alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/555d455f9e740403088b456f/tak-dihargai-peneliti-indonesia-pilih-kerja-di-luar-negeri
Tak dihargai, peneliti Indonesia pilih kerja di luar negeri
Merdeka.com - Indonesia merupakan negara yang kaya dengan sumber daya manusia. Namun masih banyak kelemahan yang terjadi di negeri ini, salah satunya adalah rendahnya daya saing Indonesia dari hasil riset yang rendah. Hal tersebut disebabkan rendahnya nilai anggaran dan jaminan bagi peneliti memperburuk kondisi ini.

Bila dibandingkan dengan negara-negara Asean lainnya seperti Malaysia dan Singapura, mereka mampu mengungguli Indonesia dari sisi riset.

"Saat ini anggaran riset kita hanya 0,08 persen dari Pendapatan Domestik Bruto. Jauh lebih rendah dari Israel yang secara geografis lebih kecil dari kita. Negara di gurun pasir itu anggaran risetnya 4,28 persen dari PDB,"

http://www.merdeka.com/peristiwa/tak-dihargai-peneliti-indonesia-pilih-kerja-di-luar-negeri.html

gimana agan2, ada yg calon peneliti disini?
Quote:Original Posted By p3ndusta
siplah mending kyk ane milih jepang bwt jd tempat riset emoticon-Ngakak disini sgala macem disediain, idup dijamin, fasilitas lab lengkap&aptodate, kritik,saran&keluhan bener2 ditangepin, nggk kyk disana, dana riset seucrit.. dikorupsi pula.. proposal terkatung2.. akhirnya gagal risetemoticon-Cape d... (S), ga ada orang waras yg mau kerja ga jelas seperti itu, buang2 waktu, tenaga, & ilmu emoticon-linux2

Quote:Original Posted By msbillionaire






Ya jelas aja males.... penelitian itu modalnya ga sedikit, dananya gede... temen ane dulu neliti tentang malaria bergei aja butuh 100jt an itu penelitian skripsi S1 nya dia... untung 50-50 karena ada sponsor dari perusahaan farmasi kenalan dosen dia... yah boleh dibilang itu tarafnya masih agak ga rumit2 amat... meskipun ga bisa dibilang sepele atau ecek2... apalagi neliti sesuatu yg jauh lebih rumit butuh alat2 canggih... pemerintah indo mana mau ngeluarin dana gede buat begituan... sementara negara sebelah mau sponsorin penuh buat penelitian... ya ga salah kl mereka ngacir....
Dikira kl penelitian itu ga butuh modal ya emoticon-Cape deeehh

Kecuali neliti sesuatu yang ga butuh alat ukur yang canggih, neliti yg ga butuh reagen, yg ga butuh materi bahan buat diuji, yang ga butuh hewan coba, yg ga butuh laboratorium sekalian... alias neliti cuma pake kelima indera ya itu gratis.... emoticon-No Hope

Quote:Original Posted By skylakerog.gtx
ane calonnya gan, kebetulan ane sekarang lagi kerja di perusahaan energi dan berminat buat lanjut riset di luar negri sambil jalan2

februari 2016 ane bakal lanjut sekolah ke korea selatan dengan dana riset dan kuliah didanai sampe PhD (S3) termasuk biaya makan, biaya tinggal, biaya kuliah, digaji pulak buat jalan2

bukan sombong, tapi dana pendidikan kita naik, dan tingkat korupsi di sektor pendidikan juga semakin tinggi

doain ane gan emoticon-Blue Guy Peace



Quote:Original Posted By guzt99
Yaa gitu deh gan, pengalaman sih saudara ane sendiri dia Lulus SMA dulu ikut program pemerintah buat riset & study di US pas jaman pak BJH selesai dia balik indo buat kerja kagak ada itu yg nerima dia akhirnya balik ke US lagi kerja disana nikah sama orang SG. Ada juga dosen ane yg jadi dosen di MSA yg di Indo ga dapet job walhasil balik kesana dan ngajar disana tiap bulan ke Indo jadi pembicara di Univ salah satunya yg nolak dia dulu emoticon-No Hope emoticon-No Hope

