alexa-tracking

INI DIA TEKNOLOGI GAMING TERDAHSYAT! SIMAK DISINI GAN!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/554056e85c77989d5a8b4568/ini-dia-teknologi-gaming-terdahsyat-simak-disini-gan
INI DIA TEKNOLOGI GAMING TERDAHSYAT! SIMAK DISINI GAN!
Selamat pagi, siang, sore, malam atau kapanpun agan baca info bermanfaat dari ane kali ini emoticon-Big Grin

Kali ini ane pengen ngebahas API terbaru DirectX12 yang udah lama ditunggu-tunggu oleh gamers dunia karena katanya sih API Revolusioner ini bakal mampu mengubah dunia per-gaming-an kita jadi jauh lebih berkualitas. Penasaran kan peran DirectX12 dalam dunia gaming di masa depan? Yuk mari kita kupas selengkapnya secara tajam, setajam silet! emoticon-Ngakak

Jadi Apa Itu API DX12? Gagal Paham Ane emoticon-Ngakak
INI DIA TEKNOLOGI GAMING TERDAHSYAT! SIMAK DISINI GAN!

API (Application Programming Interface) kalo diterjemahin ke bahasa Indonesia merupakan Antarmuka Pemrograman Aplikasi. Disebut dengan “antarmuka” karena API bertindak sebagai jembatan, yang dalam dunia gaming menjembatani perintah dari CPU ke GPU / VGA untuk menggambar grafis game.

Nah, DirectX12 sendiri merupakan nama dari API terbaru yang diciptain sama Mikocok alias Microsoft dimana akan jadi standar API yang akan diterapkan pada banyak aplikasi dan game di masa depan dimana intisarinya diambil dari API Mantle yang pernah diciptakan oleh AMD (perusahaan mikroprosessor pesaing Intel). Kelebihan DirectX12 dibanding API-API sebelumnya yang pernah diluncurkan adalah kemampuannya untuk memaksimalkan performa CPU & GPU dalam mengolah grafis saat gaming atau desain. EFEKNYA? Gaming ATAU desain bisa jadi lebih cepat dan mulus dengan DirectX12. Bahkan kalian yang pakai prosessor atau VGA low-end pun bisa main game berat kalau udah pakai DirectX12.

Hooh, Hebat Juga Ya DirectX12. Terus Kok Bisa Bikin Cepet? Kenapa Tuh?
Nah, DirectX12 ini bisa mempercepat PC agan dalam desain atau gaming karena ia bisa memanfaatkan hampir semua core pada CPU dan GPU agan untuk bekerja dan mampu membuat GPU agan mengerjakan banyak tugas sekaligus dalam waktu bersamaan. Kumpulan Draw Call atau perintah untuk menggambar objek dari CPU ke GPU untuk ditampilkan ke layar dapat ditampung dalam jumlah sangat banyak jika prosessor dan grafis agan bisa memanfaatkan API DirectX12.

Semakin banyak Draw Call yang mampu dihasilkan maka akan semakin banyak & semakin kompleks gambar yang tercipta, alhasil gambar saat gaming jadi lebih keren/mulus/smooth/kaga terkesan patah-patah atau lag gitu. Hal ini tentu berbeda dengan API generasi sebelumnya kaya “DirectX11” yang cuma bisa memanfaatkan sedikit core untuk melakukan perintah Draw Call sehingga sering menyebabkan PC agan lambat dalam mengolah grafis saat saat gaming/desain. Apalagi GPU agan cuma bisa melakukan satu tugas dalam satu waktu saja sehingga menghabiskan banyak waktu dan daya.

Sayang kan kalau agan udah bela-belain beli Prosessor dan VGA mahal dengan core banyak dengan harapan agan bisa main game dengan cepat, tapi malah jadi lemot cuma gara-gara API yang dipakai ga memadai. Makanya diharapkan dengan adanya DirectX12 ini mampu memberi harapan baru untuk para gamers dimana mereka bisa gaming dengan lebih nyaman tanpa harus pakai spek PC yang tinggi-tinggi. Nah sekarang udah tau kan manfaat dan peran penting DirectX12 yang mampu tingkatkan kemampuan CPU & GPU agan-agan gamers? emoticon-Kiss

INI DIA TEKNOLOGI GAMING TERDAHSYAT! SIMAK DISINI GAN!


