alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5559b95532e2e6de358b456b/8-gugatan-nasabah-bank-yang-dimenangkan-di-pengadilan
Thumbs up 
8 Gugatan Nasabah Bank yang Dimenangkan di Pengadilan
Quote: emoticon-Selamat Selamat datang di thread Agus! emoticon-Selamat

Banyak orang yang ngerasa dirugikan oleh pihak bank dalam suatu masalah, seperti penarikan tagihan kartu kredit untuk transaksi yang gak pernah dilakukan. Yang ane sayangkan, banyak yang gak berani menggugat. Alasannya sih klise 'Ah, mana bisa menang melawan bank?' Nah di thread ini ane ingin berbagi kisah 8 gugatan nasabah bank yang dimenangkan di pengadilan, sebagai bukti: nasabah juga punya hak! Selamat membaca emoticon-Blue Guy Peace

Jangan lupa rate 5 nya kalau berkenan, agar thread ini terang-benderang emoticon-Big Grin



8 Gugatan Nasabah Bank yang Dimenangkan di Pengadilan
Jawabannya! Bisa, asal ngegugatnya ga asal! Kalau yakin bener, ya ga usah takut!

Jangan berkecil hati bila dirugikan oleh pihak bank. Konsumen juga punya hak untuk melawan kalau memang pihak bank yang salah! Nih buktinya:

8 Gugatan Nasabah Bank yang Dimenangkan
Sumber:blog.duitpintar.com

1. Dadang Achmad
8 Gugatan Nasabah Bank yang Dimenangkan di Pengadilan

Dadang adalah contoh konsumen kritis yang layak jadi panutan kita semua. Gak tanggung-tanggung, ketika terbelit kasus kredit macet, Dadang berani menantang Undang-Undang Perbankan Syariah, yang dinilainya membingungkan sekaligus menyulitkan kosumen! Simak lengkapnya:
Spoiler for :


2. Kemala Atmojo
8 Gugatan Nasabah Bank yang Dimenangkan di Pengadilan

Masalah Kemala keliatan sepele. Dia gagal menarik uang dari ATM sebesar Rp 1,25 juta, tapi di buku rekeningnya ada catatan penarikan. Setelah komplain tak digubris, dia pun mengajukan gugatan ke bank terkait. Hasilnya? Pihak bank mengganti rugi Rp 1,25 juta (materiil) dan Rp 500 juta (immateriil)! Simak nih kisahnya:

Spoiler for :


3. Johanna Susyanti
8 Gugatan Nasabah Bank yang Dimenangkan di Pengadilan

Ketika uang jutaan rupiah raib dari rekeningnya karena ketidakamanan elektronik dari bank, wanita ini gak diam saja bergalau ria. Dia langsung ambil tindakan dan meminta pihak bank bertanggung jawab atas kerugian yang dideritanya. Lewat pengadilan, uang Johanna yang raib pun dikembalikan oleh bank. Simak ceritanya:

Spoiler for :


4. Sutrisno
8 Gugatan Nasabah Bank yang Dimenangkan di Pengadilan

Sutrisno gak pernah punya kartu kredit tapi menerima tagihan sebesar Rp 8 juta! emoticon-Hammer (S) Nah lhooo...otomatis dia gak terima dan menggugat pihak bank terkait ke pengadilan. Hasilnya? Sutrisno menerima ganti rugi Rp 100 juta dari pihak bank! Nih kisahnya:

Spoiler for :


5. Syamsimar
8 Gugatan Nasabah Bank yang Dimenangkan di Pengadilan

Syamsimar dituntut melunasi kredit suaminya yang baru meninggal, padahal almarhum suaminya sudah punya asuransi kredit. Asuransi kredit ini mestinya dapat melunasi kredit ketika sang suami meninggal. Makanya wanita tangguh ini gak terima dan tetap membawa kasus ke pengadilan. Syamsimar pun berhasil menyelamatkan dirinya dari beban utang yang ga seharusnya ia tanggung! Simak nih ceritanya:

Spoiler for :


6. Victoria S.B.
8 Gugatan Nasabah Bank yang Dimenangkan di Pengadilan

Dapat ancaman dari debt collector? Ikutin nih jejak Victoria. Tahun 2014, dia menggugat pihak bank karena gangguan debt collector yang gak hanya mengancam, tapi juga mempermalukannya! Berkat gugatannya pihak bank divonis untuk membayar ganti rugi Rp 1 milyar!

