alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55591b70162ec23e7f8b4587/jalan-raya-kita-memang-dibuat-untuk-rusak
Jalan Raya Kita Memang Dibuat Untuk Rusak
Assalamualaikum Agan dan sista Sekalian, ane mau kasih sedikit info nih, semoga bermanfaat, dan harap disimak emoticon-Ngakak

Quote:

Jalan Raya Kita Memang Dibuat Untuk Rusak



Kesal dengan kondisi jalan raya di Indonesia yang rusak dimana-mana? Jangankan di jalan perkampungan atau jalan-jalan kecil, di jalan tol yang seharusnya mulus pun banyak yang bolong dan “jerawatan”. Sekarang, pengguna jalan tol “ikhlas” membayar uang tol bukan untuk mendapatkan kelancaran jalan, namun semata-mata untuk menghindari motor yang kian hari kian ugal-ugalan. Saya pengguna kendaraan roda empat dan juga roda dua, jadi sangat paham dengan kenyataan ini.

Ada yang menarik, sekaligus menyedihkan, yang tidak banyak diketahui tentang kenapa jalan-jalan raya di Indonesia banyak yang rusak. Penyebabnya ternyata bikin dada sesak, sekaligus geram pada pejabat-pejabat sektor pekerjaan umum dan yang terkait.

Kisahnya berawal dari obrolan santai tentang suatu proyek film dan novel dengan seorang pengusaha papan atas negeri ini di kantornya suatu siang di Jakarta Selatan. Pengusaha yang usianya masih muda ini sudah enam tahun bersahabat dengan penulis. Dia putera seorang konglomerat yang juga putera mahkota bagi imperium bisnis ayahnya yang sejak zaman Suharto sudah malang-melintang di dunia bisnis nasional.

Ketika obrolan sampai kepada hak paten dan banyaknya putera-puteri Indonesia yang cerdas dan menemukan sesuatu yang diakui dunia, dia dengan ekspresif bercerita soal seorang profesor yang pernah bekerjasama dengannya namun putus di tengah jalan.

“Dia seorang profesor dari Nusa Tenggara Barat. Namanya Prof Mkh (sengaja namanya disini disamarkan). Dia telah menemukan satu formula yang mampu memperkuat aspal sehingga aspal itu akan menjadi sangat kuat, walau diterpa hujan, banjir, panas-dingin, dan sebagainya. Suatu hari dia pergi ke seorang pejabat yang berpengaruh di instansi pekerjaan umum pusat untuk menawarkan formulanya ini. Namun pejabat tersebut menolaknya. Prof Mkh ini tidak putus semangat, dia terus mengontak para pejabat pekerjaan umum yang lainnya namun selalu saja ditolak. Akhirnya Prof Mkh berkesimpulan jika jalan raya di Indonesia memang sengaja dibuat untuk rusak, agar para pejabat tersebut setiap tahun punya proyek dan tentu saja bisa menilep anggarannya… Formula hebat Prof Mkh itu kemudian dibeli oleh Jerman dan dipatenkan disana.”

Inilah kisah di balik kenapa jalan-jalan raya, termasuk tol, di Indonesia selalu saja rusak. Kerusakan jalan di negeri ini adalah “berkah” (yang tidak halal) bagi para pejabatnya, proyek abadi setiap tahun, dan berarti pemasukan uang panas abadi sepanjang tahun ke kantungnya sendiri. Gilanya lagi, di mana-mana proyek perbaikan jalan selalu saja dilakukan menjelang musim hujan, perhatikan saja setiap tahun, sehingga belum lagi aspalnya kering, hujan sudah mengguyurnya, disertai banjir, dan rusaklah kembali jalan-jalan raya itu.

Lagi-lagi perilaku korup para pejabat negeri inilah yang telah mengakibatkan tewasnya banyak orang di jalanan selama ini. Sedih, memang. Tapi faktanya memang demikian.


Semoga Bermanfaat Gan

Spoiler for Sumber:


Spoiler for Harap Dibaca :


Wassalamualaikum emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2
Maklum gan. Itu ladang mereka cari nafkah. Sing waras ngalah karo nrimo ae.
miris sekali mengetahui fakta ini,
fasilitas umum yg vital ini sudah seharusnya di buat secara sempurna, jangan malah di bikin buat objekan para koruptor
emoticon-cystg
buru2 boleh, asal tetep hati2 dan waspada
Bukan masalah itu juga gan. Kadang warga itu ngerusak jalan juga. Biar kecipratan duit. (Terjadi di lingkungan ane emoticon-Mad)
proyek abadi gan emoticon-DP apalagi jalan pantura tuh tiap tahun pas mau lebaran
memang biar biaya buat perbaikan bisa keluar lagi buat di korup lagi
kadang gw juga sering bingung.

kualitas aspalnya yang jelek ato kendaraannya terlalu banyak yang melintas ya? emoticon-Bingung (S)
kayanya hampir disemua tempat si kaya gitu, ada aja jebmen lobang. emoticon-No Hope
kayaknya sih kualitas aspalnya gan. sama kontur tanahnya juga. harusnya itu tanahnya juga dibenerin di tempat yg mau diaspal.
cendolnya gaaaan~
Quote:Original Posted By rendew.store
proyek abadi gan emoticon-DP apalagi jalan pantura tuh tiap tahun pas mau lebaran


Kalo pantura wajar sih,lu gak liat yang lewat kendaraan di pantura kaya apa ?
potret pejabat di indonesia
Hampir setiap desa dan kota di Indonesia seperti itu.
Sekarang tergantung pemerintah pusat dan daerahnya saja
Kalau dalam konteks desa dan kota pemerintàh daerah lah yang bertanggung jawab.
Heran, duit pada dikemanain ya?
Pemerintah itu bergerak kalau ada anggaran emoticon-Cape d... (S)
lah liat aja pantura aspalnya aja tiap kali aspal bekas
sebenarnya anggaran yang digelontorkan pemerintah sangat besar dengan kontrak kwalitas jalan dengan mutu baik
kongkalikong sangat nyata, dari dinas udah dipotong itu duit , lanjut ke kontraktor udah di potong lagi, di lapangan apalagi
mutu aspal bisa dikurangi seenak jidat , pengawas dinas terkait dikasih duit udah diem lah
emoticon-Ngakak (S) dan ente tau klo pemeriksaan laboratorium tentang mutu aspal bisa diganti ganti tuh hasilnya tinggal bayar 30 jeti sekali test berat jenis
bukan menjadi rahasia umum lg gan
pejabat korup biangnya bre

emoticon-Cape deeehh
Banyak kepentingan gan, selama ide/penemuan tidak mengganggu kepentingan ya pasti didukung.
KAlau mau kasi alternatif penghasilan lainnya kalau jalan selalu kuat dan ga perlu proyek perbaikan lagi.

Ga usah jauh2, tukang tambal ban juga banyak yang nyebar paku untuk kepentingannya. Dia tentu lebih seneng banyak jalan berlubang dan rusak.

Sama kasusnya seperti projek passport online yang rame kemarin, banyak tu yg keganggu dan dendam tu.
Karena yang bergereak wakil menteri ya jalan, itulah pentingnya naruh menteri dan pejabat2 penting di kementerian / lembaga.
kl kagak rusak gak ada project lg gan. tutup page one
truk nya jg suka kelebihan muatan
pabrik spare part nya jg biar lebih laris gan
kendaraan cepet rusak, bengkel laris, sparepart abiiss