alexa-tracking

Hukum Tidak Shalat Jumat Bagi Security

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/555a9c0fc1cb17083f8b456c/hukum-tidak-shalat-jumat-bagi-security
Hukum Tidak Shalat Jumat Bagi Security
Sumber http://www.syariahonline.com/v2/shal...-security.html


Hukum Tidak Shalat Jumat Bagi Security


Assalamu'alaikum wr.wb.
Saya kerja sebagai security di sebuah perkantoran,setiap hari jum"at saya tidak dapat melakasanakan sholat jum'at karena harus,jaga. Apakah itu termasuk udzur,atau adakah hadist tentang kejadian seperti saya.jazakallah .di tunggu jawabanya.

Assalamu alaikum wr.wb.
Bismillahirrahmanirrahim. alhamdulillahi Rabbil alamin. Ash-shalatu wassalamu ala Rasulillah, wa ala alihi wa shabhbihi ajmain. ammab ba.du:

Hukum dasar shalat Jumat adalah fardhu ain (wajib atas setiap muslim). Hal ini di antaranya berdasarkan firman Allah Swt dalam surat al-Jum'ah ayat 9 serta ancaman Nabi saw untuk membakar rumah mereka yang tidak menunaikan shalat Jumat.

Namun kalau ada udzur syar'i (halangan yang dibenarkan oleh agama) sehingga seseorang tidak menunaikan shalat Jumat, maka tidak berdosa baginya meninggalkan shalat Jumat. Di antara udzur tersebut misalnya sakit, menahan kencing atau BAB, takut kehilangan barang atau benda miliknya jika menunaikan shalat, hujan, serta menunaikan pekerjaan yang terkait dengan keamanan dan kemaslahatan orang banyak.

Nah, pekerjaan Anda sebagai security termasuk dalam uzdur yang membolehkan untuk meninggalkan shalat Jumat. Terkecuali ada yang bisa menggantikan pekerjaan tersebut seperti security non-muslim atau security wanita, maka dalam kondisi demikian di mana kalau Anda menunaikan shalat Jumat, tugas pengamanan tetap bisa dilakukan atau digantikan oleh yang lain, maka shalat Jumat harus Anda lakukan.

Namun kalau ternyata tidak ada yang bisa menggantikan, Anda mendapat rukhsah untuk meninggalkan shalat Jumat. Hanya saja, Anda harus melaksanakan shalat zuhur sebagai ganti dari shalat Jumat tersebut.

Wallahu a'lam
Wassalamu alaikum wr.wb.

Kesimpulannya :
a. Boleh meninggalkan sholat Jumat bagi security jika kondisinya memenuhi syarat rukhshah
b. Setiap karyawan wajib menjalankan tugasnya sebagai karyawan sebagaimana yang telah disepakati bersama. Meninggalkan pos jaga dan membiarkan kosong, walaupun untuk sholat Jumat, merupakan pelanggaran berat. Apalagi dalam agama sudah memberikan rukhshah.
c. Keinginan/kebutuhan sholat Jumat, sebagaimana masalah apapun dalam pekerjaan, mestinya bisa dibicarakan dengan atasan
d. Hati-hati dengan berita provokasi misalnya "Satpam dipecat karena melaksanakan Sholat Jumat" yang bisa jadi di-setting hanya untuk menguntungkan pihak-pihak tertentu. Dan lebih bijaksanalah menanggapi berita, apapun itu.

Tks.


ikut nyimak aja gan
bawah ane mungkin lebih paham emoticon-Sundul Gan (S)
nanya sendiri, jawab sendiri.

maksud ente apaan gan?
emoticon-Bingung
KASKUS Ads
Quote:


jgnkan dikantoran gan, satpam dlm kereta khususnya. jgnkan buat solat jumat buat solat subuh aja susah
ini rame nih. btw ts kerja di bank danamon ya? emoticon-Thinking



emoticon-flower

Kalo cari akhirat, jangan kerja yg nghalangin solat.
Kalo cari dunia, yaa gausah ente pikirin gan emoticon-Peace
wah makasih gan ane jadi tau

sempet bingung kalo penjaga KAA pada ga jumatan gimana

oh ternyata emoticon-Big Grin
Iya nih tanya sendiri di jawab sendiri emoticon-Big Grin
.....
nyinggung masalah yg kemarin kah? emoticon-Bingung
Quote:


Baca baik-baik, kalau sempat klik link-nya, dan ente akan tercerahkan. Kalau masih belum paham juga, mungkin bukan di sini tempat ente. Belajar lagi yang banyak ya.
agak sedih gan dengan rekan2 pekerja keamanan yang terganggu ibadahnya
tapi kerja itu ibadah sih gan asal yang dikejar ridho Tuhan semata emoticon-Big Grin

dan paling setuju dengan poin terakhir, orang kita yg udah melek media sosial pikirannya masih latah dengan judul2 yang memprovokasi

sasaran empuk bagi pihak2 media dan pihak yang mengambil keuntungan dibaliknya
Quote:


Baca dong sumber tulisannya. Itu formatnya memang tanya jawab. Di website sumbernya, ente bisa ajukan pertanyaan seputar masalah agama.
Quote:


Hidup gak se-simple itu. Sekolah kelas berapa, dek?

Thx gan. Nambah ilmu..
wah nice inpoh gan emoticon-Big Grin secara ane kerja dibidang jasa pengamanan... emg kadang susah buat solat pekerjaan kek gini hehe
Alhamdulillah masih bisa jumatan walaupun ada yg bolong emoticon-Hammer2
tapi ane rencananya mau resign, soalnya itu kata ane susah bgt buat solat pekerjaan kaya gini..
Quote:


belagu banget ente gan emoticon-Smilie

ane ngerti kok point yg ente sampaikan,
tp bikin Thread itu lebih dari sekedar cuma copas doang dari web lain gan, ane rasa agan udah paham lah ya..
yaudah deh, ane mesti blajar banyak dulu

emoticon-Traveller
nah,memang susah sih
tapi dari penjelasan agan diatas tertulis jika melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan keamanan dan kemaslahatan orang banyak tidak apa apa, ya Wallahu A'lam gan
Quote:


Bayangin kalau penjaga pintu kereta ninggalin pos buat sholat Jumat, trus ada yang mati gara-gara ketabrak kereta karena pintu kereta nya gak nutup.

Atau dokter lagi operasi jantung trus permisi dulu ninggalin pasiennya buat sholat Jumat.

Agama Islam itu tidak sulit. Tapi juga jangan dimudah-mudahkan. Yang bisa maksimal dijalankan, harus dijalankan. Yang terkait kondisi tertentu tidak bisa dijalankan, harus bisa dipermudah.

Yang musafir bisa dijamak qoshor, yang sakit boleh sholatnya sambil duduk, atau tidur, atau sekedar isyarat mata, tergantung kondisi.







Nanya ama ustadz aja gan, lagian ente nanya trua bawahnya ksh macem" udzur ya ente nilai sendiri ente masuk yg mana, kl ragu tanya sm orang yg lebih paham agama, ustadz misalnya