Ini Dia Gambaran Suram Kinerja API sebelum adanya API Next-Gen seperti Mantle dan DirectX12, dimana si API cuma bisa memanfaatkan 1 core CPU untuk bekerja mengolah grafis. Alhasil, gaming dan desain jadi lemot, dikarenakan core yang lain malah asik nganggur emoticon-Ngakak


Hoo, Iya Gan Ane Ngerti Sekarang. Terus Ane Harus Beli Produk Kayak Apa ya yang Bisa Support DirectX12 ini biar gaming ane lancar?
Ane ambil contoh dari produk AMD gan, soalnya produk AMD udah terbukti cocok dan sudah dukung penuh DirectX12 mulai dari prosessor sampai kartu grafisnya, soalnya sudah dukung fitur DirectX12 Asynchronous Shading untuk pengolahan kebutuhan grafis berbeda secara bersamaan dan juga Multithread Command Buffer Recording yang izinkan pembagian kerja hampir merata di semua core (Simak selengkapnya di http://community.amd.com/community/a...-of-directx-12). Agan bisa liat sendiri peningkatan performa dari kartu grafis AMD Radeon R7 dan R9 Series, Prosessor AMD APU dan Prosessor AMD FX saat menggunakan DirectX12 selengkapnya di http://community.amd.com/community/a...d-feature-test
INI DIA TEKNOLOGI GAMING TERDAHSYAT! SIMAK DISINI GAN!
Di Resolusi Berkualitas Tinggi "4K" Jumlah Draw Call yang bisa ditangani DirectX11 berbanding sangat jauh dengan DirectX12! Terbukti Grafis AMD Radeon R9 dan R7 Series mampu hasilkan performa lebih kencang jika pakai DirectX12 hingga 10-16X LEBIH TINGGIdari sebelumnya


INI DIA TEKNOLOGI GAMING TERDAHSYAT! SIMAK DISINI GAN!
Pada prosessor AMD APU A-Series, terdapat peningkatan Performance per Watt sebanyak 511% setelah gunakan API terbaru ini! Ini artinya, setiap Watt daya yang dikonsumsi oleh AMD APU A-Series mampu lakukan pekerjaan hingga 6X LEBIH BANYAK dibanding sebelumnya saat gunakan DirectX11!


INI DIA TEKNOLOGI GAMING TERDAHSYAT! SIMAK DISINI GAN!
Bagi pengguna Prosessor Multi-Core seperti AMD FX, DirectX 12 berhasil tingkatkan hingga +2.9 juta Draw Calls per Core hingga core ke-6! ARTINYA: Performa prosessor AMD FX Multi-Core akan semakin tinggi dengan API next-gen ini karena makin banyak Core yang bisa dioptimalkan dibanding saat pemakaian DirectX11.

Selain itu agan juga bisa liat perbandingan kinerja produk AMD dengan kompetitor (NVIDIA & Intel) berikut ini yang diuji oleh media luar WCCFTech dan Anandtech. Ternyata hasil pengujian menunjukkan produk kartu grafis AMD Radeon dan prosessor AMD APU bisa mengungguli produk kartu grafis NVIDIA dan prosessor Intel yang lebih mahal dan lebih baru pada saat penggunaan DirectX12.

INI DIA TEKNOLOGI GAMING TERDAHSYAT! SIMAK DISINI GAN!
Pada grafik di atas terbukti lebih banyak Draw Call yang bisa dilakukan oleh GPU ketika pakai DirectX12. Peningkatan Paling Tinggi Bisa Dilihat Pada Penggunaan Grafis AMD Radeon R9 285 dan R9 290X yang jauh mengungguli produk kartu grafis GTX 960 & 980 dari NVIDIA yang lebih baru dan lebih mahal.


INI DIA TEKNOLOGI GAMING TERDAHSYAT! SIMAK DISINI GAN!
Pada penggunaan DirectX 12, AMD Radeon R9 290X yang harganya jauh lebih terjangkau ternyata mampu menyamai performa kartu grafis tertinggi dan termahal dari kompetitor NVIDIA GTX Titan X saat dipakaikan API DirectX12!


