alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5559dc4ca2c06e68448b456a/mengerikan-beras-plastik-sudah-beredar-di-indonesia
Peringatan! 
icon-hot-thread
[Update!!!] Mengerikan, Beras Plastik Sudah Beredar di Indonesia
Mengerikan, Beras Plastik Sudah Beredar di Indonesia
Quote:SELAMAT DATANG DI TRIT ANE YG SEDERHANA
Quote: INSYAALLAH NO REPOST, SILAHKAN CEK REPOST
Spoiler for Cek Repost:

Mengerikan, Beras Plastik Sudah Beredar di Indonesia
Quote:Quote:Mengerikan, Beras Plastik Sudah Beredar di Indonesia
Quote:Mengerikan, Beras Plastik Sudah Beredar di Indonesia
Beras Palsu. ©instagram.com/dewinurizza

Quote:Masyarakat sekarang harus ekstra hati-hati dalam mengonsumsi suatu makanan. Sebab, bukan hanya makanan cepat saji saja berbahaya, namun makanan yang diolah sendiri pun juga bisa berbahaya.

Dewi Setiani, warga Bekasi, Jawa Barat merasa resah dengan beras yang dia beli Minggu (17/5) kemarin. Sebab, jenis beras yang dibeli berbeda dengan beras biasanya. Mulai dari bentuk, hingga rasa, beras ini lebih terasa seperti plastik.

Awalnya, Dewi membeli persediaan beras di Pasar Mutiara Gading Timur, Bekasi untuk diolah menjadi nasi uduk. Menurut pedagang, beras ini berasal dari Karawang dengan merek Straramos.

"Kemarin saya beli beras di pasar. Seperti biasa saya membeli beras ini kiloan dengan harga Rp 8000 per kilo. Tapi saat saya beli ini engga seperti beras yang saya konsumsi sebelumnya," terang Dewi ketika dihubungi merdeka.com, Senin (18/5).

Dugaan adanya beras palsu tersebut pun muncul ketika Dewi mengolah beras itu menjadi nasi uduk untuk dijual. Bahkan saat dia memasak untuk kedua kalinya untuk memastikan, hasilnya pun tetap sama.

"Berasnya jadi aneh dan rasanya juga enggak kayak nasi pada umumnya. Lebih terasa kayak plastik, karena sintesisnya berasa banget," imbuh Dewi.

Dengan adanya beras palsu ini, Dewi mengurungkan niatnya untuk menjual nasi uduk hari ini. Dia enggan untuk menukar beras tersebut dengan beras yang lain karena menurutnya hasilnya akan sama saja.

"Suami saya menyarankan untuk menukarnya dengan beras baru. Tapi percuma mungkin hasilnya akan sama saja. Insya Allah saya akan melaporkan ini ke YLKI, karena sangat merugikan. Semoga tidak menimpa pedagang lain," tutup Dewi. Sumber

Quote:Quote:Ini Ciri-Ciri Beras Plastik yang Beredar di Indonesia
Quote:Mengerikan, Beras Plastik Sudah Beredar di Indonesia
Beras Palsu. ©instagram.com/dewinurizza

Quote:Beredarnya beras plastik di Indonesia kini meresahkan warga, mengingat mayoritas penduduk Indonesia menjadikan beras sebagai makanan pokok sehari-hari. Parahnya, beras ini sekilas tak jauh berbeda dengan beras-beras asli di Indonesia.

Dewi Setiani, warga Bekasi, Jawa Barat menemukan sejumlah keanehan dengan beras yang dibelinya. Sehingga dia menduga bahwa beras tersebut adalah beras palsu yang terbuat dari plastik.

"Kemarin saya beli beras di pasar. Seperti biasa saya membeli beras ini kiloan dengan harga Rp 8000 per kilo. Tapi saat saya beli ini engga seperti beras yang saya konsumsi sebelumnya," kata Dewi ketika dihubungi merdeka.com, Senin (18/5).

