alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55572d5dc0cb17d4408b4567/siapa-pria-berpeci-memegang-tongkat-di-balik-buku-iqro
Siapa pria berpeci memegang tongkat di balik buku iqro?
Siapa pria berpeci memegang tongkat di balik buku iqro?


Kamu yang muslim tentunya akrab dengan buku iqro'. Bagi setiap anak yang ingin belajar membaca Al-Qur'an pasti awalnya disuruh menguasai iqro' dahulu. Namun tahukah kamu siapa sosok fenomenal di balik buku iqro' yang berdiri sambil memegang tongkat?

Dia adalah K.H As'ad Humam, seorang kyai asal Jogjakarta. Tak banyak yang tahu memang karena K.H As'ad Humam bukan termasuk dalam jajaran kyai terkenal di Jawa, namun sumbangsihnya terhadap perkembangan daya baca Alqur'an pada anak begitu besar.

K.H As'ad Humam lahir di Yogyakarta pada tahun 1933, sayangnya sejak remaja beliau mengalami penyakit pengapuran tulang belakang yang membuatnya sulit bergerak secara bebas dan harus ditopang dengan tongkat. Bahkan untuk sholat sehari-hari, beliau hanya bisa duduk lurus tanpa bisa melakukan sujud atau ruku'.

Perjalanan K.H As'ad Humam sampai mengenal metode Qiroati tak terlepas dari perkenalan ayahnya yang seorang pedagang di Pasar Beringharjo dengan KH Dachlan Salim Zarkasyi. Dari situ beliau belajar menelurkan ide untuk mempermudah santri dalam belajar Al-Qur'an. Setiap idenya beliau catat lalu diserahkan ke KH Dachlan Salim Zarkasyi.

Sayangnya ide K.H As'ad Humam sering ditolak oleh KH Dachlan Salim Zarkasyi karena dianggap terlalu mengubah bentuk aslinya. Akhirnya K.H As'ad Humam beserta beberapa santri dari Team tadarus angkatan muda masjid dan Mushalla Yogyakarta memutuskan untuk menyusun sendiri iqro miliknya.

Tak disangka metode iqro' buatan K.H As'ad Humam mendapat respons positif dari masyarakat. Banyak para peneliti yang memberi penilaian sempurna untuk metode iqro' yang dikenal sederhana dan sangat mudah dipelajari. Selanjutnya penggunaan iqro' mulai berkembang luas ke seluruh penjuru Indonesia bahkan sampai Malaysia.
ternyata namanya K.H as'ad Humam emoticon-Matabelo
Ane baru lihat tuh buku,dulu ane waktu belajar di TPQ kaya nya gak pake buku itu
kakek ane gan
ane baru tau bray
wah iya ane baru inget ada sosok laki2 di serial buku iqro,, ternyata beliau toh emoticon-Belo
ane jg dulu bertanyaa2 gan nihh kiyai kok ada smua di balik buku iqro'..
wow...
saya dlu baca itu waktu SD...
berkat beliau saya busa baca Alqur'an..
Insya Allah amalnya terus nambah selama metodex masih di pakai orang.....
Quote:Original Posted By chocodutch
wow...
saya dlu baca itu waktu SD...
berkat beliau saya busa baca Alqur'an..
Insya Allah amalnya terus nambah selama metodex masih di pakai orang.....


amiiiin
dah pernah bacaemoticon-Big Grin
itu adalah sesok manusia yang hebat kayanya ganemoticon-Ngakak
gile ane kangen lama banget kagak pegang itu bukuemoticon-Matabelo
Mantep ni pak kyai....
Selama ilmu ini di amalkan selama itu pula pahalanya sampai ke beliau...
ane ga punya yg kaya gtu gan, dulu itu mahal . jadi ane dibeliin ibu ane yg satu buku/iqro', IQRO 1 2 3 4 dst murah gan emoticon-Ngakak (S)
ane udah pernah baca, bantu ramein aja lah emoticon-Blue Guy Peace
ane dulu make yg satuan gan..buku nya tiap anhkatan beda warna, biar awet itu buku ane kasi sampul plastik bening...inget bgt pas ngaji pertama pe daftaran bayar Rp. 300 dapet buku jilid 1 warna merah, buku tulis pensil , yg kalo d itung2 daftar ngaji nya gratia...tp jd agak2 lupa nih ama warna warna nya...ada yg bisa bantu???


1. merah
2. hijau
3. biru
4. item (lupa)
5. abu abu/ungu (lupa)
6. lupa

nah kenapa ane justru inget yg 1.2.3...karna pas 4.5.6 ane semakin jarang baca buku nya...pas udah buku 3 ane udah d kenalin potongan tajwid gitu..jd malah jarang buka..


selain kepada ustad yg ada d buku, via posting ini ane juga mau ngucapin terimakasih pada ustad ane yv mau sabar bimbing ane, marahin ane pas bolos ngaji karna "kamen rider" bapak achmad mursyidi
keren
tapi repost bre

emoticon-Recommended Seller

Berkat iqra buatan beliau, ane bisa baca Al-Quran dg baik sampe sekarang. emoticon-Smilie
ow ane bru tau ganemoticon-Recommended Seller
Hehe, ts tau bnyak yah, ane bru tau soalnya, dulu dibaca ajah, thank for ts