alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/555b86aedc06bde4538b457c/thomsonite-atau-batu-tumpang-batu-akik-khas-nusakambangan
thomsonite atau batu tumpang batu akik khas nusakambangan
Quote:Thomsonite Atau Batu Tumpang Batu Akik Khas Nusakambangan
emoticon-I Love Indonesia


thomsonite atau batu tumpang batu akik khas nusakambangan

Quote:Pulau Nusakambangan Cilacap, Jawa Tengah, memiliki ciri khas batu akik yang tidak ditemukan di daerah lain di Indonesia. Di pulau yang dihuni para warga binaan lembaga pemasyarakatan (Lapas) ini ada batu unik yang dinamakan thomsonite atau disebut juga batu tumpang. Batu akik ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu memiliki luster bulu yang bergerak bila kena cahaya atau permukaan batu seperti lentur dan ketarik bila dielus mengunakan jempol.

Selain bisa bergerak kalau diusap, batu akik khas Nusakambangan thomsonite atau batu Tumpang juga bisa menyala di malam hari.

Batu ini disebut-sebut sebagai penjelmaan dari fosil bunga karang, yang telah bermetamorfosa menjadi sebuah batu yang cantik. Sebenarnya jenis dari batu tumpang ini sangatlah banyak, ada tumpang merah, putih, capucino, dan hijau.

Mitos yang berkembang di kalangan penghoby batu, batu ini konon sangat cocok dipakai untuk orang yang berdagang.

Kandungan Thomsonite
Thomsonite adalah sebuah tecto-sillicate mineral dari keluarga zeolite, rumus kimianya NaCa2Al5Si5O20•6H2O sebetulnya thomsonite bisa dibedakan menjadi 2 jenis karena kandungan mineral yang mendominasinya:

1. Thomsonite-ca sesuai dengan namanya thomsonite jenis ini didominasi oleh banyaknya kandungan kalsium (ca)
2. Thomsonite-Sr, jenis ini didominasi oleh banyaknya kandungan strontium, nah untuk jenis ini tergolong extremely-rare (sangat langka).


Hardness: 5 – 5.5 Mohs scale; Specific Gravity: 2.3 – 2.5
thomsonite atau batu tumpang batu akik khas nusakambangan
Rough (bahan) thomsonite

Harga thomsonite
Harga batu Tumpang atau thomsonitebervariasi. Dengan semakin jarangnya ketersediaan bahan baku, paguyuban perajin dan pedagang batu akik di Cilacap menerapkan standard harga batu thomsonite (juga batu akik dari Nusakambangan lainnya). Misalnya pedagang di Jalan Jenderal Soedirman, depan Bank Danamon, menjual batu cincin thomsonite paling rendah Rp. 500 ribu, sudah dengan ring. “Kalau saya menjual di bawah itu saya dimarahi pedagang lain”, katanya.

Di antara batu akik yang berasal dari Nusakambambangan, jenis batu Tumpang atau thompsonite ini adalah batu akik dengan harga paling tinggi ketimbang jenis batu lainnya.

Namun di situs-situs jual beli online thomsonite dijual dengan kisaran Rp 400 rb (tanpa ring) sampai jutaan rupiah. Di bulaklapak.com batu thomsonite ditawarkan Rp 450 ribu.


emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)Quote:
Spoiler for sumber:

bulu hanoman ya
Quote:Original Posted By dhejhi
bulu hanoman ya


Bener juragan banyak yg nyebut batu tumpang ini bulu hanoman, unik banget batunnya kalo disentuh gerakk keren deh emoticon-Ngakak
batu akik ya gan emoticon-Matabelo
Paling rendah 500 ribu emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By rdadan
batu akik ya gan emoticon-Matabelo


Benar juragan emoticon-Sundul Up
Quote:Original Posted By zedaefide
Paling rendah 500 ribu emoticon-Matabelo


Heheheh tergantung kwalitas juragan
mahal juga ya bre
emoticon-Matabelo
Akik is everywhereemoticon-Matabelo emoticon-Recommended Seller
Quote:Original Posted By mafiaakik


Bener juragan banyak yg nyebut batu tumpang ini bulu hanoman, unik banget batunnya kalo disentuh gerakk keren deh emoticon-Ngakak


kaya punya gw dong klo di sentuh cwe cakep gerak emoticon-Ngakak
Mahal juga ya gan? emoticon-Belo
wah batunya keren juga gan emoticon-Matabelo

coba dah nanti ane cari
wah.. masuk daftar buruan ini. hunting ah emoticon-Traveller
emoticon-Ngakak tumpangtindih atau bulu hanoman,namanya keren2....terlalu lucu untuk diresapi.
ane juga punya batu,biasa disebut "Mata Kodok Hitam Bulu Alis Srigala Mabok" nah yo lu,keren punya ane emoticon-Cool
kalu di plutolapak harganya goceng,tapi kalu di toko merkurius dot com cemban. kalu sama ane gocab bisa dapet dua puluh udah sama ringnya,ane gak enak sama dewa emperor kalu jual mahal2.emoticon-Ngakak
wew bulu hanoman emoticon-Ngacir
jelek banget ih
ane kurang ngerti akik gan dan kurang suka juga emoticon-Sorry
Quote:Original Posted By ayu.yamabe
jelek banget ih


Ohh! Elu yg nyundul thread jaman flinestone yaa..
emoticon-Blue Guy Bata (L)
Makan nih!
kata yg dagang kalo jual dibawah 450rb di diomelin pedagang lain
emoticon-Wow

dagang dimari pada berasa mafia semua yak
emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By ilhamramadhani8


Ohh! Elu yg nyundul thread jaman flinestone yaa..
emoticon-Blue Guy Bata (L)
Makan nih!


ente juga emoticon-Bata (S)
×