing-line-bisnis-clothing-wajib-masuk

[HOT NEWS] 9 Langkah Bangun Bisnis Clothing Line [bisnis clothing? WAJIB masuk]

Apa itu Clothing line?
Sering kali istilah Clothing Line disamakan dengan Distro. Padahal itu merupakan dua hal yang berbeda. Meskipun sama – sama sebagai pelaku bisnis dibidang penjualan pakaian, tapi tetap ada perbedaannya. Nah, kali ini kita akan menjelaskan soal apa itu Clothing line.
Quote:

Beda gak sih sama istilah Distro?
Quote:

Buat kalian yang pengen bikin clothing line,ini nih..
[HOT NEWS] 9 Langkah Bangun Bisnis Clothing Line [bisnis clothing? WAJIB masuk]

1.Pilih nama yang cocok buat brand
Quote:


2.Pilih segmentasi
Quote:


3. Pikirkan matang-matang tema/konsep yang sesuai dengan nama brand
Quote:


4. Desain produk yang sesuai dengan tema
Quote:


5. Cari vendor yang berkualitas
Quote:


6. Quality control produk
Quote:


7. Foto produk
Quote:


8. Tentukan harga jual
Quote:


9. Pasarkan produk sesuai segmentasi
Quote:


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
reserved
reserved
reserved
reserved
menurut ane jaman sekarang ane rasa desain bagus juga ga terlalu ngebantu, yang terpenting kayaknya kalo sekarang itu ya branding emoticon-Big Grin kalo namanya uda besar mau jualan pakean yang cuman nama brand doang langsung aku emoticon-Hammer
Quote:


Betul gan, branding kuat namun desain kurang diterima pasar juga penjualan seret gan. Memamng semuanya harus berkesinambungan
Mantab nih ilmunya . Sukses gan
gan klo mo cari bahan utk baju bayi premium.itu carinya dmana yg murah dan bagus?
kalo menurut agan, clothing line terbaik itu berdasarkan konsep itu sendiri atau jor-joran marketing? karena kalo liat situasi sekarang sih, lagi jamannya pada perang konsep
Quote:

thanks gan..syukur2 sukses bareng2 gan..

Quote:

pm inglorious industries gan..
[HOT NEWS] 9 Langkah Bangun Bisnis Clothing Line [bisnis clothing? WAJIB masuk]


Quote:

kalo menurut ane sih, buat clothing line baru mnding ngembangin konsep dulu sih gan, dari konsep mulai ngembangin desain yang sesuai pasar, sekalian produksi, amunisi banyak artikel pilihan, baru kita serang marketingnya..soalnya kalo menurut ane, jor-joran marketing tp produk kita blm maksimal dilihat dari kualitas dan kuantitas kan sama aja gan..blm lg klo marketing yang pake duit ga sedikit..kan sayang..mending dialihin dulu ke produksian..
tp kalo produksian udah mapan, brarti udah waktunya masuk ke marketing.. dan pastinya yang efektif dan ngena ke hati konsumen..
Diubah oleh frankztate
ilmu nihemoticon-Jempol
Enak enak gak rugi insomnia, kaloh hasilnya dapat ilmu baru wkwkwk
Entah kenapa ane selalu berpikiran kalau bisnis clothing di kota2 besar bakal lebih berkembang dibanding di kota kecil. Kenapa? Beda kualitas beda rasa, ane lebih berpikirnya di penjahit yang beda2 kualitasnya emoticon-Hammer (S)
Quote:

Quote:

yoi nih gan..ilmu baru..kalo agan mau terjun juga ke clothing line brarti seengganya udah ada gambaran soal step by stepnya..kalaupun belum pengen mainan clothing line, seenggaknya bisa laahh dianggep wawasan baru..itung2 klo ditanya temen ato sodara soal yang beginian bisa nyambung laahh emoticon-Toast

Quote:

kalo menurut ane nih gan.. kalo soal penjahit, mereka2 yang sekarang ngejahitnya di kota besar, sebenernya kebanyakan jg brangkat dari kota kecil. naahh tinggal yang ngebedain sekarang cuman pengalaman dan jam terbang yang akhirnya ngebikin para penjahit jd spesialis..entah di ngejahit kaos ato jaket, ato kemeja, ato yang lainnya. soalnya kalo dr beberapa kasus, penjahit yang spesialis di jahit jaket, itungannya bakal belajar lg buat ngejahit jaket ato kaos sekalipun, meskipun dasarnya sama yaitu ngejahit..hehehe..makanya ane udah sampein di atas, klo bisa nyari vendor konveksi yang tim jahitnya spesialis.
next, kita ngomongin pasar sih ini gan..bener agan bilang, klo di kota besar bakal lebih berkembang..soalnya itu balik lg ke tingkat konsumtif nya masyarakat kota tersebut. lebih2 kota besar. agan jg pasti tau sendiri kan gimana masyarakat kota. hehehe.. tp dimulai nyari pasar dari kota kecil jg ga nutup kemungkinan buat ngebikin brand agan jd gede..tetep semangat dah intinya emoticon-Toast
Quote:


wah dijawab panjang, makasih nih gan hehe. Iya juga ya, jadi bener2 mesti selektif untuk memilih vendor konveksi yang berkualitas.
Nah kalau ditanya kata agan vendor berkualitas mulai dari cutting bahan, sablon, border, jahitan, dan kerapian jahitan itu menilainya dari sisi mana gan? Anggaplah kita masih awam untuk masalah itu gan, solusinya bagaimana? Kan gawat tuh kalau sampe asal udah modal gede buat konveksi malah gak sesuai dengan permintaan pasar.