Dugaan tersebut muncul ketika dia mengolah beras itu menjadi bubur untuk dia santap esok paginya. Namun setelah didiamkan beberapa jam, bubur ini pun berbentuk aneh.

"Seperti biasa tadi malam saya masak bubur buat besok pagi. Tapi saat tadi saya mau memanaskan buburnya, bentuknya jadi beda. Biasanya kan bubur kan kalau udah dingin bentuknya mengental dan menyatu, tapi kalau ini dia berbentuk buliran dan seperti belum matang," imbuh Dewi.

Selain bubur, Dewi juga sempat menanak beras itu untuk dijadikan nasi uduk, namun keanehan pun kembali dia temukan. "Saat dimasak beras itu malah ngeluarin banyak air. Kalau beras biasa kan meresap air tapi ini malah ngeluarin air. Saat dimakan juga rasanya aneh, sintetisnya berasa banget kayak kita makan plastik," jelasnya.

Setelah menemukan keanehan-keanehan itu, Dewi memeriksa penampilan beras tersebut. Sekilas, beras itu tampak tak jauh berbeda dengan beras pada umumnya, namun ketika dilihat lebih dekat maka akan terlihat jelas perbedaannya.

"Beras yang asli kan dia putih tapi tengah-tengahnya ada putih susunya. Tapi kalau beras ini tuh dia putih bening saja," ungkap Dewi.

Dewi berharap, kejadian ini tidak akan dialami oleh warga lain karena sangat merugikan dan membahayakan. Sumber

Quote:Quote:Update!!! Hasil Uji Lab, Beras Plastik di Bekasi Mengandung 3 Bahan Kimia
Quote:Mengerikan, Beras Plastik Sudah Beredar di Indonesia
Peneliti Sucofindo. (Dok. Sucofindo)

Quote:Dua sampel beras yang beredar di Mustikajaya, Kota Bekasi, Jawa Barat, dipastikan palsu. Berdasarkan hasil uji laboratorium yang diumumkan PT Sucofindo diketahui, beras-beras tersebut mengandung 3 bahan kimia berbahaya.

"Kami melakukan uji laboratorium dengan alat yang sensitif dan profesional. Beras ini dibedakan sampel 1 dan 2, secara fisik hampir sama. Hasilnya ada suspect, kandungan yang biasa digunakan untuk membuat bahan plastik," ujar Kepala Bagian Pengujian Laboratorium Sucofindo, Adisam ZN, kepada Liputan6.com di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (21/5/2015).

Adisam mengaku ada senyawa plasticizer penyusun plastik yang ditemukan dalam beras tersebut. Antara lain Benzyl butyl phthalate (BBP), Bis(2-ethylhexyl) phthalate atau DEHP, dan diisononyl phthalate (DIN).

"Senyawa plasticizer ini biasa digunakan untuk melenturkan kabel atau pipa plastik," ujar dia.

Dia menjelaskan, pengujian ini dilakukan menggunakan alat spektrum infrared untuk melihat apakat terdapat senyawa polimer seperti plastik dalam beras tersebut. Hasilnya, kata dia, terdapat senyawa yang identik dengan polimer. "Beras alami, tidak mengandung senyawa-senyawa seperti ini," kata Adisam.

"Ada senyawa lain dalam kandungan beras tersebut yang sengaja dicampur. Kami menduga, ada kesengajaan memasukkan senyawa lain yang dicampur dengan beras," ucap dia.

Adisam memaparkan, beras palsu itu tak dapat dicerna oleh lambung. Dan bila dikonsumsi secara terus-menerus dapat menyebabkan kanker. Hal ini sudah pernah diuji pada tikus.

Di Eropa, senyawa ini bahkan sudah dilarang digunakan dalam komponen mainan anak. Apalagi untuk bahan makanan.

