alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/555ac756902cfe92478b4569/woww-juara-siswa-bali-ini-pake-rumus-matematika-untuk-tenun-kain
[WOWW JUARA] Siswa Bali Ini Pake Rumus Matematika Untuk Tenun Kain
Quote:JAKARTA, DUMAI -- Dua siswa dari Bali yakni I Kadek Sudiarsana dan I Dewa Gede Ary mengembangkan sebuah motif gringsing kain tenun khas Bali, dengan rumus matematika. Berkat karya ilmiah itu, pelajar Sekolah Menengah Atas Negeri Bali Mandara, Singaraja, ini menempati peringkat keempat kategori matematika di kompetisi Intel International Science and Engineering Fair (Intel ISEF) di Pittsburgh, Amerika Serikat, 10-15 Mei 2015.
[WOWW JUARA] Siswa Bali Ini Pake Rumus Matematika Untuk Tenun Kain
Mereka membuat pola tenun gringsing dengan konsep matematika karena prihatin motif kerajinan kain yang hampir punah itu tak berubah.

"Diawali dari penemuan rumus dasar motif kain gringsing yang sudah ada melalui fractal dan dikembangkan dengan rumus matematika," jelas Ary dalam jumpa pers di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan seperti dilansir tempo.co, Selasa (18/5).

Riset Ary dan Kadek yang berjudul "The Motifs Development of Gringsing Sarong" adalah terobosan di dunia sains karena bisa diaplikasikan di bidang industri. Riset mereka mengangkat obyek budaya yang dinilai layak mewakili Indonesia.

Sebelumnya, Ary dan Kadek meraih medali emas di Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia pada 2014. Menurut Ary, juri tertarik kepada karya ilmiah mereka karena memuat kolaborasi antara sains dan budaya serta bisa langsung diaplikasikan. Para pelajar itu juga diganjar Grand Awards dan uang hadiah masing-masing sebesar US$ 500. Menurut Kadek, besar-kecilnya uang hadiah tak jadi masalah karena mereka sudah berhasil tampil di kompetisi riset sains tingkat SMA terbesar di dunia itu. "Kami tak terlalu menginginkan uang, tapi sertifikatnya, karena lebih berguna," ucap Kadek, yang bercita-cita menjadi Gubernur Bali.



Keren Yah Gan, Mantapppp emoticon-I Love Indonesia

SUMUR
Keren gan..
keren bray.
metematika memang ilmu pasti sih.
sayang gua gak suka matematika. emoticon-Berduka (S)
KEREN gan,,,, salut dan selamat buat mereka... emoticon-I Love Indonesia emoticon-Recommended Seller
mana detail rumusnya gan
gx dikasih dr beritanya gan,,,, cuma di ekspos juaranya doank
wah hebat bener yah emoticon-Big Grin

rumus matematika bisa di terapkan disana
pinter bener gan emoticon-cystg
yang udah belajar kalkulus dan mainan MatLab pasti bisa bikin pola dan motif grafik
mantap gan sayangnya itu ilmu yg aane benci
keren gan

Kalo ane pake rumus matematika buat beli gorengan emoticon-Hammer
para pemuda indonesia itu bnyak yg menyabet juara kompetisi internasional dr dl ,tp sayang tdk ada perhatian dan kelanjutan dr pemerintah untuk lbh mengembangkannya lg
No Pic = HOAX

Tenun kainnya mana?
dr dl para siswa atau pun mahasiswa yg ikut kompetisi ke luar negri psti dpt juara ,tp sayang tdk ada perhatian dan kelanjutan dr pemerintah
Waduhh... mantep banget gan... keren nich orang...
Pasti cerdas sekali nich orang gan...
kelewat pinter ni anak emoticon-Ngakak
Detail kontak,
Fb: Ary Palguna
Atau palgunaary@gmail.com

Salam,

Ary Palguna
Detail, palgunaary@gmail.com
Salam

Ary Palguna
Fourth Grand Awards Intel ISEF 2015
Semalat buat mereka, semoga dengan ini ada perhatian lebih dari pemerintah
emoticon-Matabelo
jago bener dia yak