Bener gan, kota besar, dengan masyarat hedon nya yang semakin banyak ya emoticon-Big Grin Gak bakal ada habisnya setiap generasi, justru makin banyak. Artinya, dengan tingkat konsumtif ini, justru fashion dengan brand besar akan semakin maju ya gan.
Quote:


kalo menurut ane nih gan..anggep aja kita sama2 awam hehehe..jadi istilahnya kita sharing
klo cutting bahan itu kaitannya sama pola dan size chart yang dipake gan..jd klo bisa dipastiin, pastiin dulu size chart yang agan pengen..bisa aja kok, ke vendor gt bawa size chart sendiri. size chart itu dia yang dipake patokan buat pola baru khusus buat agan..
klo sablon, kaitannya sama settingan kalkir jg gan. kadang bisa berpengaruh sama kesutan sablonnya jg.. lanjutannya ya itu gan..dia nguasain sablon jenis apa aja?rubber doang?plastisol?discharge?dan lain2nya..kalo si vendor emg berani, dia bakal nunjukin hasil kerjanya mereka yang urusan2 sablon
klo bordir, menurut ane sih jelas dikerapian hasil akhirnya bordir itu sendiri..tulisan kebaca engga, cukup tebal engga itu bordirannya..
klo jahitan, simpelnya sih jahitan sesuai pola, lurus, atau melengkung. dan yang paling gampang diliat, jahitan mengkerut engga..
di vendor pun pasti jelas banyak hasil kerja mereka. agan bisa liat kerapian jahitan dari sampel..
jadi intinya mah kalo soal cutting dan jahitan, agan bisa coba langsung pake sampel si vendor, cocok dipake, engga ya ditambahin revisian gt hehehe..kalo soal sablon, ngeliat hasil kerja si vendor, trus dipasin deh ama desain agan..
moga ga bingung ya gan ama yang ane tulis ini..hehehe

enak juga sih gan, mulai ambil pasar gede..mau brand baru sekalipun, desainnya cocok pasti bakal ngalahin brand yang udah lama..
Quote:


Hehe makasih gan, dikit2 ngerti lah ... Dijawab panjang lagi, cek kulkas yak emoticon-Big Grin
Oh ya satu lagi gan, desain border, jahitan dll itu tiap brand berbeda-beda kan gan? Sebenarnya apa sih yang membedakan antara konsep satu dengan konsep lainnya (brand lain)? Apakah hanya menang dari segi desain? Maksud ane kan masyarakat juga ga terlalu pentingin tuh hal2 detail, palingan cutting, bordir sama jahitan simple yang sesuai dengan permintaan pasar aja gan. Maaf kalau gak ngeh gan emoticon-Hammer (S)
Quote:


hahahaha selagi bisa ngejawab mah ane bakal jawab sebisa ane gan..namanya jg sharing kan..
kalo jahitan, standar distro kebanyakan hampir sama gan. paling ada beberapa yang udah pake variasi jahitan..yang ane maksud konsep itu konsep desain ato tema desain. desain mah jelas bgt berpengaruh gan..lanjutannya, tinggal pemilihan jenis sablon yang cocok buat desain agan. kan ada tuh, buat desain xxx cocoknya pake rubber/SW, desain xyz cocok pake yang discharge, dan bla bla bla. nahh itu dia yang bakal dipentingin sama konsumen. diliat dari penampakannya. kalo cutting dan jahitan pengaruhnya sama enak ato ga enaknya produk itu dipake..(lingkar leher, lengan, lebar badan, panjang badan).
maap nih kalo ane ngejelasinnya masih kurang gan hehehe
mantap nih threadnya, ane lagi bikin konsep buat bikin clothing line gan. Boleh PM lokasi agan, dan harga modal bahan,dll gak gan? thankyou.
Quote:


Oh gitu ya, makasih gan udah mulai paham nih emoticon-Malu
Oh ya, kalau untuk border sendiri apa kita harus mempertahankan suatu bordir atau boleh berbeda-beda (dari desainnya) ketika mengambil clothing yang berbeda jenis tapi brand yang sama gan? Misal kata agan bordir rubber/sw, discharge, dll. Maaf kalau udah larinya hampir ke marketing (brand) gan emoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di