alexa-tracking

(Share n Discuss) Bisnis Rental Mobil

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55481d0b1ee5df110d8b456a/share-n-discuss-bisnis-rental-mobil
(Share n Discuss) Bisnis Rental Mobil
Selamat pagi gan, sis. Selamat beraktifitas. Semoga keberkahan selalu menyertai anda semua.

Ane ingin share tentang bisnis yang ane geluti (ceilehh geluti emoticon-Big Grin), yaitu bisnis rental mobil. Kenapa ane pilih bisnis ini, karena di Kota Solo sedang berkembang sektor pariwisatanya. Kadang orang dari luar kota kan suka bingung tuh, pengin jalan-jalan gag tau rute, kalo taksi katanya kemahalan dsb. Makanya dengan peluang tersebut, ane memberanikan diri buka biisnis rental dengan nama Sunday Travel Solo.

Ane baru jalan 5 bulan dengan bisinis ini. Jadi masih dalam tahap belajar + banget. Mungkin bagi agan/sista yang pengi tahu kendala-kendala yang udah ane hadapi, okee nih ane kasih contohnya.

Dapet Armada yg Bagus
Sampai sekarang ane belum punya armada sendiri. Solusinya, ane pinjem rent-to-rent sama rental lain. Ada enaknya gan. Kita gag perlu mikir perawatan tetek bengek dll. Cukup terima jadi mobil bersih dan siap jalan. Yang rada apes kalo ane butuh mobil jam 4 pagi misalnya, nah mobilnya baru selesai disewa sebelumnya jam 12 malem. emoticon-Big Grin. Ampun deh dinihari bersihin mobil, cuci dll. Tapi gag papa, demi kepuasan pelanggan. emoticon-Malu (S).
Nah sekarang ane udah ada beberapa partner yang minjemiin armadanya buat ane, dan rata-rata gag mengecewakan. Tapi dulu pernah, ane pesen dan ngasih DP buat mobil yg bagus, Eh, giliran hari H nya, malah dikasih unit yang jelek. emoticon-Cape d... (S). Sejak saat itu ane gag pernah pakai mobil dia.
Pengaruh pertemanan juga penting gan. Disini, yang namanya mobil tipe premium atau microbus rata-rata harus sewa include sopir, termasuk untuk rental pemain baru. Nah, karena ane gag pernah bermasalah ketika bawa mobil (crash dll), lama-lama pemilik mobil percaya sama ane. Ketika ane pinjem mobil dengan tipe yang pemilik mobil gag punya, dia merekomendasikan ane buat pinjem di tempat partnernya yang punya. Jadi enak gan kalo kita bisa jaga kepercayaan pemilik mobil. Efek plusnya, ane bisa ngrasain mobil mewah. emoticon-Big Grin

Susah Dapet Customer
Nah ini juga krusial. Kita punya armada bagus tapi gag ada yang sewa?ya gag bisa setoran kita. emoticon-Big Grin
Sampai sekarang pun ane masih mengalami kendala ini. Dalam seminggu bisa dapet 2 order pun udah alhamdulillah sekali. Selma ini, cara yang ane lakukan, promosi lewat fb, twitter, kaskus, olx dll. Juga sesekali broadcast di BB ane. Tapi yang terakhir jangan keseringan ya. Yang ada nanti di delcont. emoticon-Big Grin
Selain promosi, bisa juga gabung ke paguyuban atau asosiasi rental. Sehingga, ya, istilah kasarnya kita kebagian informasi job lah. Tapi ini jangan jadi prioritas ya gan. Prioritasnya silaturahmi. Ada orderan masuk, anggap aja bonus. emoticon-Big Grin

