alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/555c53fc14088db72d8b4568/inilah-bakat-setyawan-relawan-yang-masuk-ke-kawah-gn-merapi
Inilah Bakat Setyawan, Relawan Yang Masuk ke Kawah Gn. Merapi
Di balik sukses besar, akan selalu diwarnai dengan cerita keberanian yang besar. Nah, dibalik sukses evakuasi Erri Yunanto, pendaki yang terjatuh ke kawah Merapi, ada enam pahlawan gagah berani yang bernyali besar masuk ke jurang kawah Merapi untuk memasangkan tali ke tubuh Erri agar bisa diangkat dari dasar jurang.

Enam orang tersebut adalah Bakat Setyawan alias Lahar, Endro Sambodo, Andry Suzanto, Muchsin, Rahmadiono dan Ridho. Nama pertama berasal dari relawan Barameru (Basecamp pendakian Merapi) Boyolali, sedangkan lima nama terakhir berasal dari Tim SAR DIY. Dari keenam orang itu, hanya dua orang yang benar-benar masuk hingga dasar kawah, sedangkan empat lainnya memberikan back-up diketinggian 50 meter dari dasar kawah.

Dua orang yang masuk hingga dasar itu adalah Bakat Setyawan alias Lahar dan Endro Sambodo. Bagi Bakat, masuk ke kawah Merapi bukan hal baru. Tahun 2014 lalu, dia juga melakukan hal serupa pada bulan Mei dan November 2014 lalu, dalam rangka pemetaan mitigasi bencana.

Bahkan Bakat, atau yang akrab disapa Lahar oleh kawan-kawan sesama relawan, pernah memperkirakan bahwa kejadian yang dialami Erri kali ini akan terjadi pada suatu saat.

Inilah Bakat Setyawan, Relawan Yang Masuk ke Kawah Gn. Merapi


"Harus menjadi perhatian bersama, tentang mentaati aturan. Rambu-rambu juga sudah dipasang. Sebenarnya sudah ada aturan untuk naik ke puncak mendekati kawah, dan disarankan hanya sampai Pasar Bubrah. Saya sendiri yang ikut memasang. Tapi memang sering diabaikan. Saya sudah memperkirakan hal seperti ini akan terjadi," ujar Bakat kepada wartawan di Posko Induk pencarian Erri Yunanto di Selo, Boyolali, Selasa (19/5/2015) petang.

Kerja keras sebagai relawan sudah dilakoni Bakat sejak bergabung di Relawan Barameru Boyolali sejak tahun 2008. Tak cuma membantu pendaki yang tersesat atau hilang, lelaki 29 tahun itu juga membantu warga ketika Merapi mengalami erupsi dari waktu ke waktu. Bahkan tak cuma di Merapi, Bakat juga beberapa kali datang ke lokasi bencana gunung meletus di daerah lain, untuk membantu warga yang menjadi korban.

"Saya beberapa kali ke Sinabung untuk membantu menyelamatkan warga dari amukan lahar panas di sana," ujar pemuda asal Desa Kembangkuning, Cepogo, Boyolali tersebut.

Lalu apa pendapat Bakat mengenai keberhasilan evakuasi Erri Yunanto?
Dengan tegas dia menjawab keberhasilan dalam mengevakuasi korban dari medan sangat sulit dalam kasus Erri Yunanto itu merupakan buah dari kerja
tim yang solid.
Menurutnya, banyak tim berbagai kesatuan dari daerah hingga pusat yang segera
datang lalu melakukan koordinasi sangat baik dan semua bekerja keras. Sejak awal memang telah diputuskan enam orang itulah yang diterjunkan ke dalam kawah.

Senin pagi pukul 10.00 WIB, enam orang tersebut mulai masuk ke dalam tebing kawah. Dipilih waktu itu adalah mempertimbangkan sinar matahari sudah tegak lurus dengan kawah agar CO2 di dalamnya terbakar oleh sinar matahari.
Masuk pukul 10.00 WIB, 90 menit, Bakat dan Endro baru sampai di dasar. Lalu bekerja cepat mengikat jenazah Erri dan selanjutnya ditempatkan diposisi
aman lalu dikunci. Setelah semua selesai, Bakat dan kawan-kawan baru naik lagi pukul 17.00 WIB, mereka baru sampai lagi di bibir kawah.