Quote:Original Posted By grisaia
sama kayak dosen ane gan
tim dosen saya kemaren juga neliti bahan bakar alami pengganti premium pake buah jarak

dosen ane curhat mulai dari awal pemerintah kita acuh tak acuh masalah penelitian beliau dan teamnya akhirnya karena mmng niat tulus dari beliau dan rekan2 team, dana penelitian di biayai sendiri patungan sama temen2nya, sebenernya ada investor dari Korea, Jepang sama Amerika cuma mereka milih bertahan biar hasilnya digunakan di Indonesia dan jadi milik Indonesia karena kalo menyetujui itu investor kata dosen ane hasilnya bakal jadi milik mereka, makanya beliau milih bertahan tanpa dana
kurang cinta apalagi tuh sama Indonesia emoticon-Berduka (S)

nah pas penelitiannya berhasil dan mmng lebih efisien belum lagi polusi yng dihasilkan bener2 minimal
akhirnya dosen ma team2nya ngajuin Surat Hak Cipta agar bisa dipatenkan dan nggak sembarangan orang bisa ambil tanpa persetujuan
di sinilah berengseknya pemerintah kita, surat pengajuan hak cipta diulur2 sampe mampus, dosen ane nunggu surat itu keluar sampe 1 tahun lebih, nah akhirnya setelah didesak2 datanglah orang dari lembaga hak cipta itu, bukannya dikasih mulus persetujuan malah orangnya datang minta hasil penelitian/uang. disinilah akhirnya dosen ane sama teamnya marah bahkan ada salah satu peneliti yng nangis kok bisa berjuang loh padahalbuat negara sendiri tapi malah gak diharagai

sampe sekarang penelitiannya udah dikembangin jadi lebih efisien lagi sama team yng berbeda
usut punya usut berhubung dosena ane punya adik ipar yng ada di jabatan yng bisa dibilang lumayan tinggi
ternyata riset dosen ane itu gak disetujui dan sengaja ditunda2 karena kalo disetujui mafia2 migas banyak yng gulung tikar

so that's it
pesan moralnya elu kalo pinter langsung cabut keluar negeri jangan di Indo
udah banyak kejadian mulai dari mobil listriknya RIcky Elson sampe dosen ane
bukannya gak cinta tapi masih ada cara lain untuk mengharumkan nama bangsa di mata dunia kan


Peneliti kita mata duitan emoticon-Smilie
Di sekolahin negara , maunya gaji tinggi emoticon-Smilie
disamping gaji...anggaran buat penelitian miris gan...
gak heran mreka kabur, logis sih emoticon-Cape d... (S)
salah lagi aja Indonesia
Quote:Original Posted By krnwn_indigo
Peneliti kita mata duitan emoticon-Smilie
Di sekolahin negara , maunya gaji tinggi emoticon-Smilie


mata duitan? widih gak semua kali , emang gak dihargai kok
Quote:Original Posted By minyak.bulus
gak heran mreka kabur, logis sih emoticon-Cape d... (S)


Quote:Original Posted By krnwn_indigo
Peneliti kita mata duitan emoticon-Smilie
Di sekolahin negara , maunya gaji tinggi emoticon-Smilie


Bener nih.
Quote:Original Posted By rumahkanaka3


mata duitan? widih gak semua kali , emang gak dihargai kok


Kalau mau di hargai dan digaji tinggi tuh jadi CEO, pegawai pajak , dan pegawai bank
Quote:Original Posted By krnwn_indigo
Peneliti kita mata duitan emoticon-Smilie
Di sekolahin negara , maunya gaji tinggi emoticon-Smilie


ente mengalami gejala distosi kognitif gan
hohoho mata duitan? ga liat tu penelitian dananya cuman 0,08%...
diluar di tawari 50 jutaan... sp jg yg tak tergiur
MIKIR
Quote:Original Posted By furyghana
hohoho mata duitan? ga liat tu penelitian dananya cuman 0,08%...
diluar di tawari 50 jutaan... sp jg yg tak tergiur
MIKIR


emoticon-Big Grin lha iya makannya pada kabur,
bukan cuma duit tapi juga masalah kepuasan batin,teknologi di luar lebih maju ampe prof khoirul anwar aja betah di jepang , yg rintis 4g
Quote:Original Posted By rumahkanaka3
Merdeka.com - Indonesia merupakan negara yang kaya dengan sumber daya manusia. Namun masih banyak kelemahan yang terjadi di negeri ini, salah satunya adalah rendahnya daya saing Indonesia dari hasil riset yang rendah. Hal tersebut disebabkan rendahnya nilai anggaran dan jaminan bagi peneliti memperburuk kondisi ini.

