alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5559c0db14088d701e8b456a/maaf-pak-negara-kita-ini--indonesia-bukan-jawa
Maaf Pak MENAG!! Negara Kita ini Indonesia Bukan Jawa
Baca Al Quran Langgam Jawa di Istana Bikin Heboh

WARTA KOTA, PALMERAH. Pembacaan Al Quran menggunakan langgam Jawa dalam peringatan Isra Miraj di Istana Negara masih terus menuai perdebatan dan kehebohan di media sosial. Para pemrotes menyatakan, pembacaan Ayat Suci seperti itu melanggar.

Akun Twitter @abdullahhaidir1 berpendapat: "Syiah anda izinkan bikin acara resmi di departemen anda, Alquran anda usulkan dibaca dengan langgam jawa.... trus apalagi? @lukmansaifuddin." Sebuah akun atas nama Ustadz Effendi yang kemudian di-share melalui grup whatsApp berpendapat bahwa kata Syekh Bashfar pembacaan Al Quran pada Jumat (15/5/2015) malam di depan Presiden Joko Widodo itu sudah keluar dari hukum tajwid pada sebagian lagunya. Sementara itu, akun @AyatAdinda berkicau: "Saat peringatan Isra' Mi'raj di Istana Negara semalam, Al-Quran dibacakn dgn langgam Jawa. Khazanah baru bagi Islam Indonesia #AyatAdinda." Seperti diketahui, pembacaan Ayat Suci dengan langgam Jawa itu dibacakan oleh qori Muhammad Yasser Arafat, dosen UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Dia membacakan Surah An Najm ayat 1-15.

Presiden Jokowi, para menteri Kabinet Kerja, pejabat negara dan tamu undangan negara sahabat menghadiri acara itu. Peringatan Isra Miraj dilakukan setiap tahun di Istana. Tapi, baru kali ini pembacaan Al Quran menggunakan langgam Jawa. Bagi yang menolak, mereka merujuk pada hadits Nabi saw yang diriwayatkan oleh imam Al Baihaqi dan imam At Tabharani -Rahimahumallah- yaitu:
"Bacalah Alquran sesuai dengan cara dan suara orang-orang Arab. Dan jauhilah olehmu cara baca orang-orang fasik dan berdosa besar. Maka sesungguhnya akan datang beberapa kaum setelahku melagukan al-Quran seperti nyanyian dan rahbaniah (membaca tanpa tadabbur) dan nyanyian. Suara mereka tidak dapat melewati tenggorokan mereka (tidak dapat meresap ke dalam hati). Hati mereka dan orang-orang yang simpati kepada mereka telah terfitnah (keluar dari jalan yang lurus)."
Namun, status hadits ini sampai kini masih dipertentangkan oleh para ulama.
Sumber

youtube-thumbnail




Beginilah Efeknya ( Ketentraman antara sesama jadi terganggu ) emoticon-Berduka (S)
Maaf Pak!! Negara Kita ini Indonesia Bukan Jawa



ane mejeng aja gan
belom tau mana yang bener dan salah..
maklum ane orangnyamesti banyak belajar hal yang beginian..
emoticon-Cool
ane nyimak skalian mejeng di pekwan aja de emoticon-Cool

soalnya ttg hal ini takut komen banyak2, ntar neng sarah dateng repot emoticon-Ngakak
ane ga mau ikut ikutan soal beginian takut ga kesampean otak ane emoticon-Cool
Ane gakbisa komeng macem2 Gan. Takut Salah emoticon-Takut (S) Nyimak aja deh. Sambil nunggu Komeng Kaskuser Lain.
Ente ada benernya juga sih gan
Wah gak ikutan ane
hm ada bnrnya jg c nih agan suatu acara kenegaraan sebaiknya pake bahasa nasional
Sara nih
kabur ahh
llz
emoticon-Blue Guy Bata (L)
Nyimak beroo emoticon-Bingung
Si jokotron lagi kah ?
Ane ijin minyak aje Gan..masih bingung juga yg bener mana yg gak bener.... Menunggu pencerahan Dr para sesepuh dulu deh emoticon-Smilie
Yakin gak tuh tajwidnya? ane seorang mantan santri yang insya allah suka membaca qur'an dulu di pesantren sih, mengkoreksi aja yaa..!!

"Kayaknya ngaco dah mainin harookat kaya gitu, kek sinden pula, nada begitu bukan nada islami, nada budaya yg dahulu bukan berasal dari agama islami deh kayaknya, kan indonesia awalnya bukan dari agama islam, melainkan..... , makanya tajwid dan harookat di jamin ada kesalahan karena faktor Murotal yg nge-blank !!"

Syukron lil i'laanat
menurut gw, bukan masalah jawa atau mau pakai suku yg lain".
Baca alquran ya harus dengan cara yg benar, tajwid yg benar, gak usah sok"an. lu mau pakai bahasa apa aja saat mau bicara, pidato atau saat koar" , jg gak masapah, tapi please. Jangan saat baca alquran.
Kalau ada yg hububgin ini dengan masalah kesukuan, its absolut stupid, ini adalah soal tata cara beragama emoticon-Smilie
Dosennya stupid juga emoticon-Smilie
Menurut ane sih gak semestinya agama dicampur sama budaya cmiiw emoticon-Blue Guy Peace
Quote:Original Posted By krnwn_indigo
menurut gw, bukan masalah jawa atau mau pakai suku yg lain".
Baca alquran ya harus dengan cara yg benar, tajwid yg benar, gak usah sok"an. lu mau pakai bahasa apa aja saat mau bicara, pidato atau saat koar" , jg gak masapah, tapi please. Jangan saat baca alquran.
Kalau ada yg hububgin ini dengan masalah kesukuan, its absolut stupid, ini adalah soal tata cara beragama emoticon-Smilie
Dosennya stupid juga emoticon-Smilie

yg ini ane setuju bgt gan emoticon-Shakehand2
Ane nyimak aja deh,takut salah komen
Jadi kayak Qiro'ah tp pake nada khas jawa
Yaa sama kayak sholat bacaannya diganti b. Indo semua.. Presiden kita kan suka yg anti mainstream.. Saya org bodoh yg selalu gak bs ngerti ama pikiran presiden kita itu.. Mgkin bener kalo disebut nabi baru.. MUNGKIN