alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Entrepreneur Corner /
Jalanan Penuh Uang Di Usaha Sewa Motor
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/555380b312e257af178b456a/jalanan-penuh-uang-di-usaha-sewa-motor

Jalanan Penuh Uang Di Usaha Sewa Motor

Jalanan Penuh Uang Di Usaha Sewa Motor


Spoiler for :


Sepeda motor adalah benda yang sudah tidak asing lagi di Indonesia. Sebagai salah satu alat transportasi pribadi, sepeda motor terasa sangat vital fungsinya. Saat sarana transportasi umum belum memadai, jarak tempuh yang jauh dan berbagai kendala lainnya menyebabkan sepeda motor menjadi sarana yang sangat dibutuhkan. Artinya, semua orang pasti membutuhkan alat transportasi ini. Tapi tidak semua orang memiliki motor. Bagi wirausahawan sejati, usaha sewa motor adalah sebuah peluang usaha yang menjanjikan. Tapi mungkinkah memiliki usaha dengan memanfaatkan kendaraan bermotor ini tidak perlu punya modal besar? Bagaimana peluang usaha ini bisa menghasilkan laba yang menjanjikan?

Bayangkan saja, seandainya 50 juta orang Indonesia membutuhkan sepeda motor, sedangkan produksi motor per tahun hanya di kisaran angka 5 juta, maka dibutuhkan waktu 10 tahun untuk bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Itu baru 25% dari total penduduk Indonesia, bagaimana jika kita menghitung 50%, atau 75%?. Ternyata besar sekali kebutuhan sepeda motor sebagai alat transportasi bagi masyarakat Indonesia. Tapi perlu diingat juga kemampuan beli masyarakat. Tidak semua masyarakat Indonesia mampu membeli sepeda motor, dan tidak semuanya mau membeli. Tetapi ketidakmampuan dan ketidakmauan ini tetap membuat masyarakat tak bisa melupakan pentingnya sepeda motor untuk sarana transportasi berbagai keperluan. Karena itulah peluang usaha sewa motor merupakan jawaban atas permasalahan tersebut.

Peluang usaha sewa motor dapat dijalankan dengan modal yang tidak terlalu banyak. Seorang wirausahawan rental motor mengaku hanya membutuhkan modal sepuluh juta untuk membuka usaha ini. Lima juta digunakan sebagai uang muka beberapa motor yang ia beli. Lima juta sisanya ia gunakan untuk membangun kantor. Modal yang tidak besar untuk wirausahawan baru, kan? Untuk mengembalikan modal sebanyak itu, pemilik usaha rental motor tidak membutuhkan waktu lama. Sebab permintaan pasar terhadap jenis usaha ini sangat besar. Prospek cerah bisnis ini menjadikan usaha rental motor terus berkembang. Tapi sayangnya, sangat sedikit calon wirausahawan yang berani mengambil peluang dan memanfaatkan prospek cerah usaha ini.

Bagaimana dengan keamanan motor yang disewakan? Ya betul, kendala utama usaha rental motor memang beresiko tinggi. Tapi sekali lagi, seorang wirausahawan membutuhkan kejelian untuk menjalankan bisnisnya. Menanamkan GPS di motor adalah jawaban dari kerisauan kehilangan motor. Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang, melacak keberadaan motor terasa lebih mudah. Selain itu, syarat-syarat yang ketat bagi konsumen saat menyewa motor juga diperlukan. Misalnya, ketika seorang calon konsumen menyewa motor, diperlukan syarat jaminan tanda pengenal diri dan surat-surat berharga. Atau bisa juga diminta memberi deposit uang senilai lebih dari satu juta. Pencegahan mutlak menjadi syarat utama ketika seorang wirausahawan menjalankan peluang usaha rental motor.

Bagaimana dengan keuntungan yang dimiliki? Dengan harga sewa motor rata-rata enam puluh ribu rupiah per hari, dan setiap hari terdapat dua sampai tiga konsumen, maka bisa dibayangkan berapa uang masuk per harinya. Apalagi jika mengamati kecenderungan banyaknya omzet di hari libur, maka omzet sewa pasti naik. Otomatis, hal ini akan mendongkrak kenaikan laba wirausaha rental motor.

sumber
Urutan Terlama
Ini usaha agan yg sudah jalan atau cuma copas dari sumber yg tertera ? Kalo emank usaha agan, yah bisa buat diskusi donk yah
Mungkin bisa diterapin dikota wisata seperti bali, banyak tuh jasa penyewaan motor, tapi kalo didaerah yg tanpa tempat wisatanya sepertinya sulit,karena konsumennya pasti warga sekitar,dari pada sewa 60rb/ hari mending pinjem motor temen, atau kalo kebutuhannya rutin mending kredit motor 60rb x 26 hari kerja lebih mahal dari kreditan bulanan motor

Kalo didaerah gw kebetulan perumahaannya ada taman bermain anak dan cukup luas, jadi ada jasa penyewaan motor anak gitu yg ukuran kecil, lumayan laris juga 10rb/15 menit, itu anak yg antre nga berenti2
Diubah oleh mitra01
gak bisa diterapin di indonesia khususnya jabodetabek.. karena hukum gak jalan dengan baik disini.. kehilangan dan kerusakan unit bakal jadi kendala tertinggi.
terlebih di jabodetabek yang mau mulai ada mrt, nanti hal2 kaya gini bakal jadi hal yang ditinggal iklim ekonomi.
yang berarti juga akan berlaku di kota2 gede lainnya, karena kalau mrt berhasil di dki, bakal dikebut ke daerah lain.
Quote:


intinya di DKI ya brooo...

Spoiler for :



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di