alexa-tracking

Inilah 7 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Meluncurkan Website Ecommerce

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5555c271de2cf2b6668b456c/inilah-7-hal-yang-harus-dilakukan-sebelum-meluncurkan-website-ecommerce
Inilah 7 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Meluncurkan Website Ecommerce
Inilah 7 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Meluncurkan Website Ecommerce


Sangat mudah bagi seorang pengusaha masuk ke bisnis ecommerce jika telah memiliki pengalaman sebelumnya. Tapi, itu tidak berarti bahwa untuk memperoleh kesuksesan dalam bisnis ecommerce bisa didapatkan dengan mudah.

Pada artikel ini, kami akan membagikan 7 hal apa saja yang harus dilakukan sebelum meluncurkan bisnis ecommerce kita sendiri.

1. Lakukan uji produk

Sulit bagi kebanyakan pengusaha untuk mengakui bahwa kadang-kadang produk mereka memang tidak terlalu bagus. Jangan meluncurkan website ecommerce sebelum semua produk kita benar-benar siap dan sempurna. Sebuah ide lama bisa kita terapkan yaitu “memulai bisnis dari garasi”, cara ini bisa menunjukkan bukti dari sebuah konsep dan permintaan sebelum benar-benar dimasukan ke dalam bisnis.

Lakukan survei atau menjual sampel produk untuk menguji apakah produk kita bisa diterima dipasaran sebelum kita memulai bisnis online.

2. Jangan berasumsi bahwa orang akan menemukan website kita

Ini mungkin adalah salah satu anggapan keliru dan paling sering terjadi ketika memulai bisnis ecommerce. Banyak pengusaha berpikir “Kami akan meluncurkan situs ecommerce dan mendapatkan jutaan pengunjung!”

Internet ini terlalu luas untuk sebuah situs ecommerce. Kita harus memiliki strategi bagaimana cara untuk mendatangkan traffic ke website kita. Jika tidak ingin repot, kita bisa menyewa jasa seorang SEO spesialis untuk membantu meningkatkan SEO situs ecommerce.

3. Sediakan anggaran untuk marketing

Ada banyak tools marketing gratis di internet, tetapi biasanya itu tidak scalable. Pastikan bahwa situs ecommerce kita scalable dan bernilai. Terkadang kita perlu melakukan pengujian terhadap marketing channels dan strategi yang berbeda untuk menemukan apa yang terbaik untuk bisnis kita.

4. Dengarkan masukan dari pelanggan

Sebagai bisnis online, kita harus mendengarkan setiap masukan dari pelanggan. Ini bukan berarti bahwa kita harus melakukan semua yang dikatakan pelanggan.

Pelanggan terkadang memberikan masukan yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh kita. Setelah mengevaluasi saran mereka, segeralah lakukan tindakan untuk menjadi lebih baik. Ditambah ketika pelanggan tahu kita mendengarkan mereka, ini akan menciptakan hubungan yang lebih dalam dan meningkatkan loyalitas.

5. Jangan mencoba untuk menjadi ‘segalanya’ sekaligus

Hal ini biasanya menjadi pembunuh bagi start-up ecommerce. Pada tahap awal, tetaplah berpegang pada tujuan awal bisnis kita. Jika tujuan kita adalah untuk menjual jenis produk pakaian, maka fokuslah pada niche tersebut. Jangan mulai merancang atau membuat pabrik pakaian sendiri. Jangan mencoba untuk membangun teknologi baru, sudah ada teknologi yang bisa kita gunakan untuk mempermudah pekerjaan kita.

6. Bangun pondasi yang kuat sebelum diluncurkan

Kita mungkin tidak bisa meluncurkan setiap fitur yang kita inginkan dari awal, tapi pastikan bahwa kita telah memiliki dasar yang kuat.

Pastikan semuanya terorganisir, pelacakan pelanggan, dan optimalkan sebanyak mungkin apa pun yang kita bisa sebelum meluncurkan website ecommerce. Kesalahan kecil saja bisa berakibat fatal dikemudian hari, jadi persiapkan semuanya dengan dengan matang dan jangan terburu-buru.

7. Jangan mudah menyerah

Terakhir, dalam memulai bisnis apa pun, kuncinya adalah jangan pantang menyerah.

Diantara orang-orang di seluruh dunia, ada beberapa orang yang masuk dalam ketegori ‘orang beruntung’. Namun, percayalah bahwa 99.99% dari kisah sukses mereka ada kerja keras siang dan malam untuk mencapainya. Sangat penting untuk menyadari bahwa dalam memulai bisnis itu tidaklah mudah dan butuh proses. Tapi, jika kita yakin memiliki produk dan konsep yang bagus, tunjukkan bahwa kita selalu optimis untuk meraih kesuksesan.

Itulah 7 hal yang harus kita lakukan sebelum meluncurkan website ecommerce. Semoga bermanfaat dan sukses.

Baca juga : 5 Rahasia Membuat Konversi Ecommerce Lebih Baik http://blog.jejualan.com/5-rahasia-m...ce-lebih-baik/


Spoiler for Sumber:
×