INI DIA TEKNOLOGI GAMING TERDAHSYAT! SIMAK DISINI GAN!
INI DIA TEKNOLOGI GAMING TERDAHSYAT! SIMAK DISINI GAN!
INI DIA TEKNOLOGI GAMING TERDAHSYAT! SIMAK DISINI GAN!
INI DIA TEKNOLOGI GAMING TERDAHSYAT! SIMAK DISINI GAN!
Performa AMD APU berbasis Kaveri jauh mengungguli prosessor kompetitor dari Intel baik dari segi kecepatan maupun jumlah beban kerja yang mampu ditanggung saat menggunakan DirectX12.


Jadi bisa diliat gan kalo berdasarkan PENGUJIAN di atas terbukti bahwa produk AMD merupakan pilihan terbaik buat agan dalam hal penggunaan DirectX12 dibanding kompetitor. Jadi kalau mau upgrade prosessor dan kartu grafis baru amannya sih agan pilih AMD, biar agan bisa main dan jalankan aplikasi yang pakai DirectX12 dengan lancar. Tapi penilaian balik lagi ke selera agan-agan masing-masing, yang jelas berdasar pengujian di atas untuk sementara AMD yang paling unggul.

Apapun pilihan agan, setiap beli barang agan harus berhati-hati supaya ga ketipu sama penjual / produsen nakal ya gan kaya yang ane pernah ceritain di http://www.kaskus.co.id/thread/54db2...ib-seperti-ini dan http://www.kaskus.co.id/thread/54730...lama-14-tahun. Selalu pertimbangkan sisi baik dan buruk suatu barang sebelum membeli, dari review-review yang banyak bertebaran di mbah google dan ambillah yang sesuai dengan kebutuhan dan dana yang agan miliki.
Sekian thread dari ane kali ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di thread selanjutnya emoticon-Kiss

Sumber:
http://www.jagatreview.com/2015/03/3...nal-draw-call/
http://www.jagatreview.com/2015/03/p...-cpu-speedghz/
http://community.amd.com/community/a...d-feature-test
http://community.amd.com/community/a...-of-directx-12
http://community.amd.com/community/a...for-directx-12
http://wccftech.com/amd-r9-290x-fast...aster-gtx-980/
http://anandtech.com/show/8998/direc...rmance-preview
izin nyimak gan
Quote:


Gagal fokus sama ava ente gan emoticon-Ngakak
KASKUS Ads
image-url-apps
Jejak gan emoticon-Stick Out Tongueaws: emoticon-Smilie
image-url-apps
Wahh kerenn gann nice infoo..!!
bisa aja ente gan emoticon-Hammer2
image-url-apps
rencana juga mau pake AMD ane gan.. emoticon-Big Grin

yang APU A-series.. low budget emoticon-Hammer (S)
Quote:


Sama2 gan emoticon-Matabelo
kebetulan gue lagi mau rakit pc buat gaming tapi masih bingung mau combo Intel + Nvidia atau AMD + Radeon. Secara harga lebih masuk ke AMD + Radeon karena terjangkau, tapi harus pake power supply yang -wajib- bagus (kalo bisa 80+ Gold bahkan platinum (kalo ane baca review2nya di web luar)) karena AMD + radeon rakus daya (no offense gan emoticon-Blue Guy Peace). Sedangkan kalo kompetitor, Intel + Nvidia, secara harga over budget, tapi irit daya.
image-url-apps
Mantap betulemoticon-Recommended Seller



tp ane masih pake pentium 4
Quote:


Ane doain gan supaya punya yang baru emoticon-Matabelo

gue masih maenin game koboy di gamebot brur emoticon-Smilie


I'm from the village Tumaritis
image-url-apps
Tetep harus punya VGA yang support dx 12 emoticon-Frown
Quote:


Ia gan emoticon-Big Grin
Quote:


emang VGA agan apa??? katanya mah kalo udah dukung dx11, dx12 otomatis bisa, ga tau juga sih :P

Quote:


Radeon 6730M gan VGA laptop support DX 11 emoticon-Blue Guy Peace
Mari menunggu windows 10 emoticon-Kiss (S)
image-url-apps
Windows 10 only kah? Kalau Windows 8.1 bisalah update direct x aja?
image-url-apps
Cuman bisa di win 10 gan? Ane masih pake win 7 emoticon-Mewek
image-url-apps
saatnya berpindah ke win 10 gan
image-url-apps
Wah mantep banget penjelasaanya gan emoticon-Big Grin
×