alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5558622f582b2e89608b4569/kumpulan-foto-evakuasi-pendaki-jatuh-ke-kawah-merapi
icon-hot-thread
Kumpulan Foto Evakuasi Pendaki Jatuh ke Kawah Merapi
UPDATE:
TANGGAL 19-5-2015
Quote:Original Posted By koruptor.kaskus
#pukul 12.29 Wib via CCTV Pasar Bubrah
Kumpulan Foto Evakuasi Pendaki Jatuh ke Kawah Merapi
evakuasi turun gunung Eri Yunanto


Foto jasad korban ane ada cuman ane menghormati jadi tidak dipublish. terimakasih

Spoiler for selesai:


TANGGAL 18-5-2015
Spoiler for INFO SUDAH DIEVAKUASI VIA TWITTER @JOGJA24JAM NAMUN BELUM PASTI KRN MASIH MENUNGGU INFO ADMIN AKUN PASAGMERAPI:


#pukul 18.00 Wib
Quote:
Pendaki atas nama Erri Yunanto ditemukan dalam kondisi sudah tak bernyawa di dalam kawah sekitar 80 meter dari bibir kawah.

"Korban sudah kita temukan dalam kondisi meninggal," kata Humas SAR DIY, Daru Supriyono, Senin 18 Mei 2015.

Tim SAR baru berhasil mengevakuasi jasad Erri sejauh 30 meter dari lokasi ditemukan.

"Sudah kita evakuasi dan kini jasad sudah berada di tempat aman tapi masih di dalam kawah," kata Daru.

Tim SAR tidak dapat mengevakuasi jasad Erri hingga ke bibir kawah karena kondisi alam sudah tidak memungkinkan dan membahayakan tim vertical rescue.

"Evakuasi kita hentikan sementara sekitar pukul 18.00 WIB dan akan kita lanjutkan kembali besok pada sekitar pukul 06.00 WIB," jelasnya.


Diterjunkan 150-an personel untuk proses evakuasi. Korban berada pada dasar kawah (kawah kering) sekitar 300m dari puncak dengan prediksi suhu sekitar kawah 140 derajat celcius (suhu kawah lbh dari 400 derajat celcius). Kendala utama yakni angin,kabut dan gas beracun CO, H2S, dan CO2. Pesan dari Mbah Rono selaku pengampu yakni yang terpenting adalah si penolong, keselamatan penolong nomor satu. Hingga siang ini proses masih berjalan.

via twitter BPPTKG ‏@BPPTKG
11.31 Wib via tim evakuasi di kawah #Merapi Suhu di rekahan kubah berkisar antara 146 - 152 derajat dekat korban 146 - 152 derajat celcius

Teman pendaki bernama Dicky yang sempat memfotokan saat di atas tebing dan melihat dengan mata kepala sendiri pendaki jatuh sampai saat ini masih berada di basecamp pendakian dan shock

TANGGAL 17-5-2015
Pukul 14.00 siang (17 Mei 2015) pendaki sudah terlihat di bawah kawah sekitar 300m ketinggiannya dari puncak namun belum bisa dievakuasi. Proses evakuasi dilanjutkan pkl 8.00-12.00 Wib besok (18 Mei 2015). Dikerahkan seratus lebih personel dan para relawan serta alat-alat yang bisa membantu spt Drone, dan peralatan climbing.

Pada tanggal 16 Mei 2015 tepatnya pada siang hari seorang pendaki jatuh ke kawah Merapi. Pendaki tersebut bernama Eri Yunanto (21 tahun) adalah seorang mahasiswa jurusan teknik industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

KRONOLOGI
#Pendaki ditengarai telah berfoto selfie pada puncak Merapi tepatnya pada sisi tebing curam, kemudian terpleset dan jatuh ke kawah Merapi, jatuh ke bawah.

#Pada saat itu pendakian Gunung Merapi sedang ramai karena weekday.

#Pendaki tersebut sempat berteriak minta tolong.

#Ada lima orang teman pendaki yang setelah peristiwa tersebut langsung turun ke bawah menuju basecamp dan melaporkan kejadian tersebut.

#Tim SAR dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali bersama para relawan berpengalaman langsung naik melakukan proses pencarian dan evakuasi

#Hinggal tanggal 17 Mei 2015 masih dilakukan proses pencarian/evakuasi dengan melibatkan ratusan orang

#Pendakian Gunung Merapi saat ini ditutup sementara guna memperlancar proses evakuasi

Quote:Esti, kerabat keluarga Erri menceritakan, tiga hari menjelang Erri ke Gunung Merapi, Erri minta tidur dikeloni sang Bunda.