Jenazah diangkat Selasa pagi. "BPPT (Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian) semula memang merekomendasikan agar di dalam kawah tidak lebih dari pukul 15.00 WIB karena kandungan gas beracun akan meningkat, tapi kami harus mengambil resiko karena kami harus selesai dalam sekali kerja dan tidak turun untuk kedua kalinya. Namun lebih dari itu, relawan yang masuk ke dalam kawah tidak akan bisa berbuat banyak tanpa dipandu oleh tim yang bertugas di bibir kawah. Koordinasi yang luar biasa matang," ujarnya.


Inilah Bakat Setyawan, Relawan Yang Masuk ke Kawah Gn. Merapi


Inilah Bakat Setyawan, Relawan Yang Masuk ke Kawah Gn. Merapi


Atas keberanian itu, Badan SAR Nasional Jateng akan mengusulkan pemberian penghargaan kepada tim rescue yang berhasil mengevakuasi Erri Yunanto dari dalam kawah Merapi. Untuk mengevakuasi korban dari dalam kawah butuh keberanian dan tak sembarang orang berani karena sangat berisiko.
"Akan kami usulkan ke Basarnas. Ini kasus unik sekali dan langka. Baru kali ini evakuasi dari kawah berhasil. Untuk masuk ke dalam kawah merapi dibutuhkan keberanian dan beresiko tinggi. Selain ancaman temperatur yang bisa berubah sewaktu-waktu, gas beracun dan kondisi tebing bebatuan labil yang mudah longsor. Bahkan suhu di dalam kawah bisa mencapai 420 derajat celsius," ujar Agus Haryono, Kepala Kantor SAR Semarang, Basarnas Jateng.

"Keenamnya adalah Tim SAR lokal yang sudah mengetahui jalur-jalurnya dan karakteristik Merapi. Namun demikian yang berani masuk ke kawah gunung aktif adalah orang-orang yang berani dan memiliki dedikasi tinggi untuk kemanusiaan. Dia harus berjibaku dengan berbagai resiko tinggi. Tim SAR dengan kemampuan yang hebat pun akan mikir seribu kali jika diminta masuk ke kawah," lanjutnya.

Inilah Bakat Setyawan, Relawan Yang Masuk ke Kawah Gn. Merapi

Inilah Bakat Setyawan, Relawan Yang Masuk ke Kawah Gn. Merapi

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia

sumber : google & detik.com
wah mantap keberaniannya harus di apresiasi emoticon-Big Grin
semoga aja ga ada kejadian lagi ada pendaki kecemplung ke kawah emoticon-Turut Berduka
Wuihhh hebat ya emoticon-Matabelo
Pantes di sebut pahlawan emoticon-Big Grin
Salut banget sama mereka semua emoticon-Smilie emoticon-Smilie
bener"pahlawan neh..
brani masuk ke kawah..
panggilan nya aja lahar
emoticon-Matabelo






gw awal nya nyangka di kawah ntu dingin emoticon-Hammer (S)
ini yg namanya nolong gk pamrih
Semoga pemerintah setempat memperhatikan tim rescue dengan memberikan kehidupan yang layak...bukan cuma piagam dan tanda kehormatan....emoticon-I Love Indonesia
Salute !
Appreciate tim SAR
gile berani bener masuk ke kawah bre
nolongin orang sukarela ane salut bre
kalo kerjanya serius mantep ya
Salut buat Smua tim emoticon-I Love Indonesia (S) Intinya tugas kemanusiaan emoticon-I Love Indonesia (S)










#Saya bukan robot
beh mantap geng
saluto and respecto
Bekerja tanpa pamrih tanpa gajih, salut emoticon-2 Jempol
Slogannya ajib bener
berani banget gan emoticon-Matabelo
Agak ekstim yr bray
mana nya lahar itu nama asli atau julukan gan?wkwkw