alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/555c0d72925233473f8b4571/ada-apa-dengan-hari-kebangkitan-nasional
Ada Apa dengan Hari Kebangkitan Nasional?
Ada Apa dengan Hari Kebangkitan Nasional?

Ada Apa dengan Hari Kebangkitan Nasional?

[URL="http://www.kaskus.co.id/search?q=Ada%20Apa%20dengan%20Hari%20Kebangkitan%20Nasional?"]Cek Repost gansis ![/URL]

Quote:Ada Apa dengan Hari Kebangkitan Nasional?

Setiap tanggal 20 Mei, Indonesia selalu memperingati hari Kebangkitan Nasional. Tujuan peringatan ini adalah untuk terus memelihara dan menguatkan semangat nasionalisme kebangsaan kita dalam melaksanakan berbagai kegiatan yang bermanfaat untuk memajukan bangsa dan negara, tentunya harus sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945.

Hari kebangkitan Nasional dimaknai sebagai kebangkitan nasionalisme bangsa di masa lalu dalam rangka memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia untuk melawan berbagai bentuk penindasan/penjajahan negara lain.

Sebagai buktinya, sistem kolonialisme Belanda selama ratusan tahun di Indonesia sungguh merupakan pembodohan bangsa, tingkat kecerdasan mereka rendah, rakyat tidak sejahtera bahkan hak asasinya terenggut selama masa penjajahan.

Indonesia yang sengsara karena penjajahan Belanda dan Jepang membuat beberapa orang terpelajar di masa itu untuk berpartisipasi membuat gebrakan baru untuk memperjuangkan nasib bangsa. Seorang mahasiswa kedokteran STOVIA Dr. Wahidin Soedirohoesodo, tergugah untuk ikut berjuang dalam melawan penderitaan dan pembodohan yang dilakukan oleh penjajah. Dengan ide briliannya, akhirnya ia bersama bersama Dr. Sutomo dan para mahasiswa STOVIA seperti Goenawan Mangoenkoesoemo dan Soeraji sukses mendirikan Budi Utomo pada hari Minggu tanggal 20 Mei 1908.

“Budi” artinya perangai atau tabiat sedangkan “Utomo” berarti baik atau luhur. Oleh karenanya, tujuan didirikannya Budi Utomo adalah untuk mencapai sesuatu berdasarkan atas keluhuran budi, kebaikan perangai atau kemahirannya.

Douwes Dekker, seorang pejuang nasib bangsa juga ikut membangkitkan pemahaman tentang “tanah air Indonesia” telah berhasil mempersatukan masyarakat Jawa bahkan berkembang di daerah lain di Indonesia pada saat itu. Melalui organisasi politiknya ‘Indische Partij,’ ia semakin leluasa untuk mengikrarkan semangat persatuan bangsa. Tak heran jika aksi para pejuang di masa lalu ini menjadi tonggak kebangkitan kesadaran akan harkat dan derajat bangsa Indonesia.

Sejak itu, organisasi-organisasi politik Indonesia bermunculan untuk semakin mendorong perjuangan mencapai Indonesia merdeka. Kini, hari berdirinya Budi Utomo dijadikan sebagai Hari Kebangkitan Nasional di Indonesia.


Quote:
Bagaimana Cara Membangkitkan Indonesia di Masa Ini?

Dalam memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-107, adakah yang sudah kita persiapkan untuk semakin membangkitkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa? Kita semua tahu bahwa Indonesia dari hari ke hari telah mengalami perkembangan di berbagai bidang, baik itu pemerintahan, politik, ekonomi, wisata, sosial, fasilitas umum dan berbagai kemajuan lainnya.

Namun jika kita telaah lebih lanjut, pada kenyataannya Indonesia masih belum bangkit dari keterpurukan. Indonesia masih bersedih dan menangis hingga tahun 2015 ini. Pergantian pemerintahan sejak tanah air merdeka hingga saat ini ternyata masih banyak dianggap kurang maksimal dalam membenahi bangsa dalam hal kesejahteraan.

