alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55571194642eb6cc168b4567/hoax-dirampok-di-atm-lalu-masukkan-pin-terbalik-alarm-security-akan-bunyi
Peringatan! 
icon-hot-thread
Hoax, Dirampok di ATM Lalu Masukkan PIN Terbalik, Alarm Security Akan Bunyi!!
emoticon-Matabelo WELCOME TO MY THREAD emoticon-Matabelo

-Jangan Lupa-
:rate 5 dan emoticon-Blue Guy Cendol (L)
SHARE dan KOMENG

-Tolong Jangan-
emoticon-Blue Guy Bata (L)

-Kalau tidak suka komeng saja, jangan merah-


HORE HT LAGIII, MAKASIH YA SEMUA!
Jangan lupa share info penting ini ya!!


Spoiler for ht:


Spoiler for no repsong ya:


Pertama-tama TS mengucapkan terima kasih atas kedatangan agan dan aganwati semua. TS memperingatkan bahwa thread ini mengandung GAMBAR. Dan jika gambar tsb tidak terbuka secara otomatis, maka TS harapkan agan sekalian mengganti browser dari Chrome ke browser lain. SHIFT + X =buka semua spoiler.


Langsung aja, TS membuat thread ini karena TS ingin mengingatkan betapa sayangnya fitur share di sosial media, yang terkadang informasinya tidak tepat dan tidak benar, walaupun dari orang yang 'ternama' atau 'bergelar' di mata masyarakat. Entah kenapa jadi banyak yang percaya pada informasi tersebut, padahal informasi tersebut tidaklah sepenuhnya atau seluruhnya benar, dikarenakan bukan dari sumber yang benar-benar terpercaya dan jelas.

Contohnya yang sedang ramai adalah sharing mengenai PERAMPOKAN UANG DI ATM yang sedang ramai di halaman sosial media TS. Mau tau apa? Ayo kita bahas di sini ganss emoticon-Malu (S)


Quote:Quote:Oke, kita langsung aja deh. Semua gambar dari google images maupun sosial media si penyebar informasi ini.

Quote:Jadi begini ceritanya. Suatu pagi ketika TS sedang membaca timeline sosial media TS, ada seorang teman share berita tentang CARA TENANG KETIKA DIRAMPOK DI ATM. Karena penasaran, TS mencoba untuk membuka link yang diberikan oleh teman tersebut, ternyata berasal dari sosial media orang lain berinisial MA dan si MA ini ternyata dapat info dari temannya juga, bisa dilihat di spoiler:

Spoiler for gbr fb:


TS pun mencari sumber lain, ternyata usut punya usut, ada halaman sosial media yang cukup dikenal, rupanya juga share informasi tersebut dari sumber di atas:

Spoiler for gbr 2:


Oke, kalau begitu kita lihat status lain dari sosial media lainnya:

Spoiler for lagi:




Quote:Muncul beberapa pertanyaan2 yg keluar dari otak TS, "JIKA PIN ATM NYA ADALAH MISAL, 321123 DAN DIBALIK SAMA AJ" atau "EMANG BENER DI INDONESIA INI BISA BEGITU, APA BENERAN IYA?"INI BISA BEGITU, APA BENERAN IYA?"


Quote:Karena penasaran, TS pun mencari jawaban atas kebenaran berita informasi yg berasal dari sosial media ini, apakah benar? Ternyata ketika TS googling, hasilnya mengejutkan. Berikut beberapa jawaban atas PIN ATM DIBALIK, ALARM BERBUNYI:

Quote:#Sumber: detikInet

Spoiler for detikinet:


Quote:#Sumber: Logika Orang IT

Spoiler for logika IT:





Quote:Yah, setelah TS melihat keseluruhannya, yg terbayang adalah FIX, THIS IS HOAX.
1. Jika penggunanya mempunyai PIN 321123, dibalik2 sama aja, berarti kasihan ya polisi gak akan nolongin karena alarm gk bakal bunyi.
2. Uang akan keluar setengah. Kalau uangnya keluar setengah, ditarik2 juga nanti pasti keluar sendiri, ato paling enggak ya robek emoticon-Ngakak (S)
3. Kalau pun benar, jarak dari kantor polisi ke lokasi agan mungkin agak jauh dan butuh waktu, yang ada nanti amit2 agan ditembak duluan sebelum polisi dateng emoticon-Cape d... (S)




