alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5556f7b3118b4691258b456d/serba---serbi-sudirman-cup
Poll: Siapa yang bakal jadi juara Sudirman Cup 2015?

This poll is closed - 6 Voters

View Poll
Indonesia 33.33% (2 votes)
China 66.67% (4 votes)
Jepang 0% (0 votes)
Korea Selatan 0% (0 votes)
Thumbs up 
Serba - Serbi Sudirman Cup
Assalamualaikum!emoticon-I Love Kaskus (S)

Serba - Serbi Sudirman Cup

Serba - Serbi Sudirman Cup
Spoiler for perlu bukti ? sok cek:

Serba - Serbi Sudirman Cup
Quote:Serba - Serbi Sudirman Cup
Quote:Agan/Aganwati pasti tau bulutangkis kann?yaiyalah,nah ternyata kita ini punya turnamen bulutangkis yang udah terkenal dan bergengsi di seluruh dunia.Yup,Sudirman Cup namanya,sekarang juga sedang berlangsung Sudirman Cup 2015 di Dongguan,Tiongkok.Nah sebagai warga indonesia,apa salahnya kita tau salah satu sejarah bulutangkis Indonesia..berikut Ulasannya gan..

Serba - Serbi Sudirman Cup

Quote:Tentang Sudirman Cup
Serba - Serbi Sudirman Cup
Piala Sudirman adalah kejuaraan bulu tangkis internasional untuk nomor beregu campuran, mempertandingkan nomor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Kejuaraan ini digelar setiap dua tahun sekali. Nama Sudirman diambil dari nama tokoh perbulutangkisan Indonesia, almarhum Dick Sudirman, salah satu pendiri PBSI dan dikenal juga sebagai bapak bulu tangkis Indonesia.

Piala Sudirman tidak memperebutkan hadiah uang, Para pemain bertarung hanya untuk membela nama negara dan memperoleh poin peringkat IBF.Sejak 1991 hingga saat ini (kecuali pada 1997-1999), Marlboro, merek rokok terkenal di dunia, mensponsori acara ini, sehingga dinamai "Marlboro Sudirman Cup".

Serba - Serbi Sudirman Cup
[Quote:Sejarah Sudirman Cup
Serba - Serbi Sudirman Cup
Nama Dick Sudirman lah yang dijadikan turnamen ini (Tuh yang fotonya ane pajang), salah satu pendiri PBSI dan Ketua Umum PB PBSI selama 22 tahun (1952-1963 dan 1967-1981). Asal mulanya beberapa orang PBSI berfikir didunia ini ada 2 kejuaraan khusus putra dan putri dibulutangkis, kenapa untuk tidak menggabungkan 5 nomor sekaligus, maka tercetuslah untuk membuat kejuaraan bulutangkis beregu campuran kemudian nama yang digunakan adalah Sudirman yaitu untuk mengenang jasa Bapak Dick Sudirman sekaligus mengenang Pahlawan Indonesia lainnya, Jendral Sudirman.

Akhirnya turnamen ini resmi menjadi turnamen BWF yang bergengsi di kategori beregu dan dipertandingkan pertama kali pada tanggal 24 Mei sampai 29 Mei 1989 di Istora Senayan, Jakarta, Indonesia. Juara pertama kali diturnamen ini adalah Tim kita tercinta, Indonesia.

Serba - Serbi Sudirman Cup
Quote:Sudirman Cup Yang Pertama
Serba - Serbi Sudirman Cup
Saat itu Tim Merah Putih menang 3-2 atas tim kuat, Korea. Pada partai pertama Indonesia harus kehilangan poin, turun ganda putra Eddy Hartono/Rudy Gunawan vs Park Joo Bong/Kim Moon-soo kalah 9-15 15-8 13-15 gagal meraih poin pertama untuk Indonesia. Kemudian di ganda putri partai kedua, Indonesia sudah kehilangan asa, Verawaty Fajrin/Yanti Kusmiati gagal raih poin kembali untuk tim merah putih, kedudukan 0-2 untuk Korea.

Di partai ke-3, Susi Susanti main cemerlang dan berhasil rebut poin untuk tim, menang atas Lee Young-Suk. Dipartai ke-4 hidup mati tim merah putih ada pada tunggal putra, Eddy Kurniawan. Dengan dukungan ribuan penonton yang memadati Istora, Eddy main cemerlang tanpa ampun, ia menang dua set langsung atas lawannya dari Korea, Sung Han-Kok. Kedudukan 2-2 Sudirman Indonesia vs Sudirman Korea, yang otomatis diturunkanlah partai ke-5 yaitu ganda campuran.

Eddy Hartono/ Verawaty Fajrin yang pada partai spesialis mereka kalah dari Korea tidak menyuruti semangat, sorak-sorai penonton untuk mereka tiada henti, akhirnya partai penentu ini bisa menang atas Korea 2 set yang sangat ketat. Untuk pertama kalinya digelar, Indonesia bisa merebut Piala Sudirman.

Serba - Serbi Sudirman Cup
[Quote:Trofi Sudirman Cup
Serba - Serbi Sudirman Cup
Piala Sudirman yang mempunyai tinggi 80 cm dirancang oleh Rusnadi dari Fakultas Seni Rupa ITB dan terdiri dari lima bagian. Tutup piala berbentuk Candi Borobudur yang merupakan salah satu monumen bersejarah yang terletak di Indonesia. Badan piala berbentuk kok (bola bulu tangkis) yang berlapiskan emas 22 karat dengan berat 600 gram.

Pegangan piala berbentuk benang sari. Bagian keempat berbentuk daun sirih yang merupakan ornamen ucapan selamat datang. Bagian kelima berupa alas berbentuk segi delapan yang melambangkan arah mata angin yang terbuat dari kayu jati. Piala ini dikerjakan PT. Masterix Bandung dengan harga USD 15 ribu (sekitar Rp. 27 juta) di kala itu.

Serba - Serbi Sudirman Cup
Quote:Ringkasan Sudirman Cup
Nah berikut hasil - hasil Sudirman Cup sejak 1989..
Spoiler for cek:

Serba - Serbi Sudirman Cup
Quote:Penutup
Sekian dari Thread ane gan,semoga bisa nambah wawasan tentang bulutangkis yaaa.Mohon maaf kalo ane salah karena manusia itu tempatnya salah dan benar hanya milik Allah SWT..emoticon-Blue Guy Peace


Quote:Oh iyaa gan jangan lupaa minta emoticon-Rate 5 Star sama emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Quote:Serba - Serbi Sudirman Cup
KLIKKLIK


Hatur Nuhun,Wassalamualaikum !emoticon-Cendol (S)
semoga indonesia bisa jadi juaranya emoticon-I Love Indonesia
Pertamax?
emoticon-Sundul
emoticon-Sundul
indonesia
Ane lagi nonton gan...
bokap ane lagi nonton nih gan...

inter milan lawan persebaya...
kira kira bisajuara kagak kali ini ?emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
sayang indonesia tahun ini gagal juara emoticon-Mewek
nais inpo gan emoticon-2 Jempol