alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/555a9281de2cf2a8378b456c/6-pertanyaan-untuk-mengenal-diri-sendiri
icon-hot-thread
6 Pertanyaan Untuk Mengenal Diri Sendiri
6 Pertanyaan Untuk Mengenal Diri Sendiri


Apakah kamu mengenali dirimu sendiri?
Apakah kamu menyukai dirimu sendiri?
Apakah kamu tahu sudah menemukan dirimu sebenarnya seperti apa?


Kalau salah satu proses dari menjadi dewasa adalah menemukan jati diri dan nyaman dengan diri kita sendiri, sayangnya kita tidak pernah diajari untuk cara melakukan hal-hal tersebut.
Akhirnya kita tumbuh menjadi ‘orang dewasa’ yang tidak tahu apa yang memotivasi kita, apa kekuatan, passion dan purpose kita, yang menyebabkan kita tidak bisa merasakan satisfaction dan fulfillment. Hidup hanya sekedar hidup dan tidak merasa hidup. emoticon-Gila

Mulai dari mana? Coba deh mulai dengan menjawab 6 pertanyaan untuk mengenal diri sendiri ini.
Tidak berarti pertanyaannya mudah untuk dijawab, tetapi dengan berjalannya waktu, kalau kita semakin nyaman dan yakin dengan jawabannya, maka hidup kita pun semakin terasa hidup dan penuh.

6 Pertanyaan Yang Perlu Kamu Jawab Untuk Mengenal Diri Sendiri
Quote:Quote:1. What do I love absolutely?
"Apa yang saya benar-benar nikmati, cintai, syukuri?"
Quote:

Ini adalah sebuah daftar tentang hal-hal yang membuat kamu merasa excited dan happy, memberikan kamu inspirasi dan energi positif dan merasa lebih hidup. Hal-hal yang benar-benar berarti untukmu. Apapun itu. Tuliskan semua dari orang, benda sampai aktivitas.

Kalau saya, saya benar-benar bersyukur dan menikmati teman-teman terdekat saya, menulis, kolaborasi dengan orang-orang yang keren, yoga, menari, mengajar, berbagi ilmu, diskusi seru dengan teman-teman, bertemu dengan teman-teman baru. melakukan sesuatu yang baru (hampir setiap hari), meja saya, rumah saya juga menyapa pagi, menyanyi sambil mandi, korek kuping dan kopi pertama di pagi hari.

Kalau sulit mulai dari mana, coba setiap kamu merasa happy, semangat, inspired, tuliskan apa yang terjadi atau apa yang kamu lakukan. Dengan berjalannya waktu, kamu akan menemukan patternnya.


Quote:Quote:2. What do I consider my greatest accomplishments in life?
"Apa yang membuat saya benar-benar bangga?"
Quote:

Ini adalah daftar semua hal-hal dalam hidup yang kamu berasa sangat bangga; berasa sukses. Accomplishment terjadi ketika kita mengakses kekuatan diri kita. Kita kamu menganalisa kesuksesanmu ini, coba analisa, apakah itu sebuah sikap, perilaku, tindakan atau strategi? Ini juga termasuk hal-hal yang dengan mudah bisa kamu kerjakan. Kalau kamu ingin tahu apa kekuatanmu, coba analisa accomplishments kamu.

Salah satu hal yang saya sangat bangga banget dan agak aneh adalah waktu saya berhasil ngutak ngatik jam di mobil teman saya yang sudah 1.5 tahun lebih tidak di set karena dia tidak tahu caranya. Adalah saya tanya om Google dan ngutak ngatik selama 30 menitan dan akhirnya berhasil. Itu bangga banget. Seperti rasa bangga ketika bisa meluruskan kembali benang kusut atau membikin puzzle 1000 pieces. Ternyata memang kekuatan saya itu curiosity, ngulik dan persisten gila kalau sudah penasaran emoticon-Big Grin

Quote:Quote:3. What would be my purpose if I knew no one would judge me?
"Apa yang jadi tujuan hidup saya kalau saya tahu tidak akan ada orang yang menghakimi saya?"
Quote:

Ini salah satu pertanyaan yang paling sulit yang harus saya jawab. Dan dalam perjalanan menjawab pertanyaan ini, jawaban yang saya temukan adalah: to inspire one another.
Yang artinya adalah, your purpose dan my purpose sebenarnya sama, yaitu untuk saling menginspirasi satu sama lain.
Caranya? Dengan menjadi 100% diri sendiri, 100% otentik – dengan benar-benar memaksimalkan kekuatan, passion, dan impian.

