alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/555c9090c1cb17e1778b4568/fenomena-bunuh-diri-di-kalangan-mahasiswa-mengapa-solusinya
Sedih 
Fenomena BUnuh Diri di Kalangan Mahasiswa... Mengapa?? Solusinya??
Id
Quote: STOP SUICIDE!!! Bersama Kita BisaFenomena BUnuh Diri di Kalangan Mahasiswa... Mengapa?? Solusinya??

Fenomena BUnuh Diri di Kalangan Mahasiswa... Mengapa?? Solusinya??
Minggu 16 Mei 2015, masyarakat Kota Medan kembali dikejutkan oleh peristiwa bunuh diri yang dilakukan oleh seorang mahasiswa Fakultas Hukum USU bernama Elpiana Therecia Ambarita (21), seorang mahasiswi aktivis, pintar, cantik, dan sederhana. Pernah mengikuti program pertukaran pelajar dan ber-IPK diatas rata-rata bahkan pernah ber-IP 4.
Spoiler for Therecia:


Untuk yang KESEKIAN kalinya di tahun ini kami sebagai masyarakat Kota Medan "dipaksa" untuk mengelus dada atas peristiwa yang sama.emoticon-Mad (S)
Untuk yang KETIGA kalinya juga dalam 8 bulan terakhir, kami keluarga besar Universitas Sumatera Utara kembali berduka atas peristiwa yang sama, yakni Bunuh Diri. emoticon-Berduka (S)

Sebelumnya seorang mahasiswa Fakultas Teknik jurusan Teknik Kimia bernama Frendis Agustinus Panjaitan dan yang berikutnya Mario Sianipar. Ketiga peristiwa tersebut melengkapi 5 kasus bunuh diri di kalangan mahasiswa di Kota Medan dalam 8 (delapan) bulan terakhir.
Fenomena BUnuh Diri di Kalangan Mahasiswa... Mengapa?? Solusinya??

Quote:Muncul berbagai pertanyaan dan pernyataan yang negatif di masyarakat baik dalam interaksi sosial maupun sosial media yang membuat ane terusik. Apalagi ane adalah salah seorang Alumni Universitas Sumatera Utara pastinya masih peduli dengan kehidupan adik-adik junior yang masih sedang kuliah. Ane juga masih berdomisili di lingkungan mahasiswa juga tak jauh dari tempat kejadian. Kebanyakan pertanyaan adalah "Mengapa sih mesti bunuh diri??", Kok bisa sih mahasiswa berpikir pendek seperti itu?", Emangnya masalah ada yang gak bisa diselesaikan??", dan yang paling mengusik "Kok bisa bodoh gitu ya??".

Ane jawab secara spontan, "Mahasiswa itu tidak bodoh!!!".

Jadi???


Fenomena BUnuh Diri di Kalangan Mahasiswa... Mengapa?? Solusinya??

Agar paham mengenai fenomena bunuh diri kita terlebih dahulu kita harus paham mengenai apa bunuh diri itu sebenarnya dengan melakukan pendekatan keilmuan.

Pendekatan Sosiologi

Teori Bunuh Diri Emile Durkheim
Fenomena BUnuh Diri di Kalangan Mahasiswa... Mengapa?? Solusinya??

Emile Durkheim adalah seorang sosiolog asal Prancis yang melakukan penelitian secara mendalam mengenah bunuh diri. Emile Durkheim melakukan penelitian ke seluruh dunia mengenai fenomena bunuh diri hingga pada akhirnya menerbitkan sebuah buku berjudul "Suicide" yang menjadi pendekatan paling mendasar dalam penelitian mengenai fenomena bunuh diri. Secara tegas Emile Durkheim mengemukakan bahwa fenomena bunuh diri merupakan suatu kegagalan dari integrasi sosial seorang individu. Integrasi sosial merupakan ketidakmampuan seorang individu untuk menyatu secara sosial dengan individu lainnya dalam suatu masyarakat. Emile Durkheim mengemukakan ada 4 jenis bunuh diri, yakni :

Quote:Pertama
Bunuh diri Egoistic adalah suatu tindak bunuh diri yang dilakukan seseorang karena merasa kepentingannya sendiri lebih besar daripada kepentingan kesatuan sosialnya. Seseorang yang tidak mampu memenuhi peranan yang diharapkan (role expectation) di dalam role performance (perananan dalam kehidupan sehari-hari), maka orang tersebut akan frustasi dan melakukan bunuh diri.

