alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/555c4c6b12e2579c408b4568/apa-jadinya-jika-separuh-saja-nasabah-di-bank-menarik-uang-dalam-bentuk-cas
Apa jadinya jika separuh saja nasabah di Bank menarik uang dalam bentuk cas???
Jika sampe kejadian separuh nasabah narik uangnya dibank dalam bentuk cas, bisa dipastikan akan terjadi liquidasi, alias banknya krisis uang tunai.
mengapa ini bisa terjadi, kerena perbankan semua menerapkan yg namanya Fractiona reserve system,yg artinya dapat meminjamkan uang jauh lebih besar dari pada modal bank + dana yg dia himpun dari masyarakat. nah kalo udah begitu....emoticon-Takut (S) banknya diliquidasi ujung-ujungnya pemerintah yg bailout, ato nalangin.
pemerintah duit darimana untuk nalangin????emoticon-Bingung (S) yups... dari pajak baru yg diterapkan dimasyarakat. ujung2nya yg susah masyarakat...
untuk apa lembaga seperti ini dipeliharaemoticon-Mad (S) dihari-hari baik mereka membayar pajak tidak lebih dari apapun dari usaha lain, tetapi dihari buruk alias krisis uang tunai... pemerintahlah yg menanggung, tapi bukan uang pemerintah tetapi menarik pajak lebih besar lagi dari masyarakat.
Apa jadinya jika separuh saja nasabah di Bank menarik uang dalam bentuk cas???
coba ajaa gan.
punya duit 100M diambil lngsung.
pusing dah tuh,kacab ampe ngemis2
busyeng... 100M 2bulan proses gan
kalo nasabah ngambil uang rame itu namanya di rush gan, dulu pernah terjadi kayaknya sama bank summa
klo udah kaya gitu hati2 copet dan jambret,,,,
Quote:Original Posted By kaskusberanak
busyeng... 100M 2bulan proses gan


weh keknya agan ini pengalaman nie.

duit 100 M kek apa bentuknya yaemoticon-Bingung (S)
tergantung banknya gan....krisis 98 diawali dari fluktuasi dollar sampe ke 18rbu...bank yang ga punya rasio kecukupan modal yang memadai udah pasti langsung kolaps...
hari gini masih nganggep bank sekadar tempat nyimpen duit, ckckck...

perhatiin fungsi intermediasi bank yang menyalurkan dana ke pelaku usaha. toh bank nggak cuma ngebrankasin uang, itu uang diputar sebagai kredit. mau ngilangin bank? ya pengusaha susah mengembangkan bisnis.

memang betul fractional reserve memungkinkan penciptaan uang melalui kredit melebihi modal bank, namun perhatiin juga gimana bank sentral menetapkan rasio kecukupan modal bank yang tidak boleh dilanggar. FYI, bank adalah industri yang paling ketat diregulasi, lebih dari bisnis apapun.

Sesudah krisis 1998 dan 2008, arsitektur perbankan dan keuangan di dunia dan Indonesia telah dirombak dengan mengedepankan prinsip pengelolaan risiko. memang betul tidak ada yang dapat menjamin krisis moneter tidak akan muncul lagi, namun toh ketamakan yang menjadi penyebab krisis dan bubble adalah sifat dasar manusia yang tidak hanya dimiliki oleh para bankir.

untuk bailout bank, kita udah punya lembaga penjamin simpanan, yang selain penyertaan modal awal pemerintah, dananya dikutip sepersekianpuluh persen dari aset industri perbankan. jadi sebetulnya ketika LPS membailout bank gagal, udah bukan lagi pake uang pemerintah.. sejatinya bailout adalah melindungi masyarakat juga, karena pada akhirnya dana bailout adalah untuk membayar kembali sejumlah dana nasabah.
Oh dirush toh... kayaknya ane pernah denger, tapi itu merek mobil apa..... gitu...
Quote:Original Posted By alialyazid


weh keknya agan ini pengalaman nie.

duit 100 M kek apa bentuknya yaemoticon-Bingung (S)


mw liat??maen2 kerumah dehhh emoticon-Ngakak
wah...pasti bakal terjadi kekacauan di negeri tercinta kita ini gan,
dan pastinya uang fisik kebanyakan beredar di masyarakat
Quote:Original Posted By kaskusberanak
Oh dirush toh... kayaknya ane pernah denger, tapi itu merek mobil apa..... gitu...


Temen T*ri*s yah gan emoticon-Hammer (S)







#Saya bukan robot
Asli gan sumpah ane gagal paham emoticon-Hammer2
Penyebab krisis itu memang banyak faktor, tapi salah satu diantaranya adalah bank sentral memanipulasi uang beredar disatu hari memudahkan pinjaman, dan disatu hari mempersulit pinjaman, yg jadi masalah bank tidak pernah menciptakan dan mengedarkan bunga pinjaman. sampai habispun uang dimasyarakat ditarik untuk membayar utang, bunganya takan pernah terbayar. ini masalahnya... sementara rasio kecukupan modal bank dimanfaatkan bank untuk menciptakan kredit tanpa modal. apapun bentuknya bank system perbankan saat ini itu bagai vampire yg menghisap mangsanya yg terjebak bunga majemuk.
ntar bleh ane masih bingung emoticon-Bingung (S)
ane baca lagi pelan2 kek berat banget ni trit bleh emoticon-Amazed
Quote:Original Posted By kaskusberanak
Penyebab krisis itu memang banyak faktor, tapi salah satu diantaranya adalah bank sentral memanipulasi uang beredar disatu hari memudahkan pinjaman, dan disatu hari mempersulit pinjaman, yg jadi masalah bank tidak pernah menciptakan dan mengedarkan bunga pinjaman. sampai habispun uang dimasyarakat ditarik untuk membayar utang, bunganya takan pernah terbayar. ini masalahnya... sementara rasio kecukupan modal bank dimanfaatkan bank untuk menciptakan kredit tanpa modal. apapun bentuknya bank system perbankan saat ini itu bagai vampire yg menghisap mangsanya yg terjebak bunga majemuk.


jadi tanpa bank tidak ada vampir-vampir lain? salah. justru tanpa bank lintah darat dan gadai swasta yang lebih sadis bakal lebih menjerat lagi. kalau anda baca buku "The Ascent of Money", penyebab begitu banyak orang miskin kena lintah darat adalah mereka tidak mendapat akses dari sistem keuangan. betul bahwa suku bunga perbankan di Indonesia masih tinggi, namun bagaimana jika dibandingkan dengan rentenir?

bank sentral mengubah suku bunga dasar sebagai umpan balik atas kondisi ekonomi. jika ekonomi berkembang terlalu kencang, ada risiko overheating yang ditandai dengan inflasi tinggi. maka bank sentral menaikkan suku bunga sebagai rem. jika ekonomi lesu, bank sentral menurunkan suku bunga sebagai pedal gas. apa yang anda sebut manipulasi tak lain adalah upaya untuk menjaga pertumbuhan ekonomi (dan inflasi) secara berkesinambungan dan konsisten.

kalau anda lihat laporan keuangan bank dan membandingkannya dengan perbankan di seluruh dunia, modal industri perbankan di Indonesia jauh lebih kuat dibandingkan negara-negara lain, bahkan negara maju sekalipun. Dengan kata lain, leverage atau "kredit tanpa modal" yang anda tuduhkan sebenarnya sih masih rendah jika dibandingkan dengan negara lain.

100k aja ngambilnya 3hari sekali emoticon-Ngakak
banyak gan
njirr ntuh picnya emoticon-Big Grin
indonesia akan perlu banyak mencetak uang lagi gan
yang penting komen emoticon-Traveller