Meski begitu, sambung dia, kandungan protein beras yang mengandung plastik tersebut tercatat sangat tinggi, yakni 7, 38 persen untuk sampel satu dan sampel dua sebesar 7, 68 persen. Sumber

Quote:Quote:Update!!! Seperti Ini Gejala yang Dirasakan Setelah Memakan Beras Plastik
Quote:Mengerikan, Beras Plastik Sudah Beredar di Indonesia
Dewi Septiani membawa tampah berisi beras yang diduga terbuat dari plastik di Mutiara Gading Timur, Selasa (19/5/2015).

Quote:Salah seorang yang mengonsumsi bubur olahan beras yang diduga berbahan dasar plastik adalah Putri Novaliany (27). Dia adalah adik kandung Dewi Septiani (29), penjual bubur yang membeli beras sintetis tersebut.

Putri mengatakan, ada dampak yang dia rasakan setelah memakan semangkuk bubur yang berasal dari beras sintetis. "Saya sempat merasa mual, pusing, dan seperti ingin buang air terus," ujar Putri di warung yang berlokasi di Perumahan Mutiara Gading Timur, Bekasi Timur, Selasa (19/5/2015).

Putri mengatakan, bau bubur tersebut juga berbeda. Baunya seperti nasi yang sudah basi. Putri memakan bubur itu pada Senin (15/5/2015) pagi.

Ketika itu, dia sedang mempersiapkan dagangan. Meski bubur memiliki bau dan tekstur yang aneh, putri tetap menghabiskannya. Dia pun merasa mual-mual setelah memakan bubur tersebut.

Selain Putri, anak laki-lakinya, Sony Pratama (1,5), juga memakan nasi olahan beras sintetis itu. Sony memakan nasi tersebut dalam porsi yang lebih sedikit, dua hingga tiga suap saja. Itu pun karena Sony menolak nasi yang diberikan oleh ibunya.

Setelah itu, Putri mengatakan bahwa anaknya langsung rewel semalaman, dan perutnya kembung. Putri pun sampai harus memberikannya obat.

"Habis itu dia langsung kentut. Mungkin perutnya kayak kembung," ujar Putri. Selama ini, Putri memang kerap membantu Dewi memasak bubur untuk dijual.

Putri mengaku hafal bagaimana tekstur dan rasa beras yang dia racik bersama kakaknya. Dia pun yakin, ada hal aneh dari beras yang dibeli kakaknya itu.

Sebelumnya, Dewi mengaku membeli enam liter beras yang diduga bercampur dengan beras plastik. Beras tersebut dia beli di salah satu toko langganannya. Dewi memang biasa membeli beras dengan jenis yang sama di toko tersebut seharga Rp 8.000 per liter.

Keanehan dari beras tersebut dia rasakan setelah mengolahnya menjadi bubur. "Saya coba masak untuk dagang bubur, nah di situ ada keanehan. Biasanya, dimasak satu jam, nasinya sudah halus. Sekarang, setelah satu jam, butiran berasnya hanya membesar, tetapi enggak halus. Airnya di atas, berasnya di bawah," ujar Dewi. Sumber

Quote:Quote:Update!!! Video: Waspadai Beras Sintesis Berbahan Plastik
Quote:
youtube-thumbnail

youtube-thumbnail

Quote:Hadeh...ane ga habis pikir gan...kok tega-teganya ada yg membuat beras palsu dari plastik...lha kalo sampe dimakan kan bahaya tuh gan...ane ngajak gansis utk selalu waspada apabila mau beli beras...
Quote:JIKA TRIT INI BAGUS DAN BERMUTU...BANTU REKOMENDASI HOT THREAD YA GAN...BIAR BANYAK KASKUSER YANG IKUT AMBIL MANFAAT DARI TRIT INI...
Quote:Mampir ke trit ane yg lain:
Spoiler for Trit ane yg lain:

Quote:TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA
NANTIKAN TRIT ANE BERIKUTNYA
Quote:Berita Update!!!
Spoiler for Berita Update:

Mengerikan, Beras Plastik Sudah Beredar di Indonesia
Quote:Original Posted By Kidoyuki
gan itu katanya pabrik pembuatan biji plastik

baca aja komen2 di page merdeka situ

pekiwan gan supaya gak banyak yg terlalu phobiaa

Quote:Original Posted By arif.mhd
Duh TS tolol... itu video pembuatan pelet plastik buat diolah lagi bukan buat dijual. kalaupun itu produksi beras plastik,pabrik sebesar gitu mana mungkin ga ketauan kepolisian sana, apalagi itu udh masuk ke youtube. Coba cari keywordnya "plastic pelletizer machine"
Jadi TS jangan nyebarin berita ga bener! emoticon-army emoticon-army emoticon-Cape d... (S)

Quote:Original Posted By ElangRimba27
Ane kasih cara mudah bedain beras asli ama palsu, ane yakin ini baru ane yg tau, beras asli dimakanin ama semut n ada kutu berasnya, beras sintetis kutu beras ngga mau makannya. Page one yak TS

Quote:Original Posted By budikuncor
ngasal buat thread aja tanpa nunggu kepastian bener ato engganya neh isu , itu video khan aslinya tentang pembuatan biji plastik bukannya beras dan gitu yg bikin status aja ngawur "pagi ini 18 juni 2015 " perasaan baru bulan mei dah...kalopun nantinya berita ini benar terbukti tolong tidak melampirkan video yg tidak berhubungan dgn kasus ini , bs mencemarkan org2 yg ada di video tersebut lah , be smart people ok !

Quote:Original Posted By Arzal
Mending diteliti dulu itu beras nya.. Jangan ambil kesimpulan itu plastik, lagian video nya gak nyambung itu kan pabrik biji plastik bukan beras plastik... Be smart gan, hati-hati cerna berita zaman sekarang...

Quote:Original Posted By hadiyoga
Itu videonya hoax kok gan,soalnya itu proses pembuatan biji plastik buat diolah lagi di pabrik2 untuk bahan lain,lagian kalo beras plastik justru harganya lebih mahal dripada beras asli kok gan,dan kalo dimasak bakal keluar air,beda ama beras asli,kalo yg asli berasnya yg ngembang jadi nasi(bisa nyerap air)

Quote:Original Posted By watanabechan
berasnya emang engga bener itu,ngga tau dicampur apa, atau rusak

ini yang ane pasti tau aja,karena ane pernah ke pabrik yang kayak di youtube itu dan liat sendiri proses mesinnya
di youtube nya itu bukan bikin beras plastik
dan di video urutan proses mesinnya diacak
harusnya:
1.di tong besi besar itu tempat masuk bijih plastik ,kelaurnya di lubang bawah yang ada tangan orang korek2
2.ada orang masukin kayak mie putih, itu benang gagal produksi,makanya kriwil2, mau didaur ulang
3.keluar seperti lelehan lilin setelah lewat heater (yang pasti lebih panas dari suhu masak nasi/bubur)
4. ada benang panjang di parit isi air, itu lelehan ditarik jadi benang, sedang ditiriskan dengan media air
5.gulungan benang di ujung mesin (ini ngga ada di video)

jadi yang di youtube itu mesin bikin benang plastik. benangnya bisa jadi tali, bisa jadi benang layangan,dll

kalau pun itu beras campur plastik, cuma mungkin plastik jenis thermoplas.dan ini lebih mahal dari beras. juga kalo suhu ruang, pasti keras ngga bisa digigit

semoga membantu & koreksinya bila salah gan

Quote:Original Posted By xjapan
Sy agak ragu dengan video ini.
kemungkinan video ini adalah mesin recycle plastik.

Saya mencoba mencari di youtube, berikut link video untuk mesin recycle plastik:
youtube-thumbnail


ada kejanggalan ketika video pada harian terbit terpotong sesaat sebelum ditunjukkan hasil berupa biji2an seperti beras.

