alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/555afa8e98e31ba9528b4570/menjual-rumah-tanpa-tanda-tangan
Menjual Rumah Tanpa Tanda Tangan
Gan ane mau tanya nih kalau mau jual rumah tanpa tanda tangan bisa engga ya?

Cara jualnya sih pake cara :

# dengan dalih2 kontrakin rumah sampai 200th. Dan tentu itu harganya agak miring lah. Mngkin harganya jadi 450jta lah. Sbenernya klau pke tanda tangan resmi bsa 850jt.

# sertifikat kmi serahkan pada pembeli/pengkontrak 200th

Kira2 prosedur kontrakin rumah itu kek gmna ya gan?

Knpa ane engga pke tanda hak milik langsung. Karna yg pnya hak milik ada 2 orang gan. Lah yg 1 ini, saudaranya udh ngehilang entah kmna? Gk ada kabarnya bertahun2 ampe skrang?

Bagaimana nih pndapat agan?
200th = 450 jt gan? ane gagal paham gan.
mungkin bawah ane ngerti.
Quote:Original Posted By wolfgang13
200th? ane gagal paham gan.
mungkin bawah ane ngerti.


Kontrakin rumah ampe 200th
Emang ada perjanjian sewa rumah ampe 200 thn?
Quote:Original Posted By invisible.kid
Emang ada perjanjian sewa rumah ampe 200 thn?


G tw gan. Makanya ane tanya kok!
Ini mau ngontrak atau bejual gan? Kalau kontrak yah kontrak, pakai perjanjian segel aja ngontrak berapa lama dan kwitansi buat uang kontraknya

Kalau mau jual ya musti ada tanda tangan penjual dan pembeli lebih afdol lagi dihadapan notaris
Quote:Original Posted By andee17
Ini mau ngontrak atau bejual gan? Kalau kontrak yah kontrak, pakai perjanjian segel aja ngontrak berapa lama dan kwitansi buat uang kontraknya

Kalau mau jual ya musti ada tanda tangan penjual dan pembeli lebih afdol lagi dihadapan notaris


Klo ngontrak durasi 200th lebih bsa engga gan?
gmn caranya sampe 200thn..
gagal paham gua breh
Quote:Original Posted By herjunamalik
gmn caranya sampe 200thn..
gagal paham gua breh


Ibaratnya gnie.

Ane kontrakin rumah ane ke ente. Durasinya smpai 200th
Wow br pertama x dgr ada kontrak 200th emoticon-Big Grin
et dha yg ngontrak mau ampe keturunan ke 7 atau nunggu bisa jadi pembalap moto gp emoticon-No Hope klo misal lebih dari 2 tahun itu kan duitnya gede pasti ngajak notaris lha emoticon-Big Grin
ane menyimak dulu gan, gak ngerti masalah jual beli rumah
daripada dikontrakin 200thn mendingan dijual sekalian aja gan emoticon-Hammer2
kurang tau gan
gak pernah jual rumah, seringnya jual tripod
Kontrak 200thn ? emoticon-Matabelo
Kaskus punya forum Melek Hukum gan, tanya aja disana. emoticon-Peace

http://kaskus.co.id/forum/594
tanggung, mending 2000thn aja emoticon-Ngakak
ane pernah jual rumah tanpa dinding gan
Saya mengerti maksud TS , saya coba bantu ya ..

Sebenarnya ini tidak ada urusannya dengan penjualan , jatuhnya ngontrak rumah selama periode yang sudah disepakati ( 200 thn ) , jadi tidak ada hubungannya sama sekali dengan penjualan , walaupun sertifikat di tangan pengontrak, pengontrak harus membuat suatu surat kembali untuk sertifikat tersebut , apakah sertifikat tersebut TS gadaikan , pinjamkan, atau titip . karena tidak ada hukum yang mengatur mengontrak rumah diharuskan dengan sertifikat . dan surat apapun tidak akan sah dikarenakan harus ditandatangani oleh kedua belah pihak sesuai dengan yg tertera di sertifikat .

Pengontrak pun jatuhnya tidak akan bisa melakukan apapun kepada sertifikat tersebut, dikarenakan ketidaksahan surat apapun yang hanya ditandatangani oleh TS , dan sertifikat tersebut sampai kapanpun akan menjadi hak TS dan rekannya yg tertera di sertifikat .

Walau dengan dalih kontrak rumah 200 thn , pengontrak tidak akan pernah bisa menjual rumah tersebut selama AJB dan balik nama tidak dilakukan , Pengontrak hanya bisa pasrah apabila sewaktu" tanah tersebut digusur dikarenakan sebab apapun dan tidak berhak mendapatkan penggantian apapun ( yang berhak TS dan rekannya ), selamanya pengontrak hanya bisa melakukan over kontrak kepada pihak ke 3 , pengontrak tidak akan bisa mengajukan IMB apabila ada renovasi , dll .

Kesimpulannya : yang dirugikan adalah pihak pengontrak, kecuali kalau memang bersedia seumur hidup rumah tersebut utk dikontrakan , tapi apakah yakin bangunan tersebut kuat utk selamanya ? pasti akan memerlukan renovasi dan IMB diwajibkan, kecuali kalau mau nekat renovasi tanpa IMB .

Kalau saya jadi pengontraknya , saya akan bilang " NO thanks "
ga bisa boss...bisa masuk rana Hukum kalau nanti sodaranya tiba2 balik and ga setuju...and bisa kena tuntutan yg lebih memberatkan dari jumlah harga itu materi.kalau memang kepemilikan atas nama 2 orang or lebih dalam arti mgkn harta materi warisan,and boss sebagai salah 1 pemegang hak milik ingin menjual materi tsb namun pemilik lain nya unknown,boss harus memiliki catatan bukti penguat BAHWA boss punya itikat baik utk berusaha mencari and mengabarkan si pemiliki 1 nya yg unknown,bisa dari media iklan koran,serta laporan pencarian orang secara tertulis resmi di Polri.selanjutnya penyediaan Dana yg telah terbagi utk si pihak unknown,bilamana yg bersangkutan tsb kembali.klo boss nekat jual dengan kondisi kyk skrg,bisa2 kena kasus sengketa boss...kena tuntut si unknown and si buyer nanti...