alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5558460860e24b01108b457c/klaim-bisa-bajak-pesawat-hacker-dikecam
Klaim Bisa Bajak Pesawat, Hacker Dikecam
Klaim Bisa Bajak Pesawat, Hacker Dikecam

Klaim Bisa Bajak Pesawat, Hacker Dikecam

seorang hacker bernama Chris Roberts mengklaim kalau dia bisa menyusup ke sistem komputer pesawat melalui In Flight Entertainment System (IFE) dan mengubah posisi terbang pesawat. Pengakuan itu dikecam oleh para pakar sekuriti yang lain.

Meski Roberts belum dikenai tindakan hukum apapun dan belum terbukti apakah dia benar-benar bisa melakukan aksi tersebut, tak sedikit yang menyuarakan kritiknya. Bahkan ada yang mengatakan kalau dia sudah pantas dipenjara.

"Aku sungguh sulit mempercayai hal ini akan tetapi jika memang benar begitu, dia pantas masuk penjara," kata Jaime Blasco, direktur AlienVault yang dikutip dari The Age, Minggu (17/5/2015).

Menurut Jaime, jika Robert punya misi mencari celah keamanan dalam sistem di pesawat, tidak seharusnya ia melakukannya dalam sebuah penerbangan komersial. Hal itu bisa saja membahayakan keamanan para penumpang.

"Menghubungkan laptop Anda dengan sistem in flight media dalam pesawat yang sebenarnya, dengan penumpang ada di sana bukanlah cara untuk melakukan riset soal sekuriti," ucap Ken Westin, analis sekuriti dari Tripwire.

"Anda tak bisa mempromosikan ide soal riset sekuriti yang bermanfaat dengan melakukan riset yang membahayakan ratusan orang tidak bersalah," tutur Chief Information Security Yahoo, Alex Stamos.

Kasus ini mencuat setelah Roberts dalam wawancaranya dengan agen FBI Bernama Mark Huley membicarakan soal kemungkinan adanya celah keamanan di sistem hiburan In Flight Entertainment System (IFE) pada pesawat Boeing 737, 757 dan Airbus A320.

Kepada Mark inilah, Roberts mengaku pernah melakukan hack pada sistem IFE yang dibuat oleh Panasonic dan Thales. Dia melakukannya sekitar 15 sampai 20 kali di beberapa penerbangan pesawat komersial antara tahun 2011 sampai 2014.

Roberts mendapatkan akses pada sistem itu dengan menghubungkan laptopnya di box elektronik IFE di bawah kursi penumpang. Jika berhasil masuk, dia bisa mengakses sistem lain, termasuk Thrust Management Computer yang mengendalikan mesin

Roberts juga mengklaim kalau dia bisa memasukkan kode di Thrust Management Computer itu saat terbang di sebuah pesawat dan pernah sukses mengontrol sistem mesin untuk mengubah posisi terbang pesawat..
wihh gan

ternyata ane pertamaxemoticon-Cool
kalo bisa di hack bisa bahaya banget tuh gan emoticon-Takut
pernyataan bodoh sebenernya... bisa membahayakan penumpang...... orang bgini harus di jerat hukum
×