Yang menjadi pertanyaan saya:
Apakah bisa mesin recycle plastik bisa membuat beras plastik?
jika memang bisa, apakah hasilnya benar2 mirip dengan beras asli sehingga sulit untuk dibedakan?

Jika memang sulit dibedakan, apakah beras plastik tersebut ketika diolah bisa menjadi nasi? Karena rasanya dari bahan yg berbeda seharusnya tdk mungkin bs menjadi nasi dan ketika di makan seharusnya tidak mungkin rasanya seperti nasi sehingga seketika itu juga orang tidak akan memakannya?

Dari video harian terbit terlihat seolah2 pabrik cukup rapi dan tertata, sehingga saya melihat pabrik tsb cukup meyakinkan untuk produksi jangka panjang. Lalu untuk apa pabrik dibuat rapi jika hasil beras plastik gampang terdeteksi palsu, tentu saja tidak usah repot menata pabrik rapi karena dalam waktu dekat akan di datangi oleh pihak berwajib.

Jadi kesimpulan saya ketika melihat video tersebut saya meragukan kebenarannya.

Mungkin ada yg punya informasi mengenai hal ini? Mohon pencerahannya. Terima kasih

Quote:Original Posted By ramos sentra
Kl analisa ane sbg pedagang beras....
Yg si ibu beli tuh bkn beras plastik, kl diliat sekilas sih itu beras vietnam yg buat operasi pasar bulog kemarin
Pengecer byk yg jual beras itu buat tukang bubur/nasgor/ n kupat karena nasinya pera (ga pulen)
Selain itu ada juga beras pera lokal dengan selisih harga 1000/liter lebih mahal
Setau ane ga ada impor beras dr china baik pemerintah or swasta, terakhir kali ane liat beras impor china thn 1999 waktu jaman pa habibie
Karakter berasnya agak berbeda n harga nya lebih mahal dari vietnam n thailand

Feeling ane, sebelumnya ibu itu pake beras pera lokal cuma mungkin pedagangnya tawarkan beras pera yg agak murah so dia ambil yg agak murah
Salah satu kelebihan beras pera lokal nasi nya cpt matang, berbeda dgn pera vietnam ini
Dengan selisih 1rb/liter byk pedagang beli yg beras vietnam ini dengan resiko masaknya lebih lama 1-3 jam
Ane menduga komplain ibu itu bahwa bubur nya ga enak n ga matang2 mudah2an karena sebab ini bkn karena beras plastik china

Ane ikut penasaran tunggu hasil BPOM, mudah2 an beras plastik china ga pernah beredar di sini

Quote:Original Posted By motcom
mungkin itu beras buatan gan.bahannya dari broken rice/menir yang dihaluskan lagi trus dicetak jadi beras.pakai tepung jadi juga bisa.coba aja search articial rice di youtube bakal banyak pilihan mesin nya dari skala kecil ampe besar.mesin2 ini di indonesia juga udah banyak yang jual.harusnya beras ini dicampur ma beras biasa 10:90 biar ga kerasa beda banget ma konsumen.kalo lebih jelas nunggu hasil lab aja dah.kalo plastik kok terlalu ekstrim ya.

Quote:Original Posted By bullgonz
nyang begini nih... harus dicari sapa yg buat... sapa yg import... sapa yang jual... habis itu panggil media tv, koran, netizen dan disiarkan live seluruh indonesia... mereka yang curang itu disuruh makan beras yg mereka jual... mudah2an selamat, narkoba aja bisa digituin, kenapa ini ngga juga??? Gag usah pke hukum di pengadilan...

Mau ngomongin HAM??? Ngga liat apa yg udah diperbuat???

Hukum jera cocok, untuk saat ini...

