alexa-tracking

Tips Menang Kontes Logo di 99 Designs

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/554c9bae1cbfaabd368b456c/tips-menang-kontes-logo-di-99-designs
Tips Menang Kontes Logo di 99 Designs
Tips Menang Kontes Logo di 99 Designs

99Designs adalah sebuah web kontes terbesar di dunia,yang mempertemukan orang-orang yang membutuhkan desain, disebut contest holder /CH dengan designer (perancang desain). yang kemudian para designer bersaing dalam sebuah kontes untuk memenangkan desain mereka, yang diawasi secara langsung oleh pihak 99 design. Desain yang di pilih CH maka akan menerima prize ( hadiah) yang telah ditentukan CH sebelumnya.

Dalam Bahasan ini saya akan memberi sedikit tips bagi para pemula untuk memenangkan kontes di 99 designs, Sesuai judulnya saya hanya memberi tips memenangkan kontes di logo design. Mengapa ? Karena pengalaman saya juga baru di kontes logo design emoticon-Ngakak (S) .,. baca : pemula juga :v.
Karena mengikuti kontes di logo design tidak banyak menghabiskan waktu anda apabila anda sudah pernah membuat desain logo dan mempunyai sedikit skill mengoperasikan software design seperti coreldraw atau adobe illustrator. maka hanya perlu membutuhkan waktu 1-2 jam untuk mengikuti 1 kontes logo. Terlebih prize dalam logo contest tergolong cukup tinggi apabila dibandingkan dengan kontes advertising ataupun clothing.

Berikut tips-tips yang mungkin sedikit membantu para pembaca sekalian :

1. Jangan menjadi yang pertama di kontes yang baru dibuka
Saya pikir sebuah konsep desain yang pertama masuk CH akan memandangnya sebagai sebuah saran, dan jarang sekali CH akan menyukai konsep kita apabila kita menjadi yang pertama, apabila konsep kita disukai (mendapat bintang tinggi) maka para desainer yang submit berikutnya kemungkinan besar akan menyalin/mengembangkan konsep kita.Alhasil pengembangan konsep itulah yang kemudian disukai CH, akhirnya kita pun mungkin tersingkirkan. Jadi lebih baik ikuti kontes apabila sudah berjalan 1-2 hari. babak qualifikasi biasanya berjalan 4 hari, bila konsep kita bagus maka desainer lain tidak akan banyak waktu yang meniru/mengembangkan konsep logo kita)

2. Ikuti kontes non guaranteed ( tidak bergaransi)
Kontes non guaranteed biasanya tidak banyak peserta didalamnya, dan desainer-desainer hebat juga tidak banyak yang mengikuti. Jadi kita tidak punya banyak saingan di dalamnya, jangan ragu dengan hadiah dibayar atau tidak karena jika CH mulai tertarik dengan sebuah konsep maka dia akan menjadikannya kontes guaranteed.

3. Buatlah konsep desain secara spontanitas
Ide- ide kreatif biasanya muncul secara spontan melalui pikiran bawah sadar kita. Jangan berlama- lama dalam memikirkan sebuah konsep karena akan banyak membuang waktu anda. masih banyak kontes lain yang perlu di ikuti.

4. Hindari brief yang kurang fokus ,kurang lengkap dan sulit dipahami
CH seperti ini biasanya belum punya pandangan konsep seperti apa yang dia cari. ini akan merepotkan desainer karena akan banyak entry yang bermacam macam,kurang fokus dan qualifikasi akan berjalan lebih lama.

5. Jangan ikuti kontes yang sudah ada entry berbintang 5
Saya pikir CH sudah menemukan apa yang dia cari, untuk itu jangan memaksakan diri untuk mengikuti kontes tersebut, kecuali jika anda yakin konsep anda lebih baik dari entry yang berbintang tinggi itu.

