alexa-tracking

SEKILAS ALUR KERJA DOMAIN

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55521087642eb6f6578b4568/sekilas-alur-kerja-domain
Poll: Is it ok?
Yes 0% (0 votes)
No 100.00% (1 votes)
SEKILAS ALUR KERJA DOMAIN
1. Domain adalah alamat yang digunakan untuk mengakses sebuah server hosting.

2. Dari domain diarahkan ke name server, yang berisi informasi database domain ke lokasi server hosting.

3. Di dalam NS terdiri dari record DNS yang berisi A record, MX record dan CNAME Record.

4. Dari DNS baru diarahkan ke Hosting.

5. Jika anda membeli satu paket hosting dan domain, maka anda tidak perlu melakukan setting apapun pada domain, karena sudah otomatis disettingkan oleh jasa web hosting.

6. Jika anda membeli domain dan hosting di tempat yang terpisah, maka anda cukup mengarahkan domain anda ke name server dari layanan hosting yang anda pergunakan. Sebagai contoh : anda membeli domain di layanan IDwebhost.com dan membeli hosting di layanan Unlimited.id, maka yang perlu anda lakukan adalah men-setting domain anda di IDwebhost.com dan diarahkan ke name server hosting Unlimited.id.

7. Jika anda membeli domain dan akan memakai server sendiri, atau memakai layanan hosting gratis seperti Blogger, anda membutuhkan setting manual domain anda menggunakan Manage DNS atau DNS Management untuk mengarahkan domain anda ke layanan hosting atau server yang anda miliki. Setting tersebut mencakup A record, CNAME record, dan record tambahan lain seperti MX record dan TXT record jika diperlukan.

8. Bila diibaratkan dengan kendaraan bermotor, Name Server adalah kendaraan motor gigi otomatis, sedangkan Manage DNS adalah kendaraan motor gigi manual dengan kopling.

Spoiler for Sumber: