alexa-tracking

Dalih Pengelola Tambang atas Longsor Gunung Kuda

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/553f933f507410ed1f8b4569/dalih-pengelola-tambang-atas-longsor-gunung-kuda
Dalih Pengelola Tambang atas Longsor Gunung Kuda
Permisi Agan-agan dan aganwati dah lama niih gak buat triit jd agak2 kaku jangan digalakin yah...semoga aja jd HT....


CIREBON - Pemerintah Kabupaten Cirebon mengungkap penyebab longsor area tambang Gunung Kuda di Desa Cipanas, Kecamatan Dukupuntang, pada Minggu 26 April 2015 adalah kesalahan pola penambangan.

Harusnya penambangan menggunakan sistem terasering atau berundak. Penambangan dengan teknik ini "mengupas" gunung dari bagian atas kemudian ke bawah secara bertahap.

Atas tragedi longsor tersebut, pengelola penambangan batu alam di Gunung Kuda menjadi pihak yang paling bertanggung jawab. Seperti diketahui, bebatuan longsor menimbun sejumlah orang, dua di antaranya ditemukan tewas.

Tatang, sekretaris KUD Bumi Karya, mengakui pola penambangan memang tak sesuai rekomendasi Pemkab Cirebon. Hal itu karena penerapan pola berundak sulit diterapkan.

"Tak lepas dari faktor kondisi batu pada gunung yang sangat keras, namun di sisi lain labil. Kami kesulitan menggunakan alat berat untuk 'mengupas' bagian bawah gunung dan membentuk pola berundak," jelas dia.

Dia mengungkapkan telah mengantongi dokumen perizinan lengkap yang berlaku hingga 2020. Izin tersebut berupa legalitas menambang di area seluas 5 hektare itu.

"Perizinan sudah lengkap, dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, berlaku sampai 2020; dan Izin Usaha Pertambangan (IUP) dari BPPT Kabupaten Cirebon yang berlaku sampai 2020," paparnya.

Penambangan batu alam di Gunung Kuda, ujar dia, telah dilakukan sejak 2008. Hasil penambangan digunakan pihaknya untuk menyuplai ke Indocement sebagai bahan baku produksi semen. Sebagian lainnya, ada pula untuk bahan keramik dan industri perajin batu alam.

Dalam sehari, aktivitas penambangan yang dikelola KUD Bumi Karya menghasilkan bongkahan bahan batu hingga 70-100 dump truk. Untuk satu dump truk, mampu memuat 7 meter kubik batu alam.

Dia mengakui, pada Minggu biasanya aktivitas penambangan libur. Namun di hari kejadian ada aktivitas yang dilakukan beberapa orang untuk mempersiapkan stok bahan batu keesokan harinya.

"Sebenarnya aktivitas itu dilakukan hanya untuk mengecek stok barang untuk Senin. Hanya memilah bahan baku yang kecil dan besar, karena kalau bahan belum siap bisa repot melayani pada Senin-nya," papar dia.

Tatang menegaskan, para korban bukanlah pengurus KUD Bumi Karya. Mereka hanya utusan pembeli bahan batu alam dari KUD Bumi Karya. Lokasi longsor sendiri, kata dia, sebenarnya bukanlah area utama penambangan yang dikelola KUD Bumi Karya.

Seperti diberitakan, longsor Gunung Kuda terjadi pada Minggu 26 April 2015 siang. Dua orang ditemukan meninggal, yakni Tabroni dan Masani. Diperkirakan masih ada lima orang yang tertimbun.

Seorang anggota Polsek Klangenan, Samsul Anwar (40), dipastikan pihak Polres Cirebon turut menjadi korban dalam peristiwa itu. Kemudian korban lain yang sudah dipastikan identitasnya adalah Edi (35), Edo (27), dan Reihan (25).
(ris)
SUMBER

=====================================================================================================
Sebenernya sih miris liatnya gan,,,ane pertama kali liat kaget koq gunung malah di belah bgtu dlm hati di daerah-daerah lain gunung untuk wisata pendakian dan dipelihara agar udara disekitar tetap sejuk tapi di majalengka kab.cirebon malah di somplakin bahasa kasarnya dan parahnya lagi itu gunung kata penduduk sekitar untuk bahan baku semen 3 R*da nih gan waktu ane pulang ke kampung bini ane sebelum longsor

Spoiler for truk yg tertimbun:

Spoiler for gunung kuda :

Spoiler for diambil dr blkng rumah ane gan:

Spoiler for gunung kuda 2:

Spoiler for dari blakang rumah viewnya gunung kuda:


semoga ada masyarakat yg tergeraak hatinya buat ngelawan...kasian anak cucu kita gak bakalan bisa ngeliat gunung ...SEMOGA PEMERINTAHNYA BISA TERBUKA HATINYA #SAVEGUNUNGKUDA

jangan dibata yah gan emoticon-Bata (S) kasih cendolnya aja klo ikhlas emoticon-Cendol (S) atau bantu rate aja yah gan emoticon-Rate 5 Star maaf kalo bikin triitnya acak-acakanemoticon-Malu



hadeh karena kesalahan tehnik jadi longsor emoticon-Hammer2 harus di tinda tuh mereka
cuman demi kepentingan pribadi, ngehancurin alam emoticon-Berduka (S)
bukit di depan rumah ane malah udah rata gan emoticon-Berduka (S)
dijadiin pabrik sama pemerintah dgn alasan perkembangan daerah...
ane sempet miris aja soalnya wkt bbrp bln kmren ad baliho gede bgt tulisannya "musim hujan saatnya penghijauan" eh ini bukit didepan rmh ane dikeruk abis...
sebenernya masih bnyak program pemerintah yg gak masuk akal di kota ane n buat miris

(edit)
iya gan mungkin hati para pemimpin sekarang hnya mikirin yg namanya duit aja kali yah,,,
Quote:


iya gan mungkin hati para pemimpin sekarang hnya mikirin yg namanya duit aja kali yah,,,
Quote:


ya yu know lah gan...nyari ganti setelah menang piwakot n pilgub n sma ngasih cukong...

[QUOTE=malasbergerak;553f93b7c3cb17cf248b4568]Ayo ramaikan trit ini biar sampai terlihat pemerintah pusat...ane ikut prihatin gan emoticon-Berduka (S)

iya gan mudah2 ada langkah yg baik biar gak sampai hilang itu gunung
Quote:


itu mah udah pasti gan nyari untung sama balikin modal,,,mudah2an kbuka hatinya para pemimpin seperti ini
blk rumah ane jg ada bukit dah mo abis -_-

btw blkg rumah ente adem betah kayanya
turut berduka cita untuk semua korban dan keluarganya

salam kenal ane orang cirebon jg gan emoticon-Big Grin
Quote:

iya gan adem...maen2 gan kmari
Quote:

iya gan smoga kluarga d beri ketabahan....
maen2 lah gan klo sm2 cirebon mah
Quote:

iya gan smoga kluarga yg d tinggalkan lebih tabah....
maen2 lah gan klo sm2 cirebon mah buat nambah2 dulur emoticon-Shakehand2
balasan kecil dari alam...
Quote:

salah orangnya juga sih gan...biar pada kapok deh ya...
mari lestarikan alam kita
KASIHAN banget korbannya... emoticon-Turut Berduka
hmm, ga bisa komen dah emoticon-Mewek