Dalam rangka membangkitkan semangat bangsa dan jajaran pemerintahan di hari kebangkitan Nasional tahun ini, kita harus bekerja sama untuk membangun bangsa. Jangan hanya mengandalkan para petinggi negara, masyarakat pun harus ikut berpartisipasi dalam meningkatkan derajat dan martabat bangsa. Apa saja yang bisa kita lakukan?

Quote:
1. Bangkitkan Pendidikan Indonesia..!!!

Realitas pendidikan di Indonesia saat ini dirasakan masyarakat masih jauh dari cita - cita pendidikan yang selama ini kita impikan. Mutu pendidikan di Indonesia harus ditingkatkan karena ini dimanfaatkan sebagai alat untuk membangun peradaban bangsa menjadi lebih mandiri dan kuat. Namun kenyataannya, kualitas pendidikan di Indonesia saat ini masih rendah dan berbagai pelengkap pendidikan juga belum difasilitasi sebagaimana mestinya.

Masalah pokok yang kini terjadi adalah kurangnya tenaga pendidik yang memadai di beberapa kota di Indonesia, contohnya di Jogja. Julukan kota pelajar ternyata tak luput pula dari kekurangan tenaga pengajar (guru) yang memadai di beberapa lembaga pendidikan di Jogja.

Selain itu, kualitas guru di Indonesia juga masih belum memenuhi syarat, karena baru sekitar 50% yang memenuhi pendidikan S1. Terlebih lagi infrastruktur pendidikan juga harus diperbaiki mengingat bahwa hingga saat ini banyak sekolah-sekolah di pelosok yang belum menerima bantuan pemerintah untuk membangun sekolahnya, baik untuk renovasi bangunan yang rusak, penyediaan fasilitas belajar-mengajar atau bantuan biaya untuk siswa kurang mampu.

Mahalnya biaya pendidikan juga menjadi PR pemerintah karena telah lama banyak siswa putus sekolah hanya karena kepentok biaya. Dan kasus yang terjadi setiap tahun adalah kecurangan yang terjadi secara sistematik antara siswa dan gurunya di berbagai sekolah saat ujian Nasional.


Ada Apa dengan Hari Kebangkitan Nasional?

Sekiranya Pemerintah dapat melihat fakta ini sebagai bahan analisis untuk mengembangkan kualitas pendidikan di Indonesia. Jadikan Indonesia sebagai negara pencetak banyak generasi yang berprestasi dan mampu membawa nama baik Indonesia. Dan untuk generasi muda, bangkitkan semangat nasionalisme dengan cara menuntut ilmu sebaiknya-baiknya untuk mencapai kehidupan sejahtera dan mandiri di masa depan. Teruskan perjuangan Dr. Wahidin Soedirohoesodo yang memperjuangkan nasib bangsa untuk melawan kebodohan dan penderitaan di masa lalu.


Quote:2. Bangkitkan Indonesia dari Kemiskinan..!!!

Masih tingginya tingkat kemiskinan di tanah air menyebabkan Indonesia sulit untuk menjadi negara maju. Sebenarnya pemerintah telah memiliki banyak program untuk menanggulangi kemiskinan, namun masih belum dapat dinikmati secara merata oleh seluruh masyarakat di berbagai daerah. Katakanlah 100% kemiskinan, hanya 10% saja yang dibenahi. Sisanya? Tentu masih menjadi problematika tahunan yang tak kunjung berakhir.

Dalam mencari solusi kemiskinan, pemerintah harus tahu betul bagaimana dan apa saja yang harus dipersiapkan agar pelaksanaan dapat dilakukan secara matang dan lancar. Seperti program-program terdahulu, pemerintah memberantas kemiskinan dengan cara menyalurkan bantuan sosial, misalnya beras ataupun program jaring pengaman sosial (JPS) untuk rakyat miskin. Upaya ini sebenarnya dirasakan manfaatnya hanya sementara, karena setelah bantuan habis dipakai, masyarakat akan butuh dan butuh lagi. Sebenarnya ini bukan lagi upaya pemberdayaan masyarakat, namun sekedar memberi bantuan yang hanya menimbulkan ketergantungan.


Ada Apa dengan Hari Kebangkitan Nasional?