--Salam Jari Tengah--

PageOne klo mau... udah mulai gerah gw... liat kelakuan orang2 dinegri ini... di diemin ngelunjak, ditegor paling nyaring, di hukum teriak HAM, maunya apa???

Quote:Original Posted By formosat
emoticon-Hoax emoticon-Hoax

Hoax gan...!!! menyesatkan

emoticon-Hoax emoticon-Hoax


mesin di video tsb tuh memang mesin pengolah plastik, mesin daur ulang plastik, hasilnya adalah bijih plastik yg bisa digunakan lagi utk bikin produk plastik baru berbahan daur ulang...

mengenai berita ttg beras mencurigakan, belum tentu itu beras plastik, mungkin memang beras jenis lain yg jelek. tapi tunggu aja info dari ylki....

emoticon-Hoax emoticon-Hoax emoticon-Hoax

Quote:Original Posted By maxbeat93
Menurut ane:
1. Kalo emang bener beras plastik, bukannya lebih mahal? Kalo dicampur sama beras asli mungkin juga jd lbh murah tp tetep aja harusnya ga banyak untungnya. Kalo emang bener2 ada yg ngoplos, uber aja harusnya. Nguber gembong narkoba aja ketemu masa tukang bikin beras plastik aja nggak ketemu. Semangat pak polisi! emoticon-army

2. Nonton komen2 yg ada di pejwan, kalo emang video2 yg dipake bahan itu cuma potongan2 yg dikumpul2in buat memperkuat isu aja, nah (ini cm prasangka ane yg plg buruk aja) kemaren diinget2 ada berita apa yg kira2 "hilang" abis muncul berita beras sintetis ini? Jangan jangan.... emoticon-Big Grin

Kadang kita terlalu sibuk merhatiin yg didepan mata kalo yg dibelakang udah ga keliatan emoticon-Big Grin

Semakin aneh aja dunia ini
Eleh pulau jawa lagi emoticon-Cape d... terlalu padet. Sempitnya lahan pekerjaan. Hooalah emoticon-Cape d...
Apa lagi ini gan...
yg bikin beras apa otaknya udah somplak..
Ampe beras aja dipalsuin emoticon-Cape d... (S)
Hadeh aneh-aneh aja zaman sekarang, mau makan pake apa lg entar klo beras diginiin
itulah akibat kita ga swasembada pangan emoticon-Malu (S)
semua2 import emoticon-Cape d... (S)

Update info!
yang jelas itu beras sintesis campuran bahan lain misal terigu (gandum) atau sagu yang diolah jadi seperti beras.
Makanya pas dimasak jadi seperti bubur dan lengket.

Bukan plastik karena coba aja masak plastik pasti meleleh dan ada warna hitam gosong, ga seperti pada gambar bubur.
gue dah nonton beritanya di tipi, yoi gan parah bener dah tuh negara,,,gak cuma hape yg di replika, tp beras jg emoticon-Hammer (S)
Bahaya juga beras cina dateng kemari .
Nanti tahu kw nyusul kayanya emoticon-Takut (S)
jadi ngeri gan kalo makan beras emoticon-Takut (S)
Untuk beras, keluarga ane punya sawah jadi bebas plastikemoticon-Takut (S)
dih udah pada gila nih dunia
beras aja dipalsuin
mngkin besok ada lagi pisang goreng palsu
astaga, lama lama phobia makan gan emoticon-Cape d... (S)
wah parah nih, kasian yang ga punya sawah bisa jadi was-was nih beli beras emoticon-Mewek
mungkin biar plastiknya di daur ulang di tubuh kita emoticon-Busa
Hbis sdah mkanan asli di negeri kita..
Beras dirumah hasil panen sendiri, gan. Jadi ngga terlalu waswas
Nice share
Serem gan beras kw emoticon-Takut
Numpang pejwan gan




emoticon-army PEJWAN CLOSE emoticon-army
Jangan2 tu beras buatan cina emoticon-Takut
×