Impian terbesarmu adalah takdir dan panggilanmu. Kekuatanmu adalah panggilanmu untuk bisa mencapai impian tersebut. Passionmu adalah tanda-tanda dan jalan untuk mencapai impianmu itu.
Kalau tidak ada batasan, dan kamu benar-benar jujur dengan sendiri, apa saja impianmu? Ingin jadi orang seperti apa, dengan kualitas seperti apa? Ingin melakukan apa? Ingin menciptakan apa? Ingin memiliki apa saja?

Quote:Quote:4. If there were no limits to what I could have or could want in my life, what would that be?
"Kalau tidak ada batasan terhadap apa yang bisa sama miliki atau lakukan di dunia ini, apakah itu?"
Quote:

Seperti apa hidup yang paling ideal untukmu? Kalau kamu bangun 5, 10 ataupun 20 tahun dari sekarang, seperti apakah hidupmu? Kamu tinggal dimana? Dengan siapa? Rumahmu seperti apa? Dikelilingi apa? Apa yang kamu lakukan? Apa pekerjaanmu? Bagaimana kamu membawa perubahan? Apa yang kamu lakukan di hari itu? Bisakah kamu membayangkannya dengan sangat detil menggunakan 5 panca indra mu?

Jujur, setiap orang yang saya ajak untuk melakukan hal ini mengalami kesulitan. Kenapa? Karena merasa terlalu berangan-angan dan tidak realistis. Tapi mimpi bukan tentang realita, tetapi mengajak kita untuk mendekatkan diri ke hidup yang benar-benar kita deserve.
Seperti papa Diseney yang mengatakan, “If you can dream it, you can do it.” Kalau kita terlalu takut untuk bermimpi, bagaimana kita bisa mencapainya?


Quote:Quote:5. If I had all the money in the world, what would I do?
"Kalau kamu memiliki akses ke uang yang sangat banyak, apa yang akan kamu lakukan?"
Quote:

Setelah kamu keliling dunia, membeli rumah dan mobil impian kamu, membeli semua barang-barang yang kamu inginkan, donasi ke keluarga dan charity, bikin usaha sendiri, lalu apa? Apa yang akan kamu lakukan di masa ‘pensiun dini’ ini?

Coba benar-benar pikirkan. Pikir tanpa batasan. Rasakan apa yang benar-benar kamu passionate about dan ingin lakukan. Kalau mau, coba list sebanyak-banyaknya dalam waktu 15 menit, lalu lihat dari 100 hal yang kamu tuliskan, yang mana yang paling mencolok.
Remove limitations, and you begin to visualize opportunity for growth and dramatic change.

Quote:Quote:6. Who do I admire most?
"Siapa yang benar-benar menginspirasikan saya?"
Quote:

Saya pernah melakukan aktivitas ini dengan teman-teman di kantor. Masing-masing diminta untuk menuliskan 3 orang yang benar-benar mengisnpirasikannya, lalu menuliskan kualitas-kualitas yang dimiliki orang tersebut (bukan sukses, harta, bendanya). Kualitas-kualitas apa yang dimiliki 3 orang ini yang benar-benar menginspirasikan kita. Kita cenderung mengidolakan orang tersebut karena orang-orang ini memiliki kualitas yang mirip atau kita inginkan tetapi mereka sudah berhasil mengalahkan hal-hal yang melimit diri mereka.

Setelah kita tahu kualitas-kualitas yang menginspirasikan kita, itulah kualitas-kualitas di diri kita yang saat ini butuh di asah. Karena dunia adalah cermin diri kita, kita hanya bisa melihat kualitas tersebut kalau kualitas itu sudah ada di dalam diri kita.


—-

Jangan khawatir kalau kamu tidak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dalam 1 malam.
Tetapi ingatlah terus pertanyaan-pertanyaan ini, dan sampai suatu hari nanti, kamu bisa menjawabnya dengan keyakinan tinggi emoticon-Angkat Beer


Agan bisa jawab langsung dengan yakin pertanyaan-pertanyaan diatas?
boleh share di komentar dong gan! emoticon-Cendol (S)
Kalau ada pertanyaan yang mau ditambahkan juga boleh lho
thank you! emoticon-Kiss (S)