Oleh karenanya, solusi bagi pemerintah adalah dengan memberikan bantuan yang dapat memberdayakan diri serta menumbuhkan potensi ekonomi masyarakat miskin, misalnya dengan pemberian pelatihan kewirausahaan, pemberian gerobak untuk berjualan, pemberian perlengkapan membuat roti sehingga mereka bisa jualan roti dsb. Ini adalah hal kecil yang justru bisa mengurangi pengangguran, membangkitkan semangat masyarakat untuk betul-betul mandiri dan keluar dari zona keterpurukan yang sejalan dengan prinsip Kebangkitan Nasional.


Quote:3. Bangkitkan Indonesia yang Sehat dan Bersih..!!!

Kerusakan lingkungan akhir-akhir ini sungguh menimbulkan banyak masalah, terutama masalah akibat pencemaran sungai karena limbah pabrik atau polusi udara karena asap kendaraan bermotor. Belum lagi masalah kesehatan lainnya yang menimpa masyarakat, seperti tingginya angka kematian ibu dan anak, meningkatnya angka penyakit menular, meningkatkan penderita penyakit seksualitas ataupun penyakit karena lingkungan kotor, seperti Demam Berdarah, Muntaber, Diare, Typus dll.

Masalah penyakit benar-benar harus diberantas secara kilat oleh pemerintah karena ini adalah kebutuhan utama masyarakat. Badan yang sehat akan membuat kita lebih leluasa dalam beraktivitas maupun mencari rezeki. Hal ini bisa dilakukan dengan tindakan nyata pemerintah, seperti program sungai bersih di kota-kota besar seperti Jakarta, program sosialisasi untuk para penerus bangsa agar menghindari Drugs dan Free Sex, perbanyak program cek kesehatan dan pemberian fasilitas obat gratis bagi yang miskin atau pembenahan beberapa tempat yang dianggap kurang layak dihuni.


Ada Apa dengan Hari Kebangkitan Nasional?

Untuk Masyarakat sendiri, diharapkan dapat membantu program pemerintah dengan membuang sampah pada tempatnya, usahakan lingkungan tempat tinggal selalu bersih dan bebas nyamuk, kelola sampah dengan baik, hindari obat-obatan terlarang, hindari seks bebas, lakukan cek kesehatan secara berkala agar dapat melakukan pengobatan secara dini jika ada penyakit yang bersarang di tubuh. Dengan memaksimalkan potensi yang ada, diharapkan semua ini dapat mewujudkan Indonesia dengan lingkungan yang sehat, bersih dan jiwa yang selalu bersemangat dalam rangka meneruskan semangat Kebangkitan Nasional di tahun ini.


Quote:4. Bangkitkan Pemerintahan Bebas Korupsi..!!!

Kasus korupsi di Indonesia makin merajalela dari waktu ke waktu. Mendambakan pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi mungkin masih menjadi khayalan untuk saat ini karena kuatnya sistem korupsi dari para pelakunya. Tindakan tak terpuji yang sering dilakukan oleh para pejabat negara ini tentu sangat merugikan negara dan rakyat. Oleh karenanya, para koruptor ini sangat tepat jika disebut sebagai penjajah karena mereka tega merampas hak rakyat.

Bukan hanya pemerintah, kita pun harus ikut andil dalam melawan korupsi, minimal mengindarkan diri dari tindakan ini walaupun ada kesempatan. Ingat, korupsi itu membuat ketagihan sehingga sekali nyebur kedalamnya, kita akan sulit untuk bangkit lagi melawannya. Kita harus menghindari korupsi dalam berbagai kondisi misalnya korupsi waktu saat kerja di kantor untuk melakukan pekerjaan pribadi, korupsi uang kuliah hanya untuk shopping atau foya-foya, dsb


Ada Apa dengan Hari Kebangkitan Nasional?

Dan untuk jenis korupsi yang terbesar yaitu korupsi uang rakyat yang dilakukan oleh pihak tak bertanggung jawab, ini telah dilakukan pemerintah bersama KPK. Upaya pemberantasan korupsi dapat dilakukan dari memperbaiki struktur pemerintahan yang ada, misalnya memilih kepala negara yang anti korupsi. Sulit memang, namun ini setidaknya dapat membuat rakyat lebih berlega hati dengan presiden yang bersih dan meminimalkan korupsi.