"Kata ibunya tidak ada ada firasat apapun. Tapi, tiga hari sebelum naik gunung dia minta dikeloni ibunya. Selain itu saat mau berangkat minta dibawakan masakan matang, katanya agar sampai atas bisa langsung makan bersama teman-temannya," kata Esti Ashadi, kerabat keluarga saat ditemui di kediaman di Dusun Biru, Trihanggo, Gamping, Sleman, Senin 18 Mei 2015.


Spoiler for buka:


Spoiler for buka:


Spoiler for buka:


Spoiler for buka:


Spoiler for buka:


Spoiler for buka:


Spoiler for buka:


Spoiler for buka:


via INFOPENDAKI.COM
Spoiler for buka:


Spoiler for tim SAR turun ke kawah:


Spoiler for NGERI:


Spoiler for tubuh pendaki sdh ditemukan tp blm bisa dievakuasi:


Spoiler for ramainya saat itu:


Spoiler for SAR di pasar bubrah:


Quote:Original Posted By aryakekek
anak panah, posisi lokasi foto terakhir korban...

Spoiler for puncak garuda:


Quote:Original Posted By newvikers ►
Kejadiannya pas ane di Merapi nih, tapi siangnya.
.
ane naek ja 11 siang, nah korban jatuh jam segitu,
di perjalanan ada yg ngasi tau kalo ada yang jatuh ke kawah,
tapi info saat itu masih simpang siur karena sedikit yang tau (mungkin temen2nya lgsung lapor tanpa ngasih tau orang2)
.
skip2 di perjalanan gak ada yg aneh,
ane sampe puncak merapi jam 4 sore pas, gak ada yang aneh disana
gak ada yg ngasih tau juga kalo ada survivor dibawah kawah sana.
cuma foto2 di pinggiran doang gak berani naek ke batu2.
jam setengah 5 pas ane turun ke bawah.
jam 8 sampe basecampe baru tau kalo pendakian ditutup karena ada musibah tadi.
.
dari perjalanan naik sampe turun cuma 1 kelompok yang tau ada yg jatuh.
sisanya simpang siur sampe ane pastiin di basecamp.

PESAN:
Jangan macem2 di alam, apalagi cuma pengen keren2an di instagram tapi maut resikonya.
Yang penting sudah sampe puncak alhamdulillah, naik utuh, kembali ke rumah utuh dan selamat itulah intinya.
Turut berduka cita buat korban emoticon-rose
Blm ketemu ya gan?
wis mantep itu emoticon-Matabelo
naik ke situ?
berani bener tuh

emoticon-Takut
ati ati makanya gan
Buset jatohnya ke kawah.
Evakuasinya gimana yak?
jatuh ke lahar ato gimana ni gan?
Ane pernah dipuncak itu gan.. Emg serem gan.
Tebingny curam2...dri pasar bubrah k puncak itu tinggi bgt.. Naah jarak pasar bubrah ke puncak itu hampir sama jarak puncak k kawah.. emoticon-Takut
duh ngeri gan, selfie jangan tinggi-tinggi emoticon-Takut
beuh, kurang sopan itu foto duduk di situ
berasa nantangin alam
ya Allah...kasian bgt, turut emoticon-Berduka (S)
semoga kita bisa mengambil pelajaran dari kejadian itu, cintailah alam/bumi, maka alam/bumi akan mencintai kitaemoticon-Smilie
nekat amat naek kesitu emoticon-Bingung (S) emoticon-Takut (S)
rasah sok sok an makane gan
yo muga muga ndang ketemu...
Kayaknya sudah meninggal disana gan emoticon-Berduka (S)
itu tempat fotonya curam sekali gan, waduuh.. mana gak pakai pengaman lagi. emoticon-Cape d... (S)
sangat disayangkan. padahal hal utama yang paling penting bagi para mountaineer atau pencinta alam itu keamanan dan keselamatan.
Puncak itu hanya BONUS. utamakan keselamatan.
semoga korban cepat diselamatkan. emoticon-Berduka (S)
Semoga lekas ketemu dengan selamat, bisa jadi pelajaran kalo naik gunung. Menikmati keindahan dr atas bukan berarti bergaya ditempat yg berbahaya
Gambarnya ada yg kagak nongol bray
nih lagi rame bangey di jogja gan beritanya emoticon-Berduka (S) nekat banget yang foto gan