Sumber : theUnlearn.com

Hot Thread #11
Spoiler for Click here:

emoticon-I Love Kaskus (S) Recomended Thread theUnlearn; emoticon-I Love Kaskus (S)
10 Hal Yang Bisa Dipelajari Dari Khawatir


emoticon-Kaskus Lovers Jawaban keren dari kaskuser emoticon-Kaskus Lovers


Quote:Original Posted By Nixholas
ok let see, hmmm :

1. My family (lovely wife and daughter, great parents, wealth, health)
2. Ada satu waktu dimana ane masi SMU, jam olahraga, disuruh lari bertiga dan nanti akan dihitung waktu tercepat. Ane adalah kandidat yang paling tidak dijagokan diantara dua lainnya karena fisik ane yang tergolong kecil. Dalam hati ane, ane tau gak bakal menang kalo menggunakan tenaga saja. Ane gunakan otak, dimana ane akan buntutin lawan ane dari belakang tapi tidak terlalu jauh. Dan di putaran terakhir, baru deh ane habis2an dan akhirnya ane jd juara 1. wkwkwkwkwk Love that very great moments. emoticon-Ngakak (S) Sebenernya ada beberapa cerita lagi, tapi gak akan habis kalo diceritain semua. emoticon-Malu (S)
3. I would try to inspire other. Masi banyak orang yang kadang lupa bahwa 'perlu air untuk mematikan api'.
4. Spent everything for the peace for the world.
5. Build hospitals, home for the homeless, schools, etc for a better future. Jangan bilang utk membahagiakan seseorang dgn uang yang kamu punya, karena uang itu gak ada batasannya. Tambah 0 satu jadi puluhan, 0 dua jd ratusan, 0 tiga jadi ribuan, dst. Kalau kebahagiaan diukur dgn uang, maka kamu mengejar sesuatu yang gak ada batasnya.
6. Banyak sih, tapi saya suka sekali dgn kata2 bijak Budha (walaupun saya ini seorang Katolik, no sara pls).


apakah tujuan hidup saya?emoticon-Bingung (S)

selamat gan jadi HT emoticon-Toast emoticon-Blue Guy Cendol (L)
curiosity gan
ngulik sampe nemu kesimpulan sendiri,.ya diakui rasa penasaran ane tinggi banget sih
sampe dijuluki miss kepo, emoticon-Berduka (S) tp masih ada batasnya kok , emoticon-Big Grin
keren nih isinya emoticon-Big Grin
ane renungi dulu gan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By bobycoal
apakah tujuan hidup saya?emoticon-Bingung (S)


akhirat gan
Quote:Original Posted By freakk
keren nih isinya emoticon-Big Grin
ane renungi dulu gan emoticon-Big Grin


renungi dg hati dan lihat ke diri kita sendiri ya gan?
Nanti ane pikirin dulu pertanyaannya gan baru jawab emoticon-Cool
Nanya deh, Tujuan Agan bikin thread ini buat apa?emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By yendsss
Nanya deh, Tujuan Agan bikin thread ini buat apa?emoticon-Bingung (S)


tanya aja ama diri lo sendiri
kan yg buat elu emoticon-Ngakak (S)
Yg penting dapet pekiwan beb emoticon-Kiss (S)

Baca belakangan emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By adhiny01
renungi dg hati dan lihat ke diri kita sendiri ya gan?


bener banget, refleksi k diri sendiri emoticon-Malu (S)
salken yah sis emoticon-shakehand
Quote:Original Posted By adhiny01


tanya aja ama diri lo sendiri
kan yg buat elu emoticon-Ngakak (S)


tanya apa? berbuat apa sih beb? emoticon-kisssing
-----
parah lu kejang di thread orang emoticon-Bata (S)
who am I ?
udah kayak pilem nya jekicen aja
udah gitu ajah
kenalan lah gan langsung sama diri sendiri emoticon-Big Grin
gelar karpet dulu penyimak emoticon-linux2
pengen mengenal diri sendiri emoticon-Malu
Wah aku tak bisa menjawabnya emoticon-Frown kenapa yah kira2 emoticon-Frown
dibaca woi trid nya..
tapi emang bener si, banyak yg gk kenal sm diri nya sendiri karena terpengaruh sm trend yg selalu berubah2..
Quote:Original Posted By adhiny01


akhirat gan


terus yang di dunia gimana gan,,,
aku?
cantik, menarik, sexy, ya dong ya kan, yayayaa
hahahah

=====
pejwan tutup emoticon-Cool
silahkan di pej 2 bro emoticon-Metal