Selain itu, seperti yang telah digencarkan beberapa waktu ini, para pejabat pemerintah diminta untuk melaporkan harta kekayaannya untuk mengetahui adanya kemungkinan uang korupsi atau tidak. Dan masih banyak lagi tindakan transparansi lainnya di berbagai bidang yang harus dilakukan pemerintah untuk memberantas virus korupsi di Indonesia sehingga rakyat bisa lebih makmur dan sejahtera sejalan dengan prinsip Kebangkitan Nasional.


***

Quote:Demikianlah hal-hal yang harus kita lakukan bersama pemerintah dalam rangka memperingati Hari kebangkitan Nasional di tahun ini. Tak mudah memang, namun kita bisa berpartisipasi mulai dari hal terkecil sehingga dapat bermanfaat pula dalam pembangunan nasional. Indonesia, negara yang berlimpah kekayaan alamnya dan memiliki SDM yang sangat besar, sesungguhnya bisa diberdayakan lebih baik lagi untuk semakin meningkatkan derajat dan martabat bangsa dengan berbagai ide dan karyanya. Bangkitlah Semangat Bangsa, Bangkitlah Indonesia..!!!

SELAMAT HARI KEBANGKITAN NASIONAL 20 MEI 2015


-= Sumur =-

Spoiler for Jangan Di buka:


Quote:Ada Apa dengan Hari Kebangkitan Nasional?

Ada Apa dengan Hari Kebangkitan Nasional?


emoticon-Bingung -=Trit ane yang lain =- emoticon-Bingung


7 Hewan Ini Lebih Romantis Dari Manusia
Fly Over Tercuram Di Dunia! Berani Melewatinya?
7 Keunikan Markas Pasukan Garuda di Lebanon
Jangan Lakukan 5 Hal Ini Kalau Nggak Mau Reputasimu Rusak Gara-Gara Sosmed!
10 Hewan Ini Dapat Bertahan Hidup Tanpa Makan Dalam Waktu Yang Lama
Inilah Tantangan Terbesar Bekerja di Rumah
9 Olahraga Minimalisir Perut Buncit
ini dia gansis Yang di TAKUTI MESSI dan CR7 !
10 Mahluk Mitologi sangat Cantik tapi Mematikan
5 Tur Wisata yang Anti Mainstrim
Setelah Nikah, Kata-Kata Ini Pasti Bikin ente Malas Dengar
Ternyata Es Batu Banyak Manfaat nya apabila Diletakkan di Titik Ini
10 Game Horror Terbaik Di Dunia
5 Trik Mudah Untuk Membaca Lebih Banyak Buk
9 Hal yang Menyeret Bumi ke Ambang Kehancuran !
Kata Terakhir Sebelum Ajal Paling Terkenal
Alasan Pemerintah Bekukan PSSI
Buntu Saat Gak Ada Ide? Ini 10 Cara Mudah Untuk Memicu Ide Kreatifitas Kamu!
Kamu yang Bertato, Pasti Pernah Dengar 7 Pertanyaan Ini!
9 Perempuan Hebat yang Mengalahkan 'Kemustahilan'
Ini Buktinya Kalau Musik Indonesia Sangat Diminati di Mancanegara
7 Hal Mengapa Orang Indonesia Hebat
Lagu " Jangan COC Saja " Mendadak Populer Hebohkan Dunia Maya
Wow, Ternyata Orang Utan Punya Perilaku Mirip Seperti Manusia
9 Makanan yang Bisa Rusak Jika Disimpan dalam Kulkas
7 Kendaraan Militer Aneh pada Perang Dunia II
Please, Jangan Rusak Otak Anda dengan Kebiasaan Ini!
10 Cedera yang Dialami Jackie Chan dalam Film
Password Wifi Terkonyol Yang pernah ane temuin
10 Bukti Kalau Kamu Orang Indonesia Sejati
7 Hobi Ini Bisa Dijadikan Ide Bisnis Menguntungkan gansis !
7 Teori konspirasi luar angkasa gegerkan dunia, Obama pun tersangkut
5 Tujuan Wisata Terbaik Berdasar Elemen Zodiakmu
Just for ts emoticon-I Love Indonesia (S)
Bisa, Pasti Bisa, Harus Bisa emoticon-I Love Indonesia (S)
pendidikan kita harus kita bangkitkan dulu gan emoticon-Big Grin supaya negeri ini bisa bangkit
20 mei cuma jadi ceremonial belakaemoticon-Traveller
harus segera di tingkatkan gan kualitas para gurunya emoticon-Big Grin
ada apa di hari kebangkitan nasional? ada tanggal 20 mei hari rabu taun 2015 emoticon-Ngakak

kebanyakan si penguasa makin kuasa, si kecil makin kecil. bantuan ini itu cuma skdar ngisi waktu luang dan stngah2.

