alexa-tracking

[SHARE] Artikel ini nyelamatin hidup ane..!!!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/555371455a51631e688b4570/share-artikel-ini-nyelamatin-hidup-ane
Thumbs up 
[SHARE] Artikel ini nyelamatin hidup ane..!!!
Judulnya kayak terlalu didramatisir ya gan (kayak di sinetron-sinetron FTV). Tapi ini TRUE STORY gan, cuman ga seenak FTV ceritanya.

Disini ane mau berbagi pengalaman buat agan-agan pecinta WordPress khususnya yang suka ngoprek-ngoprek WordPress. Siapa tau ada yang pernah ngalamin.

Ceritanya gini..

Ane udah biasa install WordPress sebelumnya. Cara yang ane gunakan biasanya upload manual WordPress ke hosting atau cara lainnya transfer data dengan FTP.
Trus, ane coba install WordPress dengan fantastico yang katanya hanya dengan 1 klik, WordPress sudah terinstal di hosting. Waktu proses menginstal dengan fantastico ga ada masalah sama sekali.

"Oke, aman..", tadinya ane pikir begitu.

Akhirnya dengan perasaan senang dan menggebu-gebu, ane cek kunjungi domain blog yang udah ane instal tadi, dan masalah pun muncul. Berharap blog ane tadinya berjalan mulus, malah muncul pesan..

"Error establishing a database connection"

Karena kecewa, ane bolak-balik Instal ulang lagi, ngoprek database, delete user, ubah privilege user, guling-guling di kasur, jungkir balik.. (hehe...), tapi masalahnya ga juga ketemu. emoticon-Mad (S)

Setelah berjam-jam ngoprek, tetap ga ketemu. Akhirnya coba nanya mbah Gugel.
Mbah gugel kasi jawaban yang panjang lebar, ubah ini, ganti itu, sampe baju ane bau karna lembab kelamaan nyandar di kursi, capek duduk trus berjam-jam nyari sebuah jawaban yang ga pasti (jleb..).

Akhirnya nemu. Dan masalahnya simpel banget. Ternyata setelah install WordPress dengan fantastico kemungkinan error itu pasti ada (ini yang ga pernah dijelasin sama orang-orang yang buat panduan install WordPress dengan fantastico).

Cara Ngatasinya?

Kalo nemu error gini, cara ngatasinya adalah cek DB_NAME dan DB_USER yang ada di wp-config. Nilainya harus sama persis dengan nama database dan user (yang dikasi akses ke database WordPress) yang ada di cPanel. Jadi, untuk amannya, copy paste aja nama database dan user dari cPanel dan PASTE ke wp-config, dan...

Voila...!!! WordPress pun berjalan dengan baik. emoticon-Blue Guy Peace

Ini ane udah buat tutorial lengkapnya disini gan. Siapa tau bisa membantu agan yang lain.
Spoiler for cekidot:
Mudah-mudahan artikel ini bisa menyelamatkan waktu agan yang berharga juga, jadi ga banyak kebuang.

Punya pengalaman kayak ane gan? Atau pengalaman lain yang ingin dibagi? Tinggalkan komeng di bawah gan.. emoticon-I Love Kaskus (S)

Quote:
emoticon-Takut (S) emoticon-Najis (S) emoticon-Betty (S) emoticon-Mad (S) emoticon-Bata (S) emoticon-Cape d... (S) emoticon-Bingung (S) emoticon-babi emoticon-anjing emoticon-Confused emoticon-fuck3 emoticon-fuck2 emoticon-fuck emoticon-Gila emoticon-Kagets emoticon-Nohope emoticon-Tai emoticon-thumbdown
image-url-apps
Ente promo blog ya ?
×