6. Hindari mensubmit banyak konsep di sebuah kontes
Memang tidak ada larangan oleh 99 design jika anda mensubmit konsep sebanyak banyaknya, namun saya pikir itu seperti nge -junk (nyampah). dan CH mungkin menganggap anda kurang profesional.terlebih jika konsep tersebut hampir- hampir mirip. jadi datanglah dengan sebuah konsep yang baik dan berbeda dengan yang lain, CH akan lebih menghargai itu.

7. Ikuti kontes logo dengan genre yang anda ahli di dalamnya
Para langganan menang biasanya kontes yang mereka ikuti selalu genre yang sama karena dia sudah ahli dengan genre tersebut maka mereka selalu muncul dengan entry entry yang berkualitas. ada banyak genre yang bisa anda ikuti , seperti character , 3D logo, Vintage, typographi dsb. fokuslah pada salah satu genre dan selalu asah kreativitas anda di genre itu, anda akan menjadi spesialis di dalamnya.

8. Dekati CH dan sadari posisi anda
Setelah anda submit dan ternyata mendapat respon (feedback) dari CH maka ikuti apa maunya, segera kerjakan yang dia minta dengan cepat dan tepat. Jika kemudian rate anda ditambah terlebih bintang 5 maka kemungkinan anda akan dimasukkan ke final round dan anda berpeluang memenangkan kontes tersebut.

9. Buatlah target
Jika anda memang sudah pernah menang sekian kali, Maka anda harus punya target dalam mengikuti kontes, misalnya anda target mengikuti 4 kontes dalam sehari, dalam 6 kontes harus 1 kali final, dalam 5 kali final harus menang 1 kali, maka sebulan 4x30 = 120 kontes, 20 final, 5 menang. itu target yang cukup baik, tapi itu masih susah bagi saya sendiri dan saya sendiri masih jauh dari itu. hahahaha

10. Usaha Juga Doa
Doa tanpa usaha itu sia -sia, usaha tanpa doa itu sombong. Berdoalah dengan sungguh-sungguh dan jangan tergesa-gesa ,mintalah yang terbaik, agar selalu diberi ide-ide yang cemerlang dalam anda berkarya. Jika anda telah mendapatkan apa yang anda inginkan , maka berbagilah jika anda ingin ditambah.

Mungkin itu saja sedikit tips dari pengalaman saya ngontes di 99 Design,Jika ada yang kurang jelas bisa ditanyakan.... Semoga bermanfaat, semoga sukses ! Selamat berkarya.. SemangART !!'

kunjungi www.wilisme.com
Sayangnya ampe sekarang ane belom pernah menang ganemoticon-Berduka (S)
share pengalaman juga dong gan ane pengen tau
Pengen ikut bagai mana caranya gan tapi ane kemampuan disain minim emoticon-Frown
Bisa desain tp blm pernah nyoba ikutan kontes. Paling kesana cuman untuk nyari inspirasi desain hehe
ane kalah terus gan emoticon-Berduka (S)
cuma daftar blm coba
dl maen odesk,duitnya jg enak apalagi klo klien lama udh nyaman suka ditawarin ga pk bid lg tp anggapan tetangga ga enak..punya duit tp ada dirumah emoticon-Ngakak (S)

akhirnya cari kerja kantoran biar kliatan sibuk pergi pagi pulang malem meski ga punya duit emoticon-Hammer
odesk apaa itu gan ?
pengin juga punya duit tp kerja dirumah...hehehe
tak sundul e gan... emoticon-Big Grin secara ane lagi belajar di 99designs
Gan, ane dapat pesan seperti ini dari client
Tips Menang Kontes Logo di 99 Designs
maksudnya apa ya gan? maaf masih newbie
gue barusan ikut kontes desain logo D*** V** di 99D eh langsung direspon CH katanya dia gue harus ngerevisi desain logo yg gue submit,karena desain logo gue sulit dimengerti dan membuatnya bingung.maklum masih belajar emoticon-Big Grin
nice info gan, thx
izin nandai, ada minat juga ke situ emoticon-Embarrassment