Salah Menentukan Tarif
Nahh ini ane berkali-kali malahan. emoticon-Cape d... (S). penyebabnya, lama gag dapet order, begiru ada order pikiran ane pokoknya harus goal gimanapun caranya.Kadang dengan penurunan tarif, yang kadang asal sebut aja. emoticon-Cape d... (S)
Nah disini sebenarnya secara keuangan ane rugi. karena pernah dapet order ke jogja, gara gara salah itung, malah jadinya ane gag bawa pulang duit karena udah abis di sewa mobil n BBM. emoticon-Big Grin. Tapi di sisi lain, ini melatih kedisiplinan, insting bisnis dan ketenangan.
Nah ini juga berkaitan dengan harga BBM yang naik turun maju mundur cantik. emoticon-Big Grin. Tipsnya, jangan pernah ambil keuuntungan dari sisa duit BBM. Jadi ane pasang tarif untuk mobil+driver saja, BBM menyesuaikan tujuan. Yang penting bisa buat PP dan muter-muter di tempat tujuan. Sampaikan sejak awal ke customer soal itu.
Lebih bagus lagi kalau kita bisa menentukan perkiraan biaya BBM yang dibutuhkan. Nahh kalau ini kita mesti tahu konsumsi BBM mobil kita dan berapa jarak yg bakal ditempuh. Gampang, di google maps akurat kok. emoticon-Big Grin

Driver yang Berpengalaman
Nah ini juga gampang-gampang susah. Karakter driver macam-macam gan. Ada yang kayak supir taksi, supir bis, supir truk dll. Paling gag kita kenal dulu sama drivernya sebelumnya, gimana sifatnya dll. Driver juga menetukan pelanggan lho gan. Ada kasus dimana pelanggan lari gara-gara drivernya galak, bawa mobil ugal-ugalan dll.
Kalau misal drivernya kita sendiri bisa gag gan? Bisaaa. emoticon-Big Grin
karena umur bisnis ane masih belum lama, ane supirin sendiri semua pelanggan ane. Toh kebetulan belum begitu rame juga. emoticon-Big Grin Disini banyak hal yang bisa dipelajari. Mulai dari memperlakukan kendaraan, memperlakukan customer sampai menghafal rute jalan. Dan jangan lupa, kalau mau jadi driver harus punya SIM sesuai ketentuan.
Gan ane bisa nyetir, tapi gag tau rute, gimana dong? emoticon-Cape d... (S)
Kan ada google maps dan GPS. emoticon-Big Grin

Mobil Lepas Kunci
Nah iini juga masalah buat ane. Karena mobilnya pinjaman, ane hati-hati sekali kalau ada yang minta mobil non driver, alias lepas kunci. yaa tau sendiri kan, mobil dibawa kabur, dipreteli dan segala tindak kejahatan yang lain. Tipsnya, jangan meminjamkan lepas kunci pada peminjaman pertama atau kedua. Harus pakai driver. Dan kalu bisa drivernya kita sendiri supaya kita bisa lihat karakter pelanggan.

Nah itu sekelumit pengalaman ane. Tulisan ini akan diupdate untuk menambah pengalaman kita bersama tentang isnis rental mobil. Monggo agan-sista sekalian silahkan berkomentar, sharing, diskusi tanya jawab disini.
Terimakasih. emoticon-Cendol (S)

Quote:
menyimak Gan.
dilanjut sharingnya. emoticon-Embarrassment

Need info

Bantu up

Sekalian cari rental mobil di daerah jak-bar dgn pemilik a/n Pak Rudi
Tahun lalu sy sewa utk lebaran lepas kunci, skrg sy mau sewa lg tp kehilangan kontaknya,

Mohon infonya ya gan siapa tau ada yg pernah sewa ke dia jg dan masih menyimpan kontaknya

*yang tersisa cuma no rek-nya

Thanks

About Driver Rental

Selamat malam agan sista sekalian. Sesuai janji ane akan update terus trid ini. Harapannya berbagi pengetahuan tentang seluk beluk rental merental emoticon-Big Grin.

Disini ane berbagi pengalaman ane dan lingkungan pergaulan ane sesama pelaku rental. Disini ane sebut pelaku ya, karena di dunia rental mobil, ternyata gag cuma posisi pemilik mobil aja yang penting. Driver rental juga penting lho gan. Bayangin kalau satu tempat rental punya mobil 30 unit dan separuhnya order pakai jasa sopir. Masak ya mau disopirin sendiri (kecuali punya jurus seribu bayangannya naruto ya. emoticon-Big Grin).

Menyetir mobil, ane rasa banyak orang yang bisa. Presentasenya bisa dibilang satu dari lima orang bisa nyetir. Masalahnya, seberapa sih skill nyetir dia? Ada yang bawa mobilnya enak, injak gas rem alus, ada yang ala pembalap jalanan dll. Selain itu kelengkapan administratifnya, ada gag? Paling gag, ada beberapa kualifikasi yang, yaa bukan wajb sih, tetapi sebaiknya ada ketika kita mau merekrut seorang driver. Antara lain :

Harus bisa nyetir dan Punya SIM
Yaelah boss, ini sih wajib. emoticon-Cape d... (S). Ya iyalah, namanya sopir harus bisa bawa mobil dong. Kalo gag ya jangan direkrut ya. Yang ada nanti mobil balik spion ilang sebelah lagi. emoticon-Big Grin. Bukan gitu gan. Seorang driver jangan cuma asal bawa aja. Tapi harus ngerti cara memperlakukan mobil, cara nyetir yang enak gimana, ngerti rambu-rambu,taat peraturan lalu lintas dll. Efeknya, tentu ke unit mobil yang dibawa sama kenyamanan penumpang. Sebaru apapun unit kita, senyaman apapun unit kita, kalau driver gag enak bawanya, ujung-ujungnya customer ogah pakai jasa kita.Serius.Dan ini sering kejadian.
Next, bisa nyetir yang bener, lebih sempurna lagi kalau syarat administratifnya terpenuhi. Yap. SIM atawa surat ijin mengemudi. Wajib punya sim sesuai kualifikasi untuk bisa bawa kendaraan di jalan umum. Buat yang belum ngerti, SIM untuk bawa kendaraan roda empat keatas itu ada SIM A, B1, B2. Masing - masing dibagi lagi jadi sim biasa dan sim umum. SIM biasa digunakan untuk bawa mobil plat hitam, dan SIM umum buat kendaraan plat kuning. Karena tingkat sim umum lebih tinggi dari sim biasa, maka pemegang sim biasa sebaiknya jangan bawa kendaraan plat kuning, bisa berabe kalau kena tilang. emoticon-Big Grin tetapi untuk sebaliknya, boleehh.

Tahu Pengetahuan tentang Jalan, Tempat Wisata, Kuliner dan tempat lain yang relevan
Nah ini selanjutnya gan. Kan gag lucu kalo bisa nyetir gag tau rute. Ynag ada bikin customer gondok dong. emoticon-Big Grin. Paling gag kita tahu tempat-tempat wisata dan kuliner di dalam kota dulu. Misalnya ane kan di Kota Solo nih. Harus tahu rute jalan ke Bandara Adi Sumarmo, terus antar ke Hotel Aston misalnya, habis itu makan di RM Adem Ayem, habis itu ke Musium Batik Danarhadi misalnya. Setidaknya itu contohnya. Kesulitan? Gampang, ada google maps.
Ada lagi, jangan panik kalau tiba tiba disuruh anter ke tempat yang kita tahu. Tanya dulu, customer kita tahu tempatnya gag, kalau gag tahu, yaa bisa google maps, atau tanya temen. Pokoknya jangan parno dehemoticon-Big Grin. Misal nih, ane dulu pernah diminta anter lihat-lihat perumahan sama kawasan industri disini. Berhubung ane gag tahu, ya searching aja info dari beberapa sumber. Simple?yes. emoticon-Smilie

Ramah dan Sopan
Customer adalah raja, maka layani sebaik-baiknya. Prinsip ini yang harus dipegang kalau mau orderan lancar dan customer lama gag kabur. emoticon-Big Grin. Dari hal kecil aja, misal kalau jemput ke bandara, bawain tasnya masukin bagasi. Simple, tapi berkesan buat custoer kita. Ajakin ngobrol kalau suasananya memungkinkan. Hal hal simple misal tentang tempat wisata, keadaan cuaca saat itu dll bisa memancing ke obrolan tahap selanjutnya. Siapa tahu customer kita yang ibuk-ibuk atau bapa-bapak punya anak cewek yang siap nikah. emoticon-Big Grin

Yap intinya adalah, layani customer kita sebaik-baiknya, maka orderan akan mengalir lancar. emoticon-Big Grin. See you.
nunggu update selanjutnya cuma ane sempat denger dari owner rental sendiri ini jatohnya uangnya gk muter yah..atau mungkin ada yang bisa kasih penjelasan lbh detail lagiemoticon-Blue Guy Cendol (S)
Quote:


ok siapp gan. ane update lagi deh.emoticon-Cendol (S)

Simulasi Perputaran Uang Bisnis Rental Mobil

Hey ane update trid ini lagi nih agan sista. emoticon-Big Grin

Kali ini, menanggapi pertanyaan dari agan diatas, ane mencoba mensimulasikan perputaran uang di bisnis rental mobil. Mungkin simulasi yang ane buat gag selalu akurat di setiap daerah ya, tergantung seberapa prospek bisnis ini di kota agan masing-masing. Well, ane bikin patokan bisnis rental di kota Solo ya gan. Semoga bisa sedikit memberi gambaran buat agan-sista sekalian.

kalau kita bicara perputaran uang di bisnis rental, sebenarnya gag ribet-ribet amat. Ane rasa sih hampir sama dengan bisnis laiinya.|
Pada dasarnya, konsumen meminati jenis mobil keluaran terbaru dan nyaman, maksimal keluaran 3 tahun terakhir. Maka selama 3 tahun tersebut, kita berusaha untuk mengganti unit armada kita dengan mobil keluaran terbaru. Nah, selama 3 tahun itu pula, kita berusaha mendapatkan omset untuk, pertama angsuran mobil, kedua biaya perawatan, ketiga laba.

Nah ini contohnya gan.
Spoiler for simulasi kredit:


Nah ini contohnya gan. DP 43.000.000
Angsuran 36 bulan : 4.800.000 per bulan.

Prinsipnya, pada tahun pertama, DP harus sudah kembali ke kita. Sehingga tahun 2 dan 3, tinggal menutup sisa agsuran. Berarti pada tahun pertama, omset yang harus didapatkan harus lebih tinggi daripada omset pada tahun 2 dan 3.
Berarti pada tahun pertama, omset minimal yang harus didapatkan perbulan, supaya nisa menutup DP dan angsiuran tahun pertama adalah :
(43.000.000 : 12) + 4.800.000 = 8.400.000.
Kok gedhe banget gan? emang bisa? Bisaa. emoticon-Big Grin
berarti kita bulatkan aja, sebulan harus dapat omset 9 juta dari 1 mobil.
Caranya? inget gan, ini mobil keluaran terbaru yang paling banyak diminati, baik itu oleh kalangan pribadi maupun perusahaan, Jadi harganya pun boleh dipasang lebih mahal.
Okelah, kalau dihitung harian, katakanlah mobil jalan 28 hari per bulan, dengan asumsi 15 hari 12 jam dan 13 hari 24 jam. Harga sewa per 12 jam 275k dan 24 jam 375k. Maka perhitungannnya jadi :
15 x 275.000 = 4.125.000
13 x 375.000 = 4.875.000
kalo dijumlahkan : 4.125.000 + 4.875.000 = 9.000.000
Dapet kan 9 juta. emoticon-Big Grin

Nah untuk tahun kedua dan ketiga, maka harga sewanya pun bisa diubah, karena beban kredit sudah agak berkurang. Setelah 3 tahun, angsuran lunas, ya jual aja mobilnya gan. emoticon-Big Grin. Dari hasil penjualan mobil tersebut, itulah keuntungan agan. Bisa buat DP mobil lagi, atau keperluan lain.