Demikian dari TS, saran TS ya jangan percaya semua informasi di sosial media, bisa aja itu hoax, gosip, atau hal2 yg gk bener. Mulai sekarang coba cari tahu dan pilih2 dulu informasi yang berguna sebelum di share dengan cara googling ke sumber yang terpercaya, bukan sekadar web gratisan aja.
Kalau agan sekalian mau tambahin komen aja nanti di pejwan. TS terbuka.emoticon-Kiss


Spoiler for thread bermutu TS lainnya:


Quote:Quote:Komentar kaskuser menanggapi hoax ini:



Quote:Original Posted By thebrokenheart
iya aneh aja tuh kalo gitu harusnya dari awal kita bikin kartu, diberitahu dahulu keamanan pin nya dibalik kalo terjadi sesuatu saat di mesin atm.
tapi nyatanya gak pernah ada tuh teller yg ngasih tau kalo harus dibalik atau penyuluhannya dari dulu emoticon-Big Grin



Quote:Original Posted By vonidi
sangat bermanfaat gan... thread" kaya gini yang bikin kaskuser makin pinter emoticon-Blue Guy Peace


Quote:Original Posted By jualan.apa.aja
ane mantan programmer di bank, khususnya program yang mengatur lalu lintas data antara kartu atm dengan server pusat, mulai dari ngisi data di lapisan magnetik kartu atm, proses pengesekan dan pembacaan data nya di mesin atm, pengiriman data melalui lintas arta ke bank, menerjemahkan data bit demi bit dari lintas artha menjadi bentuk data yg representatif bagi human, validasi data, hingga penyimpanan di mainframe, itu semua tugas ane
jadi ane tahu persis bahwa urutan kebalik seperti itu tidak ada didalam rutin program di bank
yang ada malahan kamu dianggap salah masukin pin 3x langsung ke blokir (tertelan)


[QUOTE=wilz14;55577cd9925233e82b8b4569]ga semuanya salah gan ... ada benarnya kog ... kebetulan juga ane kerja di Bank ...
jadi ketika ketika ada perampok ... masukin aja PIN secara terbalik atau acak minimum 3 kali ..
nah setelah itu si rampoknya akan marah ... trus si agan di sambit pake pisau ... habis itu polkisnya dateng deh ...
emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S)


Quote:Original Posted By ignis.fatuus
Kalau ada informasi penting semacam ini semestinya pihak bank jg ngasih tau nasabahnya ada fitur macam ini.
Apalagi informasi semacam ini cuma menyebar lewat share socmed yg notabene banyak informasi hoax jg beredar.
Nice share gan emoticon-I Love Indonesia (S)


Quote:Original Posted By uanenlaebatak
penjelasannya masuk akal si..sama kasusnya dengan info yang di e\sebar lewat bbm tentang begal..misalkan daerah ini rawan begal,jauhin.orang yang terlalu latah sama info baru, nelan mentah mentatht..dia bakal lewa jalur laen, eh malah kemakan di jalur tersebut, bisa jadi yg kita anggap arahan untuk keluar dari sbuah msalah, malah menjadi arahan unuk kita masuk ke perangkap lbh berbahaya..


Quote:Original Posted By wafir27
oooh hoax to gan...
habisnya juga gak ada info dari bank yak, bener apa nggak tuh statement
nice shareemoticon-I Love Kaskus (S)


Quote:Original Posted By dhidie27
Yg nyebarin Hoax kbangetan ya gan. apalagi hoax yg brhubungan dgn ksehatan dan parahnya lagi hoax tentang isu sara politik dan agama
let be smart sbelum menyebarkan informasi


Quote:Original Posted By hhendryz
klopun ada fitur gituan hampir ga guna karena brownies datang ke tkp biasanya klo korban udah sekarat atau mampus emoticon-Big Grin

klo pencet pin terbalik abis itu secara ajaib ada petugas keamanan muncul kayaknya horror gan emoticon-Takut





Quote:Original Posted By be2kz


Confirm hoax gan. Begini alasannya:

1. Bagaimana sistem bisa membedakan PIN yang dibalik kalau 3 digit awal kebalikan 3 digit akhir? Contoh: 123321. Secara logika programming tidak mungkin bisa dibedakan PIN tsb dibalik atau tidak.

