alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/555c53fb138b4647108b4568/fakta-fakta-penting-seputar-rentenir-yang-bikin-ane-heran
Fakta-Fakta Penting Seputar Rentenir yang Bikin Ane Heran!!
Quote: emoticon-Selamat Selamat datang di thread Agus! emoticon-Selamat

Quote:Seringnya ane mendengar kisah pilu soal orang yang terjebak rentenir, menggelitik rasa penasaran ane, “Kok orang-orang itu gak mengadu aja ya ke polisi. Kan beres urusannya.” Tapi setelah diselidiki ternyata perkaranya ga semudah itu. Simak temuan ane:

Fakta-Fakta Penting Seputar Rentenir
Sumber: blog.duitpintar.com



1. Ternyataa….Praktik Rentenir Gak Melanggar Hukum. Heran Kan?
Fakta-Fakta Penting Seputar Rentenir yang Bikin Ane Heran!!

Spoiler for :


2. Rentenir Sekarang Canggih Jurusnya. Kayak Apa Tuh?
Spoiler for :


3. Malahan…Rentenir yang Bisa Menuntut Kalau Gagal Bayar. Lah Kok Bisa?

Fakta-Fakta Penting Seputar Rentenir yang Bikin Ane Heran!!
Bukan cuma agan gak bisa asal nuntut, salah-salah, agan lah yang dituntut
Spoiler for :


Sejauh ini kelihatannya nyeremin banget ya gan. Makanya kita mesti pintar menghindari lintah darat. Apalagi sekarang makin banyak kasus yang ngancem korbannya dengan tuduhan penggelapan. Maka yang jadi pertanyaan selanjutnya, adalah: kalau praktik rentenir itu legal dalam kasus apa kita bisa melapor rentenir ke polisi?

Kalau ada ancaman dan tindak kekerasan
Spoiler for Keterangannya:


Penting Diingat
Rentenir bisa mengancam untuk melapor balik ke polisi kalau peminjam gagal bayar. Hal ini dapat terjadi kalau si rentenir menyebut uang 'pinjaman' sebagai 'uang titipan' seperti yang disebutkan di poin 2.


Akhir Kata

Quote:Kalau sudah udah berurusan dengan hukum, seram juga ya. Apalagi kalau agan bukan seorang ahli hukum. Jadi...

Lebih baik jangan bermain api deh.

Minjam ke rentenir itu riskan bangettt...nget..nget... Pihak polisi atau pemerintah sulit memberi perlindungan. Beda kalau minjamnya sama bank, yang kalau ada apa-apa bisa lapor ke Bank Indonesia atau YLKI atau ke OJK, seperti yang telah di bahas di sini.

Semoga thread ane ini mencerahkan agan-agan sekalian.

Jangan lupa share ke bapak, ibu, teman-teman, dan tetangga. Lumayan tuh FB, Twitter dijadikan media untuk menyebarkan info berguna, ketimbang dipakai bergalau ria aja hehehe Di tunggu komennya...dan kalau boleh juga cendolnya hehe...


Aguss....OUT emoticon-Ngacir2
wah ane ga pernah urusan ama mereka gan

mending pake CC
dendanya murah amir 4500 doang emoticon-Hammer2
emang ngeri gan kalo minjem ke rentenir tapi syarat nya mudah dan ga pake lama...sorry ya ane bukan rentenir dan belum pernah minjem ke rentenir,ane tau karna di daerah ane,ibu ibu nya pada minjem duit ke rentenir emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By tokomapan
wah ane ga pernah urusan ama mereka gan

mending pake CC


Quote:Original Posted By klikbarcode.com
dendanya murah amir 4500 doang emoticon-Hammer2


Quote:Original Posted By MiyaviMYV
emang ngeri gan kalo minjem ke rentenir tapi syarat nya mudah dan ga pake lama...sorry ya ane bukan rentenir dan belum pernah minjem ke rentenir,ane tau karna di daerah ane,ibu ibu nya pada minjem duit ke rentenir emoticon-Cape d...


Ya memang kartu kredit/pinjaman dari lembaga resmi jauuuh..uuuhh... lebih mending. Karena kalo kenapa-kenapa ada hukum yang melindungi serta lembaga-lembaga seperti Bank Indonesai dan Otoritas Jasa Keuangan. Sudah begitu, perhitungan bunganya pun lebih jelas.

Tapi gak bisa dipungkirin sih kalo emang masih banyak kalangan yang kesulitan mengakses layanan keuangan dari lembaga resmi. Entah gara-gara pengetahuan yang masih kurang, atau kesulitan memenuhi syarat yang diminta.

Makanya bank bikin program kayak Agen Laku Pandai (orang-orang bisa bikin bank sendiri di rumah), dan lebih menggalakan kredit usaha rakyat dan ngasih pinjaman modal usaha (kayak Danamon Simpan Pinjap, BTPN Bebas, dll) yang lebih mudah didapat, untuk menyasar kalangan yang masih menganggap bank itu elitis.

Dengan begitu masyarakat juga pelan-pelan bisa terlepas dari jeratan rentenir....karena ya itu...biarpun jalurnya mudah, banyak kerugian yang bisa didapat, dan kalo terjadi apa-apa sulit cari perlindungan!

punya kenalan yg minjam duit ama rentenir, mereka stres karna ga bisa melunasi pinjaman awal... terbentur bunganya yg terus naik. emoticon-Cape d... (S)
mending g ush urusan sama yang begituan bray..
repot bray..

yo bay aaauuu
Quote:Original Posted By cahnjero74
punya kenalan yg minjam duit ama rentenir, mereka stres karna ga bisa melunasi pinjaman awal... terbentur bunganya yg terus naik. emoticon-Cape d... (S)


Ngeri ya gan emoticon-Takut (S) mentang-mentang orang kepepet butuh duit, rentenir jadi memanfaatkan. Menerapkan bunga tinggi seenak-enaknya...dan perhitungannya pun sering kali ga jelas. Sesuka mereka. Wong ga ada lembaga resmi yang mengawasi!

jangan sampe dah urusan sama rentenir emoticon-Takut (S)
makin merajalela praktek rentenir emoticon-Cape d... (S)
jelas riba nya gan
Jangan sampe dah ane punya urusan sama yg namanya rentenir gan...
ngeri ane mah urusan sama rentenir gan... emoticon-Takut (S)
Ngeri banget gan..
sama aja
bank,leasing y sama2 jualan duit / rentenir
wahh...amit² daaahh,
jgn sampe dech ane /pun kluarga bruruzan sama Lintah Darat tsb emoticon-Nohope
Minjam sama bank aja gan
emoticon-Ngakak
Namanya juga pinjam meminjam jadi suka-suka yg punya modal.

Sama kayak ane kasih pinjem uang 5000 ke temen ane yg lg butuh ongkos. Besok nya ane tagih. Sama aja , rentenir juga begitu namun skala modal nya lebih besar.

Tp karena bukan badan usaha jadi aturan main nya suka-suka yg punya modal.

Masalah nya orang kan pengen nya yg praktis aja , dan ga mikir sanggup bayar ato ngga. Disinilah butuh nya pendidikan untuk mengatur keuangan.
Klo di kampung ane mah rentenir yg minjem ama ane
Quote:Original Posted By MiyaviMYV
emang ngeri gan kalo minjem ke rentenir tapi syarat nya mudah dan ga pake lama...sorry ya ane bukan rentenir dan belum pernah minjem ke rentenir,ane tau karna di daerah ane,ibu ibu nya pada minjem duit ke rentenir emoticon-Cape d...


Sama di daerah ane juga banyak gan emoticon-Cape deeehh
Amit2 om jgn sampe berurusan sama itu2 orang emoticon-Marah