Quote:Kedua
Bunuh diri Anomic, Bunuh diri yang terjadi ketika kekuatan regulasi masyarakat terganggu dimana terjadi ketidakjelasan norma-norma yang mengatur cara berpikir, bertindak dan merasa para anggota masyarakat, gangguan itu mungkin membuat individu merasa tidak puas karena lemahnya control terhadap nafsu mereka, yang akan bebas berkeliaran dalam ras yang tidak akan pernah puas terhadap kesenangan. Menurut Durkheim, suatu keadaan anomik dapat dilihat dari indikator ekonomi maupun domestik.

Quote:Ketiga
Bunuh diri Altruistic, Orang melakukan bunuh diri karena merasa dirinya sebagai beban dalam masyarakat. Contohnya adalah seorang istri yang melakukan bunuh diri yang telah ditinggal mati oleh suaminya.

Quote:Keempat
Bunuh diri Fatalisme adalah bunuh diri yang dilakukan karena rasa putus asa. Tidak ada lagi semangat untuk melanjutkan hidup, misalnya karena perbudakan.


Pendekatan Psikologi
Teori Psikodinamik Sigmund Freud
Fenomena BUnuh Diri di Kalangan Mahasiswa... Mengapa?? Solusinya??
Quote:Psikodinamik memandang tindakan bunuh diri yang dilakukan oleh seorang individu adalah merupakan masalah depresi klasik, dalam hal ini, seseorang yang mempunyai agresifitas yang tinggi dalam menyerang dirinya sendiri. Teori Psikodinamik menyatakan bahwa kehilangan kontrol ego individu, menjadi penyebab individu tersebut melakukan bunuh diri. Freud menyatakan jika depresi adalah kemarahan seseorang yang ditujukan kepada dirinya sendiri. Secara spesifik, ego yang terdapat pada seseorang yang berada pada kondisi seperti hal tersebut, dihadirkan kepada orang yang telah meninggalkannya. Kemarahan akan menjadi lebih besar jika orang yang depresi berharap untuk menghapus kesan atau sosok dari orang yang meninggalkannya. Penghapusan atau penghilangan kesan atau gambar tersebut dilakukan kepada dirinya sendiri dengan jalan bunuh diri.
Teori ini menyatakan jika bunuh diri merujuk pada suatu manifestasi kemarahan kepada orang lain. Teori psikodinamik menyepakati atau menghendaki orang-orang yang bunuh diri jangan mengekspresikan kemarahannya ke dalam catatan atau surat, karena mereka tidak akan bisa mengekspresikan emosi tersebut dan mengembalikan perasaan tersebut kepada diri mereka.

Fenomena BUnuh Diri di Kalangan Mahasiswa... Mengapa?? Solusinya??

Fenomena BUnuh Diri di Kalangan Mahasiswa... Mengapa?? Solusinya??
Quote:Dari Kedua Teori diatas apabila digabungkan dapat diambil kesimpulan bahwa seseorang dapat melakukan bunuh diri apabila mendapat tekanan atau pressure. Tekanan tersebut dapat berupa tekanan yang berasal dari dalam diri sendiri atau secara emosional dan atau dari lingkungan sosialnya sendiri.

Quote:Ane tidak mau berspekulasi mengenai alasan mengapa ketiga mahasiswa Universitas Sumatera Utara tersebut melakukan bunuh diri. Karena pemberitaan yang ada di media simpang siur dan tidak jelas. Ane hanya berani sedikit berdeduksi bahwa permasalahan mereka pastinya sangat berat dan tidak ada jalan keluar untuk menyelesaikannya selain bunuh diri. Salah satu fakta yang paling menggangu adalah mereka bertiga adalah orang Batak. Bukan bermaksud SARA karena ane juga merupakan orang Batak yang masih kental budaya Bataknya. Dalam mendidik anak-anaknya, orang tua suku Batak cenderung bersifat konservatif dan keras. Hal tersebut sesuai dengan karakter batak yang keras dan ambisius. Ketika muncul suatu permasalahan, yang terjadi adalah sang anak cenderung enggan untuk berkomunikasi dengan orangtuanya. Ditambah lagi apabila permasalahan tersebut menyangkut masa depan korban atau menjatuhkan prestise orang tua mereka.
Berikutnya, dengan prestasi yang telah mereka capai, mereka tentunya mendapat tempat tersendiri di lingkungan sosial mereka masing-masing. Tekanan sosial yang muncul dari ketidaksanggupan integrasi sosial sangatlah besar. Dengan demikian, mereka merasa tidak mendapat tempat lagi di masyarakat dikarenakan oleh gagalnya integrasi tersebut.
Berikutnya, mereka gagal dalam interaksi sosial. Mereka tidak memiliki tempat yang tepat untuk menerima saran atau masukan lingkungan sosial mereka. Misalnya teman, kolega, institusi, dll.