Oh ya gan, prinsip ini tidak mutlak diaplikasikan seluruhnya, bisa disesuaikan dengan kemampuan agan serta kondisi pasar rental di tempat agan. Ada juga promo-promo kredit yang menawarkan DP rendah serta angsuran yang lebih rendah pula. Informasi kayak gitu, biasanya buat kalangan terbatas aja gan. Makanya banyak-banyaklah berkawan sama sales mobil. emoticon-Big Grin

Tunggu update selanjutnya. See you. emoticon-Cendol (S)
ada yang udh pernah nyoba rental mobil mewah yang nanti dijadikan mobil pengantin itu gmana prospeknya ?
Quote:


kerja sama eo pengantin bro.
ane dulu jg pernah kerja d dunia rental kendaraan.jgn maruk,misal ada pelanggan mencurigakan tolak aja
Quote:


kerja sama eo pengantin bro.
ane dulu jg pernah kerja d dunia rental kendaraan.jgn maruk,misal ada pelanggan mencurigakan tolak aja
semoga makin sukses gan, ane juga lagi merintis bisnis mirip agan ini,cuma masih lamaan agan emoticon-Ngakak (S)
Permisi gan mau share usaha ane juga kebetulan rent car.

Kalau 1 mobil sampai 9juta itu tergantung tempat ya gan.. Tetapi saya tidak bilang itu tidak bisa emoticon-Malu (S)
mungkin di kalimantan setau ane bisa dpt segitu karena pesaing juga sedikit tdk seketat bali-sby-jkt.
Jujur mobil keluar per bulan itu antara 20-25x keluar per mobil per bulan.
jd misal harga sewa mobil di tempat agan 250k /24jam (25x250 = 6.250k)

Nah kalau itu hitungan real ane dan emang ane uda berjalan maksimal dpt segitu .
Kira2 bisa gak sampai 9jt? omsetnya?
saya bilang PASTI bisa!

kalau di itung-itung masih ada 3750k dari hitungan diatas. bgmana caranya mensiasati?
Kalau yg saya lakukan adalah menjadi driver saat mobil di sewa. Jadi agan pny mobil lalu agan sendiri yang driver.
per hari kalu di tempat ane ggaji driver itu 150rb / hari . Agan tdk perlu ambil 30hr fullemoticon-Bingung (S) emoticon-Ngakak (S) (*bisa tepar ente) . max ane batasi 10x -15x keluar jd driver emoticon-Big Grin
Hitunganya: 15 x 150 : 2.250k

pertanyaan lagi
Kan kurang donk ?
Tenang..
masih ada tip dari tamu2 ente yang bisa ente kumpulin.kalau ini tdk pasti gan bisa ente dapet 100rebong - paling terkecil 30rebong emoticon-Ngakak (S)
kadang temen ane bisa dpt 400rebong emoticon-Cape d... (S)

Itu baru 1 mobil gan.
Bayangkan pemain2 gede yg punya 50 mobil 100 mobil gk bayangkan tu omset perbulan bisa gede banget!

Saran saya kalau anda ingin usaha rentcar ambil angsuran terkecil mungkin agar sisa uang bisa dipergunakan untuk perbaikan maupun buat ente hidup emoticon-Ngakak (S)

Sekian
grandrentcarmalang.com
Quote:


setuju juga sama agan yg satu ini
betewe klo modal DP beli mobilnya patungan gimana sistimnya?
bagi2 resepnya dong gan
up gan

ane pengen banget buat usaha rent car mobil ini gan,ane berdomisili di bali gan

tp masih ragu gimana kedepannya

antara kredit mobil terus disewain lepas kunci,anggap saja ane jadi sub agentnya para pemain yg uda lumayan rame pelanggannya,ane cari rekan sebanyak banyaknya jd asumsi dlm perbulan anggap saja keluar28x dgn harga perhari sewanya skitar 200-225rb

atau ikut paguyuban gt dan nyupirin sendiri gan
tp disini dlm cara nyetir mobil ane kurang smooth gan emoticon-Hammer (S)

lebih prospektif mana gan kalo ambil inova baru atau avanza baru?
Ente di solo ya gan?
Klo msalnya ane pny mobil nih, trs ane titipin ke agan ane biasanya dpt persenan brp?

Ane pengen coba nih, biar perbulannya bisa buat bayar angsuran mobilnya emoticon-Malu (S)
Trs mobil yang agan sewakan apa aja ya?
Klo misal type hatchback kya brio ato nissan march gt bsa?
Ikutan nimbrung gan.
Kebetulan ane juga punya usaha rent car. Udah jalan +/- 3 tahun. Ane domisili Palopo, Sulawesi Selatan.