2. Kemudian yang paling penting, PIN itu rahasia pemilik kartu ATM. Bahkan pihak bank pun tidak mengetahui PIN nasabah. Mengapa bank tidak mengetahui PIN nasabahnya? Karena semenjak PIN dientry oleh nasabah di ATM, PIN sudah dienkripsi menggunakan kriptografi yang diproteksi dengan Kunci Master (Master Key) yang dikelola oleh departemen system security dari bank. Jadi tidak seorang pun tahu PINnya kecuali nasabah itu sendiri. Sekarang, kalau yang tahu PIN hanya nasabahnya, bagaimana sistem tahu bahwa pada saat transaksi nasabah memasukkan PIN dengan dibalik? Dan bagaimana caranya sistem menolak nasabah untuk menggunakan PIN yang simetris (eg.123321)?

Secara logika tidak mungkin diaplikasikan.


Quote:Original Posted By Rocky On
semakin hoax yang komeng dan like semakin banyak gan
apalagi postingan sara, ga di cek dulu kebenarannya
#endonesatercinta


Quote:Original Posted By Lientz
Nice info gan,

Tapi ane mau koreksi pernyataan orang IT yg di sertakan TS. Karena rasanya orang IT tersebut tidak kredibel.

Faktanya ga ada susahnya membuat program yang bisa menerima Password terbalik dan mentriger alarm ke polisi. Secara pemrograman gampang2 saja. Begitupun untuk masalah Password yang simetris (ex:123321, bolak balik sama), tinggal masalah SOP aja, bisa secara program di tolak ketika buat pass simetris ato di perbolehkan namun untuk yg passnya simetris tidak akan pernah mengtriger alarm. Secara algoritma gampang banget di implement gan.

Sebenernya idenya bagus menurut ane, secara sistem juga ga susah buatnya. Masalahnya apakah polisi mau ngurusin kasus2 kaya gini ?? Ga ada duitnya buat mereka mah males gerak emoticon-Ngakak (S)




Quote:Original Posted By rustycrew
kalo dilogika juga tetep bakal dirampok duluan gan.

misal sistemnya bener2 bekerja, butuh waktu buat polisi menuju ATM, itupun belum ketemu macet dan halangan lain.
lah duit udah kerampok duluan.
ditodong pistol dikepala juga udah panik terpaksa pencet PIN yang asli.
3 menit kelar semua duit abes.

3 menit polisi mgkn baru dapet lokasinya. emoticon-I Love Indonesia (S)


Quote:Original Posted By enditoo
ane dlu kerja disalah satu bank swasta, ada fitur seperti itu koq seandainya kita dirampok di atm,

tapi caranya kita mendapatkan pin darurat dari bank, pin darurat beda dgn pin yg buat transaksi,

pin darurat misalkan yg mudah dihafal aja kayak 123456 atau 000000 nanti begitu kita pencet pin darurat saldo kita dibank berubah menjadi Rp.0 alias nihil jd bisa buat nunjukin ke penodong kalo saldo kita kosong emoticon-Big Grin (aslinya sih saldo kita tetep ga berubah)


Quote:Original Posted By maveryck
kalo didalam kuliah lagi skripsian mah ya gan, kalo yang namanya "katanya" ato tanpa sumber yang jelas ya sama aja hoax gan emoticon-Ngakak lagian masukin pin kebalik nyambung ke polisi, emang polisi kerjasama sama atm yang bersangkutan? katakanlah iya, berarti data2 kita di share donk, ya ga? nanti kalo polisinya emoticon-Betty gimana gan emoticon-Ngacir


Quote:Original Posted By wepy888
Kebohongan yang dikatakan terus menerus akan menjadi suatu kebenaran.

ini hoax udah dari jaman kapan masih aja dipercayai.

