alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5559530f128b46786a8b4578/ini-dia-9-alasan-orang-selfie-yang-gak-ada-hubungannya-dengan-narsisme
Ini DIa 9 Alasan Orang Selfie yang Gak Ada Hubungannya Dengan Narsisme
Ini DIa 9 Alasan Orang Selfie yang Gak Ada Hubungannya Dengan Narsisme

Selfie?, kata selfie sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang. Apalagi bagi para pengguna media sosial, sering sekali dijumpai mereka mengupload foto selfie mereka ke media sosial ataupun memasangnya sebagai DP (Display Picture) di hp mereka. Tapi taukah kalau ternyata selfie ada sisi positif dan negatifnya?. Yuk cari tau disini apa saja itu:

Sisi Positif Selfie, Eksplorasi Diri

Self image atau yang dikenal sebagai selfie biasanya dilakukan oleh seseorang untuk mendefinisikan dirinya sendiri dalam bentuk foto dan memberitahukannya kepada orang lain. Karena orang tersebut membutuhkan persepsi, pertimbangan (judgement) dan penilaian (appraisal) orang lain dalam mengembakan karakter sosial kita.

Sementara itu menurut Pamela Rutledge, Direktur Media Psychology Research Center Adjunct Faculty, Massachusetts School of Professional Psychology and Fielding Graduate University, berpendapat bahwa terdapat Sembilan alasan melakukan selfie yang tidak berhubungan dengan narsisme.

Quote:Quote:1. Selfie mempermudah (facilate) diri dalam mengeksplorasi identitas diri.
Salah satu cara yang paling efektif untuk mengenal diri kita sendiri adalah dengan cara melihat diri kita melalui bagaimana orang lain memandang kita.


Quote:Quote:2. Selfie mengidentifikasikan gairah atau minat yang memperkuat identitas sosial kita.
Misalnya foto selfie yang sedang mengenakan kostum olahraga klub tertentu.


Quote:Quote:3. Selfie dilakukan terkait konteks bukan karena “keakuan”.
Misalnya ekspresi artistic dalam fashion dan teknik fotografi.


Quote:Quote:4. Selfie sebagai bentuk pertanyaan untuk mendapatkan respon (feedback) dari orang lain.
Misalnya “Kamu suka pakaian yang sedang kupakai ini?”
.


Quote:Quote:5. Selfie bukan semata-mata hanya untuk mendapatkan persetujuan atau pengesahan (validasi).
Cukup sering kita mendengar bahwa selfie bertujuan untuk memperoleh persetujuan (approval). Kita semua meminta persetujuan. Sebagai makhluk sosial, kita membutuhkan koneksi dan validasi sosial. Kita ingin dianggap bernilai, diapresiasi, dan menjadi bagian grup yang kita anggap penting.

Quote:Quote:6. Selfie memiliki banyak makna.
Melalui selfie, kita sebagai pengamat akan mencari makna dibalik foto selfie tersebut mencari apa yang sebenarnya hendak diperlihatkan.


Quote:Quote:7. Selfie lebih terasa nyata dari pada potret tradisional.
Selfie adalah satu kebiasaan selebritis, sebagai bentuk usaha mendekatkan dirinya dengan fansnya, karena selfie lebih bersifat intim dan personal.


Quote:Quote:8. Selfie sebagai usaha untuk menormalkan citra diri.
Hal ini biasanya berlaku pada tokoh-tokoh terkenal atau selebritis, dimana foto-foto mereka di media massa seringkali terlihat “jaim” (jaga imej), cantik, gagah dan sebagainya. Hal ini menimbulkan anggapan sebagian orang bahwa mereka mengidap narsis. Karena foto-foto itu hasil rekayasa atau settingan. Untuk menormalisasi anggapan ini, mereka pun membuat foto selfie yang memperlihatkan diri mereka apa adanya, atau diri mereka dalam kehidupan sehari-hari.


Quote:Quote:9. Selfie menawarkan pelakunya untuk menarasikan hidupnya melalui gambar-gambar.
Foto diri saat terlihat cantik, jelek, muda, tua, bersedih, galau, gembira, bahagia dan sebagainya. Sebagai bentuk usaha untuk “mengabadikan” peristiwa-peristiwa yang dialami, perjalanan hidup yang telah dilalui, hingga pada suatu saat, ketika kita melihat foto-foto selfie itu kembali, mungkin kita bisa menemukan sesuatu atau hikmah, yang tidak kita peroleh saat peristiwa-peristiwa itu berlangsung.


Sisi Negatif Selfie, Narsisme Waduhh emoticon-Cape d... ada Sisi negatif nya Segala emoticon-Matabelo emoticon-Cape d...
Salah satu hasil penelitian menemukan bahwa foto selfie yang terlalu sering di-share melalui media online, namun yang mengindikasikan narsisme bisa berdampak negative bagi hubungan sosial dalam pernikahan, pertemanan dan pekerjaan.
Dari hasil studi yang lain, ditemukan bahwa perempuan lebih cenderung membagikan (sharing) foto selfie daripada laki-laki sebagai akibat dari cultural fixation dan penampilan perempuan. Hasil studi ini menyimpulkanbahwa perempuan yang menilai dirinya berdasarkan penampilan atau penampilan orang lain cenderung membagikan foto selfie-nya secara online, namun ironisnya aktivitas ini tidak berpengaruh secara signifikan dalam peningkatan harga dirinya (self esteem).
Dari penjelasan diatas kita jadi tahu bahwa ada manfaat dan kerugian selfie. Tapi semua kembali kepada diri sendiri.
Semoga info tersebut bermanfaat

Quote:Quote:Sumber
LaphotoCelebre
gk nyangka klo si9 selfie bakalan setenar ini,,,gimana orang yang punya nama ini ya,,emoticon-Ngakak (S)
haha, narsismme tetep gan emoticon-Big Grin
kalo narsisme tetep ada lah tp mungkin nggak over emoticon-Kaskus Lovers

kalo ane tergantung sikon gan emoticon-Hammer (S)




emoticon-Angel
-BANGSAD ANGEL-
Nyimak dulu gan
beruntunglah si selfie... ternyata dia ada manfaatnya...
Loh... Eh...
itu cuma kerjaan anak2 alay bray emoticon-DP
bukan gua
selfie sekarang jadi kebutuhan wajib emoticon-Big Grin
biarpun ane ganteng emoticon-Cool emoticon-DP males banget selfie gan, alay gan emoticon-Betty
Banyak cewek yg minta selfie sama ane tapi apa daya ane alergi kamera gan emoticon-Ngakak
Kalo belum selfie, ibarat suami yang diambekin bini. Gak dikasih jatah
selpi biasa aja sih