Spoiler for :


7. Hagus Suanto
8 Gugatan Nasabah Bank yang Dimenangkan di Pengadilan

Ketangguhan nasabah ini patut diacungi jempol! Tahun 2011 Hagus berani menggugat dua bank sekaligus tanpa bantuan pengacara. Gugatannya kayaknya sepele, cuma soal biaya transaksi sebesar Rp 5 ribu per bulan.Tapi dia tidak terima, karena bagaimanapun juga penarikan biaya tersebut melanggar hukum! Waaah...seperti apa tuh ceritanya? Simak nih:

Spoiler for :


8. Class Action
8 Gugatan Nasabah Bank yang Dimenangkan di Pengadilan

Cerita yang satu ini sangat menginspirasi. Pasalnya dalam sejarah gugatan perbankan hingga 2015, baru sekali ini class action nasabah bank menang di pengadilan! Bagi yang belum tahu, class action adalah gugatan hukum yang dilakukan secara bersama-sama oleh masyarakat. Dalam kasus yang satu ini yang menggugat adalah 616 nasabah bank di Garut yang uang tabungan dan depositonya gak jelas kabar beritanya. Bank divonis bersalah dan uang mereka plus bunganya pun harus dikembalikan oleh bank. Nih cerita lengkapnya:

Spoiler for :


Akhir Kata

Quote:Nah itulah 8 kasus nasabah yang gugatannya dimenangkan pengadilan. Ini bukan berarti tiap kali ada masalah sama bank langsung main gugat aja ya! Lagian proses pengadilan itu melelahkan. Beberapa pesan Agus:

1. Jika Komplain ke Pihak Bank Gak Digubris Coba Mengadu ke YLKI atau OJK. Sebelum ke pengadilan kita bisa mengadu ke Yayasan Layanan Konsumen Indonesia atau Otoritas Jasa Keuangan bila dirugikan pihak bank. Tahapan-tahapannya di bahas di sini.

2. Kalau Kelilit Utang, Bisa Minta Mediasi Bank Indonesia. Bank Indonesia menyediakan mediasi buat yang mengalami kredit macet. Langkah ini bisa diambil bila negosiasi dengan pihak bank mentok. Mediasi bisa mencegah agar kasus kesulitan bayar kredit gak meluas, dan agan bisa membayar utang dengan lebih tenang.

3. Banyak Baca Deh!!!! Kayaknya basi ya poin ini. Tapi nyatanya penting banget. Sering kali kerugian diakibatkan karena nasabah juga ga teliti membaca ketentuan dari pihak bank sebelum tanda tangan perjanjian untuk pinjaman atau kartu kredit, atau lainnya. Selain itu juga, udah saatnya kita lebih aware soal hak-hak yang melindungi kita sebagai konsumen, dan ke mana konsumen harus berpaling kalau ada masalah. Intinya: Membaca itu penting banget kalau ga mau jadi orang tertindas!!

Quote:Jangan Takut Bela Kebenaran!
8 Gugatan Nasabah Bank yang Dimenangkan di Pengadilan


Jangan lupa share ke teman-teman ya. Lumayan tuh FB, Twitter dijadikan media untuk menyebarkan info berguna, ketimbang dipakai bergalau ria aja hehehe Di tunggu komennya...


Aguss....OUT emoticon-Ngacir2







Ane ga pernah nih ikutin berita ginian..
tapi boleh juga gan untuk pengetahuan ane nih
emoticon-2 Jempol
menggugat bank, kl bkn orang prioritas, spt tikus mengejar kucing.
disini saya berhak!
harusnya nasabah juga bisa memperjuangkan haknya emoticon-Jempol
8 Gugatan Nasabah Bank yang Dimenangkan di Pengadilan


Flash Gadget Store
Jln. Moses Gatotkaca no 57-58 Yk
0274-549764
www.flashgadgetstore.com
gua demen trit begnian nih..
thanks gan tritnya bagus..
nice thread..
Quote:Original Posted By ularpiton
Ane ga pernah nih ikutin berita ginian..
tapi boleh juga gan untuk pengetahuan ane nih
emoticon-2 Jempol


Inilah yang ane demen dari kaskus. Kita bisa saling mencerahkan dan memperkaya pengetahuan. Salam kenal Gan!