bukti bahwa edukasi perbankan masih rendah di negara kita



Quote:Original Posted By navara1st
menurut logika ane :
bisa aja gan software itu di develop..
misal kartu kita 1234 5678 9012 3456 bakalan mempunyai 2 PIN, yaitu PIN reguler 123456 dan PIN emergency 654321..
jadi kartunya bisa approved pake 2 PIN, cuman begitu PIN yang dipake PIN emergency, maka software akan secara otomatis melakukan tanggap darurat, menghubungi kepolisian terdekat..

kalau PIN-nya simetris, bolak-balik sama (contoh 123321), itu masih bisa diatasi,
pada saat pembuatan PIN, software mendeteksinya dengan membandingkan PIN reguler dan PIN emergency, jika ternyata simetris, maka pembuatan PIN ditolak, dan software akan meminta memasukkan PIN baru/kombinasi yang lain..

PIN emergency terbentuk secara otomatis, jadi bukan nasabah yang menginput..


Quote:Original Posted By aromabacin
emoticon-Request
setujaaa..!!!

Gak smua yg lo denger itu bener..smuanya mesti difilter lg..
thanks udh share gan emoticon-thumbsup


Quote:Original Posted By Heocheo
hoax yah gan?
ternyata bener
yang suka sebar sebar info di sosmed itu banyakan hoax
contoh aja kasus prostegerex , trik detect webcam , dll
ternyata kebanyakan semuanya hoax


Quote:Original Posted By vrossi46
Masyarakat kita tidak punya atau kurang punya inisiatif cross check (kebanyakan) alias tukang rumpi, makanya bukan nya diverifikasi, tapi langsung dengan semangat main sebar. Ada berita gak masuk logika aja langsung di BC... makanya budaya cross check dan verifikasi ini harus diajarkan sejak dini di bangku sekolah dasar. Supaya masyarakat indonesia tidak gampang kena hasut, dan membebek begitu saja terhadap kelompok atau satu orang tertentu.


Quote:Original Posted By ryan0856
Teori ane yang membuktikan bahwa system semacem ini engga mungkin diberlakukan:
1. Korban pasti panik duluan dan engga sempet buat mencet pin terbalik.
2. Beberapa mesin ATM (atau mungkin hampir semua) kalau kita pencet nomer-nomernya pasti bunyi, ntar si perampok curiga "hehh lagi ngapain lu?". mungkin bisa diatasi dengan meniadakan bunyi tersebut di mesin ATM.
3. Perampok jaman sekarang juga ngerti teknologi kali, masa mau di sosialisasikan secara tersembunyi tanpa sepengetahuan para perampok? Perampok juga manusia bukan makhluk luar angkasa yang tinggal di planet Neptunus emoticon-Ngakak (S)


Quote:Original Posted By 999999999
kalau pin kita digitnya sama semua misal: 000000 atau 111111 atau angkanya bolak-balik sama seperti 789987 maka tiap ngambil duit alamat ni orang masuk kantor polisi mulu emoticon-Ngakak
hoax ini ga kira" pembodohannya. pejwan klo berkenan emoticon-Salaman


Quote:Original Posted By taheskomes
hoax banget lah itu gan

Ane kerja di Vendor ATM yang nangani beberapa Bank swasta ama bank plat merah juga,gak ada critanya pin terbalik atau alarm bunyi.Sistem keamanan atm di atur sendiri2 oleh bank ataupun vendor atm masing2,polisi gak ada hub sama alarm,dan setahu ane sih hampir 90% atm di indonesia ini gak di bekalin alarm,cuman ada monitoring yg memantau pergerakan atm selama 24 jam tanpa henti,jadi atm terpantau secara online di fasilitas bank atau vendor.kalo alarm atau pin terbalik ane rasa sangat gak mungkin,karena fasilitas di indonesia blm mendukung alarm seperti di film2

page one kalo berkenan gan




Quote:Makasih nyendolnya, semoga TSnya mendapat diabetes emoticon-Ngakak (S)

Spoiler for condel:


kenapa TS membuat thread ini?

Alasan TS membuat thread ini adalah...

