alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Website, Webmaster, Webdeveloper /
Johanes Chandra Ekajaya - Definisi dan Alasan-alasan melakukan Riset Online
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5542561b98e31bf1528b456b/johanes-chandra-ekajaya---definisi-dan-alasan-alasan-melakukan-riset-online

Johanes Chandra Ekajaya - Definisi dan Alasan-alasan melakukan Riset Online

Johanes Chandra Ekajaya - Definisi dan Alasan-alasan melakukan Riset Online. Apa yang dimaksud dengan riset online? Riset online adalah riset yang di lakuan secara online dengan menggunakan kuesioner elektronik yang memanfaatkan email dan/atau web untuk mengumpulkan data yang diperlukan dimana responden dapat berasal dari mana saja dengan tidak dibatasi area geografis saat riset di jalankan. Definisi lain mengatakan riset online ialah teknik-teknik koleksi data termasuk diantaranya survei dengan menggunakan halaman-halaman Web, survei menggunakan email dan wawancara yang dilakukan secara online.

Unpam - Definisi Riset Online dan Alasan-alasan melakukan Riset Online
Tujuan melakukan riset online diantaranya ialah:

Memperoleh target populasi yang lebih luas.
Mempercepat dalam melakukan koleksi data.
Menekan biaya koleksi data yang jika dilakukan secara konvensional adak memakan biaya yang besar.
Dapat dikirim dengan menggunakan email atau ditempatkan dalam website dengan menggunakan alamat tertentu.
hasil dapat ditampilkan saat itu juga secara deksritif sehingga peneliti dapat melihat perkembangan riset yang sedang dilakukan.
Menghemat waktu dalam mencari data.

Alasan-Alasan Melakukan Riset Online
Alasan-alasan mengapa peneliti saat ini mulai sering melakukan riset secara onlien diantaranya adalah :

Pada riset offline pencarian data akan memerlukan waktu yang lama dan biaya besar jika data yang di perlukan besar. Oleh karena itu para peneliti muli memanfaatkan internet dan teknologi World Wide Web sebagai media untuk melakukan riset. Dengan melakukan riset secara online, peneliti dapat mengurangi biaya operasional dalam pengumpulan data yang semula di lakukan oleh para enumerator lagi.
Riset yang dilakukan secara online mempunyai beberapa keunggulan diantaranya ialah: kecepatan, pribvasi responden semakin terjaga, pencarian data secara bersekala besar dapat dilakukan secara lebin cepat dan bersamaan. Jika terjadi kekurangan data maka data pengganti dapat di peroleh dengan cepat.
Jika riset mempunyai skop yang luas, maka responden dari berbagai daerah dan kota atau bahkan negara lain akan dapat dengan mudah diperoleh.
Karena teknologi internet sudah menjadi bagian hidup manusia sehari-hari, maka riset online menjadi satu yang biasa bahkan secara psikologis tidak lagi dipandang sebagai hal yang membebani responden saat menjawab pertanyaan-pertanyaan melalui kuesioner elektronik.
Dengan adanya perangkat lunak yang mendukung riset online, peneliti akan dapat lebih mudah melakukan riset onlie dengan cepat, murah dan hasilnya akurat.
Karenahampir semua orang mempunyai email, maka riset online yang berbasis email akan mudah dilakukan hanya dengan satu kali mengirimkan kuesioner elektronik melalui jasa layanan pengiriman email, kita sudah dapat menjangkau ratusan bahkan ribuan alamat email yang akan dijadikan sebagai sarana menghubung responden.
Riset online memperkuat obyektifitas karena tidak terjadi kontak langsung antara peneliti responden.

Ini lah artikel yang saya ambil dari buku perpustakaan UNPAM. Semoga artikel Unpam - Definisi Riset Online dan Alasan-alasan melakukan Riset Online bisa bermanfaat untuk Anda.

Sumber: Klik disiniKlik disini
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Quote:

Penulis diawal hendaknya memberi penjelasan definisi dari online, meskipun pada paragraph berikutnya dijelaskan secara implisit bahwa metode online yang dimaksud adalah metode melalui media internet.

Quote:

Sekedar menambahkan saja untuk tulisan ini, dewasa ini berkembang wacana bahwa metode kolektif data melalui email dan atau web selain social media sudah masuk cara yang "konvensional".

Seriring perkembangan social media (yang mana tidak bisa dibandingkan dengan teknologi web atau email secara platform) kolektif data melalui social media termasuk diantaranya web, instant messenger / social messenger (you name it), dinilai lebih efisien dan tertarget.

Tidak perlu mengumpulkan data responden, social media memiliki database dengan range yang luas.
Responden tidak dikhawatirkan survey yang scam (kadang survey diiringi iming2 palsu hadiah) dengan catatan social media yang kompeten yang memfasilitasi
Berkurangnya invitation yang tidak sampai, misalnya jika melalui email tersasar di spambox.
Tidak perlu membangun aplikasi survey, banyak social media menyediakannya dengan lengkap dan banyak diantaranya yang gratis.
Dan banyak lagi mungkin ada yang bisa menambahkan.

Kalau ada pros, pasti ada cons, kekurangan dari survey melalui social media;
Data memiliki level privasi yang berbeda, jika melalui web konvensional data dapat dienkripsi sehingga sekalipun pihak provider server tidak bisa mengintipnya, kalau melalui social media, jaminan privasi hanya melalui statement dari pihak social media. Meski demikian teknologi yang memungkin data survey yang didapat dari social media di enkripsi di server sendiri sudah ada, tapi jadi menghilangkan efek positif efisiensi biaya.

Dan lainnya pasti masih ada lagi (saya tidak percaya ada sistem yang sempurna 100%)

Sekali lagi saya hanya menambahkan tulisan ini, yang mana sudah bagus secara konseptual, meski perlu ada update lagi dari segi trend teknologi Internet.



×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di