Quote:Original Posted By luce.slmgntng
menggugat bank, kl bkn orang prioritas, spt tikus mengejar kucing.


Meski ga mudah, siapa pun bisa menggugat bank, asalkan tahu ke mana cari perlindungan sebagai konsumen. Menulis surat pembaca juga jadi cara yang ampuh, agar permasalahan yang dialami nasabah lebih tersorot.

Tapi menggugat ke pengadilan, kalau menurut ane hanya lah jalan terakhir kalau memang sudah penyelesaian secara bersahabat gak bisa ditempuh lagi.

Quote:Original Posted By eltasiki
disini saya berhak!
harusnya nasabah juga bisa memperjuangkan haknya emoticon-Jempol


Nah semangat begini nih yang ane demen! emoticon-Shakehand2
Banyak yg gak berani, karna merasa sdh pasti kalah.
Soalnya kalah uang emoticon-Sorry
wah mantap gan
ane jadi tau
keren, terima kasih infonya.
cek kulkas ya gan emoticon-Smilie
selama bener kenapa takut
kalau menggugat, mainnya udah pengacara. sanggup bayar pengacara berapa? jadi tambah keluar kocek gan emoticon-Frown
ane boro boro ngegugat bank punya duit aja jarang emoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By luce.slmgntng
kalau menggugat, mainnya udah pengacara. sanggup bayar pengacara berapa? jadi tambah keluar kocek gan emoticon-Frown


Ane bukan ahli hukum, tapi kalau masalah sudah parah dan hak kita dilanggar yang ane tahu kita bisa maju ke lembaga bantuan hukum agar.

Langkah pertama yang paling disarankan sih jelas mengadu dulu ke YLKI atau OJK untuk dapat perlindungan sebagai konsumen. Layanan ini gratis, dan segala aspek hukum akan dilihat oleh mereka.

Kalau udah pede dengan pengetahuan soal hukum, bisa juga tuh mengikut jejak hagus yang menggugat tanpa pencara. Kalo ane sendiri sih kayaknya belum cukup pinter hukum deh buat bisa kayak dia. Hehe emoticon-Blue Guy Peace
Quote:Original Posted By agus.duitpintar


Ane bukan ahli hukum, tapi kalau masalah sudah parah dan hak kita dilanggar yang ane tahu kita bisa maju ke lembaga bantuan hukum agar.

Langkah pertama yang paling disarankan sih jelas mengadu dulu ke YLKI atau OJK untuk dapat perlindungan sebagai konsumen. Layanan ini gratis, dan segala aspek hukum akan dilihat oleh mereka.

Kalau udah pede dengan pengetahuan soal hukum, bisa juga tuh mengikut jejak hagus yang menggugat tanpa pencara. Kalo ane sendiri sih kayaknya belum cukup pinter hukum deh buat bisa kayak dia. Hehe emoticon-Blue Guy Peace


ane pernah denger cerita kenalan ane ke LBH (Lembaga Bantuan Hukum)... yg katanya gratis. cm ya... tetep aja ada yg di perlukan pemulusnya, kalo gak ya mereka kan kasihan jg yg kerja langsung di lapangannya. lemes.

jadi ujung2nya kita mundur2 jg.

kl ke pengacara, hmmm.... berdasar cerita banyak temen2 ane yg kena masalah, pendapat mereka: "mending gak usah ke pengacara, mending gak usah kena masalah dah" emoticon-Peace

bener2 nguras waktu, tenaga, pikiran, dan.. tentunya uang kita terkuras.... emoticon-Cape d... (S)
cm ya semoga ada yg dimudahkan urusannya. cz ini temen2 ane mungkin jarang yd dimudahkan urusannya. emoticon-Cape d... (S)
Ane pernah kesedot duit 1 juta di mesin setor bii. Tp krn kurang bukti akhirnya ane relain aja tu duit diembat pihak bank. Ane pernah bikin tritnya http://m.kaskus.co.id/thread/538346e0cc07e7c5768b4685/uang-1-juta-tertelan-mesin-setor-tunai-bii
Kbykan ga pede krn merasa kecil jika yg di gugat itu udah pihak yg gede spt bank emoticon-Hammer2
tadi gw baca juga ada nasabah yang kehilangan duit 1jt
wah mayan juga tuh dapat 500 juta gan emoticon-Matabelo