Bila dibandingkan dengan negara-negara Asean lainnya seperti Malaysia dan Singapura, mereka mampu mengungguli Indonesia dari sisi riset.

"Saat ini anggaran riset kita hanya 0,08 persen dari Pendapatan Domestik Bruto. Jauh lebih rendah dari Israel yang secara geografis lebih kecil dari kita. Negara di gurun pasir itu anggaran risetnya 4,28 persen dari PDB,"

http://www.merdeka.com/peristiwa/tak...ar-negeri.html

gimana agan2, ada yg calon peneliti disini?


Hidup itu pilihan, biar aja gan kalo dia maunya seperti itu, yang penting tetap punya karya, namun sedihnya adalah kita kehilangan ilmuwan Indonesia lagi dan lagi. Innalilahi emoticon-Berduka (S)
disini lebih suka yg simpel alias yg langsung jadi kan sekalian mempertebal kantong, you know lha what i mean emoticon-No Hope
Quote:Original Posted By krnwn_indigo
Peneliti kita mata duitan emoticon-Smilie
Di sekolahin negara , maunya gaji tinggi emoticon-Smilie


Para ilmuwan indonesia bukan mata duitan bro tapi lebih ke biaya buat riset & penelitian yg sangat minim, gimana klo project nya butuh biaya besar tpi g ada yg suport dana, y mw g mau harus cari modal sendiri, dan beberapa ilmuwan indonesia banyak yg didukung & dibiayai oleh asing, tapi juga ada konsekuensinya hasil penelitian mau g mau diakui oleh asing, banyak kok hasil penelitian ilmuwan indonesia yg berhasil di luar sana
Coba aja search google. cmiiw 😀
agreed sama TS
temen gw ada yg pgn jadi peneliti...kata dia jg dukungan pemerinta tu kurang...jd dia kyk ngajuin proposal gitu sm perusahaan asing..dan itu banyak yg mau bantuin...miris ga cb?
skrg banyak yg koar koar anti asing..tp kenyataannya pas bangsa sendiri butuh g dibantu...emoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By werbenmanjensen
agreed sama TS
temen gw ada yg pgn jadi peneliti...kata dia jg dukungan pemerinta tu kurang...jd dia kyk ngajuin proposal gitu sm perusahaan asing..dan itu banyak yg mau bantuin...miris ga cb?
skrg banyak yg koar koar anti asing..tp kenyataannya pas bangsa sendiri butuh g dibantu...emoticon-Berduka (S)


yg sabar gan kok emotnya sedih,
Quote:Original Posted By dedyefendi


Para ilmuwan indonesia bukan mata duitan bro tapi lebih ke biaya buat riset & penelitian yg sangat minim, gimana klo project nya butuh biaya besar tpi g ada yg suport dana, y mw g mau harus cari modal sendiri, dan beberapa ilmuwan indonesia banyak yg didukung & dibiayai oleh asing, tapi juga ada konsekuensinya hasil penelitian mau g mau diakui oleh asing, banyak kok hasil penelitian ilmuwan indonesia yg berhasil di luar sana
Coba aja search google. cmiiw 😀

setuju lah
Indonesia mah pengen hasilnya aja emoticon-Smilie
Suruh negara lain yang riset pas jadi baru kita beli emoticon-Frown
Alhasil import makin banyak emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By rumahkanaka3


ente mengalami gejala distosi kognitif gan


Sampe penasaran ane gan emoticon-Ngakak (S)

http://id.wikipedia.org/wiki/Distorsi_kognitif
http://www.kaskus.co.id/thread/555d4...orsi-kognitif/