  1. Agar rakyat kaskus semakin pinter dan jeli dalam mengelola setiap informasi yg masuk baik offline atau online.
  2. Tidak menjadikan kita orang bodoh yang suka ngerumpi dan latah main share aja, apalagi sebar gosip tanpa ada sumber jelas dan membuat situasi semakin rumit atau menjadi provokator.
  3. Yg nyebarin status sosial media tersebut sendiri tidak bisa menjelaskan dari mana sumber yg ia ambil, ia hanya mengatakan dari teman saja infonya (ya gak bisa kita salahin juga sih), namun sayangnya si authornya ini gak mau menjawab kritikan atau pertanyaan bahkan komentar kritik saja dihapus, dan yang bisa dilihat adalah komentar 'oh postingan ini berguna ya....' padahal hoax.
  4. Yg sudah share status tersebut hampir 60ribu orang, bisa agan simpulkan sendirilah nanti gimana jadinya.
  5. Intinya, mohon si author tersebut memberikan keterangan yang jelas untuk rakyat sosmed apalagi ini dunia perbankan. Kalau dari awalnya saja main share tapi gak mau bertanggung jawab dengan kritikan yang masuk, berarti ada kesalahan pada author yg tidak berani menjawab kritik tsb. Berikut komentar yg masuk:


Spoiler for inilah sesatnya:

Makasih.



TIDAK LUPA ANA BERTERIMAKASIH SAMA SEMUA AGAN YG UDAH BERKONTRIBUSI DI SINI
MAKASIH BANYOOOOK!!
Jadi itu hoax ya gan,ane gak tau sih belum pernah nyoba
hmmm klo untuk membaca pin terbalik sih bisa2 aja gan di software itu. itu masalah mudah.
tpi misal pin ATM sperti yg TS blg, 321123 atau xyzzyx maka jika dibalik2 hasilnya ttep sama. maka sistem dianggap fail.
kecuali tidak boleh menggunakan pin dengan pattern XYZZYX, maka sistem memasukan pin terbalik sebagai tanda bahaya bisa dijalankan. untuk menambah larangan menggunakan PIN suatu patern jg mudah. karena berpola.
logika juga gan, tiba2 pisau uda di leher ato perut, masi sempet mikir pin dibalik gk?
apalagi di sini, polisi lama datengnya
Mamam tuh hoax, hoax kebanyakan dtg dari fb ya emoticon-Big Grin
Emang gak masuk logika sih
Seperti yang agan sebutkan emoticon-Big Grin
iya aneh aja tuh kalo gitu harusnya dari awal kita bikin kartu, diberitahu dahulu keamanan pin nya dibalik kalo terjadi sesuatu saat di mesin atm.
tapi nyatanya gak pernah ada tuh teller yg ngasih tau kalo harus dibalik atau penyuluhannya dari dulu emoticon-Big Grin

sangat bermanfaat gan... thread" kaya gini yang bikin kaskuser makin pinter emoticon-Blue Guy Peace
Udah ane duga klo tuh info gak akurat emoticon-Big Grin
ane kira beneran gan emoticon-Cape d...
bener bray TS,,setuju ane bray
yo bay aaauuu
ternata hoax juga emoticon-Big Grin
ane mantan programmer di bank, khususnya program yang mengatur lalu lintas data antara kartu atm dengan server pusat, mulai dari ngisi data di lapisan magnetik kartu atm, proses pengesekan dan pembacaan data nya di mesin atm, pengiriman data melalui lintas arta ke bank, menerjemahkan data bit demi bit dari lintas artha menjadi bentuk data yg representatif bagi human, validasi data, hingga penyimpanan di mainframe, itu semua tugas ane
jadi ane tahu persis bahwa urutan kebalik seperti itu tidak ada didalam rutin program di bank
yang ada malahan kamu dianggap salah masukin pin 3x langsung ke blokir (tertelan)
oh hoax ya gan
mending masukin pin asal aje,biar ketelen n gak diambil perampok emoticon-Big Grin
Mitos atau Fakta
Ngawur, ane sebagai mhs IT malah ngakak lihat cara kayak gitu hahahaha...
tapi sistem kayak gitu gak mustahil dibuat
gatau ane gapunya atm emoticon-Frown
wkwkwkkwkw ga masuk akal gan emoticon-Ngakak
kirain beneran huh