Kalau di daerah ane semua lepas kunci jarang yg pakai sopir (bukan berarti tidak ada).

Kelebihan sistem lepas kunci adalah enak gan kita juga gak repot urus sopir, hanya fokus pada kebersihan dan perawatan mobil saja. Tapi kekurangannya kita gak bisa lepas ke sembarang orang.

Bahkan hingga 3 tahun berjalan ini ane masih ragu untuk lepas ke orang yg baru ane kenal. Jika ada pelanggan baru kita perlu survey dulu ttg tempat tinggal dia, karakter orang tersebut, kerjaan orang tersebut. Jangan sampai mobil kita sigunain untuk hal-hal yg melanggar hukum atau malah dibawa kabur.

Tapi namanya dalam dunia bisnis pasti akan mengalami hal yg demikian. Beberapa bulan lalu armada ane pernah dibawa kabur orang selama 5 bulan tanpa bayar dan tak ada komunikasi. Tapi alhamdulillah ketemu dengan perjuangan yg tak mudah.

Nah disini ane mendapat banyak pembelajaran. Bahwa dengan sistem lepas kunci kita harus memasang GPS tracker pada armada kita. Akhirnya semua armada ane pasangin GPS tracker. Emang keluar duit lagi banyak. 1,1 jt per armada tp sangat membantu. Kita bisa memantau mobil kita.

Setelah pemasangan GPS pernah terjadi hal serupa penyewa lost contact dengan ane selama 3 hari. Langsung ane datengin armada ane sesuai lokasi di GPS dan ketemu. Begitu membantu tidak seperti dulu harus meminta bantuan polisi dan segala macam.

Untuk agan-agan yg tengah berbisnis rental dengan sistem lepas kunci bisa menerapkan ini. Untuk antisipasi hal-hal yg tidak diinginkan.

Tips lagi untuk agan-agan yg baru hendak memulai bisnis ini sangat ane saranin untuk tidak membeli mobil dalam keadaan new. Beli saja mobil seken yg masih mulus. Fungsinya yaitu setorannya tidak terlalu berat. Karena selisih setoran mobil baru dan seken lumayan.
Dan penyewa juga tidak terlalu mementingkan itu baru atau seken asalkan mobil tersebut bersih mesin oke sudah tidak jadi masalah. Toh baru maupaun enggak harga sewanya tidak berbeda.

Di daerah ane untuk New Avanza keluaran 2012 keatas itu sewa per 24 jam Rp. 300.000 sedang untuk avanza tipe lama 250.000

Kita asumsikan paling rendah sebulan armada jalan 20 hari.
20*300.000 = 6.000.000
Biaya setoran 3.700.000
Biaya perawatan 500.000
Kita bisa terima bersih 1.800.000

Itu jika satu mobil. Jika punya 10 mobil. Tinggal dikalikan saja.

Dalam dunia rental juga tak jarang kita kekurangan armada. Kita bisa mengambil dari pemilik rental lain. Disini kita bisa mendapatkan komisi. Jika harga sewa 300.000/24 jam. Biasanya kita hanya perlu setor 250.000. Dengan kata lain kita dapat komisi 50.000/hari/mobil.

Begitu pula terkadang banyak yang suka menitipkan mobilnya di rentalan kita. Sistemnya pun sama dengan jika kita mengambil ke rentalan lain. Harga sewa yg kita jual 300.000 kita hanya perlu setor 250.000. Itu bisa jadi penghasilan sampingan diluar armada kita sendiri.

Sekian. Jika ada yg bisa saya share akan saya share selanjutnya.

-Mahameru Trans Palopo-
Bantu up skalian nyimak
Belajar sama agan karena mau mulai usaha rental wilayah jakarta baratemoticon-Shakehand2
Quote:


Gan recomend untuk gps tracker merk apa? Terus mobil kalau di bawa kabur dan di lepas pelaku gps tracker na jadi bgmn? Makasih gan berbagi sm nubie
Makasih gan infonya , jadi tau nih hehe
gan, kalau untuk gaji karyawan rental kisaran berapa ya, wilayah palu sulawesi tengah.