Perlu kita ketahui bahwa fenomena bunuh diri tidak selalu dilakukan secara spontan atau emosional tetapi dilakukan dengan sadar. Pelaku bunuh diri sebelumnya telah melakukan persiapan yang matang untuk melakukan bunuh diri. Bahkan dalam penelusuran kasus Therecia Ambarita, yang paling mengejutkan adalah di history browser handphone korban polisi menemukan artikel mengenai cara bunuh diri yang benar. (Harian Tribun Medan, 25 Mei 2015). emoticon-Berduka (S)


Fenomena BUnuh Diri di Kalangan Mahasiswa... Mengapa?? Solusinya??
Bagaimana Solusinya???
Quote:Semua orang pasti memiliki masalah dalam hidupnya. Semua manusia sebagai mahluk sosial tidak lepas dari lingkungan sosial yang bersifat dinamis dan dari regulasi sosial yang ada. Semua manusia juga diberikan Tuhan Yang Maha Esa hati dan pikiran sebagai seorang manusia. Semua manusia juga memiliki sisi emosional. Semua manusia juga memiliki kemampuan fisik untuk melakukan bunuh diri. Ane adalah manusia, agan dan aganwati sekalian juga manusia. Manusia adalah masuk sosial.


Fenomena BUnuh Diri di Kalangan Mahasiswa... Mengapa?? Solusinya??

Quote:Berbagilah dengan Teman. Bertemanlah dengan orang yang dapat memberikan masukan dan bertukar pikiran atau singkatnya teman curhat. Sangat Penting. Dengan demikian kita dapat berintegrasi secara sosial dengan baik. Dengan bertukar pikiran dengan teman terdekat, kita dapat menemukan solusi yang paling mungkin untuk mengatasi permasalahan yang ada.
Jadilah pendengar yang baik bagi teman anda. Apabila saat ini anda memiliki teman yang sedang mengalami krisis, jadilah pendengar yang baik ketika dibutuhkan dan berilah solusi atau masukan apabila diperlukan.

Fenomena BUnuh Diri di Kalangan Mahasiswa... Mengapa?? Solusinya??

Fenomena BUnuh Diri di Kalangan Mahasiswa... Mengapa?? Solusinya??
SEKIAN DAN TERIMA KASIH
SEMOGA BERMANFAAT
gile ampe gugling cara bunuh diri yang benar
udah niat banget tuh cewe emoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By suburisdead
gile ampe gugling cara bunuh diri yang benar
udah niat banget tuh cewe emoticon-Berduka (S)


Dengan sadar juga ganemoticon-Berduka (S)
you call this is war
i call is suicide emoticon-Kaskus Radio
Quote:Original Posted By manggor18
you call this is war
i call is suicide emoticon-Kaskus Radio


War for suicide gan!!!

Ya itulah susahnya penyelidikan kasus bunuh diri, karena pelaku engga bisa dimintai keterangan... emoticon-Berduka (S)
Hadeeehhh pendek banget fikiran tu orang,emoticon-Hammer (S)
orang cacat aja mau hidup, ini kok malah mau bunuh diri ???
Quote:Original Posted By pembelakaskus
orang cacat aja mau hidup, ini kok malah mau bunuh diri ???


Itu tergantung integrasi sosialnya gan,, Orang cacat terkadang lebih memiliki teman atau keluarga yang selalu mensupport. Sementara manusia normal terkadang tidak memiliki teman curhat ketika mengalami masa krisis.. Menurut ane gan, fenomena bunuh diri lebih dipengaruhi interaksi sosialnya dan kemampuan untuk berintegrasi secara sosial sehingga kemungkinan untuk mengalami penolakan sosial lebih rendah.. Menurut ane ya gan..
Fenomena BUnuh Diri di Kalangan Mahasiswa... Mengapa?? Solusinya??

ajegileee emoticon-Matabelo
ni berita datang dari masa depan yaaa..? emoticon-Matabelo
Baru-baru ini mahasiswa di kampus ane ada yang bunuh diri di mushola.
Memang pengaruh kejiwaan sih kayaknya
Quote:Original Posted By bgfandi


Itu tergantung integrasi sosialnya gan,, Orang cacat terkadang lebih memiliki teman atau keluarga yang selalu mensupport. Sementara manusia normal terkadang tidak memiliki teman curhat ketika mengalami masa krisis.. Menurut ane gan, fenomena bunuh diri lebih dipengaruhi interaksi sosialnya dan kemampuan untuk berintegrasi secara sosial sehingga kemungkinan untuk mengalami penolakan sosial lebih rendah.. Menurut ane ya gan..


iya gan, harusnya punya motivasi kuat untuk hidup dari dalam diri sendiri gan
dengan begitu ada masalah apapun bisa bangkit gan
Quote:Original Posted By bgfandi
Id


Fenomena BUnuh Diri di Kalangan Mahasiswa... Mengapa?? Solusinya??
Minggu 23 Mei 2015, masyarakat Kota Medan kembali dikejutkan oleh peristiwa bunuh diri yang dilakukan oleh seorang mahasiswa Fakultas Hukum USU bernama Elpiana Therecia Ambarita (21), seorang mahasiswi aktivis, pintar, cantik, dan sederhana. Pernah mengikuti program pertukaran pelajar dan ber-IPK diatas rata-rata bahkan pernah ber-IP 4.
Spoiler for Therecia:


Untuk yang KESEKIAN kalinya di tahun ini kami sebagai masyarakat Kota Medan "dipaksa" untuk mengelus dada atas peristiwa yang sama.emoticon-Mad (S)
Untuk yang KETIGA kalinya juga dalam 8 bulan terakhir, kami keluarga besar Universitas Sumatera Utara kembali berduka atas peristiwa yang sama, yakni Bunuh Diri. emoticon-Berduka (S)

Sebelumnya seorang mahasiswa Fakultas Teknik jurusan Teknik Kimia bernama Frendis Agustinus Panjaitan dan yang berikutnya Mario Sianipar. Ketiga peristiwa tersebut melengkapi 5 kasus bunuh diri di kalangan mahasiswa di Kota Medan dalam 8 (delapan) bulan terakhir.
Fenomena BUnuh Diri di Kalangan Mahasiswa... Mengapa?? Solusinya??



Fenomena BUnuh Diri di Kalangan Mahasiswa... Mengapa?? Solusinya??




jadi si Elpiana Therecia baru bunuh diri lusa depan ya brow ?
ini kan masih 21 Mei ?
jadi ente bisa prediksi masa depan ya brow ?
Quote:Original Posted By mantannapi
Baru-baru ini mahasiswa di kampus ane ada yang bunuh diri di mushola.
Memang pengaruh kejiwaan sih kayaknya


Ngeri juga
cerminan dari generasi instan bre
pengin keluar dari masalah pun dengan cara yang instan bre
iye padahal tuh cewek cakep dan mayan berpendidikan yah

masih aja nekat bunuh diri
Quote:Original Posted By manggor18
you call this is war
i call is suicide emoticon-Kaskus Radio


You say this suicide,

I call this is a war

BMTH - It never ends
Ane time traveler bro? Sadisemoticon-Matabelo

Gembok page one emoticon-Matabelo
jadi inget anak kampus ane dulu ada yang bunuh diri di kpsan, dan baru ketauan 3 hari kemudian kalo gak salah ... emoticon-Takut (S)
denger2 karena putus cinta gitu ... emoticon-Cape d... (S)

efek yang langsung terasa setelah doi bunuh diri tu kosan tempat doi bunuh diri langsung sepi malem itu jjuga dan sekarang kosannya tutup gara2 bangkrut gak ada yang mau sewa disana lagi ... emoticon-Hammer
Quote:Original Posted By ufoterbang
jadi inget anak kampus ane dulu ada yang bunuh diri di kpsan, dan baru ketauan 3 hari kemudian kalo gak salah ... emoticon-Takut (S)
denger2 karena putus cinta gitu ... emoticon-Cape d... (S)

efek yang langsung terasa setelah doi bunuh diri tu kosan tempat doi bunuh diri langsung sepi malem itu jjuga dan sekarang kosannya tutup gara2 bangkrut gak ada yang mau sewa disana lagi ... emoticon-Hammer
uny gan?

×