liat deh, kesenjangan sosial antara si kaya & si miskin aja keliatan banget, apalagi dijakarta. apartemen sbelahnya perkampungan penduduk kurang mampu, bukannya ngebantu malah bikin diri sndiri makin berkuasa emoticon-Turut Berduka

apalagi pndidikan, para penguasa cuma ngbantu yg tampak terliat doang, ga pengen susah payah nyari ke pelosok negeri ini yg tertinggal emoticon-Turut Berduka

kita berdoa dan harus dengan realisasinya semlga indonesia kedepan ini kudu harus wajib lebih baik dan maju ! emoticon-I Love Indonesia
Quote:Original Posted By rama.biz
Bisa, Pasti Bisa, Harus Bisa emoticon-I Love Indonesia (S)


Quote:Original Posted By tokomapan
pendidikan kita harus kita bangkitkan dulu gan emoticon-Big Grin supaya negeri ini bisa bangkit


Quote:Original Posted By dewajashin
20 mei cuma jadi ceremonial belakaemoticon-Traveller


Quote:Original Posted By klikbarcode.com
harus segera di tingkatkan gan kualitas para gurunya emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By sayagote
ada apa di hari kebangkitan nasional? ada tanggal 20 mei hari rabu taun 2015 emoticon-Ngakak

kebanyakan si penguasa makin kuasa, si kecil makin kecil. bantuan ini itu cuma skdar ngisi waktu luang dan stngah2.

liat deh, kesenjangan sosial antara si kaya & si miskin aja keliatan banget, apalagi dijakarta. apartemen sbelahnya perkampungan penduduk kurang mampu, bukannya ngebantu malah bikin diri sndiri makin berkuasa emoticon-Turut Berduka

apalagi pndidikan, para penguasa cuma ngbantu yg tampak terliat doang, ga pengen susah payah nyari ke pelosok negeri ini yg tertinggal emoticon-Turut Berduka

kita berdoa dan harus dengan realisasinya semlga indonesia kedepan ini kudu harus wajib lebih baik dan maju ! emoticon-I Love Indonesia


inti nyta kita harus bahu membahu bangkit untuk indonesia yang lebih baik emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-Kiss (S)
mungkin dari aspek Bangkitkan "Indonesia yang Sehat dan Bersih", bisa dari diri sendiri gan.
coba sekarang pikirkan aja, yang buang sampah masyarakat Indonesia, kalau satu orang sih masih bisa keitung sampahnya, cobak bayangin kalau seluruh masyarakat buang sampah, gak usah banyak2 lah, satu lembar kertas aja, ntar kalikan seluruh masy, Indonesia, jadi brp tumpuk tuh, dan sekarang salah satu akibatnya jakarta banjirnya gak karu2an cuy.
dan BIKIN anehnya lagi, yang buang sampah ini malah nyalahin pemerintah, katanya gak becus lah, pemerintahannya amburadul lah, gak bisa gini gak bisa gitu. YANG BUANG SIAPA MALAH NYALAIN ORANG LAIN, ayolah Indonesiaku. emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S)
coba semua orang bisa tertib, bisa buang sampah ditempatnya, mungkin indonesia seperti jaman dulu yang sungainya bisa buat mandi, cuci2 pakaian, dll. emoticon-Jempol emoticon-Jempol
ane bukannya sok sempurna atau gimana gan, tp ane cuman ingin negara kesayangan ane ini bisa terlihat indah dan bisa ane banggain, I love Indonesia. . . . emoticon-I Love Indonesia
Quote:Original Posted By dika.tok
mungkin dari aspek Bangkitkan "Indonesia yang Sehat dan Bersih", bisa dari diri sendiri gan.
coba sekarang pikirkan aja, yang buang sampah masyarakat Indonesia, kalau satu orang sih masih bisa keitung sampahnya, cobak bayangin kalau seluruh masyarakat buang sampah, gak usah banyak2 lah, satu lembar kertas aja, ntar kalikan seluruh masy, Indonesia, jadi brp tumpuk tuh, dan sekarang salah satu akibatnya jakarta banjirnya gak karu2an cuy.
dan BIKIN anehnya lagi, yang buang sampah ini malah nyalahin pemerintah, katanya gak becus lah, pemerintahannya amburadul lah, gak bisa gini gak bisa gitu. YANG BUANG SIAPA MALAH NYALAIN ORANG LAIN, ayolah Indonesiaku. emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S)
coba semua orang bisa tertib, bisa buang sampah ditempatnya, mungkin indonesia seperti jaman dulu yang sungainya bisa buat mandi, cuci2 pakaian, dll. emoticon-Jempol emoticon-Jempol
ane bukannya sok sempurna atau gimana gan, tp ane cuman ingin negara kesayangan ane ini bisa terlihat indah dan bisa ane banggain, I love Indonesia. . . . emoticon-I Love Indonesia


jujur gan tahun ini kali di jakarta, khusus nya daerah ane di jakarta barat sudah bersih gan kali nya emoticon-Belo enk banget di liat nya adem, aer mengalir , gak kaya dlu penuh dengan sampah , sekarang nampak nya masyarakat sudah menyadari hal itu tinggal kita terus menjaga dan merawat nya , kalo bisa kaya dlu sampe ada ikan gapi nya sama batok hehehe emoticon-Big Grin emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
disekolah ane tadi ada upacara hari kebangkitan nasional gan....emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By tanahanarki
disekolah ane tadi ada upacara hari kebangkitan nasional gan....emoticon-Big Grin


ada guest star nya gak emoticon-Big Grin dri pemerintahan ?
Quote:Original Posted By imanine9


jujur gan tahun ini kali di jakarta, khusus nya daerah ane di jakarta barat sudah bersih gan kali nya emoticon-Belo enk banget di liat nya adem, aer mengalir , gak kaya dlu penuh dengan sampah , sekarang nampak nya masyarakat sudah menyadari hal itu tinggal kita terus menjaga dan merawat nya , kalo bisa kaya dlu sampe ada ikan gapi nya sama batok hehehe emoticon-Big Grin emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)


sip sip gan, makasih buat inpo.nya. . . .emoticon-Blue Guy Peace
iye gan, semisal semua bisa tertib mungkin negara kita nggak kalah bersih sama negara lain gan. . . emoticon-I Love Indonesia
kalau bisa sampek kayak gini gan sungainya. . . . Ada Apa dengan Hari Kebangkitan Nasional? emoticon-Jempol
Quote:Original Posted By dika.tok


sip sip gan, makasih buat inpo.nya. . . .emoticon-Blue Guy Peace
iye gan, semisal semua bisa tertib mungkin negara kita nggak kalah bersih sama negara lain gan. . . emoticon-I Love Indonesia
kalau bisa sampek kayak gini gan sungainya. . . . Ada Apa dengan Hari Kebangkitan Nasional? emoticon-Jempol


itu udh kaya waterboom gan , hrus make kaporit sungai nya emoticon-Ngakak (S)
BANGKIT JANGAN CUMA PENGEN INSTAN
Quote:Original Posted By imanine9


ada guest star nya gak emoticon-Big Grin dri pemerintahan ?


yg ada guest starnya mah kalo waktu pensi gan...emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By tanahanarki


yg ada guest starnya mah kalo waktu pensi gan...emoticon-Big Grin


biasa nya pas upacara juga ada , kaya dri pemerintahan atau kepolisian emoticon-Ngakak (S)
korupsi tidak bisa di muusnahkan sebelum kejujuraan di tanaamkan dari generasi awal
Bangkit dari keterpurukan dan bayang bayang mantan... emoticon-Hammer (S) emoticon-Hammer (S)
dari sepengamatan & sepenyelidikan ane di harkitnas banyak cewe2 yg